Menelusuri Pesona Wisata Banyumas Yang Istimewa


Banyumas. Mendengar nama kota “Banyumas” seketika melempar memori saya pada seorang kawan lama. Kawan yang pernah saya kenal saat sama-sama kuliah di Kota Pelajar beberapa tahun silam. Banyak kenangan indah dan keseruan yang kami ciptakan, namun kini saya kehilangan kontak dengannya, sehingga tak pernah lagi tahu bagaimana kabar beritanya kini.

Dulu saya pernah diajak olehnya untuk bertandang ke sana, ke Banyumas, supaya bisa menikmati Gethuk Goreng yang nikmat itu, dan dia selalu menggadang-gadangkan bahwa Banyumas adalah kota yang memajang keindahan alam yang begitu cantik, namun hingga akhir kelulusan, ajakan itu tak pernah bisa saya tunaikan, dan kini menyisakan sesal yang menggelayut di dada saya hingga saat ini.

Jujur saya sangat menyesal dengan mengulur-ngulur ajakannya itu. Sungguh, saya ingin menebusnya dengan mencoba mengenal kota Banyumas ini. menelusuri apa saja keistimewaan yang dimiliki oleh Kota Banyumas ini sehingga layak nantinya untuk saya kunjungi.

Untuk itu, beberapa waktu yang lalu (02/03/2017), saya menyempatkan diri menghadiri acara #ExposeBanyumas yang diselenggarakan oleh Disparbud Kabupaten Banyumas yang diadakan di Rumah makan Bumbu Desa yang ada di Jl. Cikini Raya No. 72 Jakarta Pusat.
Bincang asyik seputar Expose Pariwisata Banyumas - Doc. Pribadi
Di acara yang bertema "Expose Pariwisata Dalam Rangka Promosi Pariwisata Nusantara" inilah, saya mengetahui lebih banyak seputar potensi Banyumas yang selama ini tidak pernah saya ketahui. Dan saya baru tahu, selain Baturraden yang tersohor itu, ternyata Banyumas menawarkan sangat banyak potensi wisata lain yang sangat sayang untuk dilewatkan.


Sekilas tentang Geografis Banyumas  

Banyumas merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan beribukotakan Purwokerto. Berdiri pada tanggal 6 April 1582 atau bertepatan dengan tanggal 12 Robiul Awal 990 Hijriyah oleh Raden Joko Kahiman yang sekaligus menjadi Bupati pertama Banyumas. 

Di bawah kepemimpinan Raden Joko Kahiman yang dikenal dengan gelar Adipati Marapat (Adipati Mrapat). Banyumas konon tumbuh menjadi kota yang makmur dan sejahtera, sehingga rakyatnya menobatkan Raden Joko Kahiman dengan gelar “SATRIA”, yaitu sosok yang memiliki sifat dan perbuatan yang sangat luhur, sehingga layak diteladani oleh segenap warga Kabupaten Banyumas. 

Keluhuran sikap Beliau dengan jiwa “Satria” inilah yang menjadi motto dan etos kerja bagi warga Banyumas untuk terus berbenah diri dari hari ke hari hingga saat ini. Dan seiring waktu berjalan, maka kota yang memiliki luas wilayah sekitar 1.327,60 km2 atau setara dengan 132.759,56 Hektar ini akhirnya ditetapkan dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Daerah Tingkat II Banyumas Nomor 2 Tahun 1990 sebagai hari jadi Kabupaten Banyumas. 

Namun mulai tahun 2016, peringatan Hari Jadi Banyumas tidak lagi dirayakan pada tanggal 6 April karena ada perubahan Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 10 Tahun 2015 tentang Hari Jadi Kabupaten Banyumas yang kini dirayakan setiap tanggal 22 Februari.
Peta Wilayah Kabupaten Banyumas - Doc. visitbanyumassatria.blogspot.co.id
Banyumas memiliki keadaan wilayah berupa daratan dan pegunungan yang terdiri dari sebagian Lembah Serayu untuk tanah pertanian, sebagian dataran tinggi untuk pemukiman dan pekarangan, dan sebagian pegunungan untuk perkebunan dan hutan tropis yang terletak di lereng Gunung Slamet sebelah selatan.

Wilayah Kabupaten Banyumas terletak di sebelah Barat Daya dan bagian dari Propinsi Jawa Tengah. Terletak di antara garis Bujur Timur 108o 39. 17’’ sampai 109o 27.15’’ dan di antara garis Lintang Selatan 7o 15.05’’ sampai 7o 37.10’’ yang berarti berada di belahan selatan garis khatulistiwa  dengan garis batas wilayah sebagai berikut:
  • Sebelah Utara: Gunung Slamet, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang.
  • Sebelah Selatan: Kabupaten Cilacap
  • Sebelah Barat: Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes
  • Sebelah Timur: Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara
Kota yang terkenal dengan logat ngapaknya ini mempunyai keadaan cuaca dan iklim tropis basah. Hal ini terjadi karena Banyumas terletak di antara lereng pegunungan yang jauh dari pesisir pantai, maka pengaruh angin laut tidak begitu terasa, namun dengan adanya dataran rendah yang seimbang dengan pantai selatan, maka angin tampak bersimpangan antara pegunungan dan lembah dengan tekanan rata-rata antara 1.001 mbs, sehingga menghasilkan suhu udara berkisar antara 21,4°C - 30,9°C.

Dan seiring berjalannya waktu, maka kini Banyumas kian mengekplore kecantikan yang dimilikinya sehingga dunia layak untuk mengetahuinya, karena Banyumas menawarkan pesona yang tak terbatas.


Banyumas tawarkan pesona yang tak terbatas

Kabupaten Banyumas tergolong kota yang sangat potensial untuk menjadi kota wisata, karena Banyumas terletak di lereng Gunung Slamet, yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian sekitar 3.400M dari permukaan air laut dan masih aktif hingga sekarang ini. Sehingga tidak heran, Banyumas memiliki banyak obyek wisata yang sangat terkenal dengan pesona alamnya yang sangat indah. 

