Rabu, 22 Juli 2015

69 Tahun Kilau Prestasi BNI tidak pernah padam

Membaca berbagai artikel tentang prestasi BNI, sungguh saya dibuatnya terperangah, ternyata sejak BNI ini didirikan oleh  para  pendiri  bangsa  ini di masa perjuangan kemerdekaan ini telah melahirkan banyak prestasi yang sungguh sangat luar biasa, baik didalam maupun di luar negeri.

Dan menghitung tentang prestasi BNI sepertinya tidak akan ada habisnya, karena setiap tahun BNI selalu hadir menawarkan inovasi dan karya terbaiknya untuk masyrakat di negeri ini, dan seiring dengan itu prestasipun mengekori dari kenerja yang sungguh dan disiplin tersebut.

Mengurai ulang semua prestasi BNI dari dulu hingga kini, tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sedikit, terlampaui banyak untuk ditulisi semua prestasi BNI yang begitu banyak. Untuk itu, mari kita sejenak menengok ke satu tahun belakang saja, tepatnya tahun 2014 silam, disana BNI berhasil meraih beberapa penghargaan yang begitu istimewa dan patut untuk dibanggakan, antara lain sebagai berikut:

Divisi Internasional BNI Terbaik Seasia Tenggara 2014 (Doc. BNI)
  1. BNI berhasil meraih 2 medali emas untuk katagori Best Analys Contact Center dan Best Contact Center Support – HR serta medali perak untuk Best Customer Service in Mid- Size Inhouse dan Medali Perunggu untuk Best Help Desk dalam ajang Contact Center World tingkat dunia yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014. 
  2. BNI meraih The Most Reliable Bank untuk kategori bank Konvensional dengan aset diatas Rp 100 triliun dari Tempo Group dan Indonesia Banking School (IBS), Jakarta, 17 Oktober 2014. 
  3. BNI juga meraih Peringkat Atas Annual Report Award (ARA) 2014 bagi BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI untuk kategori Dana Pensiun, Jakarta, 16 Oktober 2014. 
  4. BNI pun berhasil menyabet The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management  Service menurut polling, dan The Best Overall Cross Border Management Service dari Majalah Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September 2014). 
  5. BNI meraih Gold Achievement OpexCon Award dalam acara Awarding Ceremony Best Project: Indonesia  Best Continuous Improvement Project 2014 di Jakarta, Senin (19 September 2014). 
  6. BNI berhasil mendapat The Global 2000, The Worlds Largest Public Companies 2014 dari Majalah Forbes, Jakarta, Selasa (19 Agustus 2014). 
  7. BNI mendapat predikat Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) dari Indonesia MAKE Study 2014, Jakarta, Rabu (16/7/2014). 
  8. BNI juga menyabet Emiten Terbaik Sektor Keuangan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Busnis Indonesia Award 2014, Jakarta, 24 Juni 2014. 
  9. BNI berhasil meraih Tujuh penghargaan bergengsi dari 8 kategori kompetisi Contact Center World se-Asia Pacific di Singapura bagi BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni 2014, 4 diantarnya memperoleh Peringkat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center Support Professional  HR, Best Help Desk, dan Best in Costumer Service. 
  10. BNI mampu meraih Peringkat Kedua terbaik pada penghargaan Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2014. Sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) Jakarta, 13 Juni 2014. 
  11. BNI mendapat predikat The Best Trade Finance Bank in Indonesia & The Leading Counterparty Bank in Indonesia dari The Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014, Kuala Lumpur, 21 Mei 2014. 
  12. BNI menyabet The Best Emiten Sektor Perbankan dari Majalah Investor, Jakarta, 8 Mei 2014. 
  13. BNI juga memperoleh Sertifikat Akreditasi A atau ISTIMEWA dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta, 5 Mei 2014. BNI menjadi bank pertama yang mendapatkan akreditasi tersebut. 
  14. BNI meraih Best Cash Management Bank for Indonesia dalam Asia-Pacific Country Transaction Bank Awards dari The Corporate Treasurer 2013, Singapura, 2 April 2014. 
  15. BNI meraih Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behaviour of Management and The Board of Director dari majalah Asiamoney Hongkong, 27 Februari 2014. 
  16. Bpk. Gatot M. Suwondo  CEO PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kategori Most Inspirational CEO BUMN dari Mens Obsession Awards 2014 di Jakarta, 14 Februari 2014. 
  17. BNI menyabet The Best Remittances Provider of the Year in Southeast Asia lima tahun berturut-turut dan Best Cash Management Solution of The Year in Southeast Asia tiga tahun berturut-turut dari Alpha Southeast Asia  Magazine, di Kualalumpur, 23 Januari 2014.
The Most Reliable Bank 2014 (Doc. inilahcom/Rizki Meirino)
Sungguh prestasi yang membanggakan sekaligus membahagiakan, dan memasuki tahun 2015 yang bertepatan dengan usianya yang ke 69 tahun ini, ternyata BNI terus memacu diri dalam layanan dan karya terbaiknya sehingga tak terhitung lagi banyaknya prestasi yang sudah diukir oleh BNI dalam kiprahnya sebagai Bank pilihan terbaik di Indonesia.

