Kamis, 09 Juli 2015

Bersama BRID: Bukan Buka Puasa Bersama Biasa, tapi Luar Biasa!



Silaturahmi & BukBer bersama BRID - (Doc.BRID)
Selasa 7 Juli 2015 kemarin adalah hari yang sangat menyenangkan karena bisa bertemu dengan para sahabat Blogger diacara silaturahmi dan buka puasa bersama para sahabat Blogger Reporter Indonesia (BRID) yang diadakan di Restoran Warung Daun Cikini, yang berada di Jl. Cikini No. 26, Jakarta Pusat.

Saat saya sampai dilokasi, suasana sudah tampak ramai dengan banyak sahabat Blogger yang sudah duduk santai dimeja panjang yang berjejer rapi seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Sudah rame saja ya yang datang - (Doc.BRID)
Dan saya pun memilih duduk di dekat pintu masuk, karena memang kebetulan masih ada kursi yang kosong disitu, namun perhatian saya seketika tertuju pada seorang teman yang asyik membaca sebuah brosur dengan serius, dan saat saya amati ternyata dia sedang asyik membaca informasi seru seputar #KetupaTIM3 yang sedang ada promo keuntungan berlipat-lipat selama bulan ramadhan ini.
IM3 menawarkan keuntungan berlipat
Dan saya pun akhirnya penasaran dan membaca dengan seksama juga brosur tersebut karena saya penasaran dengan keuntungan yang ditawarkannya, wah ternyata IM3 dari Indosat  sedang menggelar promo yang sangat menarik untuk memanjakan para pelangganya. Indosat menggelar promo keuntungan berlipat selama bulan Ramadhan, dan untuk menikmati promo ini caranya cukup mudah hanya menekan *123*888# dari handphone kita, maka kita bisa menikmati berbagai paket ketupat ramadhan  yang menyenangkan seperti berikut ini:

Beberapa Paket Ketupat Ramadhan IM3
  • Sebut saja ada paket SANTAN (SMS terus-terusan) yang menawarkan keuntungan bisa SMS 100 kali hanya dengan tarif mulai dari 500 rupiah saja dan 1000 SMS dengan tarif 1000 rupiah.
  • Selain itu ada paket TELUR (Telephone Ramadhan) yang membuat kita bisa telephone selama 120 menit kesesama Indosat hanya dengan Rp.1500 rupiah pada siang hari, dan bisa telephone selama 90 menit pada malam hari selama 90 menit.
  • Ada juga paket OPOR (Online pol Ramadhan) yang memberikan kemudahan kita online dengan kapasitas 10 MB hanya dengan Rp.1.250 disiang hari, dan 10 MB dengan harga yang sama juga di malam hari.
  • Namun jika pilih paket KOMPLIT maka kita akan dibebankan biaya Cuma Rp.2000 rupiah namun sudah bisa berinternet sebanyak 15 MB dan telpon 100 menit kesasama pengguna Indosat dan bisa SMS sebanyak 100 kali SMS di siang hari. Namun jika malam hari dengan biaya yang sama, kita juga bisa bermain internet 15 MB, nelpon 60 kesama pengguna Indosat dan bisa SMS 60 kali, baik SMS dengan sama pengguna Indosat maupun dengan operator lain.
  •  Selain itu ada Ketupat internet.org ramadhan yang menampilkan informasi lengkap seputar Jadwal Shalat, Jadwal Imsakiyah dan buka puasa, Hadits, Terjemahan Ayat Al-Quan, doa-doa dan banyak kisah islami juga yang bisa diakses melalui internet di www.internet.org tanpa pulsa dari Indosat.
  • Dan ada Ketupat Promo Umroh yang menawarkan komunikasi yang hemat selama kita menjalankan umroh, dimana kita bisa terima telpon di Arab Saudi setiap hari selama 3 menit dari nomor Indosat, dan tetap bisa berinternetan dan BB sepuasnya hanya dengan Rp.35.000/Hari hanya dengan menekan *122*9# dari handphhone kita.
  • Selain itu ada Ketupat Poin Senyum yang bisa kita tukarkan dengan voucher belanja di Alfamart, Metro, Lottemart dan Dairy Queen karena poin senyum ternyata lebih hemat selama bulan ramadhan hanya dengan menekan *123*78887# dari HP kita.
  • Bahkan untuk membekali mudik kita menjadi lebih asyik, ternyata ada tersedia Ketupat Mudik Dompetku yang menawarkan mudik aman dan nyaman karena sudah dilengkapi asuransi jiwa melalui dompetku sehingga bebas biaya selama mudik hanya dengan mengakses *789* dan mengikuti panduan selanjutnya.
  • Selain itu ada Ketupat Rejeki Ramadhan yang bisa kita dapatkan rejeki dari ratusan juta rupiah sampai hadiah umroh dari Indosat hanya dengan rajin mendapatkan info dan tips dari Ust. Wijayanto dan Ust. Erik Yusuf hanya dengan menekan *123*888*5# dari HP kita.  
Waah ini banyak benar keuntungannya IM3 Ketupat ya, jadi pengen menikmati semua bonus ketupat diatas, syukur-syukur bisa umroh gratis. Hehehe, jadi Jika teman-teman juga pengen dapat keuntungan berlipat, hayo ikut pilih paket ketupat kesukaanmu kawan ;)

