Sabtu, 16 Januari 2016

Royal Enfield ramaikan pasar otomotif Indonesia



Jakarta, 14 Januari 2016 kemarin saya menghadiri acara launching gerai Royal Enfield yang baru pertama kali hadir di Indonesia. Gerai yang berdiri diatas lahan seluas 1.800 kaki persegi ini terletak di jalan Pejaten Barat No. 5 ini tampak sudah sangat ramai ketika saya sampai.

Setelah melakukan registrasi, saya pun melangkah masuk dalam gerai ini, Gerai ini tampak didesign sedemikian rupa sehingga tampak begitu apik, sepertinya tidak hanya berfungsi sebagai pusat pembelian tetapi bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat meeting point bagi para penggemar motor untuk mengobrol seputar dunia motor. 

Dan tampak deretan motor-motor Royal Enfield tertata rapi diberbagai sudut ruangan, terlihat ada beberapa tempat duduk yang didesign begitu nyaman menghiasi ruangan ini, ada satu sisi dinding dalam gerai ini yang terlihat unik, design interiornya menampilkan Continental GT yang sudah dipreteli, sehingga memperlihatkan berbagai rangkaian isi internal motor dan bingkainya sehingga membuat dindingnya terlihat sangat berbeda. 
Gerai Royal Enfield yang mengusung filosofi brand Pure Motorcycling ini merupakan dealer terlengkap dengan layanan purna jual, sehingga gerai ini tidak hanya menampilkan serangkaian motor-motor Royal Enfield, tetapi juga disediakan beraneka produk pelengkap seperti apparel dan accessories, termasuk gear dan aneka produk lifestyle (seperti kaos, jaket, sepatu, dan masih banyak lagi aneka produk lainnya) yang akan menunjang penampilan para premotor sehingga tampak lebih keren.
Aneka produk fashion Royal Enfield
Acara ini sekaligus menegaskan bahwa Royal Enfield mengumumkan bahwa mereka sudah siap beroperasi di Indonesia. Motor dengan brand tertua didunia ini masih terus diproduksi hingga saat ini dan kini merambah pasar Indonesia untuk memanjakan para pecinta Royal Enfield di negeri ini secara lebih dekat.


Sambutan Mr. Rudratej Singh

Mr. Rudratej Singh (Baju Putih)
Secara resmi Mr. Rudratej Singh yang merupakan President of Royal Enfield memberikan sambutannya dalam acara peluncuran gerai ini. Beliau menjelaskan bahwa Royal Enfield saat ini menjadi salah satu brand otomotif dunia yang meraup profit terbesar di dunia. Hal ini pun terlihat dari data penjualan yang dilakukannya sepanjang tahun 2015, dimana Royal Enfield telah menjual lebih dari 450.000 sepeda motor di seluruh dunia untuk mendukung strategi pertumbuhan global. 

Dan Royal Enfield di tahun mendatang pun percaya bahwa pertumbuhannya akan meluas ke pasar-pasar Internasioanl seperti Indonesia. Royal Enfield pun berencana akan memproduksi 900.000 motor pada akhir tahun 2018 nanti karena mereka meyakini motor merupakan komuter yang semakin populer dimasa mendatang.

Mengutip sambutan Mr. Rudratej Singh “Kami ingin merevolusi dan kembali memperkuat pasar motor berukuran menengah ini dengan motor-motor yang aspirasional namun mudah diakses, yang dapat digunakan sehari-hari di dalam kota maupun dalam jarak jauh untuk menghabiskan waktu luang pada saat akhir pekan”.

Untuk mewujudkan itu semua, Royal Enfield melakukan strategi internasional dengan terus fokus untuk membangun brand dan menciptakan permintaan di kota-kota kunci di seluruh dunia seperti London, Bogota, Medellin, Dubai, Madrid, Paris dan sekarang hadir di Jakarta. Royal Enfield ingin menciptakan ekosistem yang kuat dari pengalaman ritel yang unik dan pelayanan purna jual yang baik, sehingga diharapkan pencapaian yang bagus di Jakarta sehingga akan mempermudah melebarkan sayap ke kota lain nantinya.


Royal Enfield Rumbler 500cc

Dan pada kesempatan peluncuran gerai ini, ternyata ada juga motor ikonik asal Inggris yang sekaligus diperkenalkan juga yaitu Royal Enfield Rumbler 500cc – the definitive highway cruiser yang dirancang khusus untuk menghadirkan kenyamanan, gaya dan meningkatkan kesenangan bermotor santai bagi para penggemar touring, dan motor Royal Enfield Rumbler 500cc ini di Indonesia dibandrol dengan harga Rp. 82.000.000.
Rumbler 500cc Tampak Gagah
Rumbler 500 ini terlihat sangat gagah, dan menurut Mr. Rudy “Motor ini sangat cocok untuk berkendara jarak jauh, argonomis dengan model yang keren, memiliki daya pengereman yang sangat baik, visibilitas memberikan kenyamanan berkendara dimalam hari, dan memiliki bagasi yang luas. Model Rumbler 500 dengan warna hitam ini sangat khas dengan dukungan satuan konstruksi mesin 500cc yang memberikan 27,2 bhp melalui sistem injeksi bahan bakar elektronik dan torsi 4,3 Nm sehingga diyakini sangat cocok untuk menaklukan jalan-jalan di Indonesia”.

Dan Royal Enfield ingin menjadi pemimpin global di industri motor berukuran menengah, untuk itu Royal Enfield membangun dua pusat teknologi baru – satu berlokasidi India dan satu lagi di Inggris, dimana semua langkah ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan menjalankan strategi produk jangka panjang, dan saat ini Royal Enfield baru-baru ini mengumumkan ekspansinya ke Thailand bersama dengan peluncuran anak perusahaan pertamanya di luar India, tepatnya di Amerika Utara.

Oh iya, selain Royal Enfield Rumbler 500 tersedia juga berbagai tipe lain, antara lain:

  • Bullet merupakan motor tertua di dunia yang diproduksi secara kontiyu sejak tahun 1932 yang dibandrol dengan harga sekitar Rp. 68.000.000 untuk 500cc dan Rp. 54.000.000 untuk 350cc. 
  • Bullet Electra 350cc yang diganjar dengan harga Rp. 59.000.000 
  • Royal Enfield’s retro street model untuk tipe Classic 500cc dijual dengan harga Rp. 75.000.000 sedangkan untuk Classic 350cc dijajalkan dengan harga Rp. 61.000.000 
  • Classic Battle Green & Desert Strom tersedia dengan harga Rp. 76.000.000 
  • Classic Chrome dihargai sebesar Rp. 81.000.000 
  • Royal Enfield Continental  GT 535cc yang tersedia dengan harga Rp. 144.000.000
Salah satu Royal Enfield type Bullet 350cc

Sungguh datang diacara ini memberikan banyak kesan dan informasi yang menarik seputar dunia otomotif tepatnya bisa melihat dan memegang motor-motor Royal Enfield yang sangat melegenda ini dengan begitu dekat.

Dan jika teman-teman ada yang ingin mengetahui mengenai Royal Enfield bisa berkunjung diberbagai media berikut ini:

8 komentar:

  1. cc nya sudah mulai besar.. enak untuk di ajak lari2 an ... btw kayanya motor ini ada di acara GIIAS kemarin bukan ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya CCnya boleh di adu nih Mas Kornelius :)

      saya kurang tahu Mas, soalnya saya ga datang diacara GIIAS kemarin :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Setuju Mba Kurnia, Iya motor-motornya keren bangat ya :)

      Hapus
  3. Wah, mempertahankan desain klasik yaa.. Punya segmen pasar khusus dan tertarget nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mas, desainnya klasiknya tetap dipertahankan, dan sepertinya begitu Mas, pasti ada target khususnya ini :)

      Hapus
  4. Wah keren nih, semacam kaya Deus Ex Machina ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mba Winda, keren ini motornya. iya sekilas mirip mereka ini, jangan-jangan kembaran yang terpisah... *korban Sinetron bhahahah

      Hapus