Komunikasi Lancar dengan Motorola TLKR Radios


Beberapa waktu yang lalu saya sedang asyik otak atik Walkie-Talkies, lalu Deni (teman kosan saya) yang mau pergi ke warung depan kosan sejenak terhenti, mengamati sebuah benda yag ada di tangan saya.

“Itu apaan sih Wan?” Tanya dia setengah penasaran.

“Ini Walkie-Talkies” jawab saya singkat, sambil mencoba memasang baterainya.

“Buat apaan alat begituan?” tanyanya lagi sambil duduk disamping saya.

“Buat ngobrol-ngobrol” jawab saya kembali singkat.

“Cara ngobrolnya bagaimana?” tanyanya kian penasaran.

“Cara ngobolnya biasa kaya kamu lagi telphonan pake HP” jelas saya ambil mempraktekan cara menggunakannya.

“Kenapa harus pake Walkie-Talkies, kan kita sudah punya HP?” tanyanya dengan nada sedikit protes.

“Walkie-Talkies ini bisa ngobrol tapi tidak perlu pusing mikirin pulsa dan juga sinyal kaya HP” ujar saya yakin.

“Seru juga ya bebas pulsa gitu, cobain dong” pintanya dengan penuh harap.

“Kamu bawa saja yang satu ini ke warung, nanti kita coba mengobrol lewat alat ini” ucap saya seraya menyerahkan sebuah walkie-talkies pada Deni.

Dan setelah Deni sampai di warung, kami ngobrol seru dengan menggunakan Walkie-Talkies, berbagai obrolan nggak jelas pun dibahas saking noraknya kami karena baru pake Walkie-Talkies. Dan saya sekalian bisa nitip beli cemilan buat jajan asyik sembari menikmati gerimis yang mau turun.
Komunikasi lancar dengan Motorola WLKR
Jadi bisa di bilang, Walkie-Talkies ini merupakan sebuah alat komunikasi genggam yang menggunakan gelombang radio, sehingga Walkie-Talkies dikenal dengan sebutan Two Way Radio ataupun radio dua arah, yang dapat melakukan pembicaraan dua arah, berbicara dan mendengar lawan bicara secara bergantian dengan menggunakan teknologi PTT (Push To Talk) yaitu harus menekan tombol terlebih dahulu untuk berkomunikas dengan yang lainnya.

Walkie-Talkies yang kini ada di tangan saya ini merupakan salah satu produk Motorola Solutions yang sebelumnya pernah saya lihat saat menghadiri acara  Motorola Solutions Consumer Radio – TLKR yang di adakan oleh Motorola Solutions Indonesia di XXI CafĂ© Plaza Indonesia pada beberapa waktu yang lalu (10/11). 

 Berkenalan dengan T series Walkie-Talkies dari Motorola Solutions
Seiring terus berkembangnya teknologi, maka walkie-talkies pun terus mengalami perubahan ke arah yang lebih baik, dimana hal itu senada dengan yang terus dilakukan oleh Motorola Solutions dengan terus berjuang memproduksi Walkie-Talkies yang memiliki kualitas yang terus meningkat dari tahun ke tahun hingga bisa terus eksis seperti saat ini.

Dan melalui acara tersebut, Motorola Solutions juga sekalian memperkenalkan tiga tipe Walkie-Talkies terbarunya kepada para hadirin yang hadir malam itu, yaitu Motorola TLKR T60, TLKR T80, dan TLKR T80 Extreme. Dimana ketiga macam tipe T series Walkie-Talkies andalan ini dinilai sangat cocok digunakan baik dalam kegiatan sehari-hari di lingkungan rumah atau juga di berbagai situasi dan kondisi outdoor. 
3 Seri T Walkie-Talkies Motorola Solutions
Ketiga varian Walkie-Talkies dari Motorola ini hadir dengan segala kelebihannya masing-masing, untuk lebih jelasnya akan saya uraikan satu per satu sebagai berikut:

  • TLKR Walkie-Talkies T60
TLKR T60 merupakan sebuah alat komukasi yang sangat ideal sehingga membuat kita tetap terhubung dengan teman-teman yang lain selama petualangan outdoor, seperti saat di perkemahan, di sebuah taman bermain atau saat hiking atau pendakian gunung. 

Dimana semua komunikasi terus terlaksana karena T60 GO Explore ini menghadirkan fitur canggih, tangguh dan penuh gaya yang sudah memiliki lisensi gratis, dan didukung dengan fitur utama yang powerful dengan jarak penggunannya bisa sampai kisaran 8 km, dan yang terpenting tidak ada biaya tagihan telephone alias bebas pulsa.

TLKR T60 ini dikemas dengan banyak fungsi, yang didukung dengan beragam nada panggilan dan baterai isi ulang. Dan TLKR T60 berwarna hitam ini memiliki banyak fitur yang menarik seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.
TLKR Walkie-Talkies T60
  • TLKR Walkie-Talkies T80
Selanjutnya Motorola Indonesia juga memperkenalkan, TLKR T80 yang  merupakan sebuah alat komunikasi yang mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi dan kuat, namun mudah digunakan.

TLKR T80 ini hadir untuk Go Adventure dengan menawarkan semua fitur yang memudahkan kita untuk tetap berkomunikasi dengan lancar meskipun di lingkungan yang ekstrim sekalipun. Dimana jarak penggunannya bisa sampai 10 km jauhnya.

Dan TLKR 80 yang dibalut warna silver ini terlihat sangat elegant, terlebih didukung oleh fitur-fitur yang sungguh sangat luar biasa kerennya seperti yang tergambar sebagai berikut ini.
TLKR Walkie-Talkies T80
  • TLKR Walkie-Talkies T80 Extreme
TLKR T80 Extreme hadir dengan menawarkan fitur yang sangat maksimal, kuat dan tahan terhadap semua kondisi dan cuaca, sehingga sangat cocok bangat digunakan untuk menemani kita saat berpetualang di tempat-tempat yang ekstrim, seperti di area yang paling sulit atau puncak tertinggi sekalipun dengan jarak penggunannya bisa sampai 10 km jauhnya.

Dan yang paling menyenangkan juga dari TLKR T80 Extreme adalah sudah didesain dengan tahan percikan air sehingga sangat cocok dibawa untuk kegiatan outdoor tanpa takut terkena percikan air hujan atau embun di pagi hari. Dan TLKR T80 Extreme Go Beyond hadir menawarkan fitur yang sangat lengkap seperti pada gambar berikut ini.
TLKR Walkie-Talkies T80 Extreme

Serunya menggunakan TLKRTM Walkie-Talkies T80 dari Motorola Solutions
Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, TLKRTM Walkie-Talkies dari Motorola ini sangat bagus digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Begitu juga yang diakui oleh Mas Benazio Rizki Putra atau yang lebih dikenal dengan nama BenaKribo yang sudah menggunakan Walkie-Talkies dalam kesehariannya.

Melalui acara Motorola Solutions Consumer Radio – TLKR tersebut, Mas Benakribo bercerita, bahwa menggunakan Walkie-Talkies seri T80 Extreme dalam kesehariannya, baik di lingkungan rumahnya, dan juga buat menunjang hobi dan pekerjaannya. 
Mas Bena pun mengakui dan sudah merasakan sendiri manfaat kehadiran Walkie-Talkies ini begitu sangat banyak manfaatnya, terlebih untuk mempermudahnya ketika komunikasi dengan para kru filmnya saat melakukan syuting, tidak perlu teriak-teriak atau harus mengangkat talphone dulu saat menginstruksikan perintah pada kru atau pemain filmnya, tapi cukup dengan menggunakan Walkie-Talkies maka semua hal bisa dikomunkasikan sehingga segala gambar dan adegan yang diinginkan dalam sebuah film bisa dieksekusi sesuai keinginan.

Keberadaaan Walkie-Talkies yang dinilai oleh Mas Benakribo begitu mempermudah komunikasinya, dan yang terpenting dari adanya Walkie-Talkies ini sangat mudah digunakan, bebas biaya pulsa, dan juga mudah dibawa kemana-mana. 

Sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh Mas Bena tersebut, maka saya pribadipun sudah mencoba menggunakan TLKRTM Walkie-Talkies Motorola ini dalam kegiatan sehari-hari saya, Kebetulan saya mencoba menggunakan TLKR T80, dimana di dalam kotak TLKR T80 yang saya terima, ternyata terdiri dari berbagai aksesoris yang melangkapi dua buah TLKR T80, seperti baterai, belt clips, cherge dan buku panduan.
Perlengkapan dari TLKR T80
Model TLKR T80 memiliki desain yang sangat simple namun modern, ukurannya juga sangat pas dalam genggaman, dan pemilihan warna silver membuat tampilan TLKR T80 terlihat mewah dan menawan. Dan yang paling menyengkan juga di TLKR T80 ini terdapat fitur LED Torch yang berfungsi sebagai senter sehingga sangat membantu kita ketika cuaca gelap berkabut atau juga malam hari. 

Untuk menggunakan Walkie-Talkies ini caranya sangat mudah, setelah memasang baterainya, maka selanjutnya kita memutar powernya untuk menghidupkannya, kemudian atur posisi channel yang sama dengan Walkie-Talkies lawan bicara kita, lalu tekan tombol PTT (Push To Talk) supaya kita bisa saling komunikasi. Oh iya, untuk beberapa varian Walkie-Talkies dari Motorola Solutions juga sudah menggunakan teknologi VOX (Voice Operated microphone) yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi tanpa perlu menekan PTT (Push To Talk) tetapi cukup dengan membunyikan suara tertentu maka komunikasi bisa langsung terkoneksi.
Fitur-fitur TLKR T80
Saya menggunakan TLKR T80 ini dalam keseharian saya dengan teman-teman kos, misalnya untuk menitip beli makan atau snack di warung depan kos, atau juga untuk minta tolong Bibi Ina untuk bikini mie goreng di dapur, jadi tidak pake teriak-teriak lagi saat minta dibikini makanan. Dan lebih seru juga menggunakan TLKR T80 untuk komunikasi di kerumunan orang-orang di CFD, sehingga kita tetap mudah ketemu walau ditengah kerumunan orang-orang. 

Saya menggunakan TLKR T80 hampir sepuluh hari, namun ternyata baterainya cukup tahan lama dan masih tampak full saja. Benar-benar hemat energi. Oh iya, jika dalam keadaan darurat karena kehabisan baterai, ternyata TLKR T80 ini bisa menggunakan baterai A3 yang bisa kita temui dengan mudah di mana-mana. 

Namun bercerita tentang pengalaman penggunaan TLKR T80 ini, saya jadi teringat juga satu pengalaman yang menurut saya berkesan. Jadi saat itu hari sabtu, saya dan Deni ingin mencoba mengukur sejauh mana jarak menggunakan TLKR T80 di sebuah taman, namun karena Deni harus ngantor setengah hari dulu, jadi kami berjanjian untuk langsung ke taman city walk saja, dan saat itu saya sudah sampai duluan di taman, namun tiba-tiba hujan deras turun.

Entah karena pengaruh hujan yang deras atau memang sinyal yang lagi jelek saat itu, yang jelas  komunikasi saya dengan Deni benar-benar kacau, suaranya putus-putus, dan kemudian kami tidak bisa saling menghubungi handphone satu sama lainnya. 

Saya yang terjebak hujan di dekat taman city walk bingung menghubuni Deni, sedangkan saya tidak tahu posisi Deni dimana saat itu. Namun saya ingat, sebelum pergi ke kantor tadi, si Deni sudah saya suruh membawa satu buah TLKR T80, dan satunya lagi dipegang oleh saya. 

Dan seolah mendapat ide cemerlang, saya pun mencoba menghubungi Deni lewat Walkie-Talkies TLKR T80, dan alhamdulillah akhirnya kami bisa saling komunikasi. Dan meskipun hujan masih turun dengan sangat deras, suara obrolan kami menggunakan TLKR T80 masing-masing terdengar sangat jelas, benar-benar menggunakan walkie-talkies T80 memudahkan segala komunikasi menjadi lebih mudah karena tidak terbatasi oleh sinyal, seperti yang terekam dalam video berikut ini.


Tidak kebayang dibenak saya, jika kami akan saling menunggu tidak jelas berapa lama lantaran tidak bisa berkomunikasi karena sinyal handphone yang jelek. Sungguh kehadiran Walkie-Talkies Motorola T80 sudah menjadi solusi yang jitu bangat bagi saya dan Deni yang terjebak di tengah hujan dan sinyal yang tidak bersahabat. Sungguh menggunakan Walkie-Talkies Motorola membuat kami tetap bisa berkomunikasi dengan lancar meskipun tidak ada sinyal handphone di tempat tersebut.

Apa manfaat TLKRTM Walkie-Talkies dari Motorola?
Dari berbagai pemaparan di atas dan juga pengalaman saya pribadi setelah menggunakan TLKR T80 ini, maka saya merasakan banyak sekali manfaat yang sangat luar biasa dari kehadiran Walkie-Talkies dari Motorola ini, bukan hanya komunikasi yang menjadi lancar, tapi kehadiran Walkie-Talkies dari Motorola sungguh banyak bangat keuntungannya. Dan berikut ini saya simpulkan apa saja keuntungan menggunakan Walkie-Talkies Motorola Solutions antara lain sebagai berikut:
1.   Tidak perlu pulsa
Menggunakan TLKRTM Walkie-Talkies tidak memerlukan pulsa untuk melakukan komunikasi, jadi tidak perlu pusing mikirin pulsa yang akan bengkak karena kelamaan berkomunikasi, sehingga ngobrol selama apapun semua tetap asyik-asyik saja.
2.   Tidak terbatas pada sinyal
Pernah marah-marah dan kesal setengah mati karena komunikasi terhambat karena sinyal? Saya pernah mengalami itu, dan sumpah rasanya pengen banting handphone saja. namun jika menggunakan TLKRTM Walkie-Talkies maka kita bisa say good bay pada sinyal yang bermasalah, karena TLKRTM Walkie-Talkies sangat memungkinkan kita untuk tetap bisa mengobrol asyik tanpa terhambat sinyal yang bermasalah.
3.   Mudah digunakan
Secanggih apapun sebuah produk jika sulit digunakan, bagi saya pribadi maka hal itu sama saja dengan bohong. Untuk itu, sangat penting sebuah produk itu harus mengutamakan user friendly sehingga membuat nyaman dan tidak ribet digunakan. Begitu juga keberadaan TLKRTM Walkie-Talkies dari Motorola ini sangat mudah digunakan oleh siapa saja, cukup ditekan PTT (Push To Talk) maka langsung bisa berkomunikasi.
4.   Mudah dibawa kemana-mana
Dan yang tak kalah menyenangkan adalah TLKRTM Walkie-Talkies ini modelnya sangat pas saat digenggam, dan terdapat belt chips yang berfungsi sebagai pengait pada saku atau ikat pinggang sehingga tidak gampang jatuh meskipun kita sibuk mondar-mandir.
5.   Tidak memerlukan izin untuk penggunaannya
Dibeberapa negara tenyata tidak membolehkan barang sejenis walkie-talkie ini dibawa oleh wisatwan kaena dinilai sebagai senjata, tapi khusus untuk TLKRTM Walkie-Talkies Motorola ini kita tidak perlu mendapatkan izin terlebih dahulu supaya bisa menggunakannya, karena TLKRTM Walkie-Talkies ini bisa dibawa di Negara yang sedang berperang sekalipun, karena besarnya hanya 0.5 watt saja dan sudah didukung oleh license free yang ditujukan bagi konsumennya, jadi aman dibawa kemana-mana.
6.   Modelnya Modern dan kekinian
TLKRTM Walkie-Talkies memiliki model yang sangat kekinian dan modern dengan dukungan warna-warna yang menawan sehingga tidak malu-maluin untuk dibawa kemana-mana.
7.   Ngobrol dengan TLKRTM bisa lebih lugas dari pada SMS/Text
Ngobrol langsung jauh lebih mudah dibandingkan dengan mengirimkan text berupa SMS, karena komunikasi dengan text terkadang bikin rancu dan salah nafsir dan bingung dipahami, sehingga dengan komunikasi dengan TLKRTM Walkie-Talkies jauh lebih lugas dan jelas sehingga bisa meminimalisir kesalahpahaman jika dibandingkan dengan komunikasi Text atau SMS.

Dengan melihat begitu banyak keuntungan menggunakan TLKRTM Walkie-Talkies dari Motorola di atas, sungguh walkie-talkies merupakan teknologi komunikasi yang simpel, hemat dan juga mudah untuk dioperasikannya. Oleh sebab itu, walkie-talkies pun sangat cocok digunakan dalam keseharian kita di rumah, atau saat bersenang-senang di luar rumah, seperti saat camping, hiking, climbing, berkemah atau kegiatan outdoor lainnya.

Untuk itu, sungguh sangat layak menjadikan alat komunikasi TLKRTM Walkie-Talkies Motorola ini sebagai teman dalam keseharian kita, karena keberadaanya bisa membuat komunikasi kita menjadi lancar dimanapun dan kapanpun. Whatever you do, Wherever you go, Stay connected with Motorola TLKR Radios.

8 komentar:

  1. Harganya berapaan ya? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Arif harganya sebagai berikut:
      T60 Rp. 1.249.000
      T80 Rp. 1.499.000
      T80 Extreme Rp. 1.799.000

      Hapus
  2. Benaran ga ngaruh sm sinyal ya Bang? Bisa dipake di daerah terpencil dong Bang klo bgt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa, kamu yang hobi naik gunung pake Walkie-Talkie ini cocok bangat Dek :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Hahahaha nanti saya pinjamin ya Kak Aris, apa sih yang nggak hehehehe

      Hapus
  4. Ya ampun Awan, dikau beneran punya walkie talkie nya?

    Aku pengen atuhlah buat dikasihin ke warung Mama Ajeng, jadi kalo mau minta dikirim gas atau galon gampang hahaha.

    BalasHapus
  5. Awaaaan..
    Jadi walkie talkie mu yang satu dipegang Awan, yang satu lagi dipegang sama temen se-kost Denny gitu?

    Atuhlaaaah, kamu mah meuni kelihatan pisan jomblonya teh sih bhahahaha *dijambag*

    BalasHapus