Mas Ulish - MC - (Doc.BRID)
Namun keasyikan saya membaca informasi menarik dari IM3 Indosat ini dikagetkan oleh suara Mas Ulish Anwar sebagai Master Ceremony (MC) yang mulai membuka acara silaturahmi dan buka puasa bagi para Blogger Reporter Indonesia sore itu.

Dan membuka acara tersebut, Mas Ulish pun mengajak para Blogger untuk memberikan testimoni seputar BRID dimata para sahabat Blogger yang bernaung dibawah komunitas BRID.

Beberapa Blogger memberikan Testimoni - (Doc.BRID)
Ada beberapa orang sahabat Blogger yang memberikan testimoninya termasuk saya, namun mayoritas para Blogger menilai bergabung dengan BRID memberikan banyak manfaat, dan secara garis besar berikut ini saya rangkum apa kata sahabat Blogger tentang BRID.  

   BRID merupakan sebuah komunitas yang tegas & tidak pandang bulu.
Semua Blogger yang bernaung dibawah payung BRID diperlakukan sama dan tidak ada yang dibeda-bedakan. Sebagai contohnya, saat kita telat mendaftar akan sebuah event, maka otomatis kita tidak bisa ikut, jadi siapa yang cepat dia yang dapat. Dan Admin BRID tidak segan-segan melarang seorang Blogger untuk ikut suatu event jika dia masih hutang reportase acara sebelumnya, dan jika ada yang lalai atau ingkar untuk menuliskan reportase dari suatu event yang pernah diikutinya maka Blogger tersebut bisa dipecat dari keluarga besar BRID.
    BRID mengajarkan Blogger untuk menghargai janji dan komitmen.
Selalu disetiap undangan event yang di gelar BRID selalu diingatkan bahwa jika ingin mengikuti acara tersebut maka diwajibkan untuk menuliskan reportsenya, dan itu artinya ketika kita sudah berani mendaftarkan diri pada suatu event, maka komitment untuk menuliskan reportasenya harus ditunaikan karena kita sudah terikat dalam janji yang ada dalam aturan tersebut, dan celakanya bagi yang suka ingkar untuk menuliskan reportasenya sudah dipastikan akan dikasih warning oleh Admin BRID bahkan bisa berujung pada dikeluarkan sang blogger tersebut dari BRID.
Tidak hanya itu, bagi yang suka men-cancel keikutsertaanya dengan tiba-tiba dalam waktu yang sudah mepet tanpa alasan yang masuk akal, maka bisa-bisa blogger tersebut akan mendapatkan peringatan keras dari Admin BRID. Jadi kita benar-benar diajarkan untuk bisa menghargai janji dan berani untuk berkomitmen dengan janji tersebut.
   BRID mengajarkan Blogger untuk disiplin dalam menulis
Seharusnya kita yang mengaku sebagai Blogger dan katanya hobi menulis tentu saja akan dengan senang hati untuk menulis, namun terkadang rasa malas untuk menulis kerap hadir menyelinap senaknya meskipun tak diundang, untuk itulah… BRID dengan caranya yang tegas tadi secara langsung melatih kita sebagai Blogger untuk disiplin dalam menulis, bahkan kita harus secepatnya menyerahkan tulisan kita setelah mengikuti acara, jika telat menyerahkan tulisan siap-siap saja mendapat pesan cinta dari Adminnya BRID. Cara ini, melatih para Blogger untuk disiplin dalam menulis.
   BRID selalu rutin membagikan undangan event hampir setiap hari
Betapa beruntungnya para Blogger yang bergabung dengan BRID termasuk saya, begitu banyak event yang selalu dishare oleh Admin BRID bahkan bisa dibilang hampir setiap hari ada saja undangan yang dipajang di group BRID. Sehingga sangat beruntung bagi sahabat Blogger yang punya keluangan waktu sehingga bisa datang diberbagai event-event tersebut.

