Blogger ada karena ada Internet



Saya sangat senang menulis, pada awalnya saya senang sekali menulis puisi di kertas. Bahkan dulu saat kuliah, tak jarang di tengah dosen mengajar, saya bisa asyik sendiri menulis puisi jika apa yang dosen ajarkan tidak menarik menurut saya, tapi mungkin dosen kira saya lagi rajin mencatat apa yang diajarkannya kali ya, padahal nggak. Hahahah

Jadi karena kesukaan menulis puisi ini, jadi di dinding kamar saya banyak sekali saya tempelin puisi, dan tak jarang teman-teman saya yang senang ngeband memintanya untuk dijadikan lirik lagu, dan saya sih membebaskannya saja mereka untuk mengambilnya.

Biasanya puisi yang saya tulis itu tidak jauh dari hasil curhatan teman saya juga sih, tentang dunia anak muda dengan segala macam kisah percintaannya. Mulai dari yang kisah pacaran jarak jauh, yang punya kisah cinta diam-diam, yang rindu pada pacar, yang pilih putus dari pada diduakan, yang mengagumi pacar temannya sendiri, yang naksir asisten dosen, dan sederet masalah hati lainnya, pokoknya macam-macam deh kisah teman-teman saya yang melatar belakangan saya menulis puisi. Iya dong, ada juga kisah pribadi saya, tapi *upsss jangan dibahas, toh sudah jadi masa lalu. :D 

Tapi dulu itu saya hanya menulis dan menempelnya di dinding kamar kos, atau di tenggah-tengah buku catatan kuliah saya. benar-benar saya sembarangan bangat menyimpan puisi-puisi itu dan tak jarang hilang karena tercecer kemana-mana.

Hingga akhirnya lulus kuliah, puisi-puisi itu sudah sangat banyak, tapi saya lupa pada akhirnya puisi-puisi itu saya simpan dimana, mungkin sudah terbuang atau juga terselip di kardus yang saya kirim pulang ke kampung bersama buku-buku dan baju-baju bekas saya. Intinya puisi-puisi itu sudah hilang. Sedih bangat padahal banyak kisah dan kenangan di sana.


Dari coretan di buka tulis akhirnya pindah ke Blog
Bermula dari senang menulis puisi itulah, maka saya pun setelah bekerja tetap menggemari menulis puisi, tapi saya pindah ke media online tepatnya di Blog.  Awalnya saya kenal dunia blog secara tidak sengaja, karena senang baca berita di detik.com dan senang bangat baca tulisan para blogger di sana, makanya karena penasaran pengen menulis seperti mereka itu, saya pun akhirnya belajar otodidak membuat blog.

Jujur di awal ngeblog saya tidak terlalu mengerti tujuan dari ngeblog, yang saya tahu saat itu bisa menulis dan menumpahkan apa yang saya rasakan saja. Saya tak pernah terpikir jika blog akan se-Hits seperti sekarang ini. 

Dulu di awal saya ngeblog tahun 2009, supaya bisa menulis blog biasanya saya harus pergi ke warnet dulu, karena saat itu saya belum mempunyai notebook buat menulis dan juga harga paket internet saat itu belum semurah saat ini, makanya warnet menjadi pilihan paling tepat di waktu itu.

Blogger butuh internet yang kencang
Sungguh terasa bagaimana pengaruh internet dalam urusana saya ngeblog, keberadaan internet jugalah yang akhirnya tetap merawat semangat menulis dalam diri saya tetap membara hingga saat ini. Dan asyiknya sekarang, kehadiran internet pun semakin mudah didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. 

Saya tidak bisa bayangkan, apakah saya masih bisa bertahan sejauh ini jika harga paket internet tetap mahal seperti dulu. Sekarang kegiatan ngeblog sudah makin sangat praktis, bisa dilakukan dimana saja,  bahkan hanya bermodal sebuah smartphone dengan dukungan internet yang kencang kita sudah bisa menulis dan update blog dimana saja dan kapan saja.

Dan tak bisa dipungkiri, keberadaan blogger masih ada hingga saat ini karena pengaruh internet yang kian mudah didapatkan. Peran internet sangat berpengaruh besar akan keberadan blogger hingga saat ini. Bahkan jika dilihat, semakin hari semakin banyak saja blogger, hal ini bisa dilihat dari munculnya berbagai komunitas blogger yang menjamur di media sosial saat ini.

