Factory Tour: Melihat Produk Sakura Filter Dari Dekat


Suatu kesempatan langka yang sungguh menyenangkan bagi saya ketika mendapat undangan dari PT. Selamat Sempurna Tbk untuk bertandang ke pabriknya beberapa waktu yang lalu. Dan saya percaya, tidak sembarang orang yang bisa mendapatkan kesempatan ini. Namun hal ini berlaku bagi saya karena saya pernah ikut lomba blog Sakura beberapa waktu yang lalu yang pernah saya tulis disini, Sungguh suatu kesempatan dan pengalaman luar biasa bagi saya, karena bisa melihat langsung pabrik Sakura Filter ini. Senangnya :) 

Untuk mencapai lokasi pabrik yang berada di Jl. Raya LPPU Curug No. 88 Curug – Tangerang ini, maka panitia Factory Tour Sakura menyediakan bus untuk menjemput dan mengantar pulang para Blogger yang akan berkunjung ke pabriknya. Ada dua lokasi penjemputan bagi para peserta yang ingin ikut ke Pabrik Sakura, yaitu di Blok M Plaza dan Mall Kelapa Gading. Dan saya pribadi mengikuti group dari Blok M.
Mobil Rombongan dari Blok M
Ternyata rombongan kami yang dari Blok M yang pertama sampai di kantor PT. Selamat Sempurna, dan setiba dilokasi, kami langsung dipersilahkan sarapan sembari menunggu peserta yang lain juga datang untuk memulai Factory Tour Sakura. 
Dan ternyata jumlah seluruh peserta factory tour ini tidak terlalu banyak, jumlahnya hanya sekitar sepuluh orang, jumlah ini tentu saja membuat kami bisa lebih leluasa ketika akan tour nantinya dan akan mempermudahkan panitianya juga untuk mengontrol peserta pastinya.

Factory Tour
Namun sebelum memulai tour, maka kami sudah diinstruksikan oleh Bapak Sembodo Herry selaku Local Marketing Section Head dari PT. Selamat Sempurna tentang beberapa hal yang harus kami tekuni sebelum dan selama factory tour nantinya, yaitu termasuk menjaga keselamatan dengan hati-hati selama tour, tidak menyentuh sembarang barang dan alat-alat di pabrik dan juga tidak boleh foto-foto di dalam pubrik, baik mengabadikan produk-produk ataupun kegiatan produksi yang sedang berlangsung.

Dan yang memandu kami selama factory tour ini ada Bapak Alpriyadi selaku Kepala Engineering, Bapak Nugroho Y. Bapak M. Subagyo yang selalu semangat menjelaskan berbagai tempat dan produk yang kami datangin, dan Beliau-Beliau ini juga yang begitu sabar meladeni setiap pertanyaan kami selama tour berlangsung.

Pertama-tama kami diajak memasuki Ruang Laboratrium Air Filter Test Room (ruang uji air filter), dimana tempat ini untuk mengetes bagaimana kerja sebuah filter dalam menyaring debu, bahkan debu untuk test filter ini didatangkan langsung dari Orizona dan sudah berstandar ISO, hal ini dilakukan untuk memastikan benar-benar produk bisa berjalan dengan baik dan bisa mengetahui seberapa jarak tempuh terbaik produk tersebut sehingga bisa menentukan garansi dari sebuah produk nantinya.
Laboratorium Air Filter Test Room
Selain itu, ada juga Test Kevakuman, dimana test ini dilakukan untuk mengetes adanya kebocoran suatu alat sehingga nantinya bisa dipastikan produk tersebut bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

Dan selanjutnya kami berpindah ke raung laboratorium selanjutnya yaitu Oil & Fuel Filter Test Room untuk melihat berbagai alat yang berfungsi untuk melakukan pengecekan produk terkait dengan minyak dan bahan bakar.

