Sabtu, 26 Maret 2016

Serunya belajar foto & video di Kelas Blogger



Menjadi Blogger Profesional itu pilihan, banyak hal yang harus dipelajari, terutama di jaman sekarang ini, Blogger dituntut untuk bisa menguasai segala hal, bukan hanya dinilai dari tulisannya saja yang keren, tapi seorang Blogger yang professional, dituntut juga bisa melengkapi tulisannya dengan hasil foto yang bagus, dan harus bisa bikin infografis yang menarik serta membuat video yang unik dan informatif.

Untuk itu, saya pun sengaja mengosongkan segala aktiftas saya pada hari Minggu 20 Maret 2016 yang lalu.  Hari itu ada Kelas Blogger yang digelar di kantor Nutrifood Inspiring Center yang berada Apartemen Menteng Square yang terletak di jalan Matraman Raya Jakarta Timur.

Kelas Blogger kali ini akan membahas tentang bagaimana mengambil foto dan membuat video melalui smartphone. Keberadaan smartphone kini hampir dimiliki oleh semua orang, Smarphone saat ini dinilai sudah sangat mempuni untuk menghasilkan kualitas foto dan video terbaik, sehingga dengan begitu sudah selayaknya para Blogger bisa memaksimalkan smartphonenya untuk menghasilkan foto dan video yang apik. 

Namun sebelum masuk ke Materi, Kang Arul (Kepyas) dan Kang Udin (Kepsek) memberikan sambutan terkait maksud dan tujuan diadakannya kelas Blogger hari ini dengan mengangkat tema foto dan Video yang dinilai penting untuk dibahas supaya para Blogger bisa belajar ilmu baru untuk menunjang konten dalam sebuah blog sehingga semakin berbobot. 
Kang Arul & Kang Udin
Namun, bagi saya pribadi yang sangat awam tentang bagaimana mengambil foto yang bagus dan membuat video yang menarik, makanya saya memanfaatkan momen yang begitu special yang diadakan oleh Kelas Blogger dengan menghadirkan para pemateri yang ahli dibidangnya masing-masing.

Kang Dudi Iskandar

Ada Kang Dudi Iskandar yang mengupas tentang bagaimana memotret yang baik, Beliau mengupas dengan sangat jelas bagaimana komposisi dasar saat memotret, unsur apa saja yang harus dipahami ketika akan mengambil sebuah foto, Konsep apa yang harus dipahami dalam sebuah foto.
Kang Dudi
Bahkan saya pun mencoba langsung mengamalkan ilmu dari Kang Dudi dengan memotret beberapa objek seperti ini. bagaimana hasil foto saya? Sudah bagus belum? :D

“Foto Jelek adalah Yang Di Simpan di Hardisk” – Kang Dudi –


Mas Dede dan Mba Icha

Selain belajar tentang cara memotret, kami juga diajarkan oleh pasangan yang sangat kompak yaitu Mas Dede dan Mba Icha tentang bagaimana membuat video dari smartphone.
Mas Dede & Mba Icha
Mas Dede mangajarkan kami tentang bagaimana teknis mengambil video dari smartphone, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam mengambil video, dan mengajarkan kami untuk praktek langsung bagaimana membuat video dari smartphone.

Namun Mba Icha pun mengajarkan kami tentang bagaimana pengisian suara dalam sebuah video, karena hal tersebut tak bisa dipungkiri sangat penting dalam sebuah video yang bagus. untuk itu Mba Icha pun mambagikan tips-tipsnya tentang bagaimana langkah-langkah supaya suara kita bagus ketika mengisi sebuah video, mulai dari menyiapkan naskah, latihan pernafasan, latihan artikulasi, dan yang penting harus tenang supaya saat pengambilan suara kita bisa lancar tanpa belibet.


Mas Seno Pramuadji
Selain mempelajari tentang cara memotret dan membuat video, hadir juga Mas Seno yang memaparkan tentang bagaimana pentingnya sebuah video saat ini terutama dari sisi brand, karena tak bisa dipungkiri video saat ini menjadi salah satu media yang sangat disenangi oleh masyarakat.

Bahkan diakui oleh Mas Seno bahwa saat ini “Sosial Video is the new content marketing” yang tak bisa diabaikan oleh sebuah Brand, untuk itu penting juga sebuah Brand membuat sebuah video yang unik dan menarik supaya produk yang ingin mereka jajalkan bisa dilirik oleh masyarakat.

Namun dalam hal ini, tak bisa kita pungkiri, bahwa untuk menyebarkan foto dan video yang kita punya ke berbagai sosial media yang kita punya, tentu saja kita memerlukan jaringan internet supaya aktifitas mengakses dan mengelola sosial media bisa berjalan dengan baik.

Perkembangan jaringan internet kini terus mengalami peningkatan kea rah yang lebih baik, jika kemarin yang populer adalah 3G maka saat ini sudah hadir jaringan 4G LTE yang menawarkan jaringan lebih luas, lebih cepat dan stabil, sehingga aktifitas internet kita semakin lancar, dan kita sebagai Blogger pun sangat membutuhkan jaringan 4G LTE seperti ini.
Blogger sangat butuh jaringan 4G LTE

Sungguh tidak sia-sia saya mengikuti Kelas Blogger hari ini, banyak ilmu, banyak pengalaman, banyak hal menarik yang saya dapatkan. Terima kasih kelas Blogger sudah menghadirkan para narasumber yang luar biasa, sampai jumpa di kelas blogger selanjutnya :)

Keseruan Kelas Blogger 6
 Dan bagi yang penasaran dengan Video hasil kreasi ala saya silahkan di tonton video berikut ini, durasinya pendek kok, tidak sampai 3 menit, selamat menonton :)



"WE WRITE AND SHARE BECAUSE WE CARE" - Kelas Blogger -

5 komentar:

  1. Seruuu banget acaranya mas. Apalagi materinya juga keren banget. Semoga aja Kelas Blogger bisa diadakan lagi di Bandung. Soalnya waktu itu belum bisa berkesempatan buat ikutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Widya seru bangat acaranya, banyak ilmu dan pengalaman serunya :)

      Semoga akan diadakan lagi di Bandung ya, tunggu saja :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Keren, ulasannya lengkap. Hasil fotonya juga udah bagus kok. Mantap. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya belajar foto dan bikin video itu seru dan bikin nagih ternyata Mas Dede :)

      Terima Kasih Mas Dede :)

      Hapus