Selasa, 04 Agustus 2015

Rahasia sukses mengelola keuangan dengan bijak



Apakah Anda ingin tahu rahasia sukses mengelola keuangan yang benar?

Tentu saja, makanya saat membaca undangan tentang bagaimana mengelola keuangan dengan bijak itu membuat saya penasaran dan pengen tahu lebih jelas tentang bagaimana kiat mengatur keuangan dari ahlinya, maka saya pun langsung daftar supaya bisa ikut hadir dalam acara yang diprakarsai oleh PT. Sun Life Financial Indonesia dengan menghadirkan pembicara kondang Bapak Safir Senduk dengan mengupas topik bertajuk “Yuk Kelola Keuangan dengan Bijak”.


Acara yang berlangsung pada hari Sabtu, 1 Agustus 2015 bertempat di Café XXI Plaza Indonesia lantai 6 yang berada di Jl. M.H. Thamrin kav 28-30 Jakarta Pusat. Acara ini sangat ramai dengan kahadiran Blogger yang begitu tumpah ruah, sehingga saya bisa sekalian kopdar dan halal bihalal dengan sahabat blogger yang lainnya.
 
Acara dimulai sekitar jam satu siang seusai menikmati santap siang, dan para Blogger yang hadir benar-benar luar biasa sangat ramai sekali. Dan membuka acara siang itu, para MC (Master Ceremony) mempersilahkan Ibu Elin Waty untuk memberikan sambutannya untuk mewakili PT. Sun Life Financial Indonesia selaku yang punya hajat siang itu.   

Ibu Elin Waty

Ibu Elin Waty
Membuka acara ini Ibu Elin Waty selaku Direktur dan Chief Distributr Officer PT. Sun Life Financial Indonesia menjelaskan tujuan diundangnya para Blogger dalam acara ini tak lain karena Sun Life ingin memberikan finance literacy yang baik dan benar bagi para Blogger supaya kedepannya para Blogger bisa mengelola keuangan mereka secara bijak.

Dan menurut wanita kelahiran Riau ini “Blogger itu bisa merubah Indonesia” karena Baliau percaya tulisan para Blogger itu mempunyai kekuatan untuk merubah negeri ini, untuk itu diharapkan melalui tulisan para Blogger bisa memberikan informasi yang benar kepada masyarakat luas tentang bagaimana mengelola keuangan secara bijak dan benar.

Dimana program finance literacy ini bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh Sun Life Finance karena sebelumnya sudah banyak Sekolah Kejuruan (SMK) dan kampus yang disambangi oleh Sun Life Financial ini antara lain UI, UGM, Atmajaya dan masih banyak kampus lainnya juga yang disambangi Sun Life Financial ini dengan maksud supaya para siswa dan mahasiswa tersebut bisa mengatur keuangan mereka dengan baik dan tidak boros hanya untuk foya-foya, selain itu Sun Life Financial juga memberikan program finance literacy bagi para Ibu Rumah Tangga yang mempunyai usaha atau bisnis supaya diharapkan bisa mengatur keuangan mereka secara tepat. Dimana pada intinya PT. Sun Life Financial Indonesia mempunyai program CSR yang bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat Indonesia supaya memiliki kesadaran untuk mengelola keuangan mereka dengan bijak. 

Sun Life donasi pada PMI - CSR (Doc. Suaramerdeka)

Ibu Elin dengan pengalaman lebih dari 21 tahun di industri asuransi juga sempat bercerita tentang kisah polis asuransi seorang kakek. Jadi selepas ditinggal pergi selama-lamanya oleh istrinya tercinta, sang kakek membuka berkas-berkas lama dan tak sengaja menemukan polis asuransinya yang sudah puluhan tahun terlupakannya. Dan kebetulan polis asuransi sang kakek ini ternyata merupakan asuransi yang berasal dari Kanada dan pernah membuka cabangnya di Surabaya pada tahun 1907 jauh sebelum negeri ini meraih kemerdekaannya. Namun karena situasi tidak aman ketika terjadi revolusi kemerdekaan pada tahun 1942 maka asuransi yang berada di Surabaya tersebut terpaksa ditutup demi keamanan semua pekerjanya. Tapi pada tahun 1995 perusahaan itu kembali hadir di Indonesia dan si Kakek tadi mencoba mengajukan klaim atas polis yang dimilikinya.

