Sabtu, 17 Oktober 2015

Fun Blogging: Ajari mengolah hobi menjadi profesi



Fun Blogging, sungguh senang rasanya bisa menjadi bagian dari keluarga besar Fun Blogging, karena tak bisa dipungkiri menjadi bagian dari keluarga Fun Blogging tentu saja membawa banyak bangat manfaat yang saya rasakan. 

Sejenak melompat kembali kala saya pertama kali mengenal Fun Blogging, saya mengenal Fun Blogging saat mengikuti acara sharing ilmu dan pengalaman yang luar biasa pada 12 Oktober 2014 silam dan bertempat di Gedung Cyber 1 yang terletak di Jl. Kuningan Barat Raya No.8, Mampang Prapatan Jakarta Selatan.

Fun Blogging Perdana - Saya jadi yang paling Ganteng heheheh (Doc. Mba Olin & Ayah Dian Kelana)

Antusias teman-teman Blogger sangat terlihat dari gelombang pertama ini, dimana semua bangku terisi penuh, dan meski sedikit berpanas-panasan karena ACnya tidak menyala saat itu namun semua peserta tetap sangat antusias mengikuti materi demi materi hingga tuntas. Dan seingat saya, dulu untuk peserta prianya saya dan Ayah Dian Kelana saja dan selebihnya mayoritasnya kaum perempuan, dan ini menunjukan betapa semangatnya kaum perempuan menuntut ilmu ya :)

Mengkat tema "Dari Hobi menjadi Profesi" tiga Cikgu Cantik ada Mba Haya, Teh Ani dan Mba Shinta, Beliau-beliau ini membagikan ilmu yang benar-benar luar biasa dan sangat berguna bangat bagi para sahabat blogger, terutama saya sebagai bekal dalam menekuni dunia blog diera sekarang ini.

3 Cikgu Cantik (Foto Bawah Doc. Mba Seneng Utami)
Dari Mba Haya, saya mendapatkan pelajaran yang luar biasa, tentang bagaimana menulis yang baik dan benar sesuai tuntutan EYD, meski kini saya masih terseok-seok untuk terus belajar menulis yang sesuai EYD ini, tapi itu memang pilihan, dan saya memilih untuk terus belajar memperbaiki tulisan saya supaya menjadi lebih baik lagi, karena dengan menulis yang sesuai EYD jauh akan lebih mempermudah siapapun yang membaca tulisan kita menjadi lebih mudah memahaminya, dan untuk yang pengen menjadi penulis professional harus bisa menulis yang baik dan benar sesuai EYD, dan saya bercita-cita ke arah itu, mudah-mudahan ya. Aamiin :)

Dan saya juga terus masih sangat ingat Ilmu yang dikasih oleh Teh Ani, tentang pentingnya bijak dalam menggunakan Blog dan sosial media yang kita miliki, jangan sampai kita mengisi blog dan sosial media yang kita punya hanya diisi dengan status dan postingan yang tidak jelas, seperti curhat dengan bahasa caci maki dan postingan yang tidak berguna. Dan Teh Ani juga menekankan betapa pentingnya membangun networking, karena membangun networking yang baik akan membuka banyak peluang dan rejeki juga pastinya.

Dan saya sendiri belakangan ini sudah mulai mencoba untuk memaksimalkan Blog dan sosial media yang saya punya, dan Alhamdulillah dari Blog, FB, Twitter dan Instagram kini pelan-pelan sudah saya pelajari untuk memaksimalkannya dan meski masih sedikit tapi sudah mendaptkan nilai lebih yang patut untuk saya syukuri. Alhamdulillah :)

Dan tak kalah seru juga adalah ilmu dari Mba Shinta, tetang bagaimana memaintenance blog itu penting, karena tak bisa diabaikan tampilan blog secara secara visual haruslah menarik dan tidak berat saat diakses supaya mempermudahkan orang-orang untuk membukanya, selain itu mengetahui tentang bagaimana membaca statistic blog itu juga penting, karena sekarang tak sedikit brand yang mengajak kerja sama dengan blogger akan melihat tentang statistic dari blog kita.

Sungguh, bergabung dengan Fun Blogging memberikan banyak manfaat yang luar biasa, bukan hanya ilmu yang luar biasa sebagai modal untuk menjadi blogger yang lebih baik lagi, namun terbuka kesempatan lain yang bisa mendatangkan "manfaat lain" dari sebuah hobi.

Melihat begitu bermanfaatnya acara yang diadakan oleh Fun Bloging ini, maka tidak heran jika sekarang Fun Blogging sudah sampai hingga Fun Blogging session yang ketujuh dan merambah hingga keluar Jakarta. Sungguh luar biasa!

