4 Tempat Wisata Pantai Terbaik di Gunung Kidul Jogja

Pantai merupakan destinasi wisata yang paling banyak diminati. Menikmati debur ombak dan birunya laut selalu dapat menenangkan jiwa, mengembalikan semangat dan melupakan semua masalah sejenak. 

Jika kita memilih destinasi wisata di Jogja, maka Jangan hanya terpaku pada pantai parang tritis, candi prambanan, kraton, ratu boko atau tempat mainstream lainya. Cobalah mengeksplore lebih jauh, Sebenarnya Jogja memiliki banyak destinasi wisata pantai yang indah. 

Berikut ini adapun beberapa destinasi pantai di Jogja yang wajib dikunjungi karena menawarkan pesona yang sangat indah, diantaranya sebagai berikut: 

·  Pantai Indrayanti
Pantai Indratanti - Doc. initempatwisata.com
Pantai Indrayanti atau pantai pulang sawal adalah salah satu pantai yang terletak di daerah Gunung Kidul Jogja. Tempat wisata ini sebenarnya tidak terlalu baru, sudah banyak penduduk sekitar bahkan wisatan yang telah berkunjung menikmat indahnya pantai Indrayanti. 

Tempat wisata jogja ini berlokasi di kecamatan Tapus. Pantai Indrayanti terkenal sebagai pantai yang bersih, airnya jernih dan pasirnya yang berwarna putih. Hal ini yang mengundang banyak wisatawan asing berkunjung ke pantai Indrayanti. Jadi jika teman-teman sedang berlibur di Jogja, maka wajib kunjungi pantai ini.


· Pantai Baron
Pantai Baron - Doc. Dwipipinm
Selain pantai Indrayanti, salah satu tempat wisata Jogja bernuansa pantai adalah Pantai Baron. Pantai ini berlokasi di Desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari. Pantai Baron dikenal sebagai pantai dengan banyak keunikan, menyediakan tempat pelelang ikan, wahanan bermain anak, dan perahu mesin yang disewakan untuk pengunjung. 

Menariknya lagi, salah satu tempat wisata Jogja ini juga sering dijadikan tempat ritual sedekah laut yang dilakukan setiap tanggal satu suro oleh nelayan sebagai bentuk rasa syukur akan melimpahnya hasil laut. 


·  Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang - Doc. sewamotordijogja.com
Jika kita sedang berada di daerah Gunung Kidul, kurang pas jika belum mengunjungi pantai Sepanjang. Pantai ini berlokasi di kecamatan Tanjungsari dekat dengan pantai Baron. Pantai Sepanjang dapat dikatakan masih baru dan belum banyak dijamah oleh wisatawan, sehingga kita akan menikmati pantai dengan lebih tenang. 

Jadi jika teman-teman sedang mencari tempat wisata Jogja yang jauh dari keramaian, maka Pantai Sepanjang ini bisa jadi alternatif yang pas untuk kita datangi. 


· Pantai Sadranan
Pantai Sadranan - Doc. dheni-yulistianto.blogspot.co.id
Lokasi Pantai Sadranan tidak terlalu jauh dari kota Jogja, hanya sekitar 2 jam untuk mencapai pantai eksotis ini. Pantai Sadranan merupakan pantai indah yang tersembunyi di Jogja, sehingga masih sepi, belum diketahui oleh banyak orang. 

Pantai Sadranan memiliki pasir putih dan air laut biru jernih. Pemandangan yang disuguhkan di pantai Sadranan juga dapat dibilang luar biasa cantik. Tempat wisata ini sangat pas dikunjungi beramai-ramai bersama orang terkasih, teman dan juga keluarga. Menariknya lagi, tiket masuk pantai juga murah. Hanya ongkos parkir saja. 

Jadi buat teman-teman yang ingin menikmati suasana pantai, semoga pantai-pantai di atas bisa dijadikan rekomendasi sebagai tempat berlibur yang menyenangkan untuk dihabiskan bersama teman, pacar dan keluarga. 

Selamat berlibur, salamat bersenang-senang :)

8 komentar:

  1. Tahun lalu mau main ke Pantai Indrayanti, tapi macetnya ampooon. Mudah-mudahan tahun ini kesampaian main ke sana. Atau kalok gak ke sini, paling gak ke pantai apa pun di Yogya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantai ini emang lagi Hits ya Mba Haya, banyak bangat yang pengen main ke sana, semoga tahun ini kesampaian ya Mba, semangaat :)

      Hapus
  2. Pantai Baron, hmmm pernah punya sejarah dengan salah satu anak pemilik hotel sekitar Pantai Baron wkwkwk. Pantainya cukup indah sich tapi meninggalkan kenangan pahit hahaha. Jadi lebih memilih ke pantai yg seperti Bali itu lho..adanya di Jogja juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooowww ternyata Maak punya mantan di pantai Baron ya? Lupakanlah maak yang bikin sakit begitu, kita main ke pantai lain aja klo begitu hehehe

      Hapus
  3. Buaaaaaaaaa..... Pantai.. Yuka akh kita rencanakan liburan kesana, sya cuma pernah ke Indrayanti, itu pun pas hujan, jd kurang total main pasir nya hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yooook maauuuu klo ke Pantai, pastu seruuuu tuh ya kita rame-rame ke sana :)

      Hapus
  4. pantai sadranan ini menjadi salah satu pantai favorit selain dari pantai indrayanti, di pantai ini bisa menikmati pemandangan laut yang sangat indah sambil duduk didalam saung-saung sederhana, yahhh jadi kepingin liburan ke sini lagi, fix habis lebaran harus berkunjung ke pantai sadranan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah asyiiiknya Mas Malik yang mau ke pantai Sadranan, saya juga pengen bangat ke sana, semoga bisa melihat langsung juga keindahan pantai ini :)

      Hapus