Setelah puas melihat-lihat laboratorium, maka selanjutnya kami diajak untuk melihat ke bagian produksi, mengitari lantai demi lantai yang sedang sibuk dengan kegiatan produksi berlangsung, kami para peserta tour bisa melihat kesibukan para pegawai yang sedang mengerjakan pekerjaan mereka, dan kebetulan kedatangan kami ke sana yaitu hari sabtu, jadi pegawai yang masuk sepertinya tidak sebanyak pada hari biasanya.
Factory Tour - melihat area Produksi
Menelusuri lantai demi lantai Area Produksi
Factory Tour yang sangat berkesan
Aktifitas pekerja masih kebanyakan menggunakan jasa manusia yang didukung oleh mesin-mesin yang juga dikontrol oleh manusia. Dan sistem kerja disini terdiri dari tiga shift perhari selama 24 jam, dan pegawai bekerja selama senin - jumat dan sabtu setengah hari kerja saja, dan hari minggu libur.
Beberapa Produk dari Filter Sakura
Dan produk-produk yang diproduksi di sini, mempunyai jumlah dan type produk filter terbesar diberbagai kebutuhan penyaringan, yakni lebih dari 6,000 item yang mencakup sektor Otomotif, Komersial, Alat Berat, Armada Laut dan Industri, untuk aplikasi Alat Berat dan Komersil yang meliputi produk: Air Filter, Oil Filter, Fuel Filter, Cabin Air Filter, Transmission Filter, Racing Air Filter, Coolant Filter, Hydraulic Filter, Air / Oil Separator Filter, Fuel Filter / Water Separator, Industrial Filter, dan aneka produk lainnya. Dan produk-produk ini tidak hanya dijual di dalam negeri,  namun juga sudah diekspor ke berbagai negara di dunia berbagagai benua, seperti Afrika, Australia, Eropa, Amerika, Asia dan masih banyak Negara lainnya.

Penjelasan tentang Filter Sakura Bio-Guard
Setelah puas mengelilingi dan melihat langsung berbagai proses produksi, maka selanjutnya kami juga mendengarkan langsung penjelasan dari Bapak. David Setiadi selaku Marketing Section Head yang menuturkan sejarah dan tentang sepak terjang PT. Selamat Sempurna, Tbk yang merupakan salah satu perusahaan dibawah naungan ADR Group of Companies.
Bapak David Setiadi
Dan yang tak kalah seru lagi, Pak David juga membahas tentang Cabin Air Filter Sakura Bio Guard, yang merupakan salah satu produk terbaru, yang mana peluncurannya baru dilakukan sekitar bulan Agustus saat Pameran GIIAS 2016 yang lalu. Dimana kehadiran Filter Sakura Bio Guard ini sebagai salah satu solusi untuk menjaga udara di dalam kabin mobil kita tetap bersih, bebas dari bau, polusi, debu dan partikel jahat lainnya.
Filter Sakura Bio Guard Triple Layer Filtration 
Keberadaan Filter Sakura Bio Guard ini menjadi pilihan tepat dan sangat penting bangat, karena mengingat tingkat polusi udara di Indonesia berada di urutan no. 8 dunia pada tahun 2014 silam, dan bahkan kualitas udara di DKI Jakarta merupakan kota dengan tingkat polusi udara terburuk ketiga di dunia setelah Meksiko dan Thailand. (Tempo, 31 Mei 2016)