Asyiiiik dapat Sertifikat dari Fun Blogging
Fun Blogging tidak hanya berhenti disitu saja, Tidak hanya memberikan ilmu saat dikelas pada saat itu saja, tapi Fun Blogging tetap merangkul semua anggotanya menjadi sebuah keluarga yang besar dari gelombang pertama hingga saat ini untuk tetap satu dalam semangat untuk menjadi Blogger yang lebih baik lagi dari hari ke hari.

Dan saya pribadi sudah banyak merasakan manfaat yang luar biasa bergabung dengan Fun Blogging, selain mendapatkan Ilmu yang sangat bermanfaat, tentu saja bergabung di Fun Blogging membuka banyak peluang lain, seperti:
  • Mendapatkan banyak teman baru yang sangat menyenangkan
  • Mendapatkan banyak undangan untuk hadir dalam berbagai acara keren
  • Mendapatkan job yang nilainya sangat menyenangkan
  • Dan kerap kali para Cik guk tak bosan memberikan wejangan dan semangat untuk terus mengolah dan memaksimalkan blog dan sosial media yang kita punya
  • Sekarang ada program Friday English yang akan membuat kita mau belajar bahasa Inggris, karena disini kita akan sama-sama belajar dan mengkoreksi bahasa inggris satu sama lain, jadi cocoklah ini bagi saya yang belum fasih berbahasa inggris :D
  • Sering juga diadakan lomba blog atau kuis yang hadiahnya bisa bertemu dengan orang-orang hebat loh, seperti beberapa waktu lalu ada yang bisa bertemu dengan Mba Maudy Koesnaedi, atau tokoh penting lainnya.

Dan blog saya ini merupakan buah nyata dari Fun Blogging, ini adalah blog pribadi perdana saya, dan saya patut bersyukur untuk hal ini, karena seperti kata Teh Ani tidak ada yang salah dengan beternak blog asal mampu mengelolanya, dan untung saya mengikuti saran itu, karena blog utama saya yang biasanya saya tulis disini ada sedikit masalah kemarin itu, hal tersebut sempat membuat saya malas update blog disana, tapi untungnya punya blog yang satu ini lagi, sehingga kegiatan ngeblog saya tetap berjalan baik hingga kini.

Jadi bisa saya simpulkan, kehadiran Fun Blogging adalah gerbang yang membuka banyak peluang yang sangat bagus untuk para Blogger menjadi Blogger sejati, karena bisa membuka mata dan hati kita bahwa jika kita sungguh-sungguh mau belajar maka hobi bisa jadi profesi yang menjanjikan, namun kembali lagi jalan yang terbentang ini kembali ke Pribadi masing-masing, mau diambil atau dibuang.

Terima Kasih Fun Blogging, tetaplah menjadi inspirasi bagi banyak Blogger untuk mengecap Indahnya menjadi Blogger sejati :)



TERIMA KASIH UNTUK MBA HAYA, TEH ANI DAN MBA SHINTA KARENA SUDAH BERBAGI DENGAN KAMI ILMU DAN PENGALAMANNYA YANG LUAR BIASA :)
&
SELAMAT ULANG TAHUN FUN BLOGGING,

SEMOGA TERUS MENEBAR INSPIRASI BAGI SESAMA HINGGA TAHUN-TAHUN BERIKUTNYA,

DAN TERUSLAH MENJADI TEMPAT YANG NYAMAN UNTUK BELAJAR DAN BERBAGI HAL-HAL INDAH UNTUK KEBAIKAN BERSAMA.

AAMIIN...

20 komentar:

  1. Memang benar Mas Awan, manfaatnya Fun Blogging ini luar biasa untuk pesertanya ya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Dani... Fun Blogging memang luar biasa ya... nggak rugi gabung disini, banyak bangat manfaatnya :)

      Hapus
  2. Aamiin buat doa-doanyaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...
      Terima kasih Mba Istiana :)

      Hapus
  3. Aku justru sebaliknya, setelah ikut Fun Blogging akhirnya memutuskan untuk 1 blog saja, karena kurang waktu mengurus banyak blog :). Tapi, tidak menutup kemungkinan kalau suatu saat nanti bakal muncul blog baru, mungkin.. :)
    Ternyata kita bareng ya waktu itu ikut yg batch 1.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Riski, mau satu atau dua blog memang kembali ke kita masing-masing mampu atau tidak untuk memaintenancenya... heheheh

      ternyata kita satu angkatan toh... Tosh dulu kalo begitu... hehehe

      Hapus
  4. Awaaaan...
    Ternyata dirimuh adalah generasi pertama Fun Blogging yah Waaan!
    Aduh, kakak senior berarti euy, aku soalnya ikutan yang terakhir...si bungsuuuu hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Erry, saya angkatan perdana... dan lihat aja di fotonya itu, paling Ganteng sendiri ga ada saingannya... hahahahah

      Ga apa-apa baru masuk Fun Blogging yang penting sudah gabung Mba Erry... hehehhe

      Hapus
  5. Duuuh...yang EYD iya banget sih Waaan...

    Awan yang ngikutin blog aku dari udah lama banget, mungkin nyadar banget kalo tulisanku dulu berantakan bangeeeeet tata bahasanya yah Waaan....

    Dulu tuh aku gak pernah mikirin hal kayak gitu Wan, yang penting nulis aja gitu..
    Tapi beneran lho, kalo aku baca2 lagi tulisan lamaku, rada bikin sakit mata gitu tulisannya bhahahaha....

    Makanya pelan2 aku lagi berusaha rapi2 juga tulisanku nih Waaaan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih Mba Erry, tapi itulah seninya... jadi ada proses yang menjadi cerita... dan buat aktifitas blog berasa naik kelas ya Mba Erry... heheheh

      Iya sekarang sudah jauh lebih rapi dan tertata bahasanya Mba Erry tanpa mengurangi ciri khas Mba Erry... lanjutkan kakaaak... heheheh

      Hapus
  6. Naaaaah..yang ternak blog itu aku juga lagi nyoba nih Waaaan....

    Rencananya si detik bakal aku pake buat posting review, reportase & kontes. Sedangkan si dot.com buat curhat ajaaaaa...

    Tapi ternyata bener2 harus ngatur waktunya banget yah Waaaan...aku rada keteteran gitu dan jadi agak susah blogwalking huhuhu...

    Belum lagi, sekarang Alhamdulillah aku jadi kontributor website gitu Wan, jadi seminggu sekali di kejar deadline...

    Belum lagi kalo malem harus ngelamun dulu mikirin si dia yang batal putus dan lagi2 menyakiti hatiku yang rapuh ini....

    Duh...jadi sibuuuuk banget deh Waaaan bhahahaha...
    *yang terakhir emang kurang relevan sih*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duuh saya ga mau hilangin blogdetik ku Mba Errry, karena itu bagian dari sejarah dalam ngeblogku, makanya beternak blog saja, meski sama sih kita susah bagi waktunya... sibuk... *cari kambing hitam... wkwkwkwk


      Iya saya sudah baca yang jadi kontributor itu Mba Erry.. kereeeennya Mba Erry... ikut senang, ikut bangga sm kegiatan Baru Mba Erry yang ini :)


      apaaaaa?
      masiiih mikirin si PHP itu... udaaahlah Mba Erry lupakan dia, lupakaaaan... ikut kesal kenapa dia ga jadi putus... bhhahahahaha

      Hapus
  7. Duh, itu kenapa komenku panjang banget siiiih bhahahaha...

    Kangeeeen ngerusuh disini hehehe...
    Kemaren2 aku susah banget BW nih Waaaan, jadi sekarang mau pelampiasan ceritanya mah hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha
      udah santai aja Mba Erry... kan kita sudah biasa suka saling ngerusuh... hahahaha

      Tapi Bunda Irma kemana ya Mba?
      main ke Blog Bunda Irma, belum update2 apa Beliau sehat2 saja kan ya?

      Hapus
  8. Makasih sudah menjadi bagian Fun Blogging ya, Awan...
    btw itu si bibi hahahha bikin aku ngakak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya yang terima kasih banyak sama Teh Ani, karena sudah mau berbagi pengalam dan Ilmunya yang luar biasa kepada kami semua :)

      Hahah, Iya Teh, biasa si Bibi memang begitu, selalu bikin ngakak baik di postingannya maupun di komen2nya... hahahha

      Hapus
  9. waah mas awan nih angkatan pertama juga? samaan dong kitaaa yah..
    seru banget emang ikutan fun blogging, banyaak manfaatnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata kita samaan ya Mba Rani gelombang pertama... *baru tahu saya... heheheh

      Tosh dulu Mba Rani... Ga nyesal deh masuk Fun Blogging, benar-benar banyak untungnya ya Mba :))

      Hapus
  10. Wah sepertinya mantap banget tuh acaranya, kapan kapan boleh ikutan dong, ikut nimbrung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh bangat tu Mas Walidin, ini sudah masuk sesi ke 7, biasanya informasinya suka di share di Facebook, coba temanan sama para cikgunya diatas supaya selalu update informasinya Mas :)

      Hapus