Philips Hue Hadirkan 16 Juta Warna Dalam Genggaman

Dulu, mungkin membayangkan bagaimana jika semua hal bisa kita kontrol dalam genggaman rasanya mustahil, namun kini semua itu sepertinya terbantahkan pelan-pelan. Perkembangan jaman semakin canggih saja, dari hari ke hari kita kerap dihadapkan dengan kecanggihan demi kecanggihan yang ditemukan oleh para kreator di bidang teknologi.

Lihat saja sekarang ini, jika ingin jalan tinggal pesan ojek lewat handphone, jika ingin makan tinggal delivery lewat handphone, jika mau belanja bisa pesan barang dari handphone, dan masih banyak lagi kemudahan yang hadir berkat orang-orang kreatif nan pintar di bidang teknologi ini.

Begitu juga yang saya temukan saat menghadiri acara Philips Lighting Week Jakarta di Senayan City beberapa waktu yang lalu (19/11/2016). Di acara tersebut, Philips Indonesia memperkenalkan sebuah produk berinovasi teknologi pencahayaan terbaru, yaitu Philips Hue.

Dan jujur melihat langsung keindahan warna-warni yang dipancarkan oleh Philips Hue di acara tersebut, membuat saya jadi sangat ingin memiliki juga lampu Philips Hue ini. Bayangkan saja, suasana ruangan yang dipasang Philips Hue ini terlihat menjadi sangat hidup, penuh warna yang ceria dan sangat menyenangkan.
Philips Hue hadir menerangi setiap moment menjadi penuh warna (Doc. Pribadi)
Namun apakah itu Philips Hue?
Philips Hue merupakan lampu revolusioner yang akan memberikan pengalaman dan interaksi dengan cahaya rumah yang nyaman sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Dimana kita bisa mengatur pencahaya lampu yang pas untuk waktu dan kondisi tertentu, semua bisa kita kendalikan dalam genggaman kita.

Dimana Philips Hue ini memanfaatkan koneksi internet untuk mengontrol lampu di rumah melalui smartphone yang kita miliki. Sehingga dengan demikian, saat ini kita bisa dengan mudah untuk menyalakan atau mematikan lampu di rumah kita dari mana saja dan kapan saja sesuai keinginan kita.

Jadi jika kita lupa mematikan lampu di rumah karena buru-buru pergi, atau kita pulang kemalaman dan lampu belum dinyalakan, maka Philips Hue ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk membantu kita mengontrol semua hal tersebut bisa dari jarak jauh hanya melalui smartphone.
Para Narasumber di acara Philips Lighting Week (Doc. Pribadi)
Seperti yang dituturkan oleh Ibu Indah Suzanti selaku Product Manager Consumer Luminaire Philips Lighting Indonesia bahwa kehadiran Philips Hue saat ini merupakan sebuah gebrakan baru dalam menghadirkan sebuah inovasi modern yang menampilkan lampu dengan 16 juta warna, sehingga membuat rumah terlihat atraktif dan tampak berbeda dari yang lainnya. Untuk itu, Philips Hue telah melampaui pencahayaan untuk menyediakan lebih dari sekadar penerangan, tapi memberikan pengalaman baru yang luar biasa, bahkan hanya imajinasi kita yang bisa membatasinya.

Kehadiran teknologi yang diusung oleh Phillips Hue ini bisa membuat hidup kita semakin mudah saja. Hal itu senada dengan apa yang dituturkan oleh Ibu Indah, bahwa dengan kehadiran Philips Hue ini memungkinkan kita untuk bisa menghidupkan dan mematikan lampu meskipun kita sedang tidak berada di rumah karena sedang berlibur maupun pulang terlampau malam, maka dengan berbekal ponsel Android maupun iOS saja kita sudah bisa menyalakan lampu dari mana saja, sangat praktis.

Selain itu, kelebihan Phillips Hue ini juga sudah mengusung teknologi Perfect Digital Dimming yang memungkinkan kita bisa mengontrol tingkat cahaya yang dipancarkan sesuai dengan kebutuhan Kita. Misalnya, Kita bisa mengatur intensitas kecerahan lampu saat kita akan beristirahat atau saat kita akan bangun tidur.

Bahkan Mas Aryo Pratomo yang merupakan Seorang Social Influencer yang aktif di dunia Vlogging juga menceritakan tentang pengalamaannya menggunakan lampu Philips Hue ini, dimana baginya pengunaan Philips Hue ini sangat menyenangkan, selain bisa mengatur waktu untuk menghidupkan dan mematikan lampu, Philips Hue juga bisa diatur cahayanya sesuai keinginan dan kebutuhannya.

Seperti saat ini Mas Aryo sudah menggunakan Philips Hue untuk area kerjanya. Baginya, ruang kerja merupakan tempat yang paling banyak menyita waktunya, untuk itu ruangannya pun harus disetting sedemikian nyaman supaya bisa betah bekerjanya. Begitupun dalam hal pemilihan pencahayaan, Mas Aryo menggunakan Philips Hue ini karena cayahanya ada 16 juta warna yang bisa diatur untuk mempengaruhi mood tetap bagus, sehingga ide-ide kreatif bisa terus mengalir saat bekerja.