Siapa yang menyangka, ternyata polis kakek tersebut tetap tercatat rapi di kantor pusatnya di Kanada sana padahal jika dibayangkan era itu jauh sebelum sistem komputerisasi ada, tapi perusahaan asuransi tersebut mampu mencatat data anggotanya dengan rapi dan disimpan dengan sangat baik sehingga akhirnya sang kakek bisa mencairkan polis asuransinya tersebut. Dan perusahaan asuransi tersebut tak lain dan tak bukan adalah PT. Sun Life Financial.

Sekilas tentang PT. Sun Life Financial

Sun Life merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka di dunia yang telah membangun kekuatan selama 150 tahun yang berpusat di Toronto - Kanada dan kini telah merambah keberbagai Negara di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Dengan mengedepankan keinginan memberikan rasa aman dan tenang kepada nasabah untuk mencapai kesejahteraan dengan kemapanan finansial yang menyenangkan maka itulah yang mengilhami Sun Life untuk tetap berkomitmen memeberikan yang terbaik di setiap langkahnya.

Mengusung misi, visi, dan nilai-nilai yang mengedepankan kebahagian financial nasabahnya. Maka melahirkan komitmen yang menggerakkan Sun Life untuk maju ke depan dan menjadi pedoman pada setiap keputusan yang diambilnya, dimana hal tersebut sangat terlihat dari budaya perusahaan, hingga seluruh produk dan layanan yang ditawarkannya ke seluruh dunia, karena Sun Life adalah perusahaan yang mendedikasikan dirinya untuk keberhasilan finansial setiap nasabahnya.

Dan sejak 1995, PT Sun Life Financial masuk kembali lagi ke Indonesia, dengan melakukan berbagai program yang luar biasa untuk masyarakat Indonesia mulai dari produk-produk proteksi dan pengelolaan kekayaan, termasuk asuransi jiwa, pendidikan, kesehatan, dan perencanaan hari tua.

Sun Life Financial melayani sepenuh hati (Doc. Sunlife)
Setiap tahun Sun Life Financial Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan di pasar di mana dioperasikannya Sun Life tersebuat. Hal ini seperti yang terlihat per 31 Maret 2015, dimana tingkat Risk Based Capital (RBC) Sun Life Financial Indonesia adalah 755% (konvensional) – yaitu jauh di atas ketentuan minimal yang ditetapkan oleh pemerintah yakni 120 persen dan begitu jjuga untuk syariah berada di 154% - yaitu jauh di atas ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah yakni 15%, dengan aset Rp 6,75 triliun. Bahkan saat ini Sun Life telah menyediakan berbagai produk inovatif melalui lebih dari 89 kantor pemasaran konvensional dan 40 kantor pemasaran syariah di 56 kota di seluruh Indonesia.

Peran Sun Life untuk Masyarakat
Sun Life pun sangat peduli pada masyarakat Indonesia, hal ini terlihat dari berbagai kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) yang pernah dilakukannnya, baik dalam bidang pendidikan, Indonesia pintar maupun  antara lain sebagai berikut:

Sun Life untuk masyarakat (Doc. Sunlife)

