Serunya Belajar Mengolah Foto Untuk Blog di #BCKB11


Sebagai Blogger di era sekarang ini, selain belajar membuat tulisan yang menarik, kita juga dituntut untuk bisa menampilkan foto yang memikat, infografis yang keren, dan juga video yang cantik untuk menyempurnakan sebuah artikel yang kita buat di blog.

Namun itu semua pilihan, mau menjadi blogger yang biasa saja atau berkembang itu ada ditangan kita masing-masing. Namun bagi saya pribadi, saya memilih untuk menjadi Blogger yang berkembang, yang belajar dimanapun dan pada siapapun, karena persaingan Blogger saat ini sungguh sangat luar biasa, tuntutan untuk menampilkan artikel yang powerful dari berbagai sisi menjadi tantangan karena kebutuhan keadaan saat ini.  
   
Untuk itu, saya tidak menyia-nyiakan kesempatan, ketika mendengar #KelasBlogger dan #BloggerCrony mau mengadakan acara workshop bertajuk mengolah foto untuk Blog dengan photoshop, maka saya langsung mendaftarkan diri, dan Alhamdulillahnya ada nama saya dari 50 orang terpilih untuk ikutan acara ini. 

Acara workshop ini akhirnya digelar pada hari Minggu tanggal 30 – Oktober – 2016 yang lalu, bertempat di Mitra Terrace yang dipandu oleh Mba Liswanti sebagai MCnya.
Sambutan dari Kang Arul, Mba Wawa dan Pihak Mitra Terrace
Dan seperti acara pada umumnya dibuka dengan kata sambutan dari Kang Arul sebagai perwakilan dari Kelas Blogger dan Mba Wawa sebagai perwakilan dari Blogger Crony, dimana pada sambutan tersebut, baik Kang Arul maupun Mba Wawa berharap acara #BCKB11 ini bisa bermanfaat bagi para pesertanya. Serta sambutan dari pihak Mitra Terrace yang mengucapkan selamat datang dan berharap semoga kami tetap merasa nyaman selama berada di lokasi Mitra Terrace.   

Workshop Photoshop Bersama Mas Satto
Seusai kata sambutan, maka acara selanjutnya langsung memasuki acara inti, yaitu tentang bagaimana mengolah foto untuk Blog dengan photoshop. 

Dan kali ini saya belajar mengolah foto bersama Mas Santo Rahmawan alias Mas Satto Raji sebagai pembicara di #BCKB11 kali ini. Jika ada teman-teman yang pengen mengenal Mas Satto bisa difollow Instagram dan Twitternya dengan akun yang sama yaitu: @sattoraji.
Mas Satto lagi memberikan materi tentang pentingnya sebuah foto untuk Blog
Belajar mengolah foto adalah salah satu pelajaran yang lagi ingin saya dalami saat ini, karena hal ini penting bangat untuk mendukung artikel di blog atau untuk diupload di sosmed, karena tak bisa kita pungkiri, peran dan keberadaan foto yang bagus akan memberi nilai plus dalam sebuah artikel blog.

Bahkan ada yang bilang, sebuah foto yang bagus yaitu “foto yang berbicara” yang bisa menceritakan atau menjelaskan semua hal yang ada di dalamnya tanpa ada kata yang mengiringinya. 

Dan menurut Mas Satto ada tiga hal yang penting diperhatikan untuk sebuah foto yang bagus, yaitu mencakup warna, moment, dan komposisi foto. Kombinasi ketiga hal ini biasanya akan menciptakan sebuah foto yang memiliki kualitas yang bagus. 

Saya setuju bangat dengan Mas Satto, bahwa sebuah blog juga perlu bangat didukung dengan foto yang memiliki kualitas bagus, karena hal ini bisa memberikan nilai lebih untuk sebuah blog.

Dan salah satu aplikasi untuk mengolah gambar atau foto adalah Adobe Photoshop, dimana aplikasi ini merupakan perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk mengedit foto atau gambar dan membuat berbagai efek yang menarik, sehingga sangat layak dipelajari bagi siapa saja yang ingin memperkaya ilmunya seputar dunia mengedit foto atau gambar.
 
Aplikasi Adobe Phototshop ini sudah banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan dunia digital sehingga tidak heran jika aplikasi ini menjadi begitu buming dan digemari oleh banyak orang dalam inovasi mengolah gambar.

Makanya Mas Satto pada kelas #BCKB11 kali ini, mengajarkan kami tentang bagaimana menggunakan Adobe Photoshop CS3 yang merupakan turunan dari Adobe Photoshop. Dan sebelum kelas dimulai, Mas Dede membantu dan memandu kami menginstal Aplikasi Adobe Photoshop CS3 ini supaya nanti bisa langsung praktekan ilmu yang diajarkan oleh Mas Satto. 

Oh iya, untuk menginstalkan aplikasin ini ternyata sangat mudah, hanya next dan next saja, maka aplikasinya langsung jadi deh :) Dan berikut ini tampilan Adobe Photoshop CS3.
Tampilan Photoshop CS3
Adobe Photoshop CS3 memiliki menu-menu yang cukup banyak juga ya, dan jujur saja bagi saya yang baru mengenal aplikasi ini memerlukan banyak waktu juga untuk memahami fungsi dari setiap menu dan tools yang ada.

Apa saja yang kami pelajari kemarin?

Dari #BCKB11 ini kami diajarkan banyak hal terutama dasar-dasar mengolah sebuah foto, namun saya pribadi tidak bisa menjelaskannya bagaimana proses dan tahapan yang saya pelajari kemarin melalui tulisan, karena sepertinya lebih gampang langsung dipraktekan :D
Suasana belajar para peserta workshop
Tapi pada intinya kemarin saya mendapatkan ilmu tentang bagaimana mengecek kualitas foto, mengatur kecerahan foto, mengatur size foto sesuai keperluan (blog, sosmed, dll), mengubah warna dasar foto (supaya tidak kekuningan, kebiruan, dll), menggabungkan dua foto, menambahkan tulisan pada foto, dan tip-tip praktis lainnya.

Proses belajarnya sangat seru bangat, karena selain teori, kami langsung bisa praktek juga karena semua peserta membawa laptop masing-masing, jadi ketika ada yang kurang kami mengerti, maka Mas Satto dan Mas Dede langsung menjelaskan dan mengajari caranya.
Lagi serius nih kita, Eeh di candid oleh Mas Adam :D
Jujur saya berharap semoga ada sesi lanjutan untuk mengupas lebih banyak lagi tip-tip lain tentang photoshop CS3 ini, supaya kita bisa semakin bagus dalam mengolah foto untuk blog dan sosial media. Semoga Blogger Crony dan Kelas Blogger bisa mewujudkan harapan saya ini. Aamiin *ngarap.com :)
    
Mitra Terrace tempat asyik buat kumpul-kumpul
ini loh Mitra Terrace, tempat asyik buat kongkow :)
Mitra Terrace asyik bangat buat foto narsis :D

Saat saya upload beberapa foto narsis saya di atas di sosial media, ada beberapa teman yang menanyakan dimana saya melakukan foto-foto tersebut? 

Foto-foto di atas diambil saat saya mengikuti acara #BCKB11 yang bertempat di Mitra Terrace, yang berlakosi di Jl. Jend. Gatoto Subroto  Kav. 21 Jakarta Selatan.

Mitra Terrace adalah sebuah tempat yang berada di kawasan Gedung Mitra, tempatnya sangat cocok bangat buat hangout atau kumpul dengan teman-teman, Mau pilih duduk di bawah atau di lantai atas, semuanya sama-sama bagusnya, mau yang indoor atau outdoor juga bisa, karena tempatnya sangat luas, bersih, dan terawat bangat.
Mitra Terrace - tempat kumpul paling asyik
Di Mitra Terrace ini terdapat Restaurant Star Dim Sum yang menyajikan aneka makanan dan minuman yang yang enak-enak, dan juga didukung dengan wifi, panggung live musik, toilet, mushola dan juga parkir yang luas. 
Suasana lunch di Star Dim Sum sangat seru bangat
Makanannya Star Dim Sum ini bikin nagih
Jika teman-teman lagi mencari tempat kumpul-kumpul dengan teman atau komunitas, Mitra Terrace ini bisa jadi pilihan loh, selain berada di jalan utama, dekat juga dengan halte Busway Gatot Subroto Lipi sehingga gampang untuk mengaksesnya.

***


Dan alhamdulillahnya ada nama saya juga yang mendapatkan hadiah dari lomba live tweet. Yes! Selamat juga buat teman-teman yang lainnya ya :)
Pera Pemennang Live Instagram (Atas) Pemenang Live Tweet (Bawah)
Sungguh sangat menyenangkan bagi saya bisa ikut acara #BCKB11 ini, karena selain bisa mendapatkan banyak ilmu tentang mengolah foto dari mas Satto, saya juga bisa bertemu dengan teman-teman yang lain, bisa kopdar dan bersilaturahmi.

Foto bersama dulu sebelum pulang (Doc. Mba Liswanti)
Terima kasih saya ucapkan kepada Kelas Blogger, Blogger Crony, Mitra Terrace, Start Dimsum atas terselenggarannya acara workshop yang sangat luar biasa keren ini, semoga acara yang sangat seru seperti ini bisa terselenggara lagi dalam berbagi ilmu dan inspirasi bagi sesama.

Salam Blogger!

12 komentar:

  1. Awan ini memang keren bangEt kl bikin postingan plus gbr2 terkaitnya daaan seringkali menang kl ada lomba2 yg live di acara. Saluut pake bangEt sama Cucu yg satu iniv#ngakungaku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak Bunda, Alhamdulillah rejeki anak soleh.. heheheh

      Saya senang bangat dianggap cucu sama Bunda Yati, sosok yang selalu semangat dan terus pantang menyerah untuk belajar, salut saya sama Bunda Yati :)

      Hapus
  2. Seru bangat Bang belajar mengolah fotonya, ajarin ya nanti hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahha aku juga masih belajar kok Dek, jangan-jangan jagoan kamu lagi main photoshop, ajaaarin pokoknya hahahah

      Hapus
  3. Wah, trims informasinya, imawan. Bermanfaat buat aku yg ga bisa ikutan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Mba Windu sayang bangat ga bisa ikutan, acaranya seru bangat loh. Sama-sama Mba Windhu semoga bermanfaat ya tulisan ini :)

      Hapus
  4. Wah pake photoshop juga nih, tp aku masih basic banget nih, nti ajarin aku ya kakaaak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Timo, justru saya baru belajar dasarnya ini, ajarin dong Mas, supaya bisa sejago Mas Timo heheheh

      Hapus
  5. Acaranya mantap kali.. huhuhuhu pengen banget belajar gitu. Sayang jauh..
    Thanks udah share, Mas Imawan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Ery, senang jika banyak teman-teman yang mau share ilmunya seperti ini, jadi bisa kecipratan ilmunya :)

      Sama2 Mba Eri, semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  6. Karena tempatnya mendukung,alhasil bisa jeprat jepret disini ya mas dgn gaya yg ala ala model ahahahha

    BalasHapus
  7. Wah iya tempatnya cozy plus keren banget buat foto

    BalasHapus