Kamis, 23 Juni 2016

Wujudkan Pola Hidup Sehat yang Praktis bersama Garda Mobile Medcare

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, begitulah wejangan yang kerap kita dengar, karena jika sudah sakit, bukan hanya biaya yang banyak yang harus kita kucurkan, tapi waktu dan tenaga yang tak sedikit pun harus kita korbankan.

Dan bayangkan jika tubuh kita sakit-sakitan, apa yang bisa kita perbuat? Tentu saja tidak akan banyak hal yang bisa kita lakukan, semua aktifitas kita menjadi terbatas, dan apa yang kita ingankan pun akan terhambat.

Untuk itu, memiliki tubuh yang sehat tentu saja idaman semua orang, termasuk saya. Tubuh yang sehat adalah modal utama untuk melakukan berbagai aktifitas untuk melanjutkan hidup. Namun terkadang kita masih sangat lalai untuk menjaga kesehatan kita.

Padahal untuk menjaga kesehatan itu tidaklah sulit, hal itu bisa dimulai dari diri kita sendiri, diawali dari kegaiatan-kegiatan yang mudah, misalnya tentang bagaimana mengatur dan menjaga pola hidup sehat, seperti tidur tidak larut malam, makan tidak telambat, dan berusaha untuk olahraga secara teratur.

Secara terori memang sangat mudah, namun pada kenyataannya semua itu sangat sulit dilakukan, kita itu cenderung lupa, entah lantaran aktifitas yang padat dengan kesibukan yang seolah tak pernah henti, atau juga malas karena pengaruh lingkungan dan pergaulan. Semua itu, kadang turut menjadi penyebab minimnya kesadaran kita untuk menjaga pola hidup sehat.

Menyadari hal tersebut. Asuransi Astra seolah merasa terpanggil untuk ikut membantu kita agar kita bisa mengatur dan mengontrol pola hidup sehat, hal ini tercermin dari lahirnya aplikasi Garda Mobile Medcare yang diluncurkan berbarengan dengan tiga aplikasi lainnya  yang bertajuk “Going Mobile” dan pernah saya tulis disini.
Namun kali ini saya akan membahas lebih detail tentang aplikasi #GardaMobile #Medcare, karena menurut saya kehadiran aplikasi ini sungguh sangat bagus untuk kita, karena aplikasi Medcare berbeda dari fitur kesehatan lainnya, Medcare adalah sebuah aplikasi yang sangat berguna untuk mengingatkan kita tentang bagaimana mengatur dan mewujudkan pola hidup sehat melalui beragam fitur yang ada di dalamnya.
Aplikasi Medcare (Doc. Garda Oto)
Aplikasi yang bisa didownload di Google play dan App store ini merupakan rangkaian dari strategi Asuransi Astra untuk mendukung revolusi digital sesuai visinya yang ingin memberikan Peace of Mind kepada para masyarakat. Dimana kehadiran aplikasi ini bisa menjadi media yang sangat cocok bagi kita yang ingin hidup sehat karena sangat mudah diaplikasikan dalam keseharian kita.

Lalu apa saja yang istimewa dari aplikasi Medcare ini?

Aplikasi #Medcare bisa digunakan oleh semua orang, tidak terkecuali bagi para pelanggan Garda Oto, karena pada sejatinya, aplikasi ini menawarkan beragam fitur yang sangat berguna bagi siapa saja yang menggunakannya dan sekaligus bisa diterapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari.
Fitur-fitur utama di halaman Home Medcare
Aplikasi #Medcare hadir dengan menawarkan beragam fitur yang memberikan banyak keistimewaan, karena aplikasi Medcare tidak hanya didesain sebagai aplikasi yang dapat membantu kita agar bisa mendapatkan kondisi selalu fit, tetapi Medcare juga bisa menjadi panduan untuk gaya hidup sehat melalui berbagai fitur yang ditawarkannya.

Berikut inilah fitur-fitur yang akan kita jumpai dalam aplikasi Medcare, dan akan saya ceritakan satu per satu apa keunggulan dari fitur-fitur ini.

Fitur Wellness
Olahraga merupakan aktiftas fisik yang kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup kaum modern. Tidak bisa kita pungkiri, penampilan yang selalu bugar dan tampak selalu prima menjadi impian banyak orang. 
 
Untuk itu, olahraga yang teratur dan terencana, akan membentuk fisik menjadi atletis serta menjadikan tubuh selalu sehat, sehingga tidak sedikit orang menyempatkan dirinya untuk melakukan berbagai olahraga kesukaannya disela kesibukannya yang padat.