Tapi, ajaibnya di BRID ini, setiap acara harus cepat daftar jika ingin ikut karena persaingan untuk ikut suatu event itu sungguh saling bersaing ketat, telat sedikit saja quota sudah langsung habis.
    BRID memberikan jalan untuk bertemu dengan Orang-orang Hebat.
Tak bisa kita pungkiri, banyak undangan event yang datang dari berbagai brand-brand ternama, dan dengan mengikuti event seperti ini kita juga kerap bisa berjumpa dengan orang-orang hebat, para tokoh, pejabat, artis, dan sederet orang hebat lainnya, bahkan kita sebagai Blogger bisa masuk ke tempat-tempat yang bagus, café-café mahal hinggal hotel berbintang. Dimana dengan begitu, kita semakin kaya akan pengalaman dan informasi yang luar biasa.
Untuk yang penasaran siapa saja yang memberikan testimoninya tentang BRID, silahkan simak Video berikut ini dengan seksama.


Mungkin sebagian orang menilai bahwa BRID terlalu ribet dengan segala aturannya yang bisa dibilang sangat ketat dibanding dengan komunitas blogger lainnya, namun menurut saya pribadi itu sangat wajar, Justru itu sangat bagus karena ketegasan dan kedisiplinan bisa menjadi ciri khas sekaligus jati diri bagi BRID. 

Namun jika ditelisik lebih bijak, apa yang dilakukan oleh BRID ini tentu saja punya maksud baik, Dimana semua aturan itu pada sejatinya sudah dipikirkan dan dipertimbangkan dengan sangat matang, dan semua itu dilakukan demi kebaikan semua pihak: baik untuk Brand, BRID, dan terlebih bagi para Blogger itu sendiri. Jadi bergabung dengan BRID bagi saya pribadi adalah pilihan tepat untuk belajar menjadi Blogger Profesional.


Sambutan dari Mas Hazmi
Mas Hazmi - Founder BRID - (Doc. BRID)
Selanjutnya Mas Hazmi selaku Founder BRID pun memberikan sambutannya yang sekilas menceritakan berdirinya BRID dan juga latar belakang diadakannya acara silaturahmi dan buka puasa bersama ini yang bertujuan untuk mempererat hubungan persaudaraan dengan sesama Blogger.

Selain itu Mas Hazmi juga mengupas tentang perkembangan internet di Indonesia, dimana katanya dulu untuk membangun sistem internet harus melalui kerja keras dengan membangun internet protocol yang bisa terkoneksi dengan server diseluruh dunia. 

