Selasa, 15 September 2015

Mengintip Dapur Asuransi Astra lebih dekat



Jumat, 11 September 2015 yang lalu saya mendapat undangan untuk hadir diacara Visit Asuransi Astra yang diselenggarakan di kantornya yang terletak di Jl. TB. Simatupang Kav. 15 Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan.

Dimana acara Visit Asuransi Astra ini pada intinya ingin merayakan hari pelanggan nasional sekaligus merayakan ulang tahun Asuransi Astra yang jatuh pada tanggal 12 September 2015 sekaligus bertepatan dengan usianya yang mencapai 59 tahun.

Dan sesuai tema undangannya yaitu visit Asuransi Astra maka kita diajak untuk mengintip tentang apa saja yang ada dan apa yang dikerjakan oleh para pegawai di kantor Asuransi Astra secara lebih dekat lagi.

Setiap tour dibagi beberapa kelompok, dan masing-masing kelompok berkisar sekitar 10-12 orang saja, dan saya ikut dalam tour kelompok kedua, dimana saya bergabung dengan beberapa wartawan dari berbagai media yang dipandu oleh Mba Lidya sebagai tuan rumah. Kami pertama memasuki ruang Garda Center, lalu Garda Akses dan berakhir di area Garda Siaga.

Garda Center

Memasuki ruang Garda Center, kami langsung disambut dengan hangat oleh Mba Raisa, dan Mba Raisha menjelaskan tentang fungsi Garda Center dan seputar hal-hal yang bisa dilayani di Garda Center.

Garda Center sendiri merupakan sebuah gebrakan yang dilakukan oleh Asuransi Astra dalam memberikan layanan kemudahan klaim bagi pelanggan produk Garda Oto dari Asuransi Astra yang ditempatkan dilokasi-lokasi yang strategis seperti mall atau pusat perbelanjaan.

Dan kini Garda Center sudah terdapat di 18 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, dan yang Garda Center yang baru dibuka adalah yang terletak di Jogja City Mall yang mulai beroperasi sekitar akhir bulan agustus lalu. 

Garda Center
Dan tujuan hadirnya Garda Center di mall-mall adalah memberikan kesempatan bagi para pelanggan Garda Oto untuk tetap bisa menikmati acara ngemall sambil tetap bisa merawat kendaraannya. Dan Garda Center yang terletak di mall tetap beroperasi pada hari sabtu dan minggu serta hari libur nasional pun tetap beroperasi untuk melayani para pelanggan setianya.

Garda Akses

Berlanjutnya kami lanjut ke Garda Akses dan disambut oleh Mba Iis yang dengan sangat semangat menjelaskan tentang apa saja kegiatan dan tugas-tugas orang-orang yang ada di Garda Akses ini.

Garda Akses merupakan layanan telepon 24 jam yang akan memberikan kemudahan dalam menghubungi Asuransi Astra karena ada karyawan yang tetap standby selama 24 jam, Garda Akses memberikan memudahkan akses bagi kita untuk mendapatkan informasi dan solusi atas permasalahan konsumennya, sehingga label "peace of mind" benar-benar bisa memberikan rasa aman dan tentram saat berkendara.

Blok Biru (Tim Inbound), Blok Orange (Tim Outbound), Blok Hijau (QA)
Jadi kehadiran Garda Akses ini menjadi solusi untuk membantu menangani masalah untuk semua pelanggannya, misalnya sedang mengalami masalah tak terduga saat sedang berkendara, seperti ban kempes, mobil mogok, tabrakan, atau kehabisan bensin ditengah jalan terutama jika kita berada di lokasi yang tidak kita kenal atau kita tidak tahu siapa yang harus dihubungi untuk meminta bantuan maka Garda Akses bisa menjadi pilihan tepat untuk dihubungi.

Melalui layanan Garda Akses ini, diharapkan  pelanggan akan merasakan kemudahan dalam mendapatkan informasi dan layanan yang terbaik dari Asuransi Astra ini.

Dimana di Garda Akses bisa dihubungi dinomor 1500112 ini terdiri dari Tim Inbound dan Tim Outbound yang akan menangani berbagai panggilan yang masuk di Garda Akses.

Tim Inbound yang terdiri dari 41 orang, dimana tugas utama mereka menerima semua panggilan yang masuk dan memberikan solusi untuk untuk informasi atau masalah yang ringan, namun jika masalahnya dirasa berat bisa di lempar pada bagian Tim Outbound (15 orang) yang akan meninjak lanjuti masalah tersebut atau melemparkannya pada bagian atau pihak terkait dari masalah tersebut tidak bisa diselesaikan sama mereka.

Dan khusus untuk Tim Inbound kerjanya selalu diawasi dan evaluasi secara berlaka oleh tim QA (Quality Assurance) yang mengontrol kinerja TIM Inbound sehingga tak heran jika Garda Akses berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Contact Center Service Excellence Award 2014 untuk ke-8 kalinya dan menjadi juara dalam kategori Asuransi Mobil yang diadakan oleh Majalah Service Excellence bekerja sama dengan Carre – Center for Customer Satisfaction and Loyalty (CCSL).