Dan fitur wellness ini berfungsi untuk membantu mengingatkan kita akan jadwal dan jenis olahraga yang ingin kita lakukan. Sehingga dengan hadirnya fitur ini, kita bisa mensetting kapan kita ingin berolahraga, sehingga tidak ada istilah kita lupa untuk berolahraga.

Pada fitur Wellness ini ada beberapa data yang wajib kita isi, supaya fitur ini bisa berfungsi dengan baik, antara lain: Activity Name, Activity Location, Reminder, Repeat, Alert.  
Tampak beberapa data yang perlu diisi dalam Fitur Wellness
Contoh melakukan setting di fitur Wellness
    • Activity Name yaitu kita bisa memilih jenis olahraga yang bisa kita lakukan, pada menu ini tersedia berbagai jenis olahraga yang bisa kita pilih sesuai keinginan kita.
    • Activity Location yaitu kita bisa tentukan dimana tempat kita akan melakukan olehraga tersebut
    • Reminder berfungsi untuk menentukan jam berapa kita akan berolahraga
    • Repeat berfungsi untuk memilih pada hari apa saja kita akan melakukan olahraga tersebut
    • Alert berfungsi sebagai alarm untuk mengingatkan supaya kita tidak lupa jadwal olahraga, alarm ini bisa kita setting kapan akan dibunyikan, apakah 1 hari sebelumnya, 1 jam sebelumnya atau dua jam sebelumnya atau tepat pada jam kita ingin berolahraga. 

Fitur Medical Control
Penyakit tidak akan sembuh dengan sendirinya, terkadang kita harus mempunyai semangat yang kuat dan usaha yang gigih untuk menyebuhkan diri dari segala penyakit.

Dan salah satu cara menyembuhkan penyakit adalah dengan rutin mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter dan melakukan medical control secara rutin.
Namun terkadang, untuk melakukan medical control ke dokter kita kerap kali lupa dan lalai untuk melakukannya, padahal hal itu sangat penting untuk mencegah datangnya penyakit ataupun mempercepat kesembuhan kita dari suatu penyakit.

Menyadari hal tersebut, melalui aplikasi Medcare, Garda Oto menambahkan fitur Medical Control yang berfungsi untuk mencatat jadwal cek kesehatan secara rutin, sehingga kita diharapkan tidak melewatkan atau lupa kapan seharusnya kita melakukan pengecekan kesehatan kita.
Terlihat  diatas merupakan data yang perlu diisi pada Fitur Medical Contol
           Fitur Medical Control ini menawarkan data yang perlu untuk diisi terlebih dahulu supaya fitur ini bisa bekerja nantinya, antara lain sebagai berikut:
Cara mensetting penggunaan fitur Medical Control
    •  Check up name berfungsi untuk mencatat nama penyakit yang ingin di check up
    • Location berfungsi untuk mencatat dimana tempat dan lokasi kita melakukan check up
    • Check up date untuk mensetting tanggal check up
    • Check up time untuk mensetting jam check up
    • Repeat berfungsi untuk memilih berapa kali kita akan melakukan check up
    • Alert berfungsi sebagai pengingat supaya kita tidak lupa jadwal check up, dan kita bisa mensetting kapan alarm harus mengingatkan kita untuk check up.

Fitur Medication
Untuk mempercepat tubuh kembali sembuh dari sakit, tentu saja selain mengontral ke dokter, kita juga harus menuruti petuah meminum obat yang benar sesuai resep yang dokter anjurkan. Untuk itu, supaya tidak terlewatkan kegiatan minum obatnnya, maka sebaiknya diatur saja dengan fitur Medication.

Medication merupakan fitur yang berfungsi untuk mengatur pola minum obat, dimana kita bisa mensetting jadwal minum obat sehingga diharapkan kita bisa minum obat secara teratur dan penyakit kita bisa segera sembuh.
Bermacam data diatas perlu diisi dalam Fitur Medication
Cara mensetting penggunaan fitur Medication
Adapun data yang perlu kita setting pada fitur Medication ini, antara lain sebagai berikut:
  • Medicine Name adalah menu yang berfungsi untuk kita menuliskan nama obat yang akan kita minum
  • Consumes / day menu untuk menentukan berapa kali minum obat per hari dan pada jam berapa saja kita harus mengkonsumsi obat tersebut.
  • Start Date adalah menu untuk mensetting pada tanggal berapa kita mulai minum obat tersebut
  • End Date adalah menu yang digunakan untuk mensetting tanggal terakhir kita minum obat
  • Repeat,  menu yang berfungsi untuk mengingatkan berapa kali jadwal kita akan minum obat, mulai dari setiap saat sampai dengan sekali sebulan.
  • Note, menu untuk kita mencatat apapun terkait obat-obatan yang kita minum supaya semuanya bisa terdokumentasi dengan baik.