a). Sun Bright untuk Pendidikan
Sudah menjadi agenda rutin bagi Sun Life Indonesia untuk peduli akan pendidikan bagi masyarakat dinegeri ini, untuk itu sudah banyak program yang dilakukan oleh Sun Life untuk meningkatkan mutu pendidikan dinegeri ini, dan berikut ini sebagain program Sun Life Indonesia antara lain sebagai berikut:
  • Mengadakan penggalangan Dana dan Donasi untuk Palang Merah Indonesia di Jawa Tengah
  • Melakukan upaya untuk mendukung OJK dalam peningkatan angka literasi keuangan masyarakat Indonesia, Sun Life Financial Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Bina Karakter Tunas Muda, Financial Planning Standard Boards Indonesia (FPSB Indonesia), dan International Labour Organization (ILO) dan Bank Indonesia (BI) untuk mengadakan program literasi keuangan.
  • Sun Life bermitra dengan International Labour Organization (ILO) dan Bank Indonesia (BI) untuk memberikan pelatihan literasi keuangan bagi para perempuan pekerja rumahan sebagai target program ILO MAMPU. 
  • Sun Life Financial Indonesia memberikan dukungan terhadap program edukasi literasi keuangan yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sun Life bekerja sama dengan Yayasan Standardisasi Perencanaan Keuangan Indonesia (Yayasan FPSB Indonesia) mengadakan program edukasi perencanaan keuangan untuk mahasiswa di 8 Perguruan Tinggi di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Program perdana edukasi perencanaan keuangan untuk mahasiswa akan dilakukan untuk 100 mahasiswa di Universitas Indonesia. 
  • Sun Bright kembali mensponsori CARE for the Nation untuk kali ketiga dalam menyelenggarakan pelatihan keterampilan wirausaha dan melek finansial kepada siswa SMK dan SMA di beberapa kota Indonesia yakni Lampung, Palembang, dan Bandung. 
  • Penyerahan simbolis 1.000 Al-Quran sebagai bagian dari kegiatan CSR perusahaan di Palembang yang dilaksanakan pada 14 Juli 2014 dan bertepatan dengan peresmian kantor pemasaran syariah di Palembang. 1.000 Al-Quran telah diserahkan langsung kepada pihak penerima di Palembang.
  • Perencanaan Keuangan Indonesia (Yayasan FPSB Indonesia) mengadakan program edukasi perencanaan keuangan untuk mahasiswa di 8 Perguruan Tinggi di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Program perdana edukasi perencanaan keuangan untuk mahasiswa akan dilakukan untuk 100 mahasiswa di Universitas Indonesia.
Dan masih banyak program yang sudah dilakukan oleh Sun Life dalam meningkatkan mutu pendidikan masyarakat di negeri ini dari tahun ke tahun hingga detik ini.  

b). Sun Bright untuk Indonesia Pintar
Sun Life juga merasa terpanggil untuk ikut bertanggung jawab pada masalah sosial untuk menciptakan masyarakat yang pintar dengan cara menyumbangkan 3 buah motor dan ratusan buku bagi program Indonesia Pintar melalui Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) pada Juli 2008.
c). Sun Bright untuk sesama
Ini merupakan bentuk kepedualian Sun Life pada sesama dengan meberikan berbagai bantuan terutama pada para korban bencana, seperti korban gunung Merapi Yogyakarta, bahkan juga memberikan bantuan pada masyarakat Yogyakarta dilanda gempa pada tahun 2006 silam, selain itu memberikan bantuan berupa fasilitas pendidikan seperti komputer, televisi dan dvd player, alat-alat musik dan olah raga, serta buku-buku perpustakaan untuk selolah di Padang.

Deretan penghargaan yang diraih Sun Life Indonesia
Dengan bekerja sepenuh hati maka tak sedikit juga akhirnya penghargaan yang pernah diraih oleh PT. Sun Life Financial Indonesia berkat kerja kerasnya, antara lain sebagai berikut:

Beragam penghargaan Sun Life (Doc.sunlife)
  • Email Pusat Layanan Nasabah sli_care@sunlife.com meraih predikat “Excellent” untuk kategori industri asuransi dari Carre-CSL dan majalah Service Excellence di tahun 2015
  • Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) meraih predikat “Excellent” untuk kategori asuransi jiwa dan kesehatan dari Carre-CSL dan majalah Service Excellence di tahun 2015
  • Email Pusat Layanan Nasabah sli_care@sunlife.com meraih predikat “Excellent” untuk kategori industri asuransi dari Carre-CSL dan majalah Service Excellence di tahun 2014
  • Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) meraih predikat “Excellent” untuk kategori asuransi jiwa dan kesehatan dari Carre-CSL dan majalah Service Excellence di tahun 2014
  • Brighter Life Indonesia meraih Silver Award untuk kategori community dari The Davey Awards
  • Banking and Financial Services In-House Team of the Year
  • Hanafiah Ponggawa and Partners Award Indonesia In-House Team of the Year
  • Brighter Life Indonesia berhasil memenangkan IMA Outstanding Achievement Award untuk kategori ‘Informasi Keuangan’
  • Juara 1 untuk kategori The Best Risk Management Islamic Life Insurance dengan asset di bawah Rp 100 milliar dari Karim Consulting Group di tahun 2013
  • Juara 3 untuk kategori The Best Islamic Life Insurance dengan asset di bawah 100 miliar dari Karim Consulting Group di tahun 2013 
  • Juara 4 Contact Center Service Excellence Award (CCSEA) untuk kategori asuransi jiwa dan kesehatan dari Carre-CSL dan majalah Service Excellence di tahun 2013 
  • Peringkat 3 untuk kategori asuransi jiwa dengan aset di bawah Rp 5 triliun Corporate Image Award yang diselenggarakan oleh Majalah Bloomberg Businessweek dan Frontier Consulting Group di tahun 2013
Daftar penghargaan yang saya tulis diatas, itu hanya sebagain dari deretan penghargaan yang pernah diraih oleh PT. Sun Life selama ini, dan semoga dengan sedikit pemaparan yang disampaikan diatas, maka akan membuat siapapun yang membaca tulisan ini akan mengenal siapa dan bagaimana PT. Sun Life Financial, karena seperti kata pepatah “Tak Kenal maka tak sayang” untuk itu bagi yang ingin mengenal PT. Sun Life Financial lebih dekat lagi bisa langsung mengunjung websitenya (www.sunlife.co.id).


