Tips Simpel Yang Wajib Dilakukan Agar Lulus Tes SNMPTN & Bisa Masuk Universitas Idaman



Masuk dunia perkualiahan memanglah tidak mudah, selain biayanya yang mahal namun juga tes masuknya yang wajib dilakukan cukup sulit. Terlebih jika kita sangat ingin masuk universitas teknik di Jakarta yang masuk kategori jurusan favorit, usaha yang dibutuhkan untuk memasuki jurusan yang satu ini harus lebih besar.

Salah satu ujian masuk yang digunakan oleh berbagai universitas negeri yakni SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), salah satu ujian masuk yang terkenal cukup sulit. Untuk dapat lulus ujian SNMPTN ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, antara lain sebagai berikut:

  •  Pilih jurusan yang benar-benar diminati dan sesuai
Memilih jurusan yang sesuai dengan kebutuhan kita sangatlah penting agar dapat lulus SNMPTN dengan lancar, jika kita berminat masuk universitas teknik di Jakarta tentunya prioritas ujian yang dilakukan ada pada bidang pelajaran IPA. Jadi kita harus perbanyak belajar pelajaran IPA, baik itu di rumah ataupun di lembaga bimbingan belajar lainnya.

  • Pilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan
Jurusan teknik memang menjadi salah satu jurusan terfavorit yang memiliki banyak pesaing, selain dari tes masuknya yang sulit serta nilai raport yang wajib perfect. Jika merasa terbebani untuk masuk jurusan terfavorit, sebaiknya jangan terlalu keukeuh ingin masuk jurusan tersebut, pilihlah jurusan lain yang masih berhubungan dan masih diminati namun memiliki kepastian untuk lulus yang lebih besar.

  • Pastikan nilai raport tidak turun
Semakin baik nilai raport, maka semakin besar peluang kamu untuk lulus ujian SNMPTN. Kenapa? karena nilai raport yang semakin baik, membuktikan tingkat pemahaman kita terhadap pelajaran semakin baik pula, dan ini akan memudahkan dalam mengisi soal tes SNMPTN.

  • Belajar giat untuk soal tes yang sesuai jurusan yang dipilih, bukan hanya di sekolah
Jika berminat masuk jurusan teknik, tentunya kita wajib memperbanyak latihan soal IPA dibandingkan dengan soal IPS. Hal ini dilakukan bukan hanya di sekolah saja, tapi kita juga dapat mencari lembaga kursus, bimbel, ataupun privat agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik dalam mata pelajaran tersebut.

  • Do’a
Jika berbagai usaha telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah berdo’a supaya kita bisa lulus ujian masuk universitas teknik di Jakarta dengan nilai yang baik atau memenuhi syarat kelulusan.

Tips simpel lulus SNMPTN untuk masuk universitas teknik di Jakarta di atas tentunya dapat kita aplikasikan sedari dini, bukan dari setelah lulus SMA namun sedari awal masuk SMA agar hasil yang dicapai memuaskan dan maksimal.

Good Luck!, semoga bisa lolos di jurusan dan kampus impianmu kawan :)
                                                                                                                              

1 komentar:

  1. Tipsnya keren Bang, tahu aja banyak yang lagi mau Tes SNMPTN hehehe

    BalasHapus