Saya juga sangat setuju, cahaya memang sangat mempengaruhi mood dan produktifitas saat bekerja. Pencahayaan di ruang kerja atau ruang kantor memiliki efek mendalam pada produktivitas dan vitalitas kita saat bekerja. Lingkungan yang diterangi secara efektif dan menarik akan meningkatkan kualitas kerja kita jauh lebih semangat dan produktif.

Dan Philips Hue ini tidak hanya diaplikasikan pada ruang kerja saja, namun bisa juga kita aplikasikan pada ruang lainnya, seperti area dapur, meja makan, ruang keluarga, ruang nonton, kamar tidur atau seluruh ruangan pun bisa dipasang dengan Philips Hue ini.
Menciptakan pencahayaan yang romantis dengan Philips Hue (Doc. Pribadi)

Manfaat inovasi Philips Hue
Philips Hue merupakan sebuah sistem pencahayaan terkoneksi internet nomor satu di dunia untuk pencahayaan rumah. Keberadaan Philips Hue ini pada rumah bukan hanya sekadar untuk penerangan semata, tetapi bisa juga untuk memperindah ruangan, mengubah mood kita dengan menstimulasi panca indera, hadir untuk menyinari momen special, bahkan bisa untuk menjaga ketenangan batin kita dan juga mempermudah kehidupan kita sehari-hari.

Dengan hadirnya Philips Hue ini  bukan hanya menghadirkan pencahayaan terbaik untuk sebuah rumah, namun lebih dari itu, karena:
  • Philips Hue adalah kemungkinan tanpa batas, yaitu Philips Hue lebih dari sekadar penerangan, karena Philips Hue bisa memberikan kebebasan pada kita untuk berekspresi di rumah, yaitu kita bisa mewarnai dinding rumah kita dengan cahaya yang memiliki 16 juta warna, bahkan kita bisa mensinkronikasikan dengan lagu atau film kesukaan kita, dan hal-hal lain yang melebihi imajinasi kita bisa dituangkan disini.
  • Selain itu, Philips Hue juga bisa menghadirkan momen menjadi tak terlupakan. Dimana semua aktifitas kita bisa diatur dengan Philips Hue ini, misalnya kita bisa menyeting warna lampu saat menikmati makan malam yang romantis, menyeting warna lampu yang dramatis saat menonton film atau mendengarkan musik, ataupun menyeting warna yang cerah untuk membuat kita semangat bangun pagi dan memulai hari, bahkan kita juga bisa mengatur cahaya lampu supaya bisa menciptakan suasana yang nyaman untuk meningkatkan konsentrasi belajar atau bekerja. Dan semua itu bisa kita setting sendiri sesuai kemauan kita sendiri, sehingga menghasilkan cahaya indah yang menyempurnakan semua moment indah dalam hidup kita.
  • Dan yang paling asyik juga, kehadiran Philips Hue bisa membuat ketenangan batin, karena kita tidak akan lagi merasa was-was atau cemas ketika lampu rumah lupa dimatikan ketika kita sudah terlanjur berada keluar rumah atau bepergian jauh. Atau kita juga tidak lagi merasa takut suasana rumah kegelapan saat kita sampai rumah setelah seharian berada di luar rumah. Semua itu bisa kita atur waktunya kapan lampu mau kita hidup atau matikan.
Kenapa Harus pilih Philips Hue?
Selain menawarkan ketiga poin di atas, Philips Hue juga layak menjadi pilihan bukan hanya sekadar pencayahaan yang sangat luar biasa indahnya dengan 16 juta warna. Tetapi bagi saya pribadi, ada beberapa faktor lain yang membuat saya sangat jatuh cinta dengan Philips Hue sebagai lampu idaman untuk rumah saya nantinya. Adapun faktor-faktor tersebut adalah berikut ini:
1.    Philips Hue sangat mudah diinstallnya. Hal ini pun diakui oleh Mas Aryo, bahwa dalam menyeting Philips Hue ini tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Dimana, pertama-tama kita memasang lampu Philips Huenya sama dengan memasang lampu pada umumnya, lalu memasang Philips Hue Bridge yang disambungkan dengan LAN lalu dihubungkan dengan router jaringan internet di dalam rumah. Maka selanjutnya, kita diwajibkan untuk mendownload aplikasi Philips Hue agar kita bisa melakukan registrasi untuk mengakses aplikasi Philips Hue di situs MeetHue.com.

     Lalu kemudian, kita bisa mengatur lampu-lampu mana saja yang ingin dimodifikasi warnanya sesuai keinginan kita, bahkan kita pun bisa memberi nama lampu sesuai dengan fungsi ruangn-ruangan di rumah kita. Untuk lebih jelas bagaimana proses penyetingan Philips Hue ini bisa kita lihat video yang di buat oleh Mas Aryo berikut ini.


2. Philips Hue memberikan kemudahan kita mengontrolnya dari mana saja selama terkoneksi dengan internet. Sehingga tidak ada rasa was-was atau khawatir ketika lupa menyalakan lampu atau mematikan lampu di rumah.
3. Philips Hue umurnya sangat panjang yaitu maksimal mencapai 25.000 jam atau kurang lebih 15 tahun, atau jika Bu Indah mengibaratkannya dengan nyicil KPR 15 tahun, maka kita cukup membeli lampu Philips sekali saja hingga cicilan KPR tersebut lunas.
4. Philips Hue sangat hemat energy, dimana dengan menggunakan teknologi LED ternyata kita bisa hemat energi hingga 90%. Dan karena kitapun bisa mengatur sendiri pencahayaannya, misalnya seberapa terang atau gelapnya cahaya lampu yang kita inginkan baik pada siang atau malam hari, maka akan berpengaruh juga pada penghematan listrik di rumah kita.
5.  Philips Hue bergaransi sampai 2 tahun. Jadi jika ada masalah dengan Philips Hue yang kita miliki, maka Philips Hue memberikan kesempatan sampai dua tahun garansinya, waktu garansinya lumayan lama juga ya.

Aspek Inovasi dari Philips Hue
Dan Philips Hue ini tidak akan berhenti untuk terus berinovasi dalam menghadirkan kenyamanan untuk penggunanya. Melalui berbagai program pengembang, sekarang Philips Hue memiliki lebih dari 450 aplikasi pihak ketiga yang tersedia. Dan untuk kedepan nanti, Philips Hue ini akan terus maju dan berkembang karena:
  • Perangkat lunak ekosistem Philips Hue seluruhnya adalah open source, yang artinya dimana semua produk yang compatible dengan Philips Hue (baik produk Philips maupun produk pihak ketiga) bekerja dengan baik bersama-sama untuk memperluas pengalaman pencahayaan rumah yang lebih dari sekadar penerangan. 
  • Perlengkapan yang diperlukan bagi pengembangan Open API dan perangkat lunak memungkinkan pihak ketiga untuk menciptakan dan membagi aplikasi untuk ekosistem Philips Hue.
  • Philips Hue menawarkan pencahayaan terkoneksi yang dapat dikontrol melalui aplikasi, tombol, serta suara (Siri/Homekit) yang membuatnya akan bertahan di masa depan.
Dengan melihat begitu banyak keistimewaan yang ditawarkan oleh Philips Hue ini membuat saya ingin juga memilikinya seperti yang lainnya. Bahkan saya sudah membayangkan, jika rumah saya mempunyai Philips Hue ini, pasti akan membat suasana rumah saya akan menyenangkan, aman dan menenangkan. Karena Philips Hue bagi saya benar-benar sebuah inovasi keren yang patut dimiliki, sebab Philips Hue menjadi jawaban untuk pencahayaan rumah yang tepat di berbagai situasi dan kondisi yang bisa diatur sesuai keinginan dengan mudah hanya melalui handphone saja.
Tampak cahaya lampu Philips Hue menghadirkan suasana kehangatan di rumah ini  (Doc. Pribadi)

Namun untuk bisa menikmati Philips Hue ini, kita di Indonesia harus sedikit bersabar karena Philips Hue belum beredar luas, namun kita sudah bisa melakukan Pre-order lewat lazada.com sampai akhir tahun ini, karena pemasaran Philips Hue secara luas di Indonesia akan dimulai tahun 2017 mendatang.

Jujur, saya jadi tidak sabar ingin punya Philips Hue dan merasakan betapa indahnya 16 juta warna yang akan mewarnai hari-hari saya menjadi kian indah. Philips Hue, kutunggu kehadiranmu :)

8 komentar:

  1. What? Terkoneksi dengan internet. Ini lampu gokil amat. Mantap dah Philips Hue ini. Mau menyalakan atau mematikan enggak perlu repot-repot menekan tombol saklar. Warnanya juga cantik-cantik, naksir yang ungu, hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Eri, ada 16 juta warna, jadi mau warna apa saja suka-suka kita mengaturnya. dan itu dia, bisa di kontrol jarak jauh, kereeen bangat ini Philips Hue ini, saya juga mupeng ingin memilikinya hehehehe

      Hapus
  2. Wow bangat ini lampu Philips Hue Bang, 16 juta warna, mantaps bangat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bagus bangat deh jika punya lampu Philips Hue ini Dek :)

      Hapus
  3. Wah keren bingit nih lampu Philips Hue, warnanya juga keren-keren. tahun baru 2017 disambut dengan Philips Hue, makin semangat deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bowo benar bangat 2017 dengan lampu Philips Hue kayanya hidup lebih penuh warna ya heheheh

      Hapus
  4. Waaaahhh keren warnanya bervariasi gitu, apalagi bisa koneksi internet terbaik deh pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bima, warnannya macam-macam :)
      Benar bangat, terkoneksi dengan internet makanya kita bisa hidupin atatupun matiin lampu di rumah dari mana saja :)

      Hapus