Minggu, 08 Mei 2016

Film Mars Ajarkan untuk Gigih Memperjuangan Mimpi



MARS (Mimpi Ananda Raih Semesta), film ini membuat saya terenyuh dalam rendaman air mata yang jebol di bendungan mata saya. Bagaimana tidak, film ini memaparkan betapa besar pengorbanan dan perjuangan seorang ibu demi anaknya bisa merengkuh pendidikan, dan seketika saya merasakan rindu yang teramat sangat pada Ibu saya di rumah.

Meski kisah hidup Sekar Palupi (Acha septriasa) tidak serupa dengan kisah hidup saya, namun empati yang menyelundup dihati saya begitu kuat, saat melihat bagaimana kegigihan Ibu Tupon (Kinaryosih) dalam membesarkan anak perempuan semata wayangnya Sekar Palupi ditengah keterbatasan yang melilit hidup mereka.

Menyadari dirinya buta huruf, maka Ibu Tupon ini selalu menanamkan arti pentingnya pendidikan pada anak perempuannya sejak masih kecil. Dia tak ingin nasib anaknya seperti dirinya, Ibu Tupon sangat ingin nasib anak perempuannya lebih baik dan menjadi bintang yang paling terang bersinar di malam hari, mengalahkan cahaya bintang yang lain di sekitarnya. Ibu Tupon menyebutnya lintang lantip alias Bintang yang cerdas, atau istilah bekennya planet MARS.

Untuk meraih mimpi itu, Ibu Tupon harus berjuang sangat-sangat keras, terlebih setelah ditinggal pergi selama-lamanya oleh suami tercintanya (Teuku Rifnu Wikana) yang meninggal dalam kecelakaan saat bekerja sebagai buruh angkut batu.

Sungguh film ini mempunyai kisah yang sangat inspiratif, mengenai perjuangan ibu Tupon  dan anaknya yang terus berjuang meski kisah hidupnya terus diwarnai oleh air mata dan kehilangan, namun rintangan demi rintangan tidak dapat menghentikan langkah kaki mereka, cita-citanya terlalu gadang sehingga tidak membuatnya cepat pasrah dan menyerah pada keadaan.

Film ini tidak hanya mengajarkan bagaimana kegigihan meraih sukses, tapi film inipun sekaligus menyoroti tentang kerasnya kehidupan yang penuh derita di Desa Gunung Kidul, yang terkenal memiliki angka bunuh diri tertinggi di Indonesia, maka melalui film ini Ibu Tupon dan anaknya bertekad untuk merubah keadaan di desa tersebut dengan mendidik anaknya terus bersekolah setinggi-tingginya, karena hanya dengan ilmu maka perubahan bisa dilakukan.

Perjuangan membesarkan Sekar seorang diri tak membuat Ibu Tupon menyerah, cita-citanya ingin melihat Sekar menjadi anak yang cerdas membuatnya tetap semangat berjuang hingga kesuksesan dan impian dapat diraih oleh Sekar.

Untuk itu, menurut saya film ini sangat layak ditonton oleh siapa saja, supaya kita makin sedar betapa pendidikan itu penting dalam kehidupan seseorang, dan masih banyak di negeri ini mungkin Sekar-sekar yang lain, masih terbelenggu dalam dinding kebodohan dan kemiskinan.

Film ini mengajak kita untuk sejenak berenung, baik bagi para pejabat berwenang tentang dunia kependidikan, untuk orang tua, anak-anak yang mampu tapi malas sekolah pun bisa belajar banyak dari film ini, karena di luar sana begitu banyak anak-anak yang berasib seperti Sekar, sebenarnya pintar tapi terbelenggu oleh kemiskinan dan kekurangan sehingga tak pernah bisa untuk mengenyam pendidikan.


Bermimpilah yang tinggi, berusahalah yang gigih, berdoalah yang sungguh, maka percayalah kesuksesakan pasti datang, semua indah pada waktuNya.

7 komentar:

  1. yes cerita yg inspiratif, bisa menjadi contoh perjuangan yang pantang menyerah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar bangat Mba Tira, cerita dalam film ini sangat inspiratif :)

      Hapus
  2. Caramu bertutur menambah kekuatan pada pembaca utk tergerak hadir dan menonton MARS. Trims bro :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga begitu ya Mas Adetruna heheheh

      Sami2 Mas Bro :)

      Hapus
  3. bermimpilah setinggi mungkin jika ada niat ,usaha dan doa insyaaallah akan tercapai. salam kenal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju bangat Mas Ali :)

      Salam kenal kembali ya Mas :)

      Hapus
  4. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    BalasHapus