Dan banyak orang yang berjasa dalam membangun internet di Indonesia ini, salah satunya Bapak Indar Atmanto yang ikut memberikan sumbangsihnya untuk perkembangan internet di negeri kita tercinta ini.

Namun berbeda dengan sekarang, perkembangan dunia internet begitu pesat sehingga kini keberadaan internet sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Dan hal itulah yang patut disyukuri oleh para Blogger karena kini internet sudah bisa diakses dengan gampang sehingga akan mempermudah kita sebagai Blogger dalam membagikan tulisan yang bermanfaat di internet.

Sambutan dari Ibu Amy Atmanto
Ibu Amy Atmanto - (Doc. BRID)
Dan para Blogger yang hadir diacara tersebut bisa bertemu dengan orang-orang Hebat, sebut saja ada Ibu Amy Atmanto yang merupakan salah satu desainer kreatif Indonesia yang karyanya sungguh sangat luar biasa.  Ibu Amy yang juga dikenal sebagai sosok yang begitu perhatian dan peduli pada sesama, terutama  kaum dhuafa, janda miskin dan para tuna rungu dan mengajak mereka untuk keluar dari jerat kemiskinan melalui pelatihan dan pendidikan untuk mendapatkan jalan hidup yang lebih baik.

Meskipun ujian sedang melanda rumah tangganya karena suami tercinta Ibu Amy yaitu Bapak Indar Atmanto tengah berurusan dengan hukum, namun Beliau tetap tegar dan berjuang untuk kebebasan Pak Indar, misalnya Beliau meminta dukungan lewat petisi melalui www.bebaskanIA.tk untuk kebebasan suaminya tercinta, dan Saya doakan semoga keluarga Ibu Amy dan Pak Indar secepatnya kumpul kembali dalam kebahagiaan. Aamiin...

Jadi sangat beruntung saya dan teman-teman Blogger kemarin bisa bertemu dengan sosok Ibu Amy yang ternyata sangat ramah dan baik bangat, semoga kita bisa ikut jejak Beliau menjadi orang yang ikut tergerak untuk membantu bersama, minimal dengan cara kita sebagai Blogger yaitu menulis dan menyebarkan informasi yang bermanfaat bagi sesama.

Kultum dari Kang Arul
Kang Arul - (Doc. BRID)

Dan sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba, maka Kang Arul memberikan KulTum (Kuliah Tujuh Menit) dengan mengusung tema “Pembangunan Karakter”. Dimana untuk membangun karakter dalam sisi kehidupan apapun bukanlah perkara mudah, begitu juga untuk membangun karakter bagi seorang Blogger yang professional, ada empat aspek penting yang harus tertanam dalam jiwa seorang Blogger untuk membangun pondasi sebagai Blogger professional, yaitu:
  • Berani
Sebagai seorang Blogger yang ingin menjadi Blogger Profesional itu kita harus berani dalam menyampaikan kebenaran dan menuliskan yang bermanfaat untuk banyak orang. Hal ini pun menjadi ciri khas dari umat Nabi Muhamad yang selalu tegas dan keras terhadap orang-orang yang tidak sejalan dengan perintah Allah.
  • Respek
Dalam menulis kita harus melahirkan karya yang murni karya diri sendiri, meskipun menulis terkadang menemukan jalan yang tak mudah, namun tidak dibenarkan untuk melakukan kopi-paste karya orang lain, kita harus jujur dan respek terhadap orang lain.
  • Menginspirasi
Sebagai Blogger yang professional tentu saja harus bisa menginspirasi orang lain melalui tulisan-tulisannya yang positif bagi banyak orang, karena seperti yang diajarkan oleh Rasulullah, Beliau selalu menginspirasi umatnya melalui tindakan dan perbuatannya yang terpuji.
  • Development
Menjadi Blogger Profesional itu adalah orang yang haus ilmu, tidak pernah merasa cukup dan cepat puas dengan ilmu yang dimilikinya, selalu tekun belajar dan selalu ingin lebih baik dari waktu ke waktu.
Dan Kang Arul juga mengingatkan kita, bahwa menjadi blogger bukan lagi sekadar kegiatan sampingan, namun bisa menjadi  jadi profesi utama asalkan kita sungguh mau belajar dan menerapkan keempat pondasi dasar diatas. Sungguh sebuah Kultum yang singkat tapi sangat mengena dihati.
Ibu Yenny Wahid - (Doc.BRID)
Oh iya, ditengah Kang Arul memberikan Kultum, tampak hadir juga Ibu Yenny Wahid yang merupakan putri kesayangan dari Alm. Bapak Gusdur, Beliau adalah sosok yang juga ramah dan hangat, kehadiran Beliau tentu saja menginspirasi banyak Blogger, karena tidak bisa kita pungkiri sosoknya yang begitu penyayang dan selalu ada disisi ayahandanya semasa hidupnya, dan Beliau juga merupakan sosok politikus sekaligus menjabat sebagai Direktur di The Wahid Institute. Dan yang membuat saya kagum, Beliau masih menyempatkan waktu disela kesibukan Beliau untuk bisa gabung dengan para Blogger diacara BukBer ini. Sungguh surprise!