Bapak Safir Senduk

Bapak Safir Senduk
Selanjutnya seorang perencana keuangan hebat yaitu Bapak Safir Senduk memberikan presentasinya dengan tema “Bijak Mengelola Keuangan untuk Profesi Blogger”. 

Beliau adalah oraang yang sudah sangat paham dibidang perencanaan keuangan, karena selain sudah menempuh pendidikan di STIE IBMI dan meraih sertifikat CFP (Certified Financial Planner), ternyata Beliau juga mendirikan Biro perencana keuangan bersama para rekannya serta berhasil menulis tidak kurang dari 10 buku tentang keuangan dan buku Beliau yang berjudul “Siapa Bilang Jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya?” Menjadi Best Seller dan telah dicetak ulang hingga 17 kali hanya dalam kurun waktu dua tahun. 

Tidak hanya itu, sosok Pak Safir ini juga telah memberikan seminar dan pelatihan tentang keuangan dihadapan ratusan orang, bahkan Beliau menjadi orang pertama Indonesia yang menjadi perencana kauangan yang berbicara di Hongkong dan juga Amerika Serikat. Dan Beliau juga pada Agustus 2013 menjadi orang pertama Indonesia yang berhasil masuk di iTunes Store, Toko musik dan Film Online terbesar didunia dalam menyebarkan album keuangannya yang diharapkan bisa memberikan pencerahan bagi banyak orang dalam mengatur keuangannya.

Dan mengawali presentasinya yang bertema "Bijak Mengelola Keuangan untuk Profesi Blogger", maka Bapak Safir Senduk mengajukan sebuah pertanyaan untuk membuka presentasinya, Siapakah diantara tiga profesi yaitu Karyawan, Pengusaha dan Profesional yang paling kaya? Dan ternyata untuk mengukur kekayaan seseorang bukan ditentukan dari kekayaannya, kedudukannya, atau juga seberapa banyak barang konsumsinya ataupun latar belakang profesinya melainkan kekayaan seseorang ditentukan dari seberapa banyak investasi yang dilakukannya. 

Sebelum melangkah lebih jauh, Bapak Safir Senduk pun tak lupa mengajak kami mengetahui karakter pribadi kita, karena hal itu sangat mempunyai peranan yang sangat kuat dalam mempengaruhi keuangan kita, dimana karakter pribadi kita sangat ditentukan oleh otak kita, dan dalam otak ada dua bagian yaitu otak bagian kiri dan juga otak bagian kanan, dimana masing-masing otak ini memiliki fungsi yang berbeda dalam mengelola penghasilan, mengatur pengeluaran, memilih asset dan memilih investasi.

Dimana Otak Kiri itu dominan dengan Logika yang mencakup kegiatan seperti berhitung ala matematika, Bahasa, Membaca, Menulis, Urutan, Sistem, Kepastian dan Analisa, dimana dengan begitu akan menghasilkan profesi yang bersifat spesialis. Orang yang didominasi oleh Otak kiri dalam kesehariannya lebih cenderung serius dan sangat disiplin, untuk itu disarankan sedikit santai dalam menjalani hidup ini, jangan terlalu dibawa serius.

Sedangkan Otak kanan itu lebih dominan dengan Insting sehingga akan membuat orang menjadi lebih kreatif, konseptual, memiliki gagasan dan inovasi, gemar menggambar dan menyukai musik dan irama serta melodi, sehingga orang yang dominan otak kanan ini cenderung digambarkan sebagai pribadi yang gendralis dan sangat santai sehingga disarankan untuk bisa sedikit serius dalam menjalani kesehariannya.