Bahkan sesuai namanya, Banyumas yang terdiri dari kata Banyu yang berarti air dan Mas yang berarti kemakmuran, maka tidaklah heran, jika objek wisata di Banyumas dan sekitarnya memiliki keunggulan di wisata alam dan airnya yang melimpah, dan tidak heran juga jika Banyumas dijuluki juga dengan kota seribu satu curug karena memiliki jumlah curug yang sangat banyak.

Panorama alam Banyumas memang tidak perlu diragukan lagi, keindahannya mampu menyihir setiap mata yang melihatnya. Bahkan saya yang hanya baru melihat keindahan alam Banyumas dari deretan foto-foto di internet tak mempunyai cukup kata untuk menguraikan betapa cantiknya alam Banyumas, hanya lantunan syukur yang bisa diucapkan, untuk memuji kebesaran Tuhan atas terciptanya alam Banyumas yang luar biasa indahnya.

Ada begitu banyak tempat wisata indah yang bisa dikunjungi di Banyumas, tidak kurang dari 85 lokasi wisata yang bisa dinikmati di sana, semua menawarkan keindahan yang akan membuat decak kagum dengan pesona yang ditawarkannya.

Dan berikut ini adalah beberapa tempat wisata alam yang sangat populer dibicarakan oleh orang-orang, dan konon wajib dikunjungi saat ke Banyumas, karena memiliki daya pikat yang luar biasa indahnya.

1.   Wisata Baturraden
Objek Wisata Baturraden - Doc. lihat.co.id
Objek wisata Baturraden merupakan salah satu objek wisata paling terkenal di Purwokerto. Lokasi wisata ini berada di lereng Gunung Slamet pada ketinggian 640 meter di atas permukaan laut dengan jarak 14 km ke arah utara kota Purwokerto. Objek wisata Baturraden ini bisa disebut sebagai komplek wisata Baturraden karena menawarkan banyak wahana wisata yang bisa dinikmati sekaligus di kawasan ini, seperti kolam renang, kolam luncur, sepeda air, hingga pemandian air panas, kereta mini, cascade, theater alam dan wahana lainnya. Untuk itu, sangat cocok sekali ke tempat ini bersama keluarga dan sahabat karena menawarkan pemandangan panorama Gunung Slamet yang eksotis dengan udara yang sejuk dan bersih.

2.    Pancuran Pitu & Pancuran Telu
Pancuran Pitu - Doc. Ietha Arni S.
Pancuran Pitu (Tujuh) dan pancuran Telu (Tiga), merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di tengah hutan damar dan pinus yang berjarak sekitar 2,5 km arah barat Lokawisata Baturraden. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu ini merupakan tempat wisata yang menyuguhkan sumber air panas bumi yang mengalir langsung dari kaki Gunung Slamet yang keluar melalui tujuh pancuran. Sumber air panas ini mengandung unsur belerang, bersuhu sekitar 70 derajat celcius, serta mengandung beberapa unsur mineral. Dan kebanyakan wisatawan yang ke sini untuk menikmati berendam air belerang untuk pengobatan berbagai penyakit  sebagai terapi pengobatan.

3.   Curug Gede
Curug Gede Banyumas - Doc. Panoramio.com
Curug Gede merupakan air terjun yang berlokasi di desa Ketengger dengan jarak sekitar  3 kilometer ke arah selatan dari Lokawisata Baturraden. Curug Gede memiliki air yang jernih dan dingin. Curug ini semakin mempesona karena didukung oleh pemandangan alamnya yang masih hijau nan asri dengan suasana hutan yang menghijau.

4. Curug Celiling   
Curug Celiling - Doc. tantodanardwi.blogspot.com
     Curug Celiling juga terletak di Desa Ketenger, Baturraden, Banyumas. Lokasinya ada di bawah curug Gede. Jadi untuk menuju ke sini, kita harus melewati curug Gede dulu dan harus menyusuri sungai berbatu. Tapi keindahan di curug ini konon akan membayar semua kelelahan itu dengan impas. Air terjunnya sangat jernih dan segar dengan pemandangan alam di sekitarnya yang masih sangat asri.

5. Curug Ceheng
Curug Ceheng Banyumas - Doc. titissoeparno.blogspot.com
Curug Ceheng terletak di ujung timur kota Banyumas yakni kecamatan Sumbang. Curug Ceheng ini mempunyai ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki telaga di bawah air terjunnya yang cukup luas, sehingga cocok buat mandi-mandi. Curug Ceheng juga biasanya digunakan untuk rekreasi keluarga karena tempatnya nyaman dengan lokasi yang cukup luas untuk berekreasi bersama teman atau keluarga.

6.   Curug Belot
Curug Belot - Doc. wisatajateng.com
Curug Belot terletak di Desa Rempoah, Kecamatan Baturraden. Curug Belot ini konon katanya masih jarang dikunjungi oleh masyarakat, sehingga keasriannya masih sangat alami dan udaranya juga sangat sejuk yang terhembus dari air terjunnya yang deras, dan katanya kejernihan airnya bisa membuat orang-orang betah untuk berlama-lama di sini.

7.   Curug Cipendok
Curug Cipendok - Doc. indonesiaexplorer.net
Curug Cipendok kerap disebut-sebut sebagai curug tercantik yang ada Banyumas yang terletak sejauh 25 kilometer arah barat dari Banyumas, tepatnya di Cilongok. Curug Cipendok ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan dilengkapi dengan hutan lindung, hutan produksi, serta terdapat menara yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk melihat pemandangan kota Banyumas dari ketinggian menara jika cuacanya memungkinkan. 