Mengutip pernyataan Ibu Tribuana Tunggadewi selaku Corporate Secretary BNI disaat ulang tahun BNI pada tanggal 5 Juli 2015 beberapa waktu yang lalu, bahwa BNI dalam perjalanannya hingga saat ini, sudah banyak mempersembahkan prestasi yang luar biasa dalam dedikasinya untuk masyarakat dan negara Indonesia ini, Dan dalam setahun terakhir ini menurut Beliau BNI telah mengukir prestasi yang luar biasa, antara lain sebagai berikut:
  • BNI menjadi menjadi bank dengan Walk in Channel Terbaik No. 1 di Indonesia.
BNI ditetapkan   sebagai   bank   yang   memiliki  fasilitas   dan   layanan   walk   in-channel terbaik dibandingkan dengan bank-bank lain yang diikutsertakan dalam Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2015 dan menempati peringkat Kedua sebagai the best e-Channel. Marketing Research Indonesia (MRI), selaku pelaksana BSEM 2015, menetapkan BNI di peringkat terbaik pada layanan Customer Service, Kenyamanan Ruangan, Peralatan Banking Hall, Toilet dan layanan ATM.

  • BNI memiliki inovasi dan Jaringan ATM terbanyak di Luar Negeri
BNI tidak hanya menjadi raja dinegerinya sendiri, tapi BNI kini melakukan berbagai inovasi yang luar biasa untuk memberikan kemudahan bagi nasabahnya hingga diluar negeri, Salah satu inovasi yang dilakukan oleh BNI adalah dengan membangun jaringan ATM diluar negeri, bahkan Jaringan ATM BNI adalah yang terbanyak dibandingkam bank-bank asal Indonesia lainnya.  BNI terus memberikan beragam layanan Innovative Channel sejak tahun 2013, antara lain ATM Sepeda Motor, kontainer outlet, ATM untuk penyandang disabilitas, dan BNI Layanan Gerak 4WD. BNI membuat terobosan memperluas jaringan juga dengan membuka 6 ATM di luar negeri yaitu 4 di Hong Kong dan 2 di Singapura.

  • BNI merupakan Bank Persepsi Terbaik sejak 2009.
BNI tidak pernah merasa puas dalam memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya, BNI terus berbenah dan meningkatkan serta terus memperkuat layanannya dan makin dipercaya nasabah. Konsistensi untuk memberikan layanan terbaik inilah yang akhirnya membawa BNI terus meraih penghargaan sebagai bank persepsi dengan layanan penerimaan negara terbaik sejak tahun 2009 hingga tahun 2014 dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Selain itu, ternyata BNI pun masih terus mengukir prestasi indah yang seolah tak pernah berhenti dalam beberapa tahun belakangan ini. Dan pada tahun 2015 ini sendiri, BNI masih terus menunjukan debutnya dalam beberapa prestasi bergengsi yang masih terus digenggamnya seperti berikut ini:

  • BNI menjadi The Asian Banker Transactional Banking Award 2015 sebagai Best Cash Management Bank in Indonesia dan Leading Counterparty Bank in Indonesia dari Majalah The Asian Banker, Hong Kong (14 April 2015). 
  •  BNI menjadi peringkat Pertama Digital Brand of The Years dari iSentia dan Infobank untuk Produk BNI Taplus dan Kartu Debit BNI, Jakarta, Kamis (26 Maret 2015). 
  •  BNI menjadi Best  Remittance  Provider 6  tahun  berturut-turut,  Best  Trade  Solution  of  the  Year  in Southeast Asia 5 tahun berturut-turut, Best Payable Solution 4 tahun berturut-turut, Best Cross Border Merger & Acquisition Deal of The Year (BNI Life) and co-financial advisers (BNI Securities) serta Best Loan Deal of the Year untuk proyek Commuter Line PT Kereta Api Indonesia bersama 4 bank lainnya. 
  • BNI menjadi Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, serta Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment dari Majalah Asiamoney. 
  •  BNI menjadi Top Brand Award untuk produk BNI Taplus Anak dan BNI Tapenas dari Majalah Marketing di Jakarta, 13 Februari 2015. 
  •  BNI menjadi Pioneer in Green Finance in Indonesia dalam SBA Award dari Price water house Coopers (PwC) dan Kadin Indonesia dan IBCSD (Indonesia Business Council for Sustainable Development) Jakarta 25 Februari 2015.

Sungguh, semua pemaparan prestasi diatas menunjukan betapa BNI terus bersungguh-sungguh dalam berkarya nyata melalui kerja keras yang terus pantang menyerah demi terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasaan nasabah pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Sudah selayaknya kita mengacungkan jempol dan memberikan apresiasi yang tinggi pada BNI atas segala usaha dan prestasi yang diraih BNI yang sungguh luar biasa hingga saat ini, karena pencapaian tersebut bukanlah pekerjaan mudah, tentu kerja keras, disiplin, komitmen yang kuat dan kerja sama yang solid pada seluruh komponen BNI-lah yang pada akhirnya bisa membuat BNI terus menjadi Bank yang bersinar dan terdepan hingga saat ini.

Dan melalui momentum ulang tahun BNI yang ke 69 tahun ini, sederet harap dan doa saya haturkan, semoga BNI tetap semangat dan tidak cepat puas dengan segala prestasi  yang kini digenggamnya, teruslah menjadi Bank yang berdaya guna bagi manusia dan sahabat bagi alam, dan janganlah berhenti untuk terus memancarkan kemilau Prestasi BNI dimanapun, pada siapapun hingga kapanpun. Aamiin...



Referensi:
3. http://bni.co.id/id-id/tentangkami/sejarah.aspx.
4.http://finansial.bisnis.com/read/20150206/90/399507/wow-bni-raih-penghargaan-financial-service-group-terbaik-asean
5.http://www.bumn.go.id/bni/berita/172/Penilaian.Asian.Banker.2015:.Cash.Management.BNI.Tetap.Terbaik.di.Indonesia.

8 komentar:

  1. BNI memang prestasinya banyak ya. Moga bs mewujudkan mimpinya utk walk in channel di perbankan. Dan semoga sukses utk lombanya juga mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar smg impian BNI tersebut secepatnya terwujud. Aamiin :)

      Aamiin, terima kasih banyak doanya Mas Febriyan :)

      Hapus
  2. rupanya banyak ya prestasi yang sudah di raih bank BNI, . . Salah satu bank yang layak diperhitungkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Kornelius, BNI punya segudang prestasi yang sangat membangakan :)

      Hapus
  3. Wih, prestasinya banyak bener. Selamat ulang tahun BNI 69 tahun ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Titis prestasi BNI banyak bangat :)

      Hapus
  4. Dan tentunya Nabung di BNI lebih meyenangkan dan menguntungkan, transaksinya lebih mudah plus administrasinya lebih murah :)

    Salam bahagia untuk Kak Imawan dan salam sukses untuk BNI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat dengan Ipan, benar bagat itu, BNI sangat menyenangkan termasuk keramahan karyawannya :)

      Salam Bahagia juga untuk Ipan ya :)

      Hapus