Mengusir Stres dengan Rutin Mengkonsumsi Pisang Cavendish dari Sunpride


Bergulat di kantor dari pagi hingga sore, bahkan masih dilanjutkan di malam hari memang adalah pilihan dan sekaligus tuntutan yang kerap dilakukan oleh banyak orang, termasuk saya. Dikejar kewajiban yang mempertanyakan tanggung jawab atas etos kerja yang kita tekuni, kerap membuat kita begitu mudah dirundung stres, belum lagi macetnya jalanan yang lalui setiap hari, ditambah lagi urusan pribadi juga kadang menambah deretan masalah yang membuat stres kian terasa memberatkan.

Stres sebenarnya adalah kondisi normal yang biasa dialami oleh tiap orang. Stres yang normal biasanya justru memberikan dampak positif, misalnya memacu kita untuk bekerja lebih cepat ketika sedang dikejar deadline. Namun kondisi stres bisa berdampak negatif jika sering terjadi dan berkepanjangan.

Stres pada umumnya membuat ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental akibat menanggung sebuah beban yang berat. Biasanya kita akan merasakan otot di sekitar leher, rahang, bahu dan punggung menjadi tegang, perasaan gampang lelah, gampang cemas, mudah marah, suasana hati tidak menentu dan berujung pada depresi yang membuat kita susah tidur, itu semua adalah segelintir tanda-tanda tubuh kita sudah dihinggapi stres.

Jika perasaan stres ini tidak dikontrol dengan baik, bukan hal mustahil ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian kita, sehingga stres dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental yang berujung pada kegilaan ataupun kematian.

Seram juga kan jika kita tidak bijak mengelola stres?

Untuk itu, jika tubuh kita sudah mulai merasakan gejala-gejala stres, maka sebaiknya kita sendirilah yang juga harus bisa mengontrolnya. Selain memperbanyak mendekatkan diri sama Tuhan, maka kitapun harus bisa melakukan hal-hal yang bisa membuat kita merasa senang. Dan saya pribadi pun, jika sudah mulai merasakan stres maka saya biasanya akan melakukan “me time” yaitu melakukan hal-hal yang saya sukai, dan salah satunya menikmati buah segar. 

Emang ada buah yang bisa menghilangkan stres?

Ada, Buah Pisang Bisa Mengusir Stres!

Buah pisang adalah buah yang sangat mudah kita jumpai di mana-mana, kemampuannya untuk hidup diberbagai kondisi lingkungan membuatnya menjadi tanaman yang disukai oleh orang-orang untuk menanamnya. Makanya tidak heran, buah yang satu ini seolah terus ada sepanjang waktu, tanpa mengenal musim.

Buah pisang merupakan buah yang kaya dengan kandungan mineral, protein, vitamin, lemak, kalsium, zat besi, kandungan asam tryptophan dan kandungan gizi lainnya.

Keberadaan Tryptophan pada pisang ini mempunyai faedah yang sangat baik bagi tubuh terutama untuk meredam stres. Namun tryptophan ini merupakan jenis asam amino yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan tryptophan dalam tubuh, maka kita harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung Tryptophan seperti pisang ini.

“Asam tryptophan yang dimiliki oleh pisang ternyata bisa mempengaruhi suasana hati dalam tubuh menjadi jauh lebih tenang dan tidak mudah merasa stres.”

Tryptophan sendiri mampu bekerja untuk meredamkan stres karena saling terkait dengan empat unsur penting lain yang terkdandung dalam pisang, yaitu melatonin, serotonin, niacin dan norepinefrin yang saling bekerjasama untuk memberikan rasa rileks dan tenang pada tubuh sehingga bisa meredam kehadiran stres.
Mengusir stres dengan buah pisang

Melatonin akan bekerja untuk membantu dalam mengatasi masalah tidur, kandungan horman ini membantu merilekskan otot tubuh, sehingga ketika tubuh merasa rileks, maka tidur pun akan lebih nyenyak. Dan biasanya, kondisi tubuh yang selalu terjaga kualitas tidurnya, biasanya akan gampang mengontrol emosi dan juga stres yang datang.  

Serotonin merupakan hormon yang berfungsi untuk mengontrol mood atau suasana hati, memacu semangat, memberi rasa kebahagiaan, dan kesenangan pada hati kita. Makanya hormon ini dinamakan dengan hormon kebahagiaan. Jadi dengan tercukupinya serotonin dalam tubuh kita, maka  suasana hati kita akan selalu dalam  kondisi suasana yang bahagia.

Tapi jika serotonin ini  berkurang maka akan berpengaruh pada suasana hati yang akhirnya mempengaruhi mood kita sehingga akan gampang gelisah, cemas, kecewa dan marah-marah. Bila berkelanjutan dan dalam jangka waktu panjang nutrisi ini tidak segera dipenuhi, maka gangguan jiwa dan mental yang lebih parah bisa berpotensi menimpa kita.