Selain kegiatan menulis di Blog, keberadaan Blogger saat ini pun sudah menjadi satu kesatun dengan keberadaan sosial media yang ada, makanya selain dituntut untuk bisa memaksimalkan blognya, seorang Blogger juga diminta untuk bijak mengolah sosial media yang dimilikinya.

Blog dan sosial media itu ibarat sepasang kekasih yang harus selalu jalan berbarengan saat ini, hal ini perlu dilakukan karena kini banyak undangan event untuk blogger dari berbagai pihak yang selalu menuntut blogger bukan saja hanya menulis di blognya tapi juga menggunakan sosial media yang dimilikinya untuk untuk menceritakan keseruan acara atau event tersebut.
Makanya ketika datang kesuatu event, sudah menjadi hukum wajib, Blogger dituntut untuk melakukan live tweet, live instagram atau juga live di facebook untuk menceritakan keseruan acara yang tengah diikutinya. 

Untuk bisa sukses aktif di Blog dan juga berbagai sosial media saat event berlangsung maka tidak bisa dipungkiri diperlukan dukungan internet yang kencang supaya segala aktifitas bisa berjalan lancar. Untuk itu, pemilihan provider yang tepat tentu menjadi pertimbangan penting bagi seorang Blogger.

Saya punya sedikit tips untuk memilih provider yang tepat untuk mensuport kegiatan ngeblog dan juga kegiatan sosmed saya yaitu:
  • Harganya paketnya terjangkau
  • Memiliki cakupan sinyal yang luas
  • Sudah berteknologi 4G
  • Sinyalnya selalu kencang dan stabil (tidak naik tutun) meski hujan
  • Menawarkan benefit atau bonus yang banyak.
Makanya dari itu, saya pribadi saat ini menggunakan Provider XL dan memilih menggunakan paket Combo Xtra 12GB dengan harganya sangat terjangkau cuma Rp. 59rb untuk sebulan, jadi aman buat kantong saya, namun kualitas internetnya tetap kencang dan stabil. Bahkan dari paket tersebut saya bisa menikmati juga aktifitas ngeyoutube tanpa kuota sepuasnya dari jam 01 – 06 Pagi, serta mendapatkan gratis telephone ke semua operator selama 24 jam selama 30 menit. Asyik bangat kan? :)

Sudah tidak saatnya mengeluh malas ngeblog karena harga paket internet yang mahal dan sinyalnya yang jelek, karena semua pilihan ada di tangan kita. Percayalah, ngeblog itu asyik bangat, karena menawarkan banyak hal menarik yang terkadang tak pernah kamu duga-duga.

Dan ingatlah, kegiatan ngeblog itu menulis, dan menulis itu salah cara kita menjadi bermanfaat bagi sesama di dunia bahkan bisa menjadi amal jariah hingga kita meninggal nanti, selama apa yang kita tulis itu bermanfaat bagi banyak orang. Makanya mari kita menulis, terus menulis dan berbagi kebaikan dan motivasi bagi sesama untuk terus menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Salam Semangat Ngeblog :)

  

13 komentar:

  1. Iya benar bangat tu Bang, internet penting bangat supaya bisa tetap ngeblog. Setuju Bang, pilih provider yang murah dan sinyal kencang itu penting, jadi pengen beralih nih saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong dek, harus bijak pilih provider supaya ngeblog tetap asyik tanpa harus menguras kantong heheheh

      Hapus
  2. Blogger = internet, nggak bisa dipisahkan mas Awan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Bai, ga kebayang kalo ga da internet maka kita juga ga saling kenal ya heheheh

      Hapus
  3. Balasan
    1. Benar Mba Uli, tak terpisahkan :)

      Hapus
  4. Nah ini yang patut ditiru soal kedisiplinan waktu harus lebih semangat berkarya apalagi ditunjang koneksi handal si biru yg stabil n kencang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Putri, setujuu, harus disiplin supaya bisa tetap melangkah maju dengan dukungan sinyal si Biru yang kencang :)

      Hapus
  5. Nah ini yang patut ditiru soal kedisiplinan waktu harus lebih semangat berkarya apalagi ditunjang koneksi handal si biru yg stabil n kencang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat untuk terus disiplin ya Mba heheheh

      Hapus
  6. klo gak ada internet gak jadi ngeblog, nulis di buku harian aja :D

    BalasHapus
  7. Nah sekarang kapan nih Bro nerbitin buku sepilihan puisinya?

    BalasHapus
  8. Salam Semangat Ngeblog Broo!

    BalasHapus