Sabtu, 09 April 2016

Pentingnya Membangun Konten dan Memahami Payment Online Di Era Digital Marketing



Minggu 3 April 2016 kemarin, saya senang bangat karena saya diberi kesempatan yang luar biasa untuk bisa jalan-jalan mengexplore gedung CNI di jalan Puri Indah Blok O2 No.1-3 Jakarta. Namun saya tidak sendiri, saya ramai-ramai bersama teman blogger lainnya, kami berangkat dari depan Plaza Senayan dengan mengunakan Bus Khusus yang disediakan oleh CNI.
Bus Khusus Explore CNI
Setiba di kantor CNI, kami disambut oleh Bapak Gusti Alendra selaku Promotion and Marketing PT. CNI, Beliau mengajak kami untuk mengexplore CNI supaya makin kenal dengan produk-produk yang ada di keluarkan oleh CNI. Dimana di lantai satu kami diajak mengitari galeri-galeri yang berisikan produk-produk keluaran CNI.
Bpk. Gusti sedang menjelaskan seputar acara Explore CNI
Dimana setiap produk diposisikan sesuai kategorinya, dan pengelompokan produk ini sebenarnya ada 5 kategori, namun kemarin kami hanya sempat menjelajahi 4 galerinya saja, yaitu:

  • Galeri Healthy food merupakan galeri yang berisikan produk-produk yang menunjang kesehatan tubuh kita.
  • Galeri Food & Beverage adalah galeri yang berisi aneka makanan dan minuman dengan citarasa yang enak namun tetap mengandung gizi baik bagi kesehatan.
  • Galeri Household merupakan galeri yang menawarkan beraneka macam produk peralatan rumah tangga untuk melengkapi segala keperluan rumah kita.
  • Galeri Personal Care adalah galeri yang menjajalkan produk-produk untuk perawatan tubuh kita.
  • Galeri Agriculture & Fisheries adalah galeri yang menawarkan aneka produk yang baik untuk memaksimalkan hadil pertanian dan perikanan.

Untuk membaca detail tentang penjelasan tentang explore galeri ke galeri diatas bisa baca detailnya pada tulisan saya yang disini

Selesai puas mengexplore dari dari galeri ke galeri, maka kami pun melanjutkan dengan melangkah ke lantai dua, dimana disini desainnya keren bangat, banyak miniatur tentang kontribusi CNI, penghargaan yang di dapat CNI, serta beraneka kegiatan CSR yang dilakukan oleh CNI untuk masyarakat.
Milestone dari tahun ke tahun
Aneka Archive
Aneka Penghargaan PT. CNI

Setelah puas mengexplore setiap sudut kantor CNI di lantai satu dan dua, maka selanjutnya kami harus menimba ilmu, pengalaman dan informasi menarik dari para narasumber yang hadir pada acara workshop ini, ada tiga narasumber keren-keren yang hadir dalam acara ini, yaitu:

Bapak Marselinus Ferdinand

Bapak Marselinus Ferdinand
Pengisi workshop pertama adalah Bapak Marselinus Ferdinand selaku Head of Marketing CNI Indonesia. Beliau membahas tentang perkembangan internet dan media sosial marketing di era yang serba digital saat ini, selain itu juga dibahas tentang bagaimana metode pemasaran yang dilakukan oleh CNI, ada perbedaan yang dilakukan pada masa dulu dan sekarang, jika dulu CNI melakukan MLM (Multi Level Marketing) namun kini seiring perkembangan jaman yang serba digital, maka CNI pun melihat semua ini sebagai peluang yang bagus untuk mengembangkan pemasaran produk-produknya.

Sejak tahun 2014, CNI mulai menerapkan pemasaran secara online dengan menghadirkan www.geraiCNI.com sebagai media online yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan beraneka produk CNI dengan sistem pemasaran yang lebih friendly, aman dan nyaman.

Untuk itu, Bapak Marselinus juga menjelaskan tentang bagaimana mudahnya kini masyarakat untuk mendapatkan produk-produk dari CNI, cukup dengan melakukan belanja online maka semua produk yang diinginkan bisa cepat didapatkan, untuk tahu bagaimana cara mendapatkan produk CNI secara online, bisa baca tulisan saya yang berjudul Gerai CNI,Solusi Belanja Online mudah tanpa ribet, karena saya sendiri sudah mencoba berbelanja langsung di gerai CNI dan proses pemasanan barangnya benar-benar mudah dan tidak ribet.

Dan yang paling menyenangkan juga, kini CNI memberikan peluang kepada masyarakat luas untuk  menjadi Affiliasi CNI, dimana masyarakat diajak jadi mitra dari CNI yang dibangun dengan meanfaatkan dunia online sebagai media pemasaran, sehingga kita bisa bekerja dari mana saja dan kapan saja karena sifatnya yang online ini. Jika ingin baca tentang bagaimana cara bergabung dan manfaat menjadi affiliate CNI maka bisa juga baca tulisan saya yang berjudul Memanfaatkan Media Sosial untuk membangun Bisnis Affiliate Program ini.

