Minggu, 05 Juli 2015

Indahnya Buka Puasa Bersama Garda Oto Holiday Festival



Sabtu 04-Juli-2015 kemarin, saya diundang oleh Asuransi Astra untuk menghadiri acara Garda Oto Holiday Festival sekaligus acara buka puasa bersama yang berlangsung di Mall Kota Kasablanka Lantai GF tepatnya di Munchies Resto.

Seperti tahun-tahun sebelumnya Asuransi Astra selalu menggelar acara buka puasa bersama seperti ini, dimana acara Garda Oto Holiday Festival kali ini merupakan rangkaian dari program Garda Oto Holiday Compaign, dimana Garda Oto Holiday sendiri merupakan roadshow event di lima pusat perbelanjaan di daerah Jabodetabek dan Surabaya yang sudah diselenggarakan sejak 1 juni hingga 31 juli mendatang.

Undangan lagi diajak Install Mobile otocare
Acara diawali dengan mengajak para undangan yang belum menginstall aplikasi mobile otocare untuk langsung menginstallkannya saat itu juga, dan dari para undangan yang baru menginstall aplikasi ini mengakui ternyata untuk menginstall aplikasi mobile otocare ini sungguh sangat mudah dan tidak butuh waktu lama, saya sendiri pun sudah menginstallnya dan menuliskan review dari aplikasi mobile otocare ini disini.

Dan setelah itu, acara berlanjut dengan mendengarkan informasi penting yang dibagikan oleh para nara sumber yang sudah menjadi pakar dibidangnya masing-masing. Dan bagi saya menghadiri acara ini sungguh menyenangkan sekali, karena saya bisa mendapatkan banyak ilmu yang sangat bermanfaat yang dibagikan oleh berbagai pembicara yang menjadi narasumber pada acara Garda Oto Holiday Festival ini. dimana materi yang dibagikan oleh para narasumber memang bertajuk untuk membekali kita tentang bagaimana menjaga kesehatan kita pribadi dan kendaraan kita supaya ketika mudik tetap sehat dan selamat sampai tujuan.

Namun, menurut saya materi yang dibagikan tidak hanya berguna saat puasa dan mudik saja, namun bisa juga diaplikasikan dalam keseharian kita, karena dimana materi yang dibagikan ini memang sangat bagus dan bisa dilakukan juga pada selain bulan puasa ini.

Dan para narasumber yang hadir dan membagikan ilmu dan pengalamannya yang luar biasa diacara ini ada empat orang, yaitu:
  1. Bapak Dr. Doni

Beliau ini mengangkat topik tentang bagaimana “Sehat saat puasa dan Bugar Saat Mudik”. Banyak tips menarik yang dibagikan oleh Dokter Doni ini. Namun pada awalnya Beliau menjelaskan tentang Hakikat Puasa. Dimana menurut Beliau, puasa bukan berarti membuat tubuh menjadi lemas dan produktif kita menurun, tapi justru puasa seharusnya tetap membuat kita semangat dan produktif dengan cara mengatur asupan gizi yang tepat.

Dan menurut penetilian Puasa sendiri sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena puasa merupakan proses detoksifikasi yang merupakan proses pengeluaran racun dari dalam tubuh, dimana racun-racun yang ada ditubuh kita selama ini menumpuk yang disebabkan oleh sisa makanan, sisa metabolism tubuh, polusi, obat-obatan yang mengakibatkan banyak penyakit, seperti maag, asma, kolestrol tinggi, Tekanan darah tinggi dan kangker, bahkan aktifitas otak menjadi bermasalah.

Untuk itu, membuang racun yang efektif bisa dilakukan dengan puasa setahun sekali selama 30-40 hari supaya bisa melepas racun lebih maksimal, dan untuk tetap bugar selama puasa, kita bisa melakukan, hal-hal sebagai berikut:

  • Minum air yang cukup sekitar 2000-2500 ml air sehari (kurang lebih 10 gelas),  minum air putih terutama dialam hari dan saat sahur untuk proses pelarutan & pengeluaran racun melalui air seni, dimana kecukupan air oleh tubuh ini tidak hanya dari air putih saja, tapi bisa teh, susu, jus buah atau kuah sayur.
  • Makan sahur secukupnya, Meskipun kurang bernafsu untuk makan karena mengantuk, tapi kecukupan asupan sahur harus tercukupi, namun jangan terlalu kenyang karena bisa membuat kita lemas dan jangan juga terlalu sedikit karena bisa membuat kita kehilangan energy saat beraktifitas, dan yang terpenting menu sahurnya harus bergizi lengkap & bervariasi.