Dan tak lama kemudian, suara Adzan terdengar yang menandakan saatnya berbuka puasa, maka kami semua pun langsung khusuk menyantap berbagai hidangan yang sudah tersaji sedari tadi didepan mata, dan menunya sungguh sangat beragam dan menggoda untuk segera dicicipi, mulai dari sop iga, sate, tumis kangkung, ikan goreng saus mangga, cumi goreng tepung, bakwan jagung, dan aneka lalapan tersaji lengkap dan membuat suasana santap menjadi lahap, tapi suasana berbuka menjadi sangat nikmat karena bisa berkumpul dengan para sahabat Blogger lainnya.

Ragam macam menu BukBer BRID - (Doc.Pribadi)
Dan Acara ditutup dengan pembagian hadiah handphone untuk pemberi testimoni terbaik yang diraih oleh Mba Nunik dan pemenang lomba live tweet yang diberikan pada Andis yang begitu rajin live tweet. Selamat ya :)

Mba Nunik & Andis asyiik Menang - (Doc.BRID)

Dan pastinya foto bersama menjadi keharusan sebelum semua Blogger pulang kembali ke rumahnya masing-masing. Sungguh acara yang seru dan menyenangkan :)

Foto Bersama - (Doc.BRID)


Ketika Blogger Berkumpul, pasti ada foto2 - (Doc.BRID)
 
Goodie Bagnya Bagus - (Doc.Pribadi)
 
Terima Kasih para Admin BRID yang luar biasa, sungguh ini bukan acara buka puasa yang biasa tapi sungguh luar biasa karena melalui acara ini kita bisa mempererat tali silaturahmi dan tentunya banyak ilmu dan informasi menarik yang bisa saya dapatkan diacara Bukber ini, semoga kita semua bisa berkumpul lagi di acara Halal Bil Halal bersama BRID nantinya. Dan buat yang masih penasaran sama Mas Ahmed yang banyak dipilih sebagai Admin Favorite kemarin, semoga bisa bertemu diacara Halal Bil Halal ya nantinya, supaya tidak penasaran lagi :)

Jadi tidak sabar untuk kumpul lagi, karena bertemu dengan sahabat semua sungguh sangat menyenangkan, Sampai jumpa lagi Sahabat semua :)

6 komentar:

  1. Mas, itu foto menunya di potret doang apa semuanya sudah dicobain? hahahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Difoto plus dicoba semua Mas Hazmi, habisnya semua menunya begitu menggoda... heheheheh

      Hapus
  2. maaas awaaann, tulisannya super lengkaaaappp.
    eeeh ada foto selfieee keceeee jugaaak ^^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiih Mba Tari... :)
      Iya saya suka foto kita itu, makanya saya masukin juga dalam postingan ini... heheheh

      Hapus