Niacin atau vitamin B3 merupakan salah satu vitamin yang bekerja menjaga sistem saraf agar tetap bekerja dengan baik, menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi, menjaga sistem pencernaan, membantu metabolism tubuh, menjaga nafsu makan, menjaga kesehatan mental supaya selalu terjaga baik.

Untuk itu keberadaan Niacin harus diperhatikan, karena jika tidak tercukupi dengan baik, maka dapat menimbulkan beberapa gejala gangguan kesehatan seperti lesu, otot lemah, masalah pencernaan, sariawan, nafsu makan kurang, dan depresi atau stres.


Selain itu, keberadaan norepinefrin dalam pisang juga mempunyai peranan yang cukup penting bagi tubuh kita, yaitu untuk membantu tubuh agar tetap bisa fokus dan tetap terjaga pada saat sedang kondisi stres. Dengan hormon ini, meski kita sedang stres, maka kita akan bisa tetap waspada dan tetap fokus pada masalah yang sedang kita hadapi. Namun jika kita terus-menerus mengalami kekurangan norepinefrin ini, maka kita akan gampang mengalami kelelahan, lesu, dan mudah marah.

Sudah sangat jelas ya bagaimana kandungan keempat unsur di atas pada buah pisang bisa membantu meredakan stres. Nah sekarang setelah mengetahui salah satu manfaat pisang yang bisa mengusir stres seperti di atas, maka seharusnya tak ada alasan lagi bagi kita untuk malas mengkonsumsi buah pisang ini agar tubuh kita bisa selalu sehat dan terhindar dari stres.

Dan saya pribadi kini sangat senang mengkonsumsi buah pisang, dan salah salah satu buah pisang yang saya konsumsi adalah Pisang Cavendish dari Sunpride yang kaya manfaat bagi tubuh dan bisa mengusir stres yang datang. 


Pisang Cavendish Sunpride 100% Buah Nusantara

Saya suka dengan buah Pisang Cavendish ini karena memiliki tampilan kulit yang kuning mulus dan rasanya yang manis. Kecintaan saya pada buah ini semakin besar setelah saya tahu bahwa ternyata buah yang satu ini 100% buah asli yang tumbuh subur di negeri kita sendiri.
Pisang Cavendish Sunpride Asli Buah Nusantara
Jadi jika kamu pernah berpikir bahwa Pisang Cavendish adalah buah import, maka kamu keliru besar. Saya juga dulu berpikir begitu, saya kira buah berlabel Sunpride ini adalah buah yang diimport dari Negara lain karena memiliki tampilan yang begitu bagus, beda dengan pisang lain kebanyakan yang sering saya jumpai.

Tampilan Pisang Cavendish yang memiliki kulit kuning cerah dan mulus dengan rasa yang manis tentu saja tak lepas dari cara perawatan yang maksimal mulai dari proses pembibitan, penanaman, perawatan, penen hingga  proses mengemasan dan pengiriman ke pasar melalui prosedur yang sangat ketat dan kerja cerdas yang luar biasa pastinya.

Pisang Cavendish Sunpride ini merupakan hasil budidaya yang ditanam di kebun milik Group Gunung Sewu yang ada di Lampung. Di sinilah Pisang pasti Sunpride itu dihasilkan, semua tahapan, sejak awal pembibitan hingga pengemasan selalu diperhatikan dengan sangat baik. 

Sejak awal pembibitan, Pisang Cavendish dikembangbiakan dengan menggunakan metode kultur jaringan yang berfungsi untuk membuat bibit terbebas dari berbagai hama penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense.

Begitupun saat proses perawatan, hingga pengemasan akhir semua dilakukan dengan begitu hati-hati dan sesuai dengan prosedur yang begitu ketat supaya Pisang Cavendish Sunpride ini terjaga rasa dan tampilanya yang kuning cerah nan mulus itu. 

