Mengupas Kiat Sukses Membeli Mobil Bekas Bersama Mobil123



Kemarin hari Jumat, 31 Maret 2017 saya menghadiri acara yang diselengarakan oleh Mobil123 di The Hook  yang terletak di Jalan Cikatomas II No. 35 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Acara yang mengangkat tema “Mobil Bekas, Solusi Kebutuhan Anda” ini mengupas tentang bagaimana memilih mobil bekas untuk memenuhi kebutuhan berkendara kita. Tema ini sengaja diangkat oleh Mobil123 Portal Otomotif No 1 karena pasar mobil bekas di Indonesia tidak akan pernah berhenti diminati oleh masyarakat, dan berharap dengan membahas tema ini, para pembeli mobil bekas bisa mengetahui triknya supaya tidak terkecoh oleh pedagang mobil bekas yang nakal, dan berharap agar masyarakat lebih cerdas ketika akan membeli mobil bekas nantinya.

Tampak hadir narasumber di acara ini yaitu, Bapak Halomoan Ficher Lumbantoruan selaku Chief Operational Officer dari Mobil88 dan juga Bapak Hendrik Wiradjaja selaku Deputy Marketing Manager dari PT. Hyundai Mobil Indonesia dan dipandu oleh Bapak Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123.com sebagai moderator di acara ini.
Para Narasumber: Bpk. Hendrik (Kiri), Bpk. Halomoan (Tengah), Bpk. Indra (Kanan)
Tak bisa dipungkiri, saat ini mobil menjadi kendaraan yang penting dan dibutuhkan untuk mobilitas keseharian, baik untuk berwirausaha ataupun untuk urusan sekeluarga. Untuk itu tidak heran jika mobil menjadi primadona banyak orang untuk memilikinya. Tingkat kenyamanan yang tinggi dibanding dengan kendaraan umum sepertinya menjadi alasan lain mengapa sekarang banyak orang berlomba-lomba mempunyai kendaraan beroda empat ini.

Tak sedikit orang yang berangan-angan ingin mempunyai mobil baru, namun harganya pasti akan sangat mahal dan tidak semua orang mampu melakukannya. Untuk itu, solusinya mungkin bisa dengan membeli mobil bekas, karena tak selamanya mobil bekas itu jelek, asalkan kita pintar memilihnya maka kita pun bisa mendapatkan mobil bekas namun dengan kualitas yang bagus.

Membeli mobil bekas ternyata menawarkan tiga keuntungan yang bisa jadi pertimbangkan kita supaya kian mantap saat membeli mobil bekas, yaitu:
1.   Harga lebih murah
Tidak bisa kita pungkiri, keuntungan mengambil kredit mobil bekas adalah karena mendapatkan harga dan angsuran yang lebih murah dibandingkan dengan membeli mobil baru. Dimana nilai sebuah mobil akan turun dari waktu ke waktu sehingga akan membuat cicilan mobil bekas akan lebih murah dari pada kredit mobil baru.
2.   Kendaraan bisa segera digunakan
Dan katanya, saat proses pengajuan dan administrasi untuk kredit mobil bekas ini umumnya memang akan berjalan lebih cepat dan mudah dibanding proses pengajuan kredit mobil baru, sehingga kita bisa segera membawa pulang dan menggunakan mobil tersebut tanpa menunggu lama.
3.   Tingkat depresiasi lebih rendah
Biasanya harga mobil bekas di tahun pertamanya saja sudah menurun, kemudian pada tahun berikutnya tingkat depresiasinya semakin lebih rendah sehingga hal ini menjadi motivasi bagi konsumen untuk membeli mobil bekas, maka semakin lama mobil tersebut dijual, maka harganya juga semakin rendah.

Selain melihat keuntungan yang ditawarkan saat membeli mobil bekas di atas, itu bukan berarti bebas bukan tanpa resiko, ada beberapa resiko yang mungkin akan kita tanggung jika membeli mobil bekas, yaitu: Mobil tersebut bisa saja disita oleh polisi, menimbulkan kerugian material, ancaman keselamatan, Tidak bisa BBN (balik nama) dan yang paling fatal bisa juga diancam pidana 6 tahun.

Rentetan resiko tersebut bisa saja terjadi kepada kita jika ternyata kita membeli mobil bekas yang ternyata adalah mobil yang bermasalah, misalnya mobil hasil curian, dokumennya tidak lengkap, tidak ada kesesuaian antara kondisi fisik dan dokumen, kendaraan pernah melakukan tabrakan, kendaraan bekas banjir dan sederet permasalahan lainnya.

