Saatnya Berbagi Kebaikan bersama Sekolah Relawan



Tak terasa beberapa hari lagi bulan Ramadhan datang, bulan yang begitu dirindukan oleh mayoritas muslim karena bulan ramadhan dipercaya sebagai bulan penuh ampunan dan juga hadir membawa banyak berkah bagi kaum muslimin. 

Untuk itu, beragam kegiatan dilakukan orang-orang untuk berlomba-lomba meraih banyak pahala di bulan yang sangat mulia ini. 

Makanya tak heran sepanjang bulan ramadhan ini, orang-orang banyak yang bersungguh-sungguh menjalankan berbagai ibadah, mulai dari puasa, shalat tarawih hingga berbagai kegiatan berbagi dimanfaatkan banyak orang untuk meraih sebanyak-banyaknya pahala.  

Dan sehubungan dengan bulan yang sangat baik untuk berbagi tersebut, maka Sekolah Relawan pun membuat serangkaian program khusus Ramadhan. Dengan mengusung tema “Ramadhan Berani Berbagi.” Sekolah Relawan berharap banyak masyarakat yang terlibat untuk berbagi di Bulan Ramadhan, mengingat Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat baik untuk saling berbagi kebaikan mengingat pahalanya yang bernilai berlipat-lipat pahala.

Pada Kamis (6/4) yang lalu, Sekolah Relawan melaksanakan launching program ramadhan berani berbagi bersama beberapa blogger di salah satu kedai kopi di Depok. Pelaksanaan ini dimulai pukul 20.00 - 21.00 WIB dengan memaparkan program-program serta target masing-masing program hingga tanya jawab tentang program. 

Adapun Program Ramadhan Berani Berbagi ini ada 8 (delapan) program, yakni :
1.    Kado Sambut Ramadhan
Merupakan program untuk berbagi kebutuhan pangan dalam menyambut bulan Ramadhan ke keluarga fakir, yatim, miskin dan dhuafa. Kado tersebut berupa kebutuhan pangan yang biasanya dibutuhkan untuk sahur dan berbuka, seperti beras, minyak goreng, kurma, sirup dan sarden.

2.    FoodBOX
adalah program penyediaan makanan dan minuman siap santap dalam showcase yang tersedia di masjid. Makanan siap santap tersebut mencakup nasi, sayur dan lauk pauk. Selain itu, terdapat pula teh, kopi, gula dan air panas.

3.   Free Food Car
Program pelayanan makan gratis pada fakir, miskin, yatim, dan dhuafa yang tersedia dalam mobil. Makanan gratis yang diberikan berupa nasi, lauk pauk, sayur, buah dan tak lupa air minum.

4.   Kampung DugDug
Merupakan program buka puasa bersama di kampung marjinal.

5.   Sumur Utsman
Program membuat instalasi air dan penampungan air untuk  mengalirkan air langsung di pemukiman yang akan dikelola dan dimanfaatkan langsung oleh warga.

6.   Naik Pangkat
Program meningkatkan derajat dan taraf hidup satu keluarga dengan memberi bantuan modal dagang/usaha kecil.

7.   Belanja Bareng Yatim Dhuafa
Program membelanjakan anak yatim dan dhuafa barang-barang yang mereka butuh dan inginkan di pusat perbelanjaan sesuai dengan anggaran yang telah disusun.

8.   Kado Lebaran
Program untuk berbagi kebutuhan sandang dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri ke keluarga fakir, yatim, miskin dan dhuafa. Kado tersebut berupa kebutuhan sandang yang biasanya dibutuhkan di Hari Raya, seperti baju koko, sarung, mukena, baju muslim anak, sajadah.

Melalui 8 Program Ramadhan Berani Berbagi di atas, maka target serta harga perpaket ramadhan bila ingin berpartisipasi tertera pada tabel dibawah ini.
Dari kedelapan program Ramadhan Berani Berbagi tersebut, Sekolah Relawan menargetkan sebanyak 13.030 orang akan menjadi penerima manfaat. Dengan mengandalkan jejaring Sekolah Relawan yang tersebar di 27 kota di seluruh Indonesia dan Sekolah Relawan telah menyiapkan strategi-strategi agar target dapat tercapai.

Tentu saja untuk mencapai target 13.030 penerima manfaat ini dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak sehingga nantinya semua program ini benar-benar bisa berjalan sesuai rencana dan dirasakan oleh mereka yang benar-benar berhak menerimanya. 

Jadi jika ada teman-teman yang ingin ikut berbagi dan gabung dalam kegiatan Ramadhan Berani Berbagi maka bisa ikutan berdonasi langsung ke nomor rekening Bank Mandiri 1730000193731 a.n Sekolah Relawan. Tapi jika ingin melihat langsung officenya juga bisa kok, datang saja ke Jln. Sulawesi No.3 Perumnas Depok Utara, Beji Depok, atau hubungi ke 021-7751975. 

Dan mari juga kita doakan semoga Program Ramadhan Berani dari Sekolah Relawan ini bisa berjalan sesuai dengan rencana dan  memberikan dampak positif terhadap masyarakat luas.

Salam Ramadhan, Salam Berbagi untuk Sesama :)

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya, silahkan Kang, terima kasih ya :)

      Hapus
  2. Wah program-programnya menarik. Semoga di bulan ramadhan ini semakin berkah dengan banyak melakukan kegiatan sosial

    BalasHapus
  3. kegiatan yang sangat positif sekali, mudah-mudahan di selain bulan ramadhan ini kita semua masih di istiqomahkan dalam berbuat amal kebaikan, mudah-mudahan kegiatan ini diberi keberkahan yah. Amin

    BalasHapus