8.   Curug Nangga
Curug Nangga - Doc. travelmatekamu.com
Curug Nangga terletak di desa Petahunan, kecamatan Pekuncen - Ajibarang, Banyumas. Curug yang satu ini mempunyai pesona yang sangat indah, karena menawarkan pesona air terjun dengan tujuh tingkatan air terjun yang mengalir deras. Dimana setiap tingkatannya memiliki nama yang berbeda, yaitu: paling atas itu namanya Curug Nangga, lalu yang kedua Curug Cikidang, Curug Gomblang, Curug Pewinian, Curug Bantar Pewinian, Curug Lunjar, dan yang terakhir ini curug Benda.

9.   Curug Jelangga
Curug Jelaga - Doc. piknikasik.com
Curug Jenggala terletak di Dusun Kalipagu, di desa Ketenger, Kecamatan Baturraden. Curug ini mempunyai pesona yang sangat indah, yaitu terdapat air terjun yang indah, bahkan konon saat ini, curug Jelangga ini menjadi salah satu curug paling hits di di sosal media seperti Instagram karena selain pemandangannya yang indah, ternyata terdapat selfie deck berupa papan berbentuk hati dengan latar belakang 3 Curug yang berjejeran dengan cantik yang disediakan oleh pengelola untuk berfoto-foto.

10. Curug Lawang Sendang Bidadari
Curug Lawang Sendang Bidadari - Doc. blog.reservasi.com
   Curug Lawang Sendang Bidadari terletak di desa Karangsalam Baturraden, Banyumas. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan karakteristik yang berbeda dari curug lainnya, yaitu terdapat bebatuan menyerupai goa yang membentuk lawang (pintu dalam bahasa jawa) sebagai jalan masuk menuju ke lokasi air terjun ini. Selain itu, Sendang Bidadari memiliki dua aliran air terjun yang tampak jernih dan juga dingin, bahkan di sendang ini kita bisa melihat begitu banyak ikan kecil yang berenang-renang riang di Sendang Bidadari ini.

11. Curug Telu
Curug Telu -  Doc. lennyvionita6.blogspot.com
    Curug Telu ini masih satu lokasi dengan Curug Lawang, yaitu berada di desa Karangsalam, Baturraden, Banyumas. Dinamakan Curug Telu karena ada tiga air terjun di area kawasan ini, dua curug di sisi belakang tampak kucuran airnya tidak terlalu banyak dibandingkan satu curug di depan yang mempunyai debit air lebih banyak dari dua curug dibelakangnya. Dan saat ini, Curug Telu ini sudah dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tirta Kamulyan Desa Karangsalam, Baturraden, sehingga di lokasi curug ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat parkir, mushola, toilet, gazebo, flying fox, dan wahana permainan lainnya.

12. Curug Bayan
Curug Bayan - Doc. bocahporka.blogspot.com
   Curug Bayan ini terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Letaknya sekitar 3 km sebelah barat dari obyek wisata Baturraden. Curug Bayan ini memiliki ketinggian sekitar 7 meter dengan air yang bersih didukung pemandangan alam yang indah sehingga akan membuat kita betah berlama-lama di sini. Bahkan di bawah curug ini terdapat ceruk buat mandi-mandi, namun tetap harus hati-hati karena ceruknya lumayan dalam sekitar 2-5 meter. Oh iya, Di kawasan curug ini terdapat sebuah villa, warung-warung makan dan gazebo untuk duduk-duduk beristirahat santai sambil menikmati udara segar.

13. Curug Gomblang
Curug Gomblang - Doc. tantodanardwi.blogspot.com
    Curug Gomblang ini berada di Kalisalak, Kedungbanteng, Sokawera, Cilongok, Kabupaten Banyumas. Curug Gomblang ini cukup dekat dari Kolam Renang Baturagung, kita bisa mencapainya dengan estimasi waktu sekitar 15 menitan dengan kendaraan pribadi. Curug ini kini menjadi salah satu curug favorit banyak anak muda, karena disediakan selfie deck dengan view Curug Gomblang yang eksotis menjadi latar foto kita. Dan di lokasi ini, konon katanya keasrian alamnya masih tampak alami dan bersih. 

14. Telaga Sunyi
Telaga Sunyi Banyumas - Doc. masdonie.blogspot.co.id
Lokasi Telaga Sunyi terletak 3 kilometer jauhnya dari pintu gerbang Wana Wisata Baturraden ke arah timur. Untuk mencapai lokasi ini kita harus memacu kendaraan untuk menanjak lebih tinggi hingga sampai ke kawasan hutan pinus dan hutan damar yang sangat asri, lalu kemudian kita harus tracking sebentar untuk masuk kedalam Telaga Sunyi. Konon air di telaga ini sangat jernih dan bersih dengan curug kecil yang menawan di tengah-tengah hutan damar yang sejuk, jadi kita akan dimanjakan oleh kesejukan dan pemandangan alam yang indah bila bertandang ke sini.

15.  Curug Pengantin
Curug Pengantin - travelmatekamu.com
Curug Pengantin ini ada di Dusun Cidondong, Desa Cirahab, Kecamatan Lumbir, Banyumas. Curug ini terdiri dari dua air terjunnya dan berjejer kayak pengantin, maka Curug tersebut dinamai sebagai Curug Pengantin. Lokasinya, sekitar 40 km dari Kota Purwokerto, dan untuk mencapai curug ini disarankan untuk menggunakan sepeda motor supaya lebih mudah mencapai lokasi curug.

Tidak hanya 15 tempat wisata alam yang saya bahas di atas yang merupakan tempat indah di Banyumas, tetapi sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata Banyumas yang menawarkan keindahan dan pesona yang masih alami dan layak untuk dikunjungi, seperti : Alun-alun Kota Lama Banyumas, Batur Agung Mount of Fun, Baturraden Adventure Forest, Bendung Gerak Serayu, Bumi Perkemahan Baturaden, Bumi Perkemahan Kendalisada, Crossworld Paintball, Curug Gomblang, Curug Gumawang, Curug Song, Dam Jepang Kalipagu, Dream Land Spring Water, Gardu Pandang Baturaden, Gua SaraBadak, Gua Maria, Gua Selirang, Gunung Slamet, Kelenteng Boen Tek Bio, Kelenteng Hok Tek Bio Pasar Wage, Kelenteng Hok Tek Bio Sokaraja, Kolam Tando PLTA Ketenger, Lokawisata Baturaden, Paseban Batur Sengkala, Pemandian Tirta Husada Kali Bacin, Situs Batu Guling, Situs Batur Agung, Situs Batur Bedil, Situs Batur Cakrakusuma, Situs Batur Lurah, Situs Batur Macan, Situs Batur Rana, Situs Batur Ronggeng, Situs Bonokeling, Situs Candi Batur Golek, Situs Candi Ebeg, Situs Candi Damarpayung, Situs Candi Ronggeng Banyumas, Situs Carangandul, Situs Gunung Jenar, Situs Lembu Ayu, Situs Ngarca, Situs Panembahan, Situs Tebet Madas Mayung, Situs Watu Gathel, Situs Watu Kentheng Sambirata, Situs Watu Keser, Situs Watu Lumpang, Stasiun Purwokerto, Sungai Serayu, Taman Andhang Pangreanan, Terowongan Notog, Watu Petilasan mBah Sani Taryan, Watu Sinom, dan lain sebagainya.

Selain pesona alamnya yang memikat, Banyumas juga menyuguhkan objek wisata lain yang tidak kalah bagus dan layak untuk dikunjungi, seperti tempat-tempat bersejarah yang menyajikan berbagai informasi penting tentang bagaimana perjalanan kota Banyumas dari dulu hingga bisa seperti sekarang ini. Selain itu, berkunjung ke tempat-tempat sejarah, tentu saja akan memberikan banyak ilmu dan pengalaman yang sangat bermanfaat untuk memperkaya khasanah wisata kita.

Dan berikut ini adalah sederet tempat-tempat wisata sejarah di kota Banyumas yang layak dikunjungi ketika bertandang ke kota ini.

1.   Masjid Saka Tunggal
Mesjid Saka Tunggal dengan satu tiang - Doc. wisatajateng.com
Masjid Saka Tunggal terletak di desa Cikakak, kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas yang berjarak kurang lebih 30 km dari arah barat daya kota Banyumas. Mesjid Saka Tunggal ini terkenal dengan masjid yang hanya memiliki satu tiang saja di dalamnya. Dan yang menjadi daya tarik juga untuk datang ke sini adalah karena di sekitar masjid ini terdapat makam Kyai Toelih yang merupaka tokoh penyebar agama islam dari Banyumas, Selain itu, di area mesjib terdapat banyak sekali kera-kera jinak yang berkeliaran dan bisa kita ajak bercengkraman sembari memberi mereka makan.

2.   Museum Wayang Sendang Mas
Museum Wayang Sendang Mas - Doc. Panoramio.com
Bagi yang gemar dengan dunia pewayangan maka wajib bangat untuk datang ke sini, tentunya untuk memperkaya pengetahuan dan belajar seputar dunia pewayangan. Objek wisata budaya Museum Wayang Sendang Mas terletak di kawasan pusat pemerintahan Banyumas yang berjarak sekitar 15 km dari Banyumas. Museum wayang Sendang Mas ini mengoleksi berbagai macam jenis wayang, seperti wayang gagrag Banyumasan, wayang purwa, Gagrag Yogyakarta, Surakarta, dan benda-benda purbakala lainnya.

3.   Museum BRI Purwokerto
Museum BRI Purwokerto - Doc. ensiklo.com
Museum BRI Purwokerto merupakan satu-satunya museum perbankan di Banyumas. Di dalamnya berisikan banyak informasi yang akan memperkaya pengetahuan kita seputar dunia perbankkan. Museum ini dibuka untuk umum secara gratis kecuali hari Jumat dan Sabtu ditutup.

4.   Museum Jenderal Soedirman
Museum Jenderal Soedirman - Doc. dinporabudpar.banyumaskab.go.id
Museum Jenderal Soedirman merupakan museum yang dibangun sebagai apresiasi untuk mengenang  tanah kelahiran Panglima Besar Jenderal Soedirman. Museum ini terletak di bagian barat kota Banyumas yang berjarak sekitar 3 km dari pusat pemerintahan. Museum ini terdiri dari dua lantai, Lantai pertama berisikan diorama, foto-foto perjuangan serta duplikat peninggalan Panglima Besar Jenderal Soedirman pada masa lalu. Sedangkan di lantai kedua, terdapat relief sejarah negara Indonesia dalam perang kemerdekaan 1945, serta relief perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam merebut kembali Yogyakarta.



Banyumas ternyata juga kaya dengan atraksi budaya yang layak untuk dinikmati sebagai hiburan yang akan memberikan kepuasaan dan juga rasa kagum kepada siapapun yang melihatnya. Atraksi budaya yang di hadirkan biasanya seperti seni pertunjukan, musik tradisional, dan juga tari-tari tradisional yang menawarkan potensi yang layak untuk terus diasah sebagai kekayaan budaya. Dan atraksi budaya Banyumasan ini memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan wilayah lain di Jawa Tengah, walaupun akarnya masih merupakan budaya Jawa.

Banyumas sangat kaya akan seni pertunjukan, antara lain:
Wayang Kulit Gagrag Banyumas - Doc. sitihalimahuyee96blog.wordpress.com
  • Wayang kulit gagrag Banyumas, yaitu kesenian wayang kulit khas Banyumasan yang mempertunjukan tentang dua gagrak (gaya), yakni Gragak Kidul Gunung dan Gragak Lor Gunung. Dimana kekhasan dari wayang kulit gragak Banyumasan adalah napas kerakyatannya yang begitu kental dalam pertunjukannya.
  • Begalan, adalah seni tutur tradisional yang kerap dijumpai pada upacara pernikahan. Kesenian ini menggunakan peralatan dapur yang memiliki makna simbolis berisi falsafah Jawa bagi pengantin dalam berumah tangga nantinya.

Banyumas juga memiliki kesenian yang terdiri dari musik tradisional yang memiliki keistimewaan tersendiri dibanding dengan kesenian musik Jawa lainnya, di antaranya:
Memainkan Alat Musik Kenthongan Banyumasan - Doc. banyumasku.com
  • Calung, adalah alat musik yang terbuat dari potongan bambu yang diletakkan melintang dan dimainkan dengan cara dipukul. Calung ini terbuat dari bambu wulung mirip dengan gamelan Jawa, terdiri atas gambang barung, gambang penerus, dhendhem, kenong, gong dan kendang. Selain itu ada juga Gong Sebul yang bisaa mengeluarkan bunyi yang mirip gong tetapi dimainkan dengan cara ditiup, alat ini juga terbuat dari bambu dengan ukuran yang besar. Dalam penyajiannya calung diiringi vokalis yang lazim disebut sinden.
  • Kenthongan, adalah alat musik yang terbuat dari bambu. Kenthong berupa potongan bambu yang diberi lubang memanjang di sisinya, dan dimainkan dengan cara dipukul dengan tongkat kayu pendek. Kenthongan dimainkan dalam kelompok yang terdiri dari sekitar 20 orang dan dilengkapi dengan bedug, seruling, kecrek dan dipimpin oleh mayoret. Dalam satu grup, kenthong yang dipakai ada beberapa macam sehingga menghasilkan bunyi yang selaras.
  • Salawatan Jawa, adalah salah satu seni musik bernapaskan Islam dengan perangkat musik berupa tembang jawa, dan di dalam pertunjukan kesenian ini menyajikan lagu-lagu yang diambil dari kitab Barzanji.
  • Bongkel, adalah peralatan musik tradisional sejenis angklung, namun terdiri dari empat bilah berlaras slendro.

Banyumas juga ternyata memiliki sejumlah tarian khas yang layak dinikmati karena menawarkan lenggokan yang indah namun menyelipkan cerita seputar sejarah atau tujuan dari tarian tersebut, dan tentunya persembahan tarian seperti ini menjadi salah satu hiburan yang sangat menyenangkan. Adapaun tarian khas Banyumas antara lain:
Tarian Sintren  Banyumas - Doc. momentkita.blogspot.co.id 
  • Lengger, adalah tarian yang dimainkan oleh dua orang perempuan atau lebih. Di tengah-tengah pertunjukkan hadir seorang penari laki-laki disebut badhud (bodor). Tarian ini umumnya dilakukan di atas panggung dan diiringi oleh alat musik calung.
  • Sintren, adalah tarian yang dimainkan oleh laki-laki yang mengenakan baju perempuan, dan di tengah-tengah pertunjukan biasanya pemain ditindih dengan lesung dan dimasukan ke dalam kurungan, di mana dalam kurungan itu ia berdandan secara wanita dan menari bersama pemain yang lain. Tarian ini biasanya melekat pada kesenian ebeg.
  • Ebeg, adalah kuda lumping khas Banyumas yang pertunjukannya biasanya diiringi oleh gamelan yang disebut bendhe.
  • Aksimuda, merupakan kesenian bernapaskan Islam berupa silat yang digabung dengan tari-tarian.
  • Angguk, adalah kesenian tari-tarian bernapaskan Islam yang dilakukan oleh delapan pemain, di mana pada akhir pertunjukan pemain tidak sadarkan diri.
  • Aplang atau daeng, yakni kesenian yang serupa dengan angguk, dengan pemainnya diisi oleh remaja putri.
  • Buncis, merupakan sebuah pertunjukan yang memaduan antara kesenian musik dan tarian yang dimainkan oleh delapan orang, dan bisanya kesenian ini diiringi alat musik angklung saat pementasannya.
Sungguh begitu banyak potensi atraksi budaya yang dimiliki oleh Banyumas, sehingga sangat layak dijadikan sebagai pertunjukan rutin supaya semua atraksi budaya ini tetap lestari samapai kapanpun sebagai kekayaan dan jati diri Banyumas pada khususnya dan Bangsa Indonesia pada umumnya. 


Jalan-jalan ke suatu kota, sudah pasti salah satu yang akan kita buru adalah mencari dan mencicipi kuliner khas kota setempat. Begitu juga jika kita bertandang ke kota Banyumas, ada beberapa kuliner khas Banyumas yang wajib dicicipi ketika datang ke sana. Adapun kuliner khas Banyumas adalah sebagai berikut:

1.    Mendoan
Mendoan - Doc. resepmasakan7.info
Tempe mendoan merupakan salah satu makanan yang paling disukai masyarakat Banyumas. Karena hampir seluruh warga Banyumas menyukai gorengan dari bahan tempe ini, karena mendoan memiliki citarasa gurih. Dan gorengan yang bertekstur lembek ini paling enak disantap dalam kondisi hangat-hangat dan dicocol saus sambal, atau sambal kecap pedas satau bisa juga cabai rawit kecil, semua tergantung selera kita.

2.   Sate Bebek Tambak
Bagi penggila kuliner, jika ke Banyumas harus mencoba sate bebek Tambak yang dijajalkan sepanjang jalan negara Lintas Selatan Jawa di wilayah ibu kota kecamatannya, berjejer puluhan tempat penjualan sate bebek yang bisa kita singgahi.
Sate Bebek - Doc. masakandapurku.com
Bahan untuk pembuatan sate ini biasanya diambil dari bagian hati dan daging bagian dada. Sate ini biasanya disajikan bersama gulai bebek, nasi hangat, bumbu kacang tanah, irisan tomat, irisan mentimun dan rajangan cabe untuk memberikan citarasa pedas.

3.    Soto Sokaraja
Soto Sokaraja - Doc. yamifoody.blogspot.co.id
Soto Sokaraja biasanya berbahan dasar daging ayam (bisa juga dengan daging lain, sesuai selera) dengan citarasa manis, gurih, pedas dan segar.  Soto sokaraja memiliki kekhasan  dalam penyajiannya, yaitu ditambahkan sambal kacang dan ketupat serta ditaburi kerupuk warna-warni saat penyajian sehingga rasanya terasa gurih dan pastinya akan bikin kenyang.

4.   Getuk Goreng
Getuk Goreng - Doc. banyumasku.com
Getuk goreng terbuat dari bahan dasar singkong atau biasanya masyarakat Banyumas menyebutnya dengan sebutan “boled”, dengan tambahan gula jawa membuat getuk goreng ini menjadi manis dan gurih. Namun kini Gethuk Goreng sudah hadir dalam beberapa macam varian rasa seperti rasa durian, rasa coklat, rasa nangka, rasa nanas dan lain sebagainya. Sehingga kita bisa menikmati getuk goreng ini sesuai rasa yang kita gemari.

5.    Nopia
Nopia - Doc. citrakinanthi.wordpress.com
Nopia merupakan salah satu cemilan khas Banyumas juga, makanan ini memiliki tekstur permukaan yang keras namun memiliki isi yang sangat lunak, biasanya makanan ini dibuat dari tepung terigu dan bagian isinya dikasih gula merah. Namun paling banyak ditemui Nopia dengan citarasa bawang merah pada tepung terigunya. Sedangkan untuk bagian isinya sekarang ada rasa cokelat, durian, dan juga kacang. Oh iya, Nopia juga punya versi mini yang dinamai Mino alias mini nopia atau nopia berukuran kecil.
  
6.    Es Dawet Ayu Banyumas
Es Dawet Ayu - Doc. resepdanmasakan.com
Es dawet Ayu menjadi salah satu miniman khas Banyumas yang layak dinikmati. Minuman yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan tepung sagu ini memiliki bulir dawet berwarna hijau. Dan biasanya warna hijau segar tersebut didapatkan dari perasan air daun suji atau pandan yang juga sekaligus memberikan aroma wangi pada dawet. Untuk menyempurnakan penyajian dawet ini dilengkapi dengan guyuran santan kelapa dan gula aren sebagai pemanis, dan ditambah sedikit es untuk  memberikan citarsa segar pada minuman ini.

Uraian seputar kuliner Khas Banyumas di atas mungkin masih sedikit dari Kuliner khas Banyumas yang sebenarnya, namun semoga bisa menjadi wawasan untuk menjadi daftar kuliner wajib yang harus dinikmati saat bertandang ke Banyumas.


Ada banyak perayaan budaya yang kerap juga diadakan di Kabupaten Banyumas ini sepanjang tahun, dimana semua perayaan ini dilakukan demi untuk terus melestarikan kekayaan budaya Banyumas dari masa ke masa supaya tetap hidup dan dikenal oleh anak-anak di jaman sekarang ini.

Adapun jenis perayaan yang selalu menghiasi sepanjang tahun di Banyumas adalah sebagai berikut:
Peringatan hari Jadi Banyumas 22 Feb 2016 - Doc. Humas Pemkab Banyumas

Festival Serayu Banyumas 2015 - Doc. Vishnu  Darmawan
  • Gelar Budaya Boyong Saka Guru Si Panji dari pendopo duplikat Banyumas diarak ke Purwokerto.
  • Kirab pusaka dari pendopo Wagub ke Pendopo Si Panji
  • Upacara Hari jadi Kabupaten Banyumas di alun-alun Purwokerto
  • Banyumas Nyamleng berupa festival Kesenian keunggulan kecamatan
  • Festival Rewanda Bujana
  • Jaro Rojab
  • Gelar Seni Mandala Ngibing
  • Atraksi Budaya Malem Likuran
  • Unggah-unggah adat Bonokeling
  • Festival Serayu berupa balapan perahu pasir dan Festival Perahu Hias
  • Festival Kenthongan berupa perlombaan kenthongan
  • Baris pitulasan
  • Banyumas Extravaganza
  • Pemilihan Kakang dan Mbekayu Duta Wisata Banyumas
  • Festival Takir
  • Festival Baturraden berupa jalan-jalan asyik, Baturajazz, Festival Tenong, Ruwat dan pagelaran wayang kulit.
  • Festival Karawitan Umum
  • Penjamasan Jimat Kalisalak
  • Penjamasan Jimat Kalibening
  • Pentas Akhir tahun
Sungguh begitu banyak perayaan dan event seru sepanjang tahun di Banyumas, dan sepertinya akan sangat seru jika kita bisa melihat langsung tentang bagaimana keseruan setiap event tersebut untuk memperkaya pengalaman dan pengetahuan kita supaya bisa semakin bangga dan mencintai keragaman di negeri ini.


Indonesia sangat kaya akan batik, hampir semua kota mempunyai batik dengan motif yang berbeda-beda, begitu juga dengan kota Banyumas. Meskipun tidak setenar Solo, Yogyakarta dan Pekalongan namun batik Banyumas tak kalah indah dari kota lain.
Batik-Batik Cantik dari Banyumas - Doc. kerajinan.id
Motif batik Banyumas pada awalnya didominasi dengan warna – warna dasar kecoklatan dan hitam, motif tersebut dinamakan motif Jonasan. Namun kini motif batik Banyumas terus bermetamorfisis dengan melahirkan motif–motif batik Banyumas yang kian cantik, seperti motif Sidoluhung, Lumbon, Babon Angrem, Kanthil, Cempaka Mulya, Madu Bronto, Sekarsurya, Jahe Puger, Pring Sedapur, Satria Busana dan lain sebagainya, semuan batik ini menampilkan warna dan motif yang semakin beragam dan cantik. Dan di Jl. Mruyang - Banyumas katanya kita bisa melihat bagaimana proses pembuatan ataupun membeli batik Banyumas ini.  

Dan yang tak kalah menarik dari batik Banyumas yaitu mempunyai keunikan berupa kedua sisi muka dan belakang batiknya mempunyai kualitas yang hampir sama. Hal ini konon merupakan cerminan dari masyarakat Banyumas yang memiliki watak cablaka, yaitu berarti jujur dan apa adanya tentang kesejatian. Apa yang dikatakan di depan tidak berbeda dengan yang di belakang.


Dengan melihat pemaparan di atas, sungguh begitu banyak potensi yang dimiliki oleh kota Banyumas yang layak untuk dinikmati saat kita bertandang ke sana. Dan untuk menunjang itu semua, Pemerintah Kota Banyumas pun menyediakan sarana penunjang pariwisata seperti hotel berbintang, Villa, Restaurant, Karaoke, Diskotique, cafe, pusat perbelanjaan modern, pusat oleh-oleh Banyumas, Terminal Bus, Stasiun Kereta Api, Angkutan Kota, Taxi dan taman-taman kota yang representatif. Makanya saya tidak heran jika kota Banyumas ini sangat pantas untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi kota wisata, karena begitu banyak keistimewaan yang disuguhkan oleh Banyumas.

Maka sudah selayaknya kita memasukan Kota Banyumas sebagai salah satu kota yang wajib dikunjungi dengan melihat segala potensinya yang begitu luar biasa tersebut. Jujur saya pribadi begitu tergiur untuk bisa bertandang ke Banyumas agar bisa melihat serta merasakan secara langsung segala keistimewaa yang terhampar di bumi Banyumas.

Dan kini Banyumas resmi saya masukan dalam list tempat piknik yang layak untuk saya kunjungi, semoga dalam waktu dekat ini saya bisa langsung menikmati semua keindahan kota Banyumas itu agar semua rasa penasaran ini terbayar tuntas. Aamiin :)


Referensi:


54 komentar:

  1. Wah...jadi tersadar banyak banget lokasi wisata disana ya mas awan.. jaraknya padahal hanya beberapa jam dari jakarta lewat brexit..jdi pengen kesana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Kornelius, potensi Banyumas ternyata banyak bangat, saya juga baru tahu saat menulis ini :)

      iya benar Mas lewat brexit bisa lebih dekat Mas, saya juga mupeng ke sana :D

      Hapus
  2. Tertarik banget untuk halan-halan ke Banyumas. Sudah beberapa kali ke Purwokerto tp ngga nggeh klo Purwokerto bagian dari Banyumas. Selama ini, tahunya hanya Batu Raden saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo maak diagendakan kita ke Banyumas, pasti seru nih, banyak wisata kerennya di sana :)

      Hapus
  3. Banyumas keren sebenarnya..
    dan nggak jauh pula dari Jakarta..
    banak potensi yang bisa dilihat di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju bangat Mba Monda, potensi alam Banyumas banyak bangat, tempatnya dari Jakarta juga tidak terlalu jauh, saya pengeb bangat ke sana, semoga dalam waktu dekat bisa terealisasi. Aamiin 😊

      Hapus
  4. Banyak curugnya ternyata ya. Dan yang saya tau Batu Raden dan Telaga Sunyi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Uni Dewi, banyak curugnya di Banyumas makanya disebut juga negeri seribu curug.

      saya juga tahunya Baturraden saja malah sebelumnya, ternyata banyak bangat potensi wisata lainnya *kudet :D

      Hapus
  5. soto sokarajanya itu tak terlupakan, pertama kali makan di sekitar banyumas, enak banget dan jadi ketagihan apalagi ditambah mendoan, maknyussss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duuh Mba Evrina, saya jadi penasaran pengen cobain juga soto sokorajanya sama mendoannya kayanya enaak bangat ya *ngiler hahaha

      Hapus
  6. Keren bangat ya Bang Banyumas ini, itu air terjunnya bangus-bangus bangat, semoga saya bisa ke situ juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dek, aku juga penasaran pengen ke Banyumas juga, semoga kita bisa sama-sama ke sana ya. Aamiin :)

      Hapus
  7. Aku menganggap tulisan ini adalah laporan penelitian tentang Pariwisata Banyumas. Orang2 g perlu buka banyak situs, semyanya ada di sini. Ahahaha....

    Btw ajakin ke sana donggggggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe semoga tulisan ini bermanfaat seperti itu Kang Uwan, bermanfaat bagi yang ingin jalan-jalan ke Banyumas 😊

      Hayoo yoook kita jalan-jalan ke Banyumas Kang Uwan, agendakan :D

      Hapus
  8. Amazing banget baru nyadar betapa kayanya ragambudaya lokal terutama daerah Banyumas.Belum lagi obyek wisatanya yg masih original.Dan yg bikin tak bisa melepas rindu yaitu kuliner es dawet nyata.Duuuh kangen jalan2 kesana. sukses untuk kontes nya ya masbro πŸ˜‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Putri, potensi pariwisata Banyumas ternyata keren bangat, sungguh patut diapresiasi dan didukung semoga bisa menjadi kota wisata tujuan nasional dan internasional. Aamiin :)

      Sama Mba, itu es dawet ayunya asli bikin saya juga mupeng hehehe

      Hapus
  9. waah itu banyumas sangat indah,sangat tertarik ingin berkunjung kesana menyususi setiap keindahannya..
    indonesia memang banyak keindahan/keanekaragaman yang belum banyak diketahui banyak orang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dek, banyak potensi wisata Banyumas ini yang belum banyak diketahui oleh orang lain, padahal bagus-bagus bangat.

      Hayooo kita jalan-jalan ke Banyumas Dek :)

      Hapus
  10. Wahh karena postingan ini aku jd tertarik ke Banyumas wan, menarik banget ya buat dikunjungi dan aku suka sama semua curugnya wan:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Riri, Banyumas ternyata keren bangat tempat wisatanya, aku juga suka bangat sama curug-curugnya itu, eksotis bangat :)

      Hayoo pada liburan ke Banyumas Yook :)

      Hapus
  11. Belum pernah ke Banyumas... baca tulisan ini jadi pengen menjelajahi objek wisata dsana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Bray aku juga belum pernah ke sana, Hayoo Bray kita sama-sama ke Banyumas untuk menelusuri pesona wisata Banyumas :)

      Hapus
  12. Ahh mau gethuk gorengnya lah, itu cemilan paporitku. Ada bulek ku tinggal di sana Awan,pernah ke baturaden doank.
    Ternyata emang bener ya banyak banget tempat wisata yg kece2, plus kulinernya. Sungguh mempesona Banyumas ini. Hayu atuh kapan2 kopdar bareng ke sanaaa. Sukses ya Awaan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teteh, Getuk Gorengnya enak bangat, dulu teman saya yang orang Banyumas suka bawain. Ayo Teh kita jalan-jalan ke Banyumas yook, kayanya seru tuh Blogger adain acara ke Banyumas Teh :)

      Hapus
  13. Waaaaaa kapan ya bisa ke Banyumas. Boleh banget nih Mas Imawan kita agendakan ke Banyumas hehe
    Kece2 loh tempatnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kayanya seru ya Bowo kalo kita rame-rame jalan-jalan ke Banyumas menikmati tempat wisatanya yang indah-indah itu, kayanya akan asyik bangat hehehhe

      Hapus
  14. Banyak kali tempat wisata dan kulinernya ternyata ya, Dek. Baru tahu awak. Pengin ke masjid dan museum wayangnya. Kapan-kapanlah kalok ada rezeki main-main ke sini. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Haya, ternyata Banyumas punya potensi wisata yang indah-indah bangat. Semoga kita semua pada secepatnya bisa ke sana ya Mba Haya. Aamiin :)

      Hapus
  15. Yuk empat serangkai ke baturraden wanita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo Mba Lidya, diagendakan Empat Serangkai ke sana, pasti seru tuh hehehehe

      Hapus
  16. Wah, ternyata Banyumas biangnya curug-curug indah ya.
    Luar biasa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar Mba Rosanna, Banyumas punya banyak curug-curug indah, makanya Banyumas dikenal juga dengan sebutan Kota Seribu Curug :)

      Hapus
  17. Wah, Awan aku belum pernah main ke Banyumas nih,
    Ternyata banyak tempat wisata yang asyik dan seru disono yah!
    Harus segera diagendakan ini mah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo Mba Erry cepat masukkan ke agenda untuk jalan-jalan ke Banyumas, banyak tempat wisata asyik di sana, saya juga pengen cepat-cepat ke sana :)

      Hapus
  18. Dan ternyata di Banyumas banyak curugnya juga yah Wan :)
    Pasti Kayla & Fathir bakalan seneng deh kalo diajakin main kesono,
    Secara mereka pada suka main air hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyumas terkenal juga dengan kota seribu satu curug Mba Erry, karena di sana banyak curug-curug cantik nan mempesona :)

      iya pasti Kayla dan Fathir akan betah main di curug Mba Erry, nanti biar main sama saya aja mereka, Mba Erry sama Abah cobain wisata kulinernya hehehe

      Hapus
  19. Dan kenapa sih makanan ala Banyumas pada menggiurkan dan bikin ngiler gitu sih wan!
    Padahal di rumah cuma ada telor ceplok doang *pedih*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu artinya Mba Erry harus jalan-jalan ke Banyumas untuk cobain aneka kuliner enaknya Banyumas hehehe

      Hapus
  20. Semoga dengan reportase ini, bisa mengundang banyak wisatawan domestik dan mancanegara datang berkunjung sesuai harapan dinas pariwisata setempat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...

      Iya Bang Nur, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi sedikit referensi bagi wusatawan yang ingin berkunjung ke Banyumas. Aamiin :)

      Hapus
  21. Objek wisata Baturraden keren sekali ya. Jadi pengen kesana deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Baturraden sangat keren Mba Dame tapi sudah mainstream, cobain wisata lainnya juga banyak yang keren-keren :)

      Hapus
  22. lengkap tentang Banyumasnya...belum pernah ke sana jadi pengen segera ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoo Mba Sari main ke Banyumas, kali aja sekalian dapat Pangeran Banyumas hehehe

      Hapus
  23. Selama ini baru sekedar mendengar nama Banyumas, abis baca ini jadi pengin ke Banyumas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bukan Mas Agung saja, Banyak juga yang belum tahu tentang Potensi Wisata Banyumas, makanya hayo kita jalan-jalan ke sana Mas :)

      Hapus
  24. Wahhh keren juga ternyata banyumas,, pengen rasanya dimasa muda ini kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo Anjar kita main ke Banyumas mumpung kita masih muda hahaha

      Hapus
  25. Ayo kita ke sana. Aku pernah makan gethuknya yg rasa nangka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoook Wid, kita jalan-jalan ke sana, aku juga pengen makan gethuknya lagi *kangen heheheh

      Hapus
  26. Nah, tinggal milih deh Banyumas yang pertama mana dulu yang akan dituju wkwkwk soalnya semuanya kece dan bisa jadi foto OOTDan kan hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha betul Mba Febri, mau kemana saja semuanya kece nih Banyumas, siap-siap memori kamera yang banyak supaya puas foto-foto di sana hehehehe

      Hapus
  27. waah jadi mau ke banyumas, apalagi kulinernya...enak enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Hanni, hayoo ke Banyumas yook, menikmati alam juga kulinernya kayanya seru deh :)

      Hapus