Untuk itu, ketika akan membeli mobil bekas kita dituntut untuk sangat berhati-hati. Ketelitian sebelum membeli menjadi hal wajib yang kita lakukan. Hal ini tentu saja untuk menghindarkan kita dari kerugian. Untuk itu, ada beberapa kiat bagaimana cara membeli mobil bekas dengan aman, antara lain sebagai berikut:
1.   Perhatikan tempat membeli mobil tersebut
Saat ini memang banyak tempat yang membuka penjualan mobil bekas dengan segala penawarannya. Kita bisa membelinya langsung dari orang yang memang sedang ingin menjualnya secara langsung atau bisa juga ke showroom mobil yang memang sudah terkenal dan mempunyai reputasi baik.

2.   Perhatikan Performa mesin mobil
Pengecekan bagian mesin mobil menjadi sangat penting dan tidak boleh terlewatkan. Biasanya mobil yang masih bagus suara mesinnya terdengar halus dan tidak kasar, mudah distater, mengoper giginya juga lancar, dan untuk lebih baiknya dilakukan test drive supaya semakin yakin bagaimana performa mobil tersebut.

3.   Perhatikan Eksterior Mobil
Penampilan eksterior mobil bekas harus diperhatikan dan dicek dengan sangat teliti sebelum memutuskan untuk dibeli. Perhatikan apakah ada goresan atau rusak pada bodi mobil tersebut, bagaimana kondisi cat-nya, apakah masih mulus atau sudah kasar. Perhatikan pula bagian kaca, apakah ada bagian yang retak atau pecah. Perhatikan pula bagian lampu, apakah ada yang pecah dan bisa menyala dengan baik, atau malah cahaya lampu tersebut  sudah tidak terang lagi atau bahkan malah sudah tidak menyala lagi. Perhatikan juga keadaan keempat bannya, apakah masih oke atau sudah aus. Dan tidak lupa untuk mengeek bagian kolong untuk melihat apakah ada yang karatan dan keropos.

4.   Perhatikan Interior Mobil
Setelah mengecek bagian eksterior, maka selanjutnya dilakukan pengecekan dengan bagian interiornya. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, misalnya pada bagian dashboard,  AC, karpet, kualitas jok dan juga langit-langitnya. Begitu juga bagian kaca, kita harus mencoba untuk menaik-turunkan kaca mobil tersebut, cek pula tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil. Bahkan kita juga harus mengecek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Dan kita harus pastikan radio atau fasilitas audio lainnya juga masih berfungsi dengan baik.

5.   Perhatikan kelengkapan surat-suratnya
Jangan lengah untuk memperhatikan kelengkapan surat-surat kendaraan yang kita akan beli. Kita harus memastikan BPKB dan STNKnya asli, apakah nama yang tertera di surat-surat tersebut sama dengan nama asli pemiliknya. Dengan adanya BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka kita nantinya akan dimudahkan untuk mengurus balik nama dan administrasi lainnya.

6.   Usahakan cek fisik di Samsat
Dan jika kita masih ragu juga dengan mobil tersebut, taka da salahnya kita meminta izin kepada pemilik mobil untuk melakukan cek fisik di kantor samsat. Dengan melakukan pengecekan fisik ini kita akan bisa memastikan data dan informasi yang tertera di dokumen BPKB dan STNK sesuai dengan yang sebenarnya di mobil tersebut atau tidak.

Kedua pembiacara tersebut juga menekankan bahwa mereka tak pernah menjual mobil bekas banjir, mobil yang pernah kecelakaan yang mengakibatkan struktur mobil cacat, dan bekas tindak kejahatan, kepada konsumen. 

Dan seperti yang diungkapkan oleh Bapak Hendrik sesuai visi dari Hyundai, bahwa akan selalu memberikan kepercayaan dan rasa aman pada pelanggan akan resale value used car Hyundai. Untuk itu, Hyundai melalui layanan Autosafe akan memberikan penawaran garansi tiga tahun buy back tanpa batasan waktu, sebagai keunggulan dari membeli mobil bekas dari Hyundai. Dimana dengan pelayanan tersebut, konsumen Hyundai tidak perlu merasa ragu, sebab HMI selalu menjaga kualitas setiap mobil bekas yang dijual ke pasaran.