Dan berikut ini beberapa hal yang dilakukan oleh pihak Sunpride agar hasil panen dari para Petani lokal binaan Sunpride berhasil dan memenuhi standar buah pisang mulus ala Sunpride, yaitu dengan menerapkan cara kerja sebagai berikut:
  1. Kebun pisang dibagi per blok, berdasarkan waktu penanaman dari bibit. Dimana bibit yang digunakan dalam proses penanaman merupakan bibit unggul melalui hasil riset dan development dari Sunpride.
  2. Setiap sisir pisang dibatasi agar tidak bergesekan satu dengan yang lainnya.
  3. Kemudian dibungkus keseluruhan tandannya untuk menghindari serangan hama. Step ini merupakan kunci kenapa pisang Sunpride memiliki kulit yang mulus.
  4. Masa panen dibagi per blok, 1 tandan pisang yang telah dibungkus itu dipotong, kemudian digantungkan di rel, untuk dibawa ke packing house.
  5. Di packing house, pisang dibersihkan, per sisir yang tadinya kertas diganti dengan bantalan busa.
  6. Setelah itu pisang dipotong per sisir, kemudian dicuci di kolam.
  7. Lalu dipotong-potong lagi menjadi sisir yang lebih kecil.
  8.  Setelah dikeringkan, Pisang ditempeli label.
  9. Dan terakhir, pisang dikemas di kardus, lalu siap dikirim ke Jakarta. Setelah sampai di Jakarta pisang kemudian di kirim ke cabang-cabang di luar kota seperti: Jawa, Bali dan Sumatera.
Begitulah rahasia yang dilakukan oleh Group Gunung Sewu, pisang Cavendish selalu diperlakukan khusus secara istimewa mulai dari pemilihan bibit hingga proses pengemasannya, sehingga tak heran bisa memiliki kualitas berstandar ekspor dengan tampilan mulus dan berwarna kuning cerah.
Pisang Cavendish dari Sunpride memiliki warna kuning cerah dan mulus
Dan mengutip dari website www.sunpride.co.id, ternyata buah pisang Pisang Cavendish dari Sunpride ini memiliki kandungan gizi yang sangat bagus buat tubuh, yaitu sebagai berikut:
Kandungan Gizi Pisang Cavendish dari Sunpride
Selain melihat kandungan gizi yang terdapat dalam Pisang Cavendish dari Sunpride ini, saya juga semakin menyukai Pisang Cavendish ini untuk menemani hari-hari saya karena saya pribadi mempunyai beberapa alasan mengapa saya memilih buah ini sebagai buah favorit saya, antara lain berikut ini:
  • Buah pisangnya memiliki tampilan fisik yang menarik, memiliki ukuran yang besar dan terlihat warna kulitnya yang kuning mulus sehingga gampang bikin lapar mata saat melihatnya.
  • Rasa pisangnya juga manis dan bercampur sedikit asam memberikan sensasi rasa tersendiri saat memakannya.
  • Buah pisangnya tahan lama dan tidak gampang rusak karena memiliki kulit yang tebal
  • Buah pisangnya diproduksi melalui prosedur dan pengawasan yang ketat sehingga memberikan rasa aman pada saya untuk mengkonsumsinya, terlebih Sunpride sudah memiliki sertifikat dari Sucofindo yang merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang pemeriksaan, pengawasan, pengujian dan pengkajian sehingga memberi jaminan bahwa pisang ini berkualitas sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen.
  • Pisang Cavendish dari Sunpride mudah didapatkan, karena kini banyak yang menjualnya
  • Pisang Cavendish dari Sunpride juga harganya terjangkau buat saya
Oh iya, Pisang Cavendish Sunpride ini memiliki beberapa jenis yang dijual di pasar yaitu cluster, finger dan single. Dimana Cavendish cluster terdiri dari 3-8 fingers, Cavendish finger terdiri dari 1-2 fingers sedangkan Cavendish single hanya ada 1 finger yang dikemas dalam plastik khusus untuk menjaga suhu buah dan tidak menyebabkan jamur sehingga sampai ke konsumen buahnya tetap segar dan rasanya tetap enak.
Struk belanja Pisang Cavendish Sunpride
Kini saya sudah mengkonsumsi Pisang Cavendish Sunpride nih teman-teman? Lalu kamu sudah konsumsi juga belum? Kalo belum, hayo dikonsumsi dan rasakan sendiri bagaimana manfaatnya, saatnya kita hidup sehat dengan rutin mengkonsumsi buah asli :)
 
Sebab, seharusnya kita sebagai masyarakat Indonesia, kita wajib merasa bangga karena memiliki produsen buah pisang lokal ‘Pisang Cavendish Sunpride’ yang bisa menghasilkan buah pisang yang sangat alami dan bebas pestisida, karena segala prosesnya sejak ditanam hingga dikemas semua melalui standar dan prosedur yang ketat sehingga kualitas buah pisang Sunpride terjaga dan telah memenuhi standar internasional.


Pisang Cavendish dari Sunpride pisang favoritku, 
buah pilihan untuk mengusir stres,
Bye-bye stres! 


Referensi:

16 comments:

  1. Wah, bermanfaat sekali ya.. Duh, jadi pengen uey...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ris, makanya hayo yang rajin makan pisang Sunpride :)

      Delete
  2. Wah saya baru tahu pisang bagus untuk mengusir stres Bang, dan saya jga baru tahu kalo pisang Sunpride ini punya Indonesia, kirain punya negara tetangga *kudet hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa banyak kandunga dalam pisang Sunpride ini yang baik untuk tubuh Dek, termasuk untuk mengusir stress.

      Aku juga dulu kira pusang Sunpride ini punya negara tetangga, ternyata asli 100% Punya Indonesia Dek :

      Delete
  3. Aku juga suka makan pisang. Tapi paling suka kalo digoreng. Kayaknya pisang supride dimakan langsung udah enak banget tanpa disajikan dengan bermacam cara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ria, klo pisang Sunpride dimakan langaung rasanya sudah enak bingit hehehe

      Delete
  4. Iyaaa