Jumat, 01 Juli 2016

Bincang Santai bersama TransJakarta #BeraniBerubah di PRJ



Sabtu, 25 Juni 2016 yang lalu, saya mengikuti acara gathering dan buka puasa bersama yang diadakan oleh TransJakarta di salah satu area PRJ di JIEXpo di daerah Kemayoran, setelah sebelumnya kami para Blogger dari Komunitas Tau Dari Blogger (TDB) terlebih dahulu semua berkumpul di Halte TransJakarta Monas.
Perjalanan menuju PRJ dengan TransJakarta
Dari Halte TransJakarta Monas kami menggunakan TransJakarta yang rutenya langsung menuju JIExpo Kemayoran sekitar pukul 15:20 WIB dan sampai di Halte TransJakarta JIExpo Kemayoran sekitar pukul 16:00 WIB. Dan disana disambut oleh pihak dari TransJakarta yang memberikan tiket gratis untuk masuk ke PRJ, maka kami langsung berbegas menuju Hall C, tempat di mana TransJakarta menggelar pamerannya.
Tiket masuk PRJ
Setelah selesai menikmati menu berbuka puasa dan shalat magrib, maka kami kemudian memulai acara bincang-bincang santai bersama Bapak Prasetia Budi selaku Kepala Humas dan Komunikasi Transjakarta, dan juga Bapak David Tjahjana selaku Dewan Transportasi Jakarta. Dan melalui kesempatan ini, selain kami dari sahabat TDB, hadir juga komunitas lain yaitu Suara Transjakarta (STJ) dan komunitas Bis Mania serta komunitas lainnya. 
Para Narasumber Bincang Santai TransJakarta
Dimana acara ini selain untuk memupuk tali silaturahmi dan buka puasa bersama, tujuan dari acara ini sekaligus adalah untuk membahas tentang bagaimana kedepannya TransJakarta bisa menjadi transportasi masal yang memberikan pelayanan yang semakin baik melalui semangat #BeraniBerubah yang diusung oleh TransJakarta saat ini.

Para undangan yang hadir tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa mencurahkan langsung segala pertanyaan, pendapat dan harapannya pada pihak TransJakarta yang langsung ditanggapi dengan sangat baik oleh Pak Prasetia Budi dan Pak David. Dimana Pihak TransJakarta sangat welcome menerima masukan dan saran untuk kebaikan TransJakarta kedepannya.
Foto bersama para undangan
Dan menurut saya, sejauh ini sudah ada perubahan yang dilakukan oleh TransJakarta, seperti tidak dioperasikannya lagi TransJakarta abu-abu tujuan Dukuh Atas – Ragunan yang kebanyakan sudah rusak, baik dari sisi kursi maupun bocor saat hujan, kini sudah berganti dengan TransJakarta yang baru. 

Selain itu, kini banyak kahadiran rute-rute baru yang semakin mempermudah perjalanan, seperti hadirnya rute TransJakarta Manggarai – Ragunan, atau TransJakarta Manggarai – Blok M sehingga tidak perlu lagi transit di Dukuh Atas, dan saya sangat terbantu sekali dengan rute baru, ke kantor menjadi lebih cepat dari pada sebelumnya, tanpa harus transit di Dukuh Atas.

Namun sejalan dengan itu, kemarin saat bincang santai, banyak juga harapan yang bermunculan dari teman-teman terhadap TransJakarta kedepannya. Dimana kami sangat mengangankan semoga TransJakarta kedepan bisa menjadi transport yang benar-benar aman dan nyaman bagi masyarakat luas. 