Bahkan Bapak Halomoan dari mobil88 menuturkan dengan sederet penglamannya selama ini menjual mobil bekas, maka tahun ini Beliau percaya bahwa mobil88 bisa lebih meningkatkan penjualannya di tahun ini dibandingkan di tahun yang lalu. Dan Bapak Halomoan juga menuturkan bahwa, permintaan mobil bekas ini sangat laris diburu masyarakat saat menjelang lebaran, karena bisa langsung digunakan untuk mudik ke kampung halaman. 

Oh iya, di acara ini, tampak hadir juga, Mr. Hamish Stone CEO iCarAsia dan Mr. Joe Dische CFO iCarAsia. Kedua petinggi iCarAsia ini adalah holding Mobil123.com yang selalu mendukung penuh acara yang bermanfaat bagi masyarakat luas seperti ini. 
Kedua petinggi iCarAsia foto bareng kedua narasumber - Doc. Pribadi
Dan acarapun berakhir dengan pembagian doorprize dan foto bersama. Sungguh acara bersama Mobil123 yang dikoordinir oleh Kumunitas ISB ini sungguh memberikan banyak ilmu bagi saya seputar tentang bagaimana tips membeli mobil bekas untuk mobilitas keseharian.  Terima kasih dan sampai jumpa di acara seru lainnya. :)

58 comments:

  1. penting tuk cek riwayat mobil kalau beli #mobilbekas.... kalau bekas hmmm.....pan hororrrr :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, benar itu, harus cek riwayat mobilnya supaya tahu seluk beluknya sebelum membeli.

      Delete
  2. Mobil bekas tak masalah, asal kita jeli dan paham bagaimana memilih dan memilah.

    ReplyDelete
  3. Wah ini dia. Lengkap tips triknya. Trims!

    ReplyDelete
  4. Bener banget. Aku waktu itu cek fisik juga di Samsat, mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo bisa memang harus cek fisik ke Samsat Mba Alida supaya semakin yakin :)

      Delete
  5. Walaupun mobil bekas harganya lebih murah dari mobil baru, tetep aja yah puluhan juta. Daripada nanggung risiko yang ditimbulkan setelah membelinya, mending beli di tempat yang terpercaya yah mas Awan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Dede, mendingan beli di tempat yang sudah terpercaya dan berpengalaman, jadi insyaAllah aman deh :)

      Delete
  6. Banyak mobil curian, banyak mobil yg pernah kebanjiran, banyak mobil yang pernah tabrakan sampai kena strukturnya. Waspadalah dan minta nasihat lembaga yang kompeten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mas, itu harus konsul dengan lembaga atau pihak terpercaya supaya tidak kena tipu.

      Delete
  7. Masih rada2 mikir mau nyari mobil bekas soalnya suami ga tahu mesin. Takut salah neli. Eh tapi bener sih tipsnya mas, kalo beli di tempat terpercaya bisa lebih tenang kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ira, untuk kita yang kurang paham sebaiknya beli di tempat yang terpercaya saja kayanya lebih aman :)

      Delete
  8. Mobil bekas berkualitas, bisa kita dapatkan asal tahu caranya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bangta Mba, kita harus jeli supaya tidak tertipu.

      Delete
  9. Wah sekarang saya jadi tau, kalau mau beli mobil bekas di mobil123.com aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bangat Mas Amir dicek di sana dulu :)

      Delete
  10. Pilah pilih dengan cermat. beli mobil bekas di tempat yang kredibel juga akan aman dan nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba beli dityempat yang kredibel jauh lebih aman dibandigkan beli ditempat yang belum ada track recordnya.

      Delete
  11. yes, bener banget ya mas Awan, kalo beli mobil bekas salah satu alasannya adalah karena langsung bisa segera digunakan. Dikit lagi lebaran, transaksi mobil bekas bakalan naik nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Zata, siap-siap nih lebaran, mobil bekas pasti laris manis ya :)

      Delete
  12. Bener tuh, beli mobil bekas lebih gampang kalau mau beli cash, mobil langsung dibawa pulang, enggak tunggu besok-besok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Wid, kayanya besok lebaran akan laris nih mobil bekas karena bisa langsung dibawa pulang kampung :)