Menyadari dimana kecendrungan otak kita berpihak ini penting karena akan membantu kita dalam menciptakan pola pengaturan keuangan yang bijak, karena pada sejatinya otak kiri dan otak kanan mempunyai fungsi yang berbeda-beda, maka kita yang harus bisa menyeimbangkannya. 

Pentingnya mengelola cash flow

Selain memahami karakter pribadi dan kecendrungan otak kita kearah mana, maka langkah selanjutnya adalah memahami tentang Mengelola Cashflow,  karena hal yang sangat penting dalam mengelola keuangan karena disitu kita dituntut untuk memperhatikan bagaimana arus keluar masuk uang yang kita dapat sebagai penghasilan kita. Dan ada 3 tipe orang dalam mengelola cashflow ini, antara lain:

  • Cashflow orang miskin yaitu dimana uang yang didapatnya sama besarnya dengan jumlah uang yang dikeluarkannya untuk biaya hidup, dan golongan ini tidak menyisihkan uangnya untuk ditabung sedikitpun, semua habis begitu saja.
  • Cashflow orang menengah yaitu dimana pendapatannya selain digunakan untuk biaya hidup, kategori ini menyisihkan sebagain pengasilannya untuk dibelanjakan barang yang konsumtif seperti emas gadget, kendaraan yang bisa juga nanti dijual kembali.
  • Chasflow orang kaya yaitu dimana dari pendapatan yang diterima, selain digunakan untuk biaya hidup, uang dibelanjakan untuk barang-barang konsumtif dan juga digunakan untuk investasi.

Menurut Bapak Safir ada tiga cara bijak yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan supaya alur keuangan kita bisa berjalan dengan baik. Antara lain, sebagai berikut:   
1. Miliki Investasi sebanyak mungkin
Miliki Investasi sebanyak mungkin
Jika banyak orang yang berpikir bahwa kesejahteraan seseorang ditentukan oleh gajinya yang banyak, itu pemahaman yang salah salah. Sebab, gaji yang banyak itu tidak bisa menjamin kesehateraan seseorang, untuk itu hendaknya gaji yang banyak tersebut dialihkan untuk diinvestasikan dalam bentuk asset atau harta yang produktif, karena jika kita sudah mempunyai asset yang produktif maka kesejahteraan kita akan terjamin meskipun kita sudah tidak bekerja lagi.
Namun hati-hati dalam memilih investasi, karena tak sedikit investasi yang bertebaran didunia ini bukan memberikan keuntungan namun justru bisa membawa kita pada kemalangan, untuk itu berikut ciri-ciri investasi yang tidak benar dan patut kita curigai ketika akan berinvestasi, antara lain:
  • Menjanjikan bunga yang sangat tinggi
  • Menjanjikan uang cash setiap bulannya
  • Berani memberikan jaminan bahwa investasi ini tidak akan rugi
  • Akan memberikan bonus jika berhasil membawa member baru
  • Menggambarkan skema investasi yang terlihat mustahil
Dan perlu juga diketahui, bahwa banyak ragam investasi yang menawarkan berbagai pilihan-pilihan yang bagus, namun menurut Bapak Safir Senduk ada tiga model investasi yang bisa dipilih karena memiliki lebih banyak keuntungan dibanding model investasi yang lainnya.
a.    Menanam Saham
Ini adalah model investasi yang dinilai sangat bagus karena kita diibaratkan memiliki perusahaan tanpa perlu repot mengetahui manajemennya dan tidak terlibat langsung didalamnya, dan memiliki saham memiliki banyak manfaat karena bersifat deviden (pembagian hasil) dan capital gain (untung jual kembali), namun Bapak Safir menyarankan untuk memilih yang deviden daripada capital gain karena harus setiap saat memantau harga saham, jadi lumayan ribet.

b.    Investasi melalui Manager Investasi
Ini merupakan cara berinvestasi melalui perusahaan investasi misalnya reksadana dan unit link, dimana cara ini dinilai sebagai salah satu cara bijak berinvestasi yang baik, namun ketika akan memilih Manager Investasi ada tiga tips supaya bisa memilih tips manager investasi yang bagus, yaitu:
  1. Lihat reputasi dari tempat kita berinvestasi, misalnya sudah berapa lama perusahaan tersebut berdiri, dan bagaimana hubungannya dengan para investornya apakah punya catatan baik atau buruk.
  2. Dan perlu juga tahu, kemana biasanya mereka menginvestasikan uangnya.
  3. Bagaimana prestasi selama ini dan bagaimana kemampuannya dalam menaklukan naik turunnya harga dimasa lalunya.

c.    Real Estate
Berinvestasi melalui real estate juga dinilai sangat menjanjikan, karena bisa disewakan ataupun dijual kembali namun untuk menjual investasi jenis ini tidaklah mudah, untuk itu disarankan bisa untuk menyewakan saja tapi dengan cara frekuensi sewanya harus pendek (misalnya bulanan) dan sewakan pada banyak penghuni, supaya investasinya bisa bekerja maksimal. Namun untuk membangun sebuah real estate disarankan untuk melihat, lokasinya seperti apa, target pasaranya buat siapa, kondisi bangunan dan lingkungannya bagaimana, begitu juga usia bangunannya harus diperhatikan juga karena itu akan bisa meningkatkan nilai jual atau sewa dari real estate itu sendiri.

2.   Siapkan Dana untuk masa depan
Jangan lupa siapkan dana untuk masa depan
Masa depan adalah harapan, untuk itu menikamati masa depan yang indah menjadi indaman setiap orang, karena semua orang ingin mempunyai masa depan yang bahagia. Namun untuk mempersiapkan masa depan bukanlah perkara mudah, kita harus bisa memulainya sedini mungkin dengan melakukan persiapan yang matang dan tindakan yang nyata.
Ada beberapa dana yang perlu dipersiapkan dimasa depan, dimana dana ini meliputi:
a.   Dana Menikah
Meresmikan hubungan dalam sebuah ikatan pernikahan menjadi dambaan setiap pasangan, namun untuk menikah memerlukan dana yang tidak sedikit, misalnya untuk menyewa gedung, ketring, pakaian, dan segala tetek bengeknya yang menelan biaya yang sangat mahal, untuk itu hendaknya kita sejak bisa menghasilkan uang, sudah mulai membiasakan diri menyisihkan dana untuk biaya pernikahan ini. 

b.    Dana untuk membeli rumah dan isinya
Alangkah bahagianya ketika kita bisa membeli rumah dan melengkapi isinya dengan jerih payah kita sendiri, namun memang untuk membeli rumah bukanlah pekerjaan gampang mengingat biayanya yang juga tidaklah sedikit, untuk itu melakukan persiapan dana pun perlu dilakukan perencanaan dengan matang, supaya rumah impian segera diwujudkan.

c.    Dana untuk sekolah anak
Memberikan pendidikan yang layak dan setinggi-tingginya untuk buah hati tentu adalah dambaan seluruh orang tua dimanapun, namun lagi-lagi biaya pendidikan kerap kali menjadi momok yang memangkas impian banyak anak untuk meraih cita-citanya karena keterbatasan dana, untuk itu menyisihkan dana yang dikhususkan untuk pendidikan bagi anak sudah menjadi harga mutlak jika kita ingin membawa anak kita untuk meraih impiannya bersekolah setinggi-tingginya.

d.   Dana pension
Masa tua tanpa memegang uang itu sangat menyiksa, dan kerap kita dengar banyak orang tua yang ditelantarkan oleh anaknya karena dinilai merepotkan dimasa tua mereka, untuk itu kita harus bisa belajar dari banyak pengalaman tersebut supaya tidak seutuhanya masa tua kita digantungkan pada tangan anak kita, kita harus bisa menyiapkan dana pension ketika kita tidak lagi bekerja sehingga dengan dana pension tersebut diharapkan masa tua kita tetap indah dan cerah dengan bijak menyiapkan dana masa tua tersebut sejak masih muda.

3.  Atur pengeluaran
Tetap atur pengeluaran dengan baik
Mengatur pengeluaran ini kerap menjadi pekerjaan berat buat saya pribadi, karena saya kerap kali terkecoh oleh keinginan dari pada keperluan, hasilnya bisa dibayangkan pengeluaran yang diluar budget kerap kali menyesakan dada.
Namun untuk mengatur pengeluaran yang baik, Bapak Safir menyarankan untuk melakukan beberapa langkah bijak berikut ini.
a. Kenali pada pos-pos mana biasanya kita boros menghamur-hamburkan uang, dan mulailah menguranginya secara perlahan, karena untuk berhenti seketika itu justru sangat mustahil akan berhasil, maka belajar untuk mengurangi keborosan secara perlahan dinilai jauh lebih berhasil.
b. Kita harus bisa mengendalikan pengeluaran, jadi jangan semua yang kita inginkan itu dibeli karena keinginan itu tak pernah habis, selalu dan selalu kita akan dituntut ingin ini dan itu makanya kita harus bisa mengerem keinginan kita.
c. Kita harus bisa membedakan mana pengeluaran yang wajib, keinginan dan kebutuhan. Untuk itu, kita harus memprioritaskan pengeluaran uang kita terutama untuk keperluan wajib dan yang benar-benar kita butuhkan bukan yang kita inginkan. Dimana prioritas pengeluaran yang harus diutamakan antara lain: Cicilan hutang (30%, bisa 40% untuk cicilan rumah), membayar tabungan / investasi (10%), Membayar Premi Asuransi (10%) dan Biaya hidup maksimal 50%.
d. Kita harus memiliki Asuransi, karena asuransi itu bisa diibaratkan sahabat yang akan dengan suka rela membantu terutama disaat kita sulit, dan saya sendiri sudah pernah merasakan manfaat dari memiliki asuransi kesehatan, dimana saat saya sakit dan dibebankan biaya puluhan juta maka semua biaya tersebut ditanggung sama asuransi. Jadi taka da ruginya memiliki asuransi. Bahkan Asuransi itu ibarat payung, payung tidak menjamin hujan tidak turun, tapi payung bisa menjamin kita tidak akan basah kalau ada hujan.
    
Memiliki Asuransi itu penting
e. Sale adalah salah satu mahluk yang begitu menggoda banyak orang, tak terkecuali saya, mata biasanya seketika kalap ketika sale digelar, namun penyesalan baru datang ketika dompet sudah kosong melopongm maka hati-hatilah dengan sale. Untuk itu, Pak Safir mengingatkan supaya jangan gampang tergoda dengan sale, karena tidak semua sale benaran sale, karena khilaf saat sale akan menyebabkan penyesalan yang mendalam, Jadi tetap bijak saat menghadapi sale.

Jika semua tips diatas dilakukan dengan tekun maka tidak mustahil dalam waktu singkat kita akan melihat dan menikmati perubahan besar dari pengeluaran-pengeluaran tersebut, sehinga alur keuangan kita akan tetap berjalan manis pada alur yang semestinya dan masa depan pun akan terjamin kemapanannya.

Sungguh presentasi Bapak Safir diatas sangat luar biasa, cara penyampaiannya yang khas dengan guyonan dan canda membuat suasana acara siang itu berlangsung meriah, heboh dan yang juga mengasyikan karena selama acara berlangsung para undangan dibanjir hadiah dari Sun Life Financial Indonesia mulai dari voucher belanja hingga gadget keren.

Terima kasih banyak saya ucapkan pada PT. Sun Life Financial Indonesia dan Bapak Safir Senduk karena sudah berbagi banyak pengalaman dan informasi yang sangat luar biasa secara gratis kapada kami para Blogger, semoga PT. Sun Life Financial Indonesia dan Bapak Safir tetap semangat untuk terus berbagi dengan masyarakat luas untuk memberikan ilmu yang baik seputar mengelola keuangan yang benar. 
Life is so much Brighter when we focus in what truly matters

***
Referensi tambahan:

8 komentar:

  1. Saya masih sulit dalam mengatur keuangan
    jadi belum 1bulan jga gajih sudah habis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia, harus bisa mengelola keuangan dengan bijak supaya bisa awet uangnya sampai akhir bulan :)

      Hapus
  2. Info Pendaftaran untuk DP Umroh (3,5jt) dan Haji (5JT) di Arminareka Perdana. PT Arminareka Perdana. Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Plus sejak 1990. Izin Umroh D/146 th 2012, Izin Haji Plus D/230 th 2012. Untuk info kemitraan :
    Hubungi Ratna hp: 085 60 77 20 888 (PIN BB 52180e0e)

    BalasHapus
  3. wih lengkap banget mas penjelasannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mba Dwi, semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Waaah lengkap bangat Bang tipsnya, keren nih kalo bisa diterapkan pasti bisa sukses nantinya. Thanks Bang sudah sharing tips yang sangat bermanfaat ini☺ :)

    BalasHapus
  6. Sangat keren Bro tulisannya, informatif sekali :)

    BalasHapus