Fitur Reminder
Lupa adalah sifat yang sangat manusiawi, dan kerap terjadi pada siapa saja. untuk itu, kita butuh diingatkan terlebih dahulu agar mengingat apa saja kegiatan yang harus kita lakukan.

Untuk itu, fitur reminder pada aplikasi Medcare ini didesign untuk mengingatkan kita tentang jadwal olahraga yang sudah kita setting pada fitur Wellness, mengingatkan kita kapan harus cek kesehatan yang sudah kita setting pada fitur Medical Control, dan juga akan mengingatkan kita untuk minum obat secara teratur pada waktunya sesuai dengan yang sudah kita setting pada fitur Medication.
Fitur Reminder untuk mengingatkan Wellness, Medication Control dan Medication
Diharapkan dengan fitur Reminder ini kita bisa selalu ingat kapan harus melakukan semua aktifitas diatas, sehingga semuanya bisa dijalankan sesuai dengan schedule yang seharusnya, dengan begitu kita akan dilatih untuk disiplin, sehingga hidup sehat pun bisa kita raih.

Fitur Daily Activity
“Terlalu banyak jangan, terlalu sedikit jangan, maka yang sedang-sedang saja porsinya”. Iya dalam hidup ini sebaiknya jangan berlebihan, karena setiap yang berlebihan itu tidak baik katanya. Terlalu banyak makan bisa bikin gemuk, Terlalu banyak minum bikin sering pipis, terlalu banyak tidur bisa bikin malas, dan seterusnya.

Untuk itu, kita harus merencanakan segala sesuatu itu dengan pertimbangan yang matang begitu juga dengan aktifitas keseharian yang kerap kita lakukan setiap harinya, seperti ingin makan apa, ingin minum apa, atau mau tidur berapa jam sehari, semua perlu kita atur porsinya dan frekuensinya supaya semua seimbang.

Maka dari itu, melalui fitur Daily Activity ini, kita bisa untuk mengatur sendiri porsi menu makan, serta takaran air putih, kopi, teh, atau menu lainnya sesuai kebutuhan kita.
Fitur Daily Activity menawarkan fitur yang beragam
  • Menu Food merupakan fitur yang berguna untuk kita mengatur frekuensi makan dan porsi makan dalam sehari-hari
  • Menu Body Weight adalah menu untuk mengatur target berapa berat badan yang ingin kita naikan atau pun kita turunkan.
  • Menu Glass of Water merupakan menu untuk mengatur berapa gelas jumlah air minum yang ingin dikonsumsi dalam sehari
  • Menu Cup of Coffee adalah menu yang yang mengatur berapa gelas yang ingin dikonsumsi dalam sehari
  • Menu Cup of tea merupakan menu yang bisa kita gunakan untuk mengatur berapa gelas teh yang ingin kita minum dalam sehari
  • Menu Sleep adalah menu yang bisa kita gunakan untuk mengatur berapa jam lamanya kita ingin tidur

Fitur Symptoms
Mencatat setiap keluhan dan gejala penyakit yang kita rasakan secara pribadi itu penting juga untuk dilakukan, karena dengan begitu, nantinya kita menjadi tahu bagaimana langkah yang bisa kita lakukan jika gejala serupa hadir kembali dilain waktu.

Dan melalui fitur Symptoms ini, kita bisa mencatat gejala penyakit yang pernah kita derita, dan catatan ini akan sangat berguna juga ketika kita berobat ke dokter, kita bisa langsung membuka fitur ini semacam rekam medis kita.
Tampak menu-menu dari Fitur Symptom
Dan di dalam fitur Symptoms ini terdapat beberpa menu yang bisa kita setting, antara lain sebagai berikut:
  • Symptom Name merupakan menu untuk mencatat gejala penyakit yang kita derita
  • Start Data merupakan menu untuk mencatat kapan gejala penyakit itu mulai kita rasakan
  • End Date merupakan menu untuk mencatat kapan gejala penyekit itu mulai tidak dirasakan lagi
  • Medicine Taken merupakan menu untuk mencatat jenis obat yang kita gunakan selama sakit.

Tiga fitur Lainnya
Selain fitur utama diatas, di aplikasi Medcare ini juga dilengkapi dengan pendukung seperti Fitur Call Carda Akses, Fitur Inbox dan Fitur Garda Medica.