Untuk itu, berikut ini akan saya rangkum beberapa harapan yang kemarin sempat dilontarkan oleh teman-teman dan yang juga datang dari saya pribadi. Dimana masukan ini tentu saja bertujuan supaya TransJakarta bisa jauh lebih baik kedepannya, adapun sekelumit  masukan tersebut, antara lain sebagai berikut:
  1. Diharapkan tersedianya jumlah TransJakarta yang banyak terutama di jam-jam sibuk, yaitu pergi dan pulang kantor, sehingga tidak terjadi penumpukan penumpang di halte-halte dan berdesak-desakan penumpang di dalam TransJakarta.
  2. Semoga durasi datangnya TransJakarta tidak mengalami keterlambatan, dan jika memungkinkan, TransJakarta jangan datang beruntun dalam waktu bersamaan. Diharapkan ada pengaturan jarak dan durasi yang lebih baik lagi kedepannya.
  3. Disediakannya toilet yang layak, terutama di halte-halte transit yang membuat penumpang menunggu lama datangnya TransJakarta. Seperti di Halte Dukuh Atas, Halte Harmoni, dll.
  4. Masih ada beberapa TransJakarta yang tidak menyalakan informasi pemberhentian, padahal itu sangat membantu bangat bagi penumpang, terutama bagi mereka yang baru menaiki transjakarta sehingga tidak kelewatan halte yang menjadi tujuannya.
  5. Sebaiknya ada kartu TransJakarta sekali jalan, hal ini sangat membantu bagi orang-orang yang kehilangan atau ketinggalan Kartu TransJakartanya, atau bagi orang-orang yang hanya jalan-jalan di Jakarta dan tidak memerlukan kartu permanen.
  6. Kipas angin yang tersedia di halte-halte sebaiknya dinyalakan, jika memang rusak, mungkin bisa diperbaiki, karena sangat membantu penumpang supaya tidak kegerahan terutama untuk halte-halte tempat transit dan terjadi antrian panjang.
  7. Jika memungkinkan tepian atap jembatan transJakarta sedikit diperlebar, sehingga saat hujan, hembusan air hujan tidak masuk ke jembatan, supaya tidak membuat licin jalanannya.
  8. Mungkin perlu diadakan pelatihan dan pembinaan attitude bagi para penggawai TransJakarta terutama yang bekerja melayani public (petugas di Halte, maupun di atas TransJakarta) supaya bisa bersikap ramah dan tidak judes ketika ada penumpang yang bertanya (ini tidak semua pegawai TransJakarta begitu sih, hanya beberapa saja), meski saya tahu attitude itu terkadang bawaan seseorang, namun mungkin saat seleksi penerimaan pegawai, mungkin hal ini bisa dijadikan salah satu faktor penilaian, terutama bagi pegawai yang nantinya akan berurusan langsung dengan melayani masyarakat, mungkin dipilih yang bisa bersikap ramah dan sabar.

Itulah sekelumit asa dan harapan yang mungkin juga mewakili masyarakat yang lain terhadap TransJakarta kedepannya, semoga dengan semangat #BeraniBerubah yang tengah digalakan oleh TransJakarta saat ini akan benar-benar mewujudkan TransJakarta yang lebih aman dan nyaman untuk semua masyarakat. Aamiin…

atau teman-teman ada usulan lain? titip saja usualnnya lewat komentar dibawah ini ya :)
Foto bersama di stand TransJakarta
Saya ucapkan terima kasih kepada TransJakarta, khususnya kepada Bapak Prasetia Budi dan Bapak David yang sudah meluangkan waktunya dan mengadakan acara seperti ini, sehingga kami sebagai masyarakat Pengguna TransJakarta bisa menyampaikan langsung pendapat, saran, apresiasi dan masukan untuk Transjakarta, semoga acara bincang santai seperti ini bisa diadakan lagi dikemudian hari. Aamiin… :)

4 komentar:

  1. Transjakarta sekarang lebih bagus operasionalnya dibanding beberapa tahun yang lalu. :D
    Semoga terus ditingkatkan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mas Agung, semoga kedepan lebih baik lagi. Aamiin... :)

      Hapus
  2. Masukan/usulan sangat berguna untuk TransJakarta yang lebih baik.
    Salam, david

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Terima kasih Pak David :)

      Hapus