Selasa, 26 Januari 2016

3 Cara cepat menurunkan berat badan



Pada hari minggu yang lalu, tepatnya tanggal 24 Januari 2016 kemarin, saya sempat mengikuti acara Karnaval Gizi yang dalam rangka Hari Gizi Nasional 2016 yang diselenggarakan oleh Pergizi Pangan Indonesia bersama PT. Sarihusada dan bertempat di Taman Menteng Jl. HOS. Cokroaminoto Jakarta Pusat.

Acara Karnaval Gizi ini pada dasarnya bertujuan untuk mengajak masyarakat supaya melek gizi, karena tak bisa dipungkiri masih banyak masyarakat yang belum sadar dan terlalu peduli akan pentingnya gizi seimbang dalam membentuk tumbuh kembang seorang anak.

Untuk itu, melalui berbagai kegiatan diacara ini, masyarakat bisa mendapatkan edukasi secara nyata tentang bagaimana untuk menerapkan hidup yang baik dengan gizi seimbang. Dan dalam acara ini begitu banyak aneka kegiatan yang bisa dinikmati oleh masyarakat, dan saya pribadi mengunjungi sebuah stand yang memberikan layanan konsultasi gizi secara gratis. 
Konsultasi Gizi Gratis
Dalam kesempatan konsultasi gizi gratis ini, saya akhirnya tahu bahwa tinggi dan berat saya itu tidak seimbang, seharusnya untuk tinggi saya 159 cm harus memiliki berat badan 54 kg supaya ideal, namun dari timbangannya ternyata berat badan masih jauh dari ideal. Hikss!

Untuk itu saya disarankan untuk melakukan beberapa cara berikut ini untuk bisa menurunkan berat badan saya supaya bisa mendapatkan berat yang ideal. Antara lain harus melakukan hal-hal berikut ini:

v     Mengatur Pola makan secara disiplin
 
Mengatur pola makan itu sangat penting, kebiasaan saya yang hanya makan siang dan malam saja ternyata tidak baik. Saya disarankan supaya tetap makan dalam 3 kali sehari, dimana sarapan tidak boleh ditinggalkan, karena asupan makanan pada pagi hari akan sangat diperlukan oleh seluruh eleman tubuh sebagai dasar energi untuk beraktifitas, begitu juga dengan makan siang pun tak kalah penting karena siang hari aktifitas kita yang banyak akan menuntut begitu banyak energi, untuk itu jenis makanan dan porsi makan siang bisa lebih banyak, dan untuk malam hari pun tetap harus makan, namun porsinya sebaiknya tidak terlalu banyak dan sebaiknya menghindari makanan yang mengandung banyak karbohidrat.  
Mengatur pola & porsi makan - Doc. Suket Hijau

v     Pengelolaan dan pemilihan makanan itu penting 

Memperhatikan beragam jenis makanan yang masuk dalam tubuh ini sangat-sangat penting dilakukan, kita tidak boleh sembarangan memilih makanan dengan prinsip asal kenyang. Kita harus jeli melihat nilai kandungan gizi dari jenis makanan yang akan kita makan karena tidak semua makanan mengandung nilai gizi yang baik bagi tubuh. 
Aneka sayur dan buah segar
Begitu juga dengan saya, untuk menu makanan yang akan saya makan, saya disarankan sebaiknya untuk menghindari makan-makanan yang digoreng karena makanan yang digoreng mengandung banyak lemak dan juga sebaiknya tidak sering-sering mengkonsumsi makanan junk food, Lalu saya pun disarankan untuk memperbanyak makan buah-buah segar secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu dengan tambahan gula dan susu yang berlebihan (misalnya sop buah, juice, dll), dan saya juga harus rajin dan perbanyak mengkonsumsi aneka sayur-sayuran karena dipercaya banyak mengandung nilai gizi yang baik bagi tubuh.

v     Tingkatkan aktifitas fisik

Ternyata meningkatkan aktifitas fisik ini akan sangat membantu untuk mempercepat penurunan berat badan. Untuk itu saya pun disarankan untuk perbanyak aktifitas fisik, dan saya berencana untuk mulai aktif kembali berolahraga, memang sih banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan untuk membantu mempercepat penurunan berat badan, entah ngegym, renang dan lain sebagainya. Namun saya pribadi memilih olahraga yang mudah dan gampang dilakukan saja yaitu jogging.
Jogging yook guys :)
Tapi saya baru ingat, saya belum memiliki sepatu olahraga yang baru setelah beberapa waktu yang lampau sepatu olahraga saya rusak. Jadinya saya pengen beli sepatu olahraga dulu supaya jogging saya semakin nyaman. Untuk itu, kemarin saya sudah sempat lihat-lihat koleksi sepatu olahraga yang ada di beberapa online shop yang bertebaran di internet. Tapi akhirnya dari sekian banyak sepatu yang saya lihat, ada salah satu sepatu olahraga yang sudah berhasil mencuri perhatian saya di Zalora, namun sayangnya saya belum gajian, tapi sudah saya masukan di wish list supaya nanti setelah gajian semoga saya bisa membeli sepatu olahraga yang sudah saya incar tersebut. #Nggak Sabar Deh :D

Ternyata untuk mendapatkan berat idel itu tantangannya lumayan berat juga ya, karena ini benar-benar harus konsisten dan rutin dilakukan, tapi semoga saja saya bisa menerapkan ketiga nasehat dari ahli gizi diatas supaya berat badan saya cepat turun dan saya bisa kembali mendapakan berat ideal saya. Aamiin :)

Sungguh acara Karnaval Gizi ini sangat mengedukasi sekali dengan banyak kegiatannya, semoga acara seperti ini sering diadakan supaya semakin banyak masyarakat yang sadar betapa pentingnya menjaga pola makan dan memperhatikan makanan yang bergizi untuk membantu tumbuh kembang yang lebih sehat dan bugar dalam menjalani kesibukan setiap harinya.

Sampai jumpa diacara Karnaval Gizi di event lainnya ya kawan :)

14 komentar:

  1. wah keren ya bang didalam acara karnaval itu disediakan tempat untuk konsultasi gizi gratis bagi orang yang mengikutinya dan memberikan tips-tips untuk menjaga pola hidup sehat dan gizi yang lebih baik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya acaranya keren Firdaus, banyak bangat kemarin kegiatan yang sangat mengedukasi dan tentu saja ada kaitannya dengan gizi dan kesehatan.

      Btw, Di Jogja akan diadakan Karnaval Gizi juga pada weekend ini loh, jangan lewatkan kalo bisa datang saja :)

      Hapus
  2. Waah di Jogja ada juga ya Bang, seru nih, pengen ikut juga kalo gt, thank you Bang infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada Jogja tanggal 31 Dek, ikut-an saja acaranya seru dan serat dengan ilmu pastinya :)

      Hapus
  3. Awaaaaaan...
    Berat badan ideal seharusnya 54 kg...
    Nah kenapa berat badanmu gak ikutan ditulis juga hayo lhoooo...ayo sebutkaaan.... bhahahaha...

    *yang komen minta dibanting banget kulkasnya ini mah hehe...*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahahah takuuut saya menyebut angkanya Mba Erry... menyedihkan... Hikss

      Kemarin timbangannya sampai menjerit kayanya... *LebaymModeOn hahahahah

      Hapus
  4. Awaaaaan...
    Aku dulu juga sebenernya sama sepertimu, kalo pagi gak pernah sarapaaaaan...suka males gitu deh...

    Tapi sejak menikah dengan Abah yang anaknya ibu katering, aku jadi ternoda *halah*

    Jadiiiii....Abah itu kalo dirumah sarapan paginya harus nasi lengkap dengan lauk pauknya gitu Waaaan...
    Karena di rumah Abah mah kan masaknya udah dari subuh sekalian buat katering...

    Jadi kan aku shock gitu pas baru nikah harus siapin sarapan buat suami bhahahaha...
    *tapi sekarang mah cukup telor ceplok ajah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Erry, rasanya malas minta ampun untuk sarapan, padahal itu penting sebenarnya.

      Abaaah kereeeen bangat, bisa merubah Mba Erry yang malas sarapan dan bikin sarapan jadi rajin. Hidup Abah... hehehe

      Semoga saya juga dapat anak Ibu katering deh Mba Erry supaya bisa rajin sarapan... *doain ya bhahahahaha

      Hapus
  5. Duh, berasa diingetin lagi tentang olahraga euy :))

    Iya nih Wan, aku udah lamaaa banget gak senam bareng ibu2 komplek. Biasanya kalo lama berhenti suka males lagi buat mengawali huhuhu...

    Kayaknya buat memotivasi biar semangat lagi olahraganya, aku harus beli sepatu baru dari zalora deh bhahahaha...
    *suka nge-modus anaknya*

    Eh, sekalian cari baju senam juga deh di Zalora...
    *semakin ngelunjak*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Mba Erry mah sudah langsing tidak perlu olahraga lagi kayanya... itu rahasianya apa Mba Erry? Jangan bilang nonton korea ya Mba... bhahahahah

      Hahahahha iya koleksi Zalora banyak pilihan Mba Erry, mau apa saja ada, bukan hanya sepatu dan baju olahraga saja, silahkan mampir dan pilih-pilih siapa tahu bisa dapat gratis gitu *Abah yang bayarin maksudnya hahahahah

      Siapa tahu diendorse ya Mba *namanya juga usaha #Semangat hahahahah

      Hapus
  6. Mantap Mas Imawan.
    Keren banget dah kemaren acara karnaval gizi nya hehe.
    Jadi makin tau tentang gizi hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bowo banyak ilmu dan pengalaman serunya ya di acara Karnaval Gizi kemarin :)

      Waah tahun depan ada lagi kayanya, semoga kamu masih di Jkt ya... hehehe

      Hapus
  7. Balasan
    1. Waaah asyik ya Mba Jiah naik sepeda, saya tidak punya sepeda makanya jogging saja... hehehe

      Hapus