Ruang Evaluasi Kinerja Tim Inbound
Dan jika dari hasil temuan dan verifikasi oleh Tim QA ada yang ditemukan kesalahan diluar prosedur yang dilakukan oleh anak-anak TIM Inbound maka akan dipanggil diruang khusus dan akan dijelaskan dimana kesalahan yang dilakukan, supaya kedepan bisa memberikan pelayanan yang jauh lebih baik lagi.   

Loker Pegawai
Untuk tim Inbound dan Outbound tidak dperkenan untuk pegang HP sama sekali selama bekerja, dan HP harus disimpan di Loker yang sudah disediakan diruang khusus, dan dimeja karyawan dipasang cermin sehingga karwayan disaat melayani costumer harus selalu dalam wajah tersenyum, karena menerima telphone sambil tersenyum dan tidak tersenyum itu ternyata bisa menghasilkan suara yang jauh berbeda, dan suara saat tersenyum jauh terasa menyenangkan untuk didengar.


Garda Siaga

Dan terahir kami mengunjungi area Garda Siaga yang disambut dengan sangat ramah oleh Bapak Wiwit. Dimana kehadiran Garda Siaga merupakan cara cepat dari Asuransi Astra untuk memberikan solusi terhadap situasi atau masalah yang meresahkan para pengendara di jalan. 

Motor Siaga  akan diturunkan secepatnya untuk melayani konsumen

Ambulance untuk membantu jika terjadi kecelakaan
Dimana Garda siaga sejatiya untuk memberikan rasa aman dan tentram karena layanan ini selalu siaga setiap saat dalam memberikan bantuan yang dibutuhkan para pelanggan Garda Oto, baik untuk kerusakan kecil yang bisa diperbaiki di tempat, maupun kerusakan berat akibat kecelakaan yang memerlukan bantuan mobil derek.

Garda Siaga siap membantu pelanggan yang mengalami gangguan di jalan seperti ban kempes, aki soak, atau kunci yang tertinggal di dalam mobil sekalipun. Selain layanan darurat seperti yang telah disebutkan di atas, Garda Siaga juga menyediakan Layanan Derek untuk mengatasi gangguan pada kendaraan kita dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi bila kendaraan kita mengalami kerusakan yang tidak memungkinkan dilakukan perbaikan dalam waktu singkat dan bila kendaraan kita mengalami kecelakaan, baik rusak sebagian atau keseluruhan sehingga tidak dapat meneruskan perjalanan makalayanan Derek siap akan membantu.

Mobil Derek siap membantu mobil bermasalah 
Mobil derek yang ini kerep digunakan untuk evakuasi saat banjir
Jadi jika mengalami masalah apapun itu, bisa langsung kontak Garda Akses 24 Jam, atau kantorcabang terdekat untuk mendapatkan bantuan supaya perjalanan menjadi nyaman dan kendaraan tetap aman.

Setelah acara visit usai, maka kami semua berkumpul disebuah ruangan POM Hall Graha Asuransi Astra untuk mendengarkan sambutan dari Bpk. Ery Widiatmoko yang mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggannya dihari pelanggan nasional yang jatuh pada bulan ini dan Beliau juga berharap dengan semua layanan yang ada pada Asuransi Astra semua pelanggan selalu mendapatkan pelayanan terbaik dan selalu nyaman selama menjadi mitra Asuransi Astra.
Bpk. Ery Widiatmoko
Selain itu ada juga Pak Iwan yang menjelaskan secara singkat tentang sejarah Asuransi Astra dari tahun ke tahun dengan segala perkembangan dan inovasi yang dilakukan oleh Asuransi Astra dalam memberikan pelayanan terbaiknya bagi para pelanggan atau costumer setianya.

Bpk. Iwan
Kami juga bisa mendengakarkan langsung bagaimana kisah suka dukanya para pegawai Asuransi Astra dalam menjalankan tugas yang mereka emban selama bekerja disini. Ada Mba Lidya yang mewakili dari Garda Center, ada Mas Najib dari Garda Akses dan ada Mas Trisno dari Garda Siaga yang menceritakan pengalamannya selama bekerja sesuai dengan unitnya masing-masing.
Kiri (Mba Lidya), Mas Najib, Mas Trisno (Kanan)

Tak ketinggalan, kami juga bisa berkenalan dengan para admin sosial media dari Garda Oto yang sekaligus menceritakan tentang kinerja meraka dalam memanfaatkan media sosial untuk membuat Garda Oto semakin terdepan dimasyarakat.

Para Admin Sosial Media Garda Oto
Tak lupa ada Band “Pop Singer” yang menyumbangkan suara emasnya untuk menghibur para undangan, dimana Band ini terbentuk dari para pegawai Asuransi Astra dari berbagai divisi, namun penampilan mereka sangat keren dan sangat menghibur.

Pop Singer Beraksi
Dan terakhir, saya ucapkan Selamat Ulang Tahun Asuransi Astra yang ke 59 tahun, semoga Asuransi Astra terus maju, makin sukses dan selalu menjadi nomor satu. Aamiin...

2 komentar:

  1. Waah asyik nih Bro bisa intip-intip hehehe
    intip Dapur Asuransi Astra bikin tambah ilmu dan pengalaman ya, mantaps :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bro... apa kabar nih? kemana aja Mas Rano?
      Iya Mas Bro, ilmu dan pengalaman yang luar biasa nih :)

      Hapus