      Delete
  13. yang pada ngerti mesin mobil mah mau baru atau bekas gak masalah yah...wong ngerti mesinnya, jadi gak bisa diboongin penjual. lah aku cuma tau duduk doang nyampe udah gitu aja :D ahahahh tapi ini tipsnya oke juga buat aku si cupu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo begitu ajak teman atau saudara yang ngerti soal Mobil kalo beli mobil bekas, tdan pastiin beli ditempat yang terpercaya :)

      Delete
  14. jadi inget biasa klo habis banjir bekas, banyak mobil2 dijual trus harga murah. mesti dicek dan recheck lagi biar ga ketipu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mba Hanni, harus cek and ricek bangat, jangan sampai ditipu penjual nakal :)

      Delete
  15. Kalo mau beli bekas coba di mobil 88 TB Simatupang, mas Imawan hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Mba Nurul, nanti rekomendasinya saya pertimbangkan heheheh

      Delete
  16. aku udah komen gak sihhh? kayaknya blm ya... hmmm kalo kek gini caranya beli yang bekas juga boleh tuh,,,, soalnya hape pertamaku yang aku beli pake uangku tuh juga bekas sih... dan masih bagus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah iya Kak Beli yg bekas juga tidak masalah, tapi harus selektif ya, jangan sampai tertipu :)

      Delete
  17. Aduh ngeri amat diancam pidana 6 tahun, mesti ati2 nih kl beli mobkas ya kaak :-/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak Timo, makanya mendingan beli di tempat yang sudah terpercaya supaya aman heheheh

      Delete
  18. ini harus lihat-lihat juga mobil bekasnya seperti apa ya awan, jangan sampai bodynya aja yang bagus, harus ngajak yang negrtu juga buat referensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Evrina, harus cek detail semuanya, jangan hanya terkecoh sama penampilan bodynya saja. cek semuanya hingga ke dalam-dalamnya juga supaya yakin ga salah pilih :)

      Delete
  19. Harus hati2 ya Kak kalo mau beli mobil bekas. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Andini, setuju itu kudu hati-hati supaya tidak tertipu :)

      Delete
  20. nomor 5 itu penting banget ya mas, sebab surat-surat kendaraan harus diperhatikan dengan teliti biar ke depannya ga bermasalah
    *jadi inget pengalaman rekan kerja yang dipermainkan penjual...

    tipsnya lengkap mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mas Huda, jangan sampai surat-suratnya bodong, bisa berabe nanti urusannya.

      Delete
  21. Jadi beli mobkas gak masalah selama kita teliti ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Bunda, kita harus teliti bangat supaya ga ketipu :)

      Delete
  22. Nah iya tuh penting utk cek & ricek, beli baru jg hrs teliti apalagi yg bekas ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh benar bangat, beli yang bekas penting bangat untuk cek n ricek supaya ga salah pilih :)

      Delete
  23. Beli mobil bekas ga takut lagi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh yang penting kita cerdas memilihnya saja :)

      Delete
  24. Sekarang beli mobil bekas nggak khawatir lagi karena sudah tau tips nya dan tau tempat yang tepat ya wan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar bangat itu Mba Tuty, beli ditempat ternama plus tahu tipsnya begini insyaAllah aman ya Mba hehehe

      Delete
  25. info yg penting buat beli mobil bekas 🙏🏻
    selisih hrg emg jauh drpd beli baru. yg paling penting kudu tau mobil bekas itu bener2 bagus kondisinya tdk bekas banjirnor tabrakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mba harganya jauh lebih murah yang mobil bekas ini, makanya kita beli ditempat yang terpercaya Mba supaya tidak salah pilih :)

      Delete
  26. Mobil bekas selalu jadi pilihan bagi yang butuh kendaraan, namun minim dana ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya apalagi menjelang lebaran pasti banyak yang butuh mobil untuk mudik Un :)

      Delete
  27. Yang ngeri itu kalo tiba-tiba dicokok KPK gegara beli mobkas nggak tau asal dan juntrungannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ratna, seram juga ya itu. Makanya beli ditempat yang sudah terpercaya saja supaya lebih aman ya :)

      Delete
  28. Replies
    1. Nanti saya beliin Mba Melly, tunggu saya punya banyak uang ya hehehr

      Delete
  29. Terima kasih tipsnya, mas. Kebetulan saya lagi mau hunting mobil bekas nih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :)
      Semoga mebdapatkan mobil impian yang bagus ya. Aamiin :)

      Delete