Senin, 16 Maret 2015

Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional

Minggu, 15 Maret 2015. Kemarin saya menghadiri acara Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional bersama Indosat yang bertempat di lantai 4 Gedung Indosat yang terletak di Jln.Medan Merdeka Barat No 21 Jakarta Pusat.
Kopdar Blogger Guru Nasional
Acara ini sangat menginspirasi dan memberikan motifasi yang luar biasa terutama bagi saya pribadi, tentang bagaimana memanfaatkan era digital ini dengan kegiatan berbagi ilmu dan cerita melalui blog, sehingga tulisan kita bisa diakses dan dibaca oleh semua orang dimana saja.

Jujur saya datang agak telat keacara ini, dan pas saya datang Ibu Amiroh sedang menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para undangan yang bertanya tentang pengalaman Ibu Amiroh ngeblog. Dan saya lumayan dapat wejangan bagus terkait kegiatan ngeblog dari Ibu Amiroh sebagai salah satu pembicara di acara Kopdar Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) kemarin, antara lain sebagai berikut:
  • Meluruskan niat ketika memulai ngeblog, niatkan menulis untuk terbagi kebaikan untuk sesama
  • Menulis harus dengan hati yang ikhlas supaya hasilnya insyaallah juga baik
  • Ketika menulis jangan pernah memikirkan trafik dan jumlah pengunjung blog, terus saja menulis dan insyaallah hasilnya akan indah pada waktu_Nya
  • Dalam menggali ide untuk postingan, komentar pengunjung blog bisa dijadikan bahan untuk postingan baru juga.

Selain itu ada Bapak Subakri seseorang yang berprofesi sebagai guru di SDN Jambekumbu 01 yang terletak di Desa Jambekumbu Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang. Beliau ini sangat keren, karena beliau ini mampu memberikan motivasi yang membuat saya kagum akan semangat dan kegigihannya untuk berbagi dan mengajak orang lain untu terus semangat untuk mendidik masyarakat terutama anak didiknya supaya tetap semangat belajar.

Dan saya sangat suka dengan kutipan yang beliau teladani untuk terus semangat mengajar murid-muridnya ini, beliau mengatakan jika Bapak Anies Baswedan mempunyai quotes “Mengajar 1 tahun, menginspirasi seumur hidup” maka Bapak Subakri ini mengubahnya menjadi “Mengajar sehari, menginspirasi seumur hidup

Mas Imam Suwandi
Selanjutnya ada Mas Imam Suwandi dari Metro TV yang membahas bagaimana memanfaatkan tongsis (tongkat narsis) untuk membuat liputan atau bisa dibilang selfie journalism. Dengan metode ini Mas Imam menjelaskan bahwa ini adalah metode terbaru yang bisa dikembangkan juga untuk konsep citizen journalism karena format reportasenya sederhana dengan memanfaatkan peralatan yang sederhana dan tidak merepotkan orang banyak.

Bahkan Mas Imam menilai, dengan tongsis tools merupakan sebuah inspirasi baru untuk wajah jurnalisme masa depan karena tongsis harganya ekonomis, bisa cepat dipakai kapan saja dan dimana saja, tidak melibatkan banyak orang dan bisa cepat mengirimkan berita secara online. Dan yang terpenting handphone yang digunakan untuk selfie reportase mempunyai kamera depan dan bisa menghasilkan video dan audio yang jelas.


Bpk. Onno W. Purbo
Dan terakhir ada Bapak Onno W. Purbo yang memotifasi tentang bagaimana semangat menulis, dan menurut Pak Onno untuk menulis sebuah buku semua orang mempunyai peluang yang sama, untuk itu maka mulailah menulis dari apa yang disukai, cicil kalimat demi kalimat per hari maka lama-kelamaan akan selesai dan bisa dibukukan.

Dan sebagai seorang pengajar, Pak Onno memberikan wejangan untuk para guru, “Jika ingin membuat murid pintar, maka harus pintarkan guru-gurunya terlebih dahulu”, dan beliau ini aktif memberikan kuliah secara online, dan bagi siapa saja yang ingin kuliah online gratis dengan beliau bisa menghubungi www.cyberlearning.web.id disana ada modul yang bisa download secara gratis.

Dengan memanfaatkan internet seperti ini maka pengajaran bisa dilakukan dimana saja tanpa batasan waktu dan jarak, orang di pelosok mana saja bisa belajar dari apa yang kita tulis dan bagikan diinternet, untuk itu sangat penting untuk menuliskan konten yang bermanfaat dan menarik, selain bisa menutupi banyak konten negative tentu saja tulisan yang bermanfaat bagi banyak orang akan mendapatkan pahala yang luar biasa.

Demikian sekelumit, rangkuman saya tentang bagaimana materi yang dibagikan oleh para narasumber diacara Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional, semoga ada manfaatnya bagi siapapun yang membacanya supaya terus semangat menulis dengan konten-konten yang bermanfaat dan menginspirasi bagi sesama.
Asyiik dapat Sertifikat dan pulsa :)

Selain dapat sertifikat, saya dapat hadiah pulsa 20.000 dari Indosat karena termasuk orang yang cepat melakukan foto selfie di booth dengan background Kopdar Akbar Guru Blogger Nasional, lumayanlah ya J

Banyak pengalaman yang menjadi inspirasi diacara ini, semoga acara seperti ini terus dilakukan untuk menciptakan guru-guru yang melek teknologi dan bisa menuangkan segala idenya melalui tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi banyak orang. Aamiin.


0 komentar:

Poskan Komentar