  • Fitur Call Garda Akses kita akan mendapatkan informasi layanan dan produk maupun bantuan saat mengalami gangguan darurat di jalan. Dengan menekan fitur ini, makan secara otomatis kita akan terhubung ke Call Center Asuransi Astra (1500112) yang dibuka non stop selama 24 jam dengan staft yang siap membantu kita.
  • Fitur Inbox merupakan fitur yang akan memudahkan pengguna menerima berbagai informasi dari Garda Oto.
  • Fitur Garda Medika merupakan fitur khusus bagi peserta asuransi Medika, dimana pengguna asuransi bisa melakukan klaim secara online.

Menu Near me
Near me adalah fitur yang memudahkan kita mencari lokasi rumah sakit, apotek, Laboratorium, tempat gym, dan optic terdekat dari lokasi kita berada. Bila diklik, lokasi-lokasi itu akan tersambung langsung dengan sistem navigasi, sehingga kita akan mudah untuk menuju lokasi yang kita inginkan.
Near Me, memudahkan untuk menemukan berbagai tempat yang kita butuhkan
Menu Knowledge
Merupakan fitur yang berisi berbagai artikel yang sangat informatif tentang bagaimana mengatur pola makan dan hidup sehat. Hadirnya informasi-informasi seperti ini akan sangat membantu kita supaya terus semangat untuk menekuni pola hidup sehat, karena sehat itu awal dari segalanya.

Namun, saya punya sedikit saran untuk artikel-artikel di fitur Knowledge ini yaitu alangkah baiknya dibuatkan per paragraph supaya enak dibacanya.  
Fitur Knowledge hadirkan aneka informasi yang sangat bermanfaat

Sungguh, fitur-fitur yang ditawarkan oleh Medcare ini sangat bermanfaat untuk siapa saja, karena semua fungsi fitur diatas begitu sengat karib dalam keseharian kita, jadi seharusnya tidak ada untuk tidak mendownload aplikasi Medcare ini, banyak untungnya!  

Dan silahkan disimak video dari #GardaMobile berikut ini, bagaimana kehadiran Aplikasi #Medcare sangat membantu untuk menunjang gaya hidup sehat masa kini.


Dan kabar baiknya, bagi orang-orang yang pertama kali mendownload aplikasi Garda Mobile Medcare bisa langsung mendapatkan dua promo yang sangat luar biasa, yaitu bisa mendapatkan voucher Rp. 500.000 dari Optik Melawai dengan minimum pembelian Rp. 1.200.000, selain itu bisa juga dapat trail fitness gratis selama 10 hari di Celebrity Fitness, dimana program ini akan berlangsung sampai 30 Juni 2016. Jadi mumpung masih ada waktu, ayo download aplikasi Garda Mobile Medcare sekarang juga.
Voucher Optik Melawai dan Celebrity Fitness (Doc. Garda Oto)
Jadi tidak ada yang salah untuk menginstall aplikasi ini di handphone kita, justu saya merasakan banyak manfaatnya. Selain itu, aplikasi Medcare dari Asuransi Asrta ini memiliki tampilan yang sederhana namun elegant, dimana aplikasi ini sangat mengedepankan user experience sehingga sangat user friendly saat digunakan. So, buat teman-teman yang ingin merasakan manfaat dari aplikasi Medcare buruan saja download dan rasakan sendiri keseruannya :)


Referensi:


6 komentar:

  1. Wah, aplikasi Garda Mobile Medcare emang keren banget agar kita tetap sehat, wajib di download

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Amir, Aplikasi Medcare memang keren, hayoo didownload mumpung ada kesempatan dapatkan voucher belanja juga :)

      Hapus
  2. Keren bangat Bang tulisannya, sangat informatif. itu kreatif bangat bikin gambarnya, lucu-lucu modelnya :D

    Aplikasi medcare ini bolehlah saya coba install, sepertinya menarik jika baca ulasan Abang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Dek, kamu juga di upload lagi Blognya jangan malas-malasan :D

      Install saja Medcarenya, cocok tu supaya kamu tidak lupa jogging dan main futsalnya hehehe

      Hapus
  3. sebenarnya sehat itu sangat mudah ya mas...
    kesadaran dan kemauan dari dalam diri sendiri,
    tdk menuruti gaya hidup yg serba instan spt skrg ini..
    nice info mas... tengkyuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Avy, sehat itu mudah, namun kesadaran kitanya yang kadang kendor hehehe

      Sama-sama Mba Avy, semoga tulisan saya bermanfaat :)

      Hapus