Selain itu, yang perlu kita waspadai juga ternyata di ruang tertutup pun ternyata polusi udara jauh lebih tinggi, hal ini pernah dituturkan oleh Environmental Protection Agency (EPA) yang menyatakan bahwa polusi di dalam ruangan 2 – 5 kali lebih tinggi dibanding polusi di luar ruangan, dan diprediski Pada tahun 2030 nanti, WHO memperkirakan Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) / Penyakit Gangguan Paru Kronis,merupakan penyebab ketiga dalam kematian dini di seluruh dunia.
Asap kendaraan yang membuat polusi udara
Untuk itu, salah satu cara melindungi diri kita dari segala macam polusi, terutama di dalam kendaraan mobil kita, yaitu kita bisa menggunakan Filter Sakura Bio Guard. Karena perlu kita tahu, ternyata banyak sekali penyakit yang bisa timbul yang diakibatkan oleh virus dan bakteri, antara lain:
  • Pneumonia / Radang Paru – paru yang disebabkan oleh bakteri Streptococus Pneumoniae.
  • SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) yang disebabkan oleh virus Coronavirus.
  • Flu Burung yang disebabkan oleh virus influenza H5N1.
  • TBC yang disebabkan bakteri Mycobacterium Tuberculosis.
  • Campak yang disebabkan oleh virus Paramxovirus.
Dan melalui kesempatan ini, kami juga bisa melihat langsung bagaimana cara pengetesan kerja Filter Sakura Bio Guard, dimana pada awalnya debu ditaburkan disebuah akuarium, lalu kemudian Filter Sakura Bio Guard dipasang dan selanjutnya alat ISPU (Indeks Standar Pencemaran Udara) dihidupkan untuk mengetes bagaimana kerja Filter Sakura Bio Guard tersebut.
Indeks Standar Pencemaran Udara 
Alhasil, ruang Akuarium dengan angka awal 999 yang artinya level udara kategori berbahaya, namun dalam beberapa menit kemudian (Kurang lebih sekitar 10 - 15 menit), berubah menjadi udara yang bersih dengan dibuktikan lampu Indikator yang sudah menunjukan warna hijau dengan angka 0 (nol) yang artinya menunjukan kondisi udara dalam kondisi baik sehingga aman dn tidak memberikan dampak bagi kesehatan manusia.
Test Kualitas Udara ketika Menggunakan Filter Sakura 
Mungkin teman-teman ada yang bertanya? Bagaimana bisa Filter Sakura Bio Guard membersihkan udara yang sebelumnya tadi berdebu? Tentu saja hal ini bisa terjadi karena Filter Sakura Bio Guard ternyata memiliki Triple Layer Filtration yaitu Bio-Guard Layer, Carbon Layer, dan Protective Layer.
Filter Sakura - Triple Layer Filtration
  1. Bio-Guard Layer adalah Lapisan yang akan melindungi terhadap virus, kuman, alergen, bakteri atau jamur yang akan memasuki dan yang sudah terlanjur masuk di dalam kendaraan kita sebelum instalasi Sakura Bio-Guard ini.  
  2. Carbon Layer adalah lapisan yang bisa menghilangkan bau yang tidak menyenangkan dan mengurangi dampak gas buang berbahaya yang ada di dalam mobil.
  3. Protective Layer adalah lapisan yang akan menghilangkan partikel kecil (microscopic) dan serbuk sekalipun sehingga menghasilkan udara yang bersih.
Bagi saya pribadi, kehadiran Sakura Bio-Guard Cabin Air Filter memiliki keistimewaan yang luar biasa. Dimana kabin mobil kita akan terbebas dari segala macam partikel jahat seperti debu, serbuk, bulu halus, kutu, bau asap yang dapat menimbulkan virus, bakteri, kuman, allergen dan jamur yang bisa membahayakan kesehatan kita.

Oh iya, Sakura Bio-Guard Cabin Air Filter harus diganti setiap 15.000 km atau sudah mencapai satu tahun dari tanggal instalasi, hal ini dilakukan untuk memastikan kinerja tetap bagus. (saringan udara kabin tetap bisa bekerja bagus juga tergantung pada lingkungan dimana kendaraan tersebut beroperasi, jika lingkungan dengan tingkat polusi yang cukup buruk maka pergantian Filter Sakura Bio Guardnya pun lebih cepat dari ketentuan diatas).

Dan yang sangat menyenangkannya lagi, ternyata cara memasang Cabin Air Filter ini bisa dilakukan oleh kita sendiri tanpa bantuan mekanik, bahkan untuk memasangnya kita tidak perlu tool kit karena caranya pun sangat mudah. Untuk Lebih jelasnya bisa menonton video berikut ini.


Sungguh pengalaman yang luar biasa bagi saya pribadi bisa melihat dan mendengar langsung dan berkeliling di pabrik Sakura Filter sehingga bisa lebih tahu seputar perusahaaan dan produk-produk yang ada di PT. Selamat Sempurna.

Terima kasih banyak saya ucapakan kepada PT. Selamat Sempurna atas sambutannya yang begitu hangat sehingga memberikan kami kesempatan untuk berkunjung dan melihat-lihat kegiatan produksinya, suatu pengalaman yang sungguh sangat luar biasa. Semoga  PT. Selamat Sempurna terus sukses dan mensejahterakan banyak orang. Aamiin :)

Sampai jumpa di event dan acara lainnya :)

Info lebih lanjut Tentang Sakura Filter
Website: http://www.sakurafilter.com/
Twitter: @FilterSakura
Instagram: @Filter.Sakura


5 komentar:

  1. kerennnnnnn bisa factory tour :) kapan y bisa diundang hahahaha *sapa akuh? :p

    BalasHapus
  2. Keren bangat sih Bang bisa ikut acara Factory tour kaya gini, tapi baca postingan ini serasa ikutan juga, terima kasih sudah dishare Bang :D

    BalasHapus
  3. Acaranya pasti seru banget neh, banyak sekali informasi yang bisa didapatkan dengan mengikuti factory tour ya mas.

    BalasHapus
  4. duhhh mengingat penyakit2 yg disebutin di atas jadi berasa perlu banget sama filter sakura ini ya Wan...

    BalasHapus