Rahasia Dibalik Universitas Bisnis Manajemen Yang Tidak Banyak Diketahui



Indonesia dapat dikatakan telah berhasil mencetak generasi emas melalui pendidikan yang baik. Hal ini telah dibuktikan dengan prestasi-prestasi membaggakan baik di dalam maupun di luar negeri. Berbagai prestasi tersebut tentu tidak dapat terlepas dari dukungan dan fasilitas yang disediakan oleh intitusi pendidikan terbaik. 

Tak hanya prestasi lomba, Indonesia juga terkenal sebagai Negara yang mencetak banyak pengusaha muda. Banyak pengusaha-pengusaha muda yang bahkan usianya baru belasan tahun, namun secara konsep manajemen bisnis mereka kurang mampu memanajemen usahanya. Padahal pengetahuan memanajemen sebuah usaha penting dipahami dan dipelajari oleh para pengusaha.

Untuk itu, kini dibukalah sebuah institusi pendidikan yang mempelajari tentang bisnis manajemen, yang diharapkan akan memberikan ilmu penting untuk para insan yang menggeluti dunia bisnis. Lalu untuk apa menempuh pendidikan bisnis manajemen ? 

Berikut adalah beberapa alasan di balik hadirnya universitas bisnis manajemen yang tidak banyak diketahui banyak orang, diantaranya sebagai berikut:
  •  Praktis dan Teoritis
Kuliah di Universitas bisnis manajemen memberikan wawasan kepada kita secara praktis maupun teoritis. Kita akan dibekali dengan kemampuan memanajemen bisnis dengan baik. Pada beberapa Universitas yang fokus pada bisnis manajemen, biasanya memiliki hubungan baik dengan dunia bisnis secara lokal maupun internasional. 

Dengan adanya jaringan ini, mahasiswa dapat memiliki kesempatan emas untuk mengembangkan bisnis dari apa yang dipelajari secara teori dan langsung mempraktekanya. Sehingga tak sedikit mahasiswa universitas bisnis manajemen biasanya memiliki usaha sendiri. 

  • Pembelajaran Berbasis Kasus
Pembelajaran pada universitas bisnis manajemen biasanya berbasis kasus, dimana materi yang diberikan disesuaikan dengan kasus yang ada di masyarakat. Hal ini tentu sangat baik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan pembelajaran mereka dan dengan mudah memahami pengaplikasian ilmu yang dipelajari dalam kehidupan nyata. 

  • Prospek Yang Cerah
Bisnis manajemen dipandang sebagai salah satu program studi yang memiliki prospek cerah. Bagaimana tidak, program studi ini mencakup berbagai bidang lain khusus di ranah usaha yang berhubungan dengan manajemen. Dengan bekal manajerial yang baik, maka lulusan universitas Manajemen Bisnis dapat memimpin sebauh tim yang solid. 

  • Skill Yang Dapat Diaplikasikan Secara Luas
Lulusan dari Universitas Bisnis manajemen bisanya memiliki skill yang dapat diaplikasikan secara luas. Hal ini dikarnakan mahasiswa bisnis manajemen telah dibekali dengan berbagai keilmuan khususnya di bidang manajerial yang didukung dengan keilmuan teori dan praktik. 

Alumni dari kampus manajemen bisnis biasanya memiliki kemampuan softskill yang sangat berguna baik di dunia kerja maupun kesehariannya, termasuk pemahaman bagaimana mengatur sebuah organisasi, komunikasi, pengambilan keputusan, berhitung, hingga prestasi. 

Jadi buat adik-adik yang masih bingung mau pilih jurusan apa untuk kuliahnya, mungkin bisa mempertimbangkan kuliah dengan mengambil minat manajemen bisnis ya, karena seperti yang sudah diutarakan di atas, bahwa nantinya skill yang didapatkan bisa diaplikasikan secara luas dan bisa menjadi prospek masa depan yang cerah.

Semoga artikel ini bermanfaat ya :)  

1 komentar:

  1. Seru banget deh kalau kuliah selalu dikasih case. Abis materi, bikin kelompok, studi kasus. Aaakkk.

    BalasHapus