Rabu, 15 April 2015

Cara cepat meningkatkan penjualan dari produk yang baru diluncurkan

Demi!
Ya Demi si Abon Jambrong Unia yang menggoda itu, maka tanpa pkir panjang saya langsung ikut Give Away yang diadakan Bunda Icha, dan saking saya begitu bersemangat menuliskan jawaban untuk mendapatkan hadiah tersebut, alhasil kepanjangan.

Padahal, jawaban ini seharusnya dituliskan dikolom komentar Give Away tersebut, namun berhubung kepanjangan maka saya tidak bisa mempublish jawaban tersebut di kolom komentar. Untuk itu saja akan menjawab dua pertanyaan yang ada di Give Awaynya Bunda Icha melalui postingan ini.

Pertanyaannya seperti ini:

1. Apa yang harus dilakukan seorang pemasar untuk meningkatkan penjualan dari produk yang baru diluncurkan?
2.  Mengapa Hal itu harus dilakukan?
                                     
Dan jawaban saya adalah sebagai berikut:

1. Yang Harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan Produk:            
  1. Kuasai terlebih dahulu produknya secara baik
  2. Buat Web atau Blog Khusus tentang produk tersebut
  3. Lakukan promosi Online melalui Sosial Media (FB, Twitter, Instagram, Path, Youtube, Line, dst)
  4. Lakukan promosi Offline melalui brosur, pamphlet, dll.
  5. Memberikan tester produk secara gratis
  6. Minta Testemoni Pelanggan
  7. Adakan promosi diskon yang menarik
  8. Jangan lupa buat kartunama atua Business Card
  9. Jika semua usaha sudah dilakukan, maka yang terakhir adalah pasrahkan pada Tuhan melalui Doa


2. Berikut ini alasan kenapa kita harus melakukan hal tersebut diatas:  
1). Menguasai produk itu sudah menjadi keharusan, karena ini adalah pondasi awal yang menjadi gerbang untuk menarik konsumen, semakin kita menguasai produk yang ingin kita jual tentu saja akan semakin meyakinkan konsumen untuk membeli produk kita.
2). Membuat Web atau Blog khusus tentang produk ini juga sangat penting, karena dengan adanya web atau blog khusus maka disana kita bisa menuliskan secara detail tentang produknya, varian rasanya, harganya, cara memesannya, contact, testimony pelanggan, dan sebagainya. Dimana dengan adanya web atau blog khusus ini maka akan sangat membantu konsumen untuk semakin mengetahui produk kita secara jelas dan hal itu akan meminimalisir kebingungan pelanggan dan tentu saja dengan adanya web atau blog khusus ini citra brand yang kita jual pun akan dinilai professional. 
3). Sosial media adalah sarana empuk yang bisa digunakan sebagai wadah untuk promosi untuk menarik minat pembeli, semakin banyak informasi seputar produk yang tersebar disosial media maka akan membuat orang makin penasaran dengan produk kita, namun cara promosi melalui sosmed ini tentu saja harus diracik semanis mungkin supaya bisa memikat hati banyak orang. Misalnya: memposting foto produk dengan angle yang bagus, memposting produk yang diiringi informasi yang menarik, tampilkan testimony dari pelanggan yang pernah mencoba produk kita, dan berbagai hal yang bisa meningkatkan citra produk kita dimata konsumen, dan tak ada salahnya sesekali buat semacam kuis melalui Sosmed untuk meraih hati konsumen dengan memberikan hadiah produk yang kita jual tersebut.   
4). Meskipun sekarang dunia online sudah begitu membumi, namun jangan sepelekan promosi offline, menyebarkan informasi melalui brosur, pamphlet dan sejenisnya masih sangat ampuh untuk menjaring calon konsumen, sebar brosur atau pamphlet ini bisa kita lakukan di warung-warung, kantin, atau ditempat keramaian seperti CFD, Bazzar, Pasar Malam, dan sejenisnya. 
5). Memberikan tester produk ini adalah salah satu cara untuk langsung meyakinkan konsumen akan kualitas produk kita, jika produk kita memang bagus bukan hal yang mustahil pembeli akan berbondong-bondong untuk memborongnya. Dan melalui tester produk kita juga bisa mencari tahu secara langsung apa yang disukai atau tidak disukai oleh konsumen tentang produk kita. Untuk mencari konsumen untuk mencoba tester produk kita bisa mulai dari teman-teman kita, tetangga hingga memanfaatkan moment semacam CFD yang ramai oleh masyarakat. 
6). Meminta testemoni pelanggan adalah salah satu metode yang bisa makin meyakinkan konsumen untuk membeli produk kita, untuk itu testemoni pelanggan ini bisa berupa Video yang akan kita pasang di website / blog atau youtube / berbagai social media kita, atau juga bisa berupa kata-kata yang bisa kita masukin pada brosur atau pamphlet kita. Karena semakin banyak pengakuan yang positif akan produk kita makan akan mendatangkan banyak pembeli.    
7). Diskon? Hmmmm siapa sih yang tidak tertarik dengan diskon? Entah itu diskon harga atau promosi produk beli sekian produk gratis 1 produk. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh berbagai brand dan terbukti sangat bagus untuk menjaring konsumen. 
8). Meskipun dunia sudah digital, Business Card atau kartu nama masih penting menurut saya, dan kartu nama ini sangat berguna ketika kita berkenalan dengan orang baru, tentu saja kita tidak bisa menjelaskan detail siapa kita dan apa pekerjaan kita pada orang yang baru kita kenal, dengan adanya kartu nama tersebut, disana setidaknya profile kita sudah tercantum jelas siapa kita dan apa bisnis yang kita tekuni. Siapa tahu berbekal kartu nama tersebut, akan membuka peluang untuk pelanggan baru.
9). Kesuksesan itu harus dibarengan oleh usaha yang gigih dan juga doa yang tulus, untuk itu memohon kepada Tuhan melalui doa, adalah bentuk pinta yang wajib supaya produk dan bisnis ini membawa berkah bagi banyak orang dan menjadi produk yang disukai oleh banyak masyrakat.  


Ada yang berminat juga dengan Abon Jambrong Unia? Buruan atuh ikutan juga Give Away Bunda Icha disini à Give Away Bunda Icha

0 komentar:

Poskan Komentar