  • Makan makanan berserat ini biasanya terdapat dalam sayur dan buah sehingga mudah dicerna oleh tubuh dan membuat perut terasa kenyang lebih lama saat puasa karena gula dalam serat tidak mudah larut. Dan saat berbuka puasa disarankan untuk berbuka dengan minuman hangat dan makanan ringan yang manis seperti kurma karena mengandung serat, gula alami yang sangat tinggi, kaya kalium dan juga magnesium sehingga cepat diserap oleh tubuh hanya sekitar 45-60 menit saja.
  • Makan sayur dan buah ini sangat penting bagi tubuh, untuk itu kita jangan pernah malas untuk melakukannya, karena sejatinya tubuh kita sangat membutuhkan makanan berserat yang cukup untuk membantu proses pencernaan yang sehat. untuk memenuhi kebutuhan tersebut kita bisa mengkonsumsi air atau jus buah dan sayur mayur yang kaya serat.
  • Melakukan olahraga ringan tetap kita lakukan meskipun saat berpuasa dan idealnya olahraga bisa kita lakukan selama 30 menit sampai 2 jam menjelang berbuka puasa, dan olahraga ringan yang bisa kita lakukan seperti jalan kaki, jogging, bersepeda selama setengah jam, akan membuat tubuh tetap bugar dalam menjalankan puasa.
  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa, tentu saja hal ini tidak bisa kita sepelekan, untuk itu saat sehabis berbuka dan sesudah makan sahur jangan lupa untuk selalu menggosok gigi supaya gigi kita selalu terjaga kebersihannya dan nafas kitapun tetap segar meskipun berpuasa.
  • Tetap semangat beraktifitas seperti normal dan jangan menjadikan puasa untuk membenarkan rasa malas bekerja, meskipun dibilang tidur itu ibadah, namun jangan tidur kebanyakan, karena itu justru akan membuat tubuh semakin lemas.
Dan saat berbuka puasa, sangat disarankan untuk menghindari minuman yang terlalu dingin atau es, makanan pedas, atau mengandung asam, minum kopi yang berlebihan karena ini akan membuat lambung kaget dan bisa membuat perut menjadi kurang nyaman. Dan hindari tidur setelah sahur, serta hindari sengatan matahari secara langsung saat beraktifitas supaya tidak mudah dehidrasi.
Dan bagi yang akan mudik, ada tips menarik juga nih dari Dokter Doni seperti berikut ini:
  •  Usahakan tidur nyeyak selama 6 jam sebelum berangkat 
  •  Jangan melakukan perjalanan dalam keadaan lapar, sebisa mungkin makan dulu sebelum berangkat 
  • Jangan lupa bawa peralatan medis dan obat-obatan ringan dijalan, seperti obat demam, pilek, mual, maag, anti alergi atau obat rutin yang biasa diminum. 
  •  Menggunakan pakaian yang nyaman inipun sangat penting 
  • Dan saat dijalan, istrihatlah secara periodic setiap 4 jam, jangan memaksakan diri tetap mengemudi jika sudah sangat lelah dan ngantuk 
  •  Dan penting cek kesehatan sebelum mudik 
  •  Jika memerlukan bantuan atau pertolongan medis, jangan lupa memanfaatkkan posko mudik yang ada 
  • Bawa persediaan minuman yang cukup, jangan sampai terkena dehidrasi.

2. Bapak Marcel Kurniawan
Selanjutnya masuk sesi yang dibawakan oleh Bapak Marcel Kurniawan selaku Training Director dan Owner of RDC-The Real Driving Center dengan mengangkat tema “Mudik Asyik dan Aman”.

Tentu saja tema ini sangat menarik, karena mengingat pada tahun 2014 angka kecelakaan sangat tinggi, dimana angka meninggal dunia sebanyak 352 kasus, sedangkan luka berat 541 kasus dan luka ringan sebanyak 2010 kasus.

Untuk menghadapi mudik ini maka kita perlukan Sikap, Mental, Fisik, Pengetahuan, Disiplin dan Skil yang memadai dan prima supaya bisa terhindar dari celaka selama mudik.
Dan yang paling riskan adalah resiko bagi pengemudi saat berpuasa itu akan mengakibatkan hal-hal sebagai berikut:
  • Waktu reaksi semakin lambat 
  • Persepsi spasial memburuk
  • Ketidaksabaran psikologis
  • Kelelahan dan mengantuk akibat perubahan jam tidur
  • Kurang hati-hati terutama sebelum saat berbuka
Untuk itu, menurut Bapak Marcel Formula standar pencegahan kecelakaan itu harus memenuhi syarat OKE (Observasi,Kenali & Eksekusi).
  • Observasi dimaksudkan supaya kita bisa melihat, memperhatikan, mengamati, merasakan, mencium dan mendengarkan. 
  • Kenali dimaksudkan supaya kita bisa membaca tingkat resiko yang mungkin terjadi dan kenali cara antisipasi yang paling aman. 
  • Eksekusi adalah memutuskan apa yang harus dilakukan setelah mengenali risiko dan cara antisipasinya secara tepat diwaktu yang tepat.
Maka dari itu, sebelum melakukan perjalan kita perlu OKE beberapa aspek berikut ini:
  • OKE Fisik & Psikis
Kesehatan fisik dan psikis sangat penting dalam berkendara, karena jika tidak OKE maka bisa berdampak pada penurunan konsentrasi karena kelahan saat berkendara. Untuk itu, tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan sangat penting karena jika kita tidak tidur selama 17 jam itu mengakibatkan kita beresiko kecelakaan yang sama dengan pengemudi berkadar alcohol dalam darahnya sebesar 0.05%. Maka pastikan fisik dan psikis benar-benar harus OKE.
  • OKE Kendaraan
Selain Fisik dan Psikis, tentu saja kendaraan jga menjadi poin penting yang tak bisa diabaikan, maka sebelum berkendara kita harus memastikan kendaraan kita memang layak jalan dengan memastikan OKE untuk mesinnya, transmisi, piranti rem, kelistrikan, kaki-kaki, wiper, Roda dan Bannya.
Dan yang perlu dicek atau diperiksa sebelum mengemudi itu misalanya cek pada bagian BBM jangan sampai ada kebocoran, dan kita juga harus cek ketinggian air radiator, air accu & air wiper. Selain itu, semua lampu dipastikan bisa menyala dengan baik, dan tak bisa diabaikan oli mesin, minyak rem, minyak power stering & oli transmisi. Tekanan angin dan kembangan ban serta komponen karet yang lain juga harus dicek semuanya.
  •  OKE Dijalan
Selain OKE Fisik & Psikis serta OKE Kendaraan, maka harus OKE Dijalan juga supaya kita selamat sampai tujuan dengan selamat. Salah satu cara OKE Dijalan adalah dengan memperhatikan jarak aman saat berkendara, cara mengukur jarak aman ini bisa dilakukan seperti ini: misalnya kita mempunya tinggi 170cm maka pastikan kita bisa melihat ban belakang mobil didepan kita, namun jika tinggi kita hanya 160-169cm maka cara mengukur jarak amannya kita bisa melihat bumper belakang mobil didepan kita. Dan agar tidak diserobot oleh pengemudi lain, maka perhatikan 2 mobil didepan kita, bila dia bergerak maka kita harus siap-siap bergerak juga.
Selain itu, sebagai pengemudi kita juga harus antisipasi beberapa hal berikut ini antara lain:
  • Bagaimana mengatasi jalan keluar kota, terutama bagi kita yang tinggal dikota besar dan akan mudik keluar kota maka kita harus sangat berhati-hati karena konon katanya total tabrakan yang terjadi di jalan luar kota hingga 75% merupakan tabrakan tunggal, tabrakan frontal, dan tabrakan dipersimpangan, mungkin hal itu karena kurangnya kita menguasai medan jalan diluar kota. 
  • Selain kontur jalan luar kota yang belum kita kenali dan harus kita waspadai, maka cuacapun harus menjadi perhatian kita karena hingga 60% korban jiwa kecelakaan yang terjadi adalah disebabkan akibat hujan, oleh karena itu untuk jarak berhenti sebaiknya ditambah hingga 50% saat berkendara dengan kecepatan 60 km/jam dijalanan basah. Dan waspadai juga kabut yang dapat mengurangi jarak pandang hingga 400 meter atau kurang dan disarankan untuk menyalakan lampu kabut jika mengalami cuaca berkabut.
  • Dan jangan abaikan resiko berkendara dimalam hari, karena konon katanya berkendara dimalam hari memiliki resiko 4 kali lipat dibandingkan berkendaraan pada siang hari.
3. Ibu Endah dari Polda Metro Jaya
Mewaki para polisi Ibu Endah sangat mewanti-wantikan supaya saat mudik para pengendara sebaiknya memperhatikan kendaraannya harus benar-benar layak jalan, melengkapi surat-surat berkendara, menggunakan atribut yang baik dan benar, dan tentu saja tidak mengabaikan rambu-rambu lalu lintas selama dijalan. Dan Beliau juga berpesan, supaya tidak mekasakan berkendara jika memang lelah dan ngantuk, dan bisa memanfaatkan posko mudik yang ada untuk beristrahat atau memeriksakan kesehatan.
Beliau pun menambahkan pesan bijaknya, “lebih baik terlambat asalkan selamat dari pada buru-buru tapi nyawa melayang, ingatlah mudik adalah bertemu saudara dan keluarga untuk bersuka cita, bukan untuk menghadirkan duka cita, maka utamakan keselamatan selama berkandara”.

4. Bapak Iwan Pranoto
Doc. http://autobild.co.id
Dan sesi terakhir diisi oleh Pak Iwan Pranoto selaku Marketing  & Communication & PR Manager Garda Oto yang membahas “Insurance is lifestyle”.

Dan saya juga setuju bahwa sekarang asuransi sudah menjadi bagian dari gaya hidup kaum masa kini, karena kta tak pernah bisa menebak apa yang terjadi dikemudian hari, maka tidak ada yang salah kita membekali diri dan kendaraan dengan asuransi, terlebih pada tahun 2014 lalu telah terjadi kecelakaan sekitar 3.057 kasus kecelakaan, untuk itu membekali diri dan kendaraan menjadi solusi terbaik terlebih saat musim mudik seperti sekarang ini.
Asuransi Astra sendiri menawarkan berbagai macam produk Asuransi, antara lain: Asuransi Garda, Asuransi Garda Syariah, Garda Oto, Garda Motor, dan Garda Medika.
Selain itu Pak Iwan juga membahas tentang berbagai Jenis perlindungan Asuransi yang ditawarkan oleh Asurasi Astra yang mencakup:
  • Total Los Only adalah bentuk perlindungan kerusakan dengan biaya perbaikan lebih besar atau sama dengan 75% dan menjamin kerugian apabila kendaraan hilang dicuri.
  • Comrenhensive adalahbentuk perlindungan kerusakan sebagain atau partial loss.
  • Perlindungan Tambahan merupakan perlindungan yang menyangkut AOG (Act of God) seperti Banjir, Badai, Tsunami, dll. Ada juga perlindungan untuk SRCC TS (Strike, Riot, Civil Commotion, Terrorism, Sabotage). Adanya juga tanggung jawab pihak ketiga dan personal accident.
Tak ketinggalan, Pak Iwan juga secara singkat membahas tentang Emergency Assistance, seperti adanya Garda Siaga ERA (Emergency Roadside Assistance) yang disempurnakan dengan teknologi hidrolik agar semakin aman dan efisien untuk melayani pelanggan Garda Oto.  Selain itu ada juga Garda Siaga EMA (Emergency Medical Assistance) layanan terbaru untuk pelanggan Garda Medika dan Garda Oto melalui 22 titik evakuasi yang tersebar di Jabodetabek.
Dan kini untuk makin mempermudahkan para pelanggannya ternyata Asuransi Astra sudah menempatkan Garda Center yang merupakan unit layanan Garda Oto dipusat-pusat perbelanjaan yang kini tersebar di Jakarta, Depok, Cikarang, Tangerang, Cibubur, Cibinong, Medan, Solo dan Surabaya. Dimana jam operasional Garda Center ini mengikuti jam operasional mall tersebut.  Dan diluncurkannya Aplikasi Garda Otocare pada beberapa waktu yang lalu dan bisa didownload melalui Handphone ini pun adalah salah satu bentuk apresiasi sekaligus bentuk kepedualian Asuransi Astra pada pelanggannya untuk tetap bisa mengontrol dan memaintenace keadaan kendaraannya cukup hanya dalam genggaman saja.     
Itulah segelintir materi dari para pembicara yang bisa saya tuliskan kembali dalam postingan ini, Dan pada ramadhan tahun lalu pun saya pernah mengikuti Bukber Bersama Garda Oto ini, dan saya pernah menuliskan juga bagaimana Tips Mudik yang asyik, aman dan nyaman yang bisa juga dibaca disini

Dan setelah semua para nara sumber membagikan banyak ilmu dan informasi yang menarik seperti diatas, maka adzan magrib pun berkumandang yang menandakan waktu berbuka puasa telah tiba, dan kami dipersilahkan untuk menikmati menu buka puasa yang sudah disediakan oleh panitia, saya membuka puasa dengan beberapa potongan buah dan segelas es (lupa nama minumannya).

Suasana Buka Puasa Bersama Garda Oto

Namun, tak afdoal buka puasa jika tidak makan nasi, maka saya pun menuju area prasmanan untuk mengambil nasi dan lauk yang masih tersaji hangat. Dan momen buka puasa makin terasa asyik karena kami makan ditemani oleh alunan lagu-lagu syahdu yang didendangkan oleh Band Laras and Friends.

Menu Buka puasaku
Laras and Friends Band
Dan seusai makan, kami berburu dengan waktu untuk menunaikan shalat magrib, namun ternyata antrian untuk shalatnya sangat ramai bangat, dan lagi-lagi menuntut kesabaran untuk tetap mengantri dengan tertib, dan alhasil saat saya kembali lagi ke Munchies Resto untuk mengikuti acara selanjutnya pun sedikit telat, dimana saat saya tiba orang-orang sedang asyik mengikuti acara pembagian Doorprize, duuuh belum rejeki doorprize tidak ada yang nyangkut satupun dan selamat ya buat pemenang doorprize :)


Para undangan yang mendapat Doorprize

Dan setelah itu, acara pengumuman pemenang Blog Competition Garda Mobile Otocare pun diumumkan, pertama-tama diumumkan TOP TEN the best article dan Alhamdulillah ada nama saya disana, namun setelah diumumkan Three Best Article nama saya tidak ada, lagi-lagi belum beruntung bawa pulang hadiah utamanya yang menggoda itu, namun Alhamdulillah ternyata yang masuk TOP TEN pun dikasih merchandise sebagai kenang-kenangan. Dan Alhamdulillah lagi saya juga termasuk sebagai salah satu dari ketiga orang pemenang lomba live tweet diacara Buka Puasa Garda Oto Holiday Festival ini.
 
Saya kebanjiran hadiah dari Garda Oto :)

Terima kasih banyak Asuransi Astra sudah mengundang saya diacara yang keren ini, semoga acara seperti ini selalu digelar oleh Asuransi Astra untuk memberikan edukasi yang makin meluas bagi masyrakat banyak, dan semoga Asuransi Astra terus maju dan jaya selalu. Aamiin :)

Sungguh acara yang seru dan banjir hadiah, Sampai jumpa lagi para sahabat dilain event seru Asurasi Astra lainnya :)

14 komentar:

  1. Mantap review nya komplit banget...
    semoga dapat hadiah lagi dari review ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiih Mas Ki Demang :)
      Aamiin... :)

      Hapus
  2. Hadiahnya dilempar ke aku sini kak :p

    BalasHapus
  3. acaranya pasti seru nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Anisa, acaranya seru dan banyak hadiah :)

      Hapus
  4. Lengkap bgt reportasenya. Jd berasa ikutan hadir di acaranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih Mba Dwina, semoga ada hikmah yang bs dipetik dari tulisan saya ya :)

      Hapus
  5. seru ya apalagi dikasih hadiah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Alhamdulillah... hadiahnnya banyak bangat dari Garda Oto :)

      Hapus
  6. bonekanya bisa buat saya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuh telat, sudah ada yang minta duluan tuh... hehehe

      Hapus