Numun untuk menjalankan bisnis online ini, kita juga harus mengerti strateginya, untuk itu Mas Marselinus menuturkan ada 5 strategi pemasaran di media sosial, antara lain:

  • Comprehend adalah tentang bagaimana memahami jalur pemasaran di media sosial.
  • Consumers menyakut tentang bagaimana media sosial sebagai gerbang untuk mengetahui siapa konsumen kita sebenarnya.
  • Content merupakan “kunci” yang menjadi pendorong agar masyarakat bisa masuk ke website kita.
  • Conversations adalah tentang bagaimana kita membangun interaksi dengan pelanggan.
  • Connections adalah bagaimana melibatkan diri lebih dekat dengan konsumen di berbagai media sosial yang kita punya sehingga dapat meningkatkan keakraban dengan konsumen.

Sungguh banyak informasi penting yang dibagikan oleh Bapak Marselinus, sehingga wawasan saya semakin bertambah terutama tentang CNI, produk-produknya juga tentang seperterjang pemasarannya dalam memanfaatkan media online saat ini. sungguh menyenangkan sekali.


Bapak Rizki Siwu
Bapak Rizki Siwu
Materi kedua dibawakan oleh Bapak Rizki Siwu dari DOKU, Beliau membahas tentang Prospek bisnis E-commerce di Indonesia, prosespek ini terlihat semakin membentang setelah melihat semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan internet. Dimana pada tahun 2015 kemarin, ternyata jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai angka 93,4 juta, meningkat jauh jika dibandingkan dengan tahun 2014 yang berada di angka 88,1 juta saja.

Berbicara tentang produk yang populer dicari oleh masyarakat melalui E-Commerce, ternyata membeli pakaian menempati posisi paling banyak yaitu sekitar (67,1%), disusul oleh Sepatu (20,2%), Tas (20%), Jam (7,6%), tiket pesawat (5,1%), Handphone (5,1%), asesoris kendaraan (2,8%), kosmetik (2,3%) dan buku (1,8%). Dan nilai transaksi melalui E-Commerce pada tahun 2015 mencapai US$ 2,56 miliar, dan tahun 2016 diprediksi akan meningkat menjadi US$ 4.89 miliar.

Dan menurut data Quarterly pertama tahun 2014, ternyata devise yang paling banyak digunakan untuk online shopping adalah handphone dibandingkan komputer. Dan menurut hasil survey DOKU bahwa kebanyakan orang membeli online itu dari Media Sosial, disusul dari website dan forum serta sisanya dari media lainnya.

Namun tak bisa dipungkiri, sebagain orang yang menolak untuk berbelanja online pun mengemukan beragam alasan, misalnya karena khawatir dengan kualitas produk yang dijual, khawatir akan keamanan data dan informasi pribadinya akan disalahgunakan, dan sebagian lagi mengaku tidak puas karena tidak bisa menyentuh barangnya secara langsung.

Dan berbicara tentang kebiasaan trending online payment di Indonesia pada tahun 2014 ada 25% melakukan Cash On Delivery (COD) , dan sebagain sekitar 41% melakukan pembayaran transfer melalui ATM, dan 12% melakukan pembayaran melalui Credit Card, IB, Emoney.

DOKU mempunyai sebuah sistem yang sangat simpel untuk jual online yaitu MyShortCard. Hingga saat ini ada sekitar 19 ribuan penjual online yang sudah mendaftar di MyShortCard, karena dari sistem ini penjual akan mendapat sebuah link yang bisa di-embed di media sosial, grup chatting, dan lain sebagainya.

Dan saat ini ada banyak metode pembayaran yang dapat digunakan oleh masyarakat jika menggunakan sistem pembayaran online yaitu E-wallet (DOKU Wallet), credit card (Visa, Master Card, JCB), ATM transfer (ATM Bersama, Prima, Alto), E-commerce banking (e-Pay, BCA KlikPay, Mandiri, BRI, Danamon), dan In store payment (Alfamart, Alfa Express, Lawson, Dan Dan).

Berbicara tentang DOKU Wallet itu sama saja seperti e-money atau dompet elektronik. Doku Wallet bisa di download di Google play dan informasi lebih lengkapnya bisa kunjungi www.dokuwallet.com, dimana untuk registrasi DOKU Wallet cukup mudah yaitu hanya dengan menggunakan alamat email dan nomor telpon saja. Jika mau digunakan untuk berbelanja bisa menggunakan dua cara yaitu dengan cash wallet (dengan cara top up terlebih dulu melalui ATM atau convenience store ) dan kartu kredit DOKU.

Asyiknya menggunakan DOKU Wallet karena mempunyai kegunaan untuk membayar di berbagai merchant online yang sudah bekerja sama dengan DOKU, atau bisa juga digunakan untuk berbelanja di Alfamart, untuk membeli pulsa dan membayar tagihan seperti tagihan listrik dan First Media. 

Dan kini pengguna DOKU Wallet sudah mencapai 850.000 user, dan yang aktif menggunakan DOKU Wallet adalah sekitar 30%-nya. DOKU juga sering melakukan berbagai macam promo, seperti kerja sama dengan Citilink dan Hotel Quickly, berupa cashback. 

Sungguh sekarang semua semakin mudah dengan hadirnya online shop dan metode pembayarannya yang beragam sehingga semakin memudahkan saat berbelanja, mau apa saja bisa langsung dipesan dari handphone atau komputer yang kita miliki. Semua semakin mudah, semakin praktis.


Teh Ani Berta

Teh Ani Berta
Selanjutnya masuk sesi Teh Ani Berta yaitu seorang Freelancer yang aktif sebagai kontent writer, Brand Endorser, Workshop Fasilitator. Beliau membahas tentang bagaimana mengolah konten di era digital ini, dimana tidak bisa kita pungkiri, bahwa konten bagi seorang blogger itu harus bin wajib harus diperhatikan, karena konten adalah segalanya alias content is the king.

Untuk mendapatkan bahan tulisan atau konten itu sebenarnya bisa kita dapatkan dimana saja, kapan saja, dan dari siapa saja, asal kita peka dan kreatif melihat segala sesuatunya maka semuanya bisa jadi bahan tulisan. Dan tentang bagaimana menggali konten ini pernah saya tulis disini.

Dan sebagai Blogger yang juga aktif di twitter dan facebook, maka Teh Ani menyarankan supaya kita bijak juga ketika mengisi konten untuk twitter dan facebook, jangan dilakukan asal-asalan, jangan menyebar kegalauan yang tidak jelas, status nyiyir, status kemarahan dan status-status yang mengarah ke hal-hal negatif. 

Untuk itu, menurut Teh Ani, sebaiknya ketika mengisi konten untuk Twitter, maka lakukanlah dengan cara:
  • Padatkan kalimat menjadi sebuah kalimat yang informatif.
  • Masukan satu key message.
  • Hindari kalimat yang tidak penting, yang boros karakter.
  • Buatlah kalimat yang seolah-olah sedang ngobrol dengan followers, sehingga dapat memancing followers untuk berinteraksi.
Begitu juga dengan Facebook:
  • Hindari menulis konten lebih dari satu paragraph. Cukup buat konten yang penting, padat, dan berisi menjadi satu paragraf.
  • Ada greeting dan opening waktu membuat konten.
  • Memancing teman agar teman tertarik untuk berinteraksi, memberikan komentar dan terlibat dalam topik.
Berbicara tentang cara menggali potensi diri, Teh Ani memberikan beberapa pertanyaan yang harus berani kita jawab jujur supaya kita bisa mengetahui sebera besar potensi diri kita pada sesuatu bidang yang kita tekuni.
  • Menyenangkan atau tidakkah pekerjaan atau rutinitas yang kita lakukan?
  • Apakah pekerjaan ini menghasilkan wawasan baru atau ilmu baru?
  • Apakah kita suka berbagi kemampuan?
  • Apa yang kita bagikan bermanfaat untuk orang lain?
  • Sudah cukupkah kita memberi kontribusi pada bidang kita kuasai?
Jika semua pertanyaan ini kita jawab dengan jujur, maka kita bisa menentukan potensi diri kita, dan kemana kita mau membawa langkah ini selanjutnya.

Namun perlu dingat, untuk membangun branding diri itu kita tidak perlu memaksakan diri, kita cukup sesuaikan dengan kemampuan dan keahlian yang kita miliki dengan meningkatkan kalifikasi diri, memperbanyak kontribusi terbaik, perbanyak jam terbang dan porto folio serta jangan pernah pelit untuk berbagi serta perbanyak berbuat baik pada sesama itu juga penting.

“Sebuah Proses akan menentukan Kualitas” Teh Ani Berta

Sungguh ilmu, pengalaman dan keseruan yang dibagikan diacara ini sangat menyenangkan, sehingga kami terutama saya mendapatkan banyak informasi dan ilmu baru yang sangat luar biasa. Terima kasih banyak untuk para narasumber Bpk. Marselinus, Bpk. Rizki dan Teh Ani yang sudah mau berbagi banyak hal yang luar biasa dengan kami semua, dan semoga CNI tidak kapok undang-undang kami lagi jika ada acara seru semacam ini, sangat menyenangkan dan serat ilmu yang bermanfaat.

Sampai jumpa dilain waktu teman-teman semua :)



11 komentar:

  1. Sharing yang lengkap... berasa hadir di lokasi... thanks infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mba Ira, semoga informasinya bermanfaat ya :)

      Hapus
  2. Tulisannya lengkap, Imawan. Good Job !

    BalasHapus
  3. Tulisannya lengkap, Imawan. Good Job !

    BalasHapus
  4. sayang banget pas gak bis aikutan, dapet ilmu dan keliling kantor CNI pula

    BalasHapus
  5. Iya kemarin seru bangat Mba Evrina, smg acara seperti ini ada lagi supaya Mba Evrina bisa ikutan ya :)

    BalasHapus
  6. Selain konten dan online payment, yang terpenting saat ini adalah security. Karena banyak issue bermunculan akhir-akhir ini, yang masih hangat adalah kasus di salah satu ecommerce terbesar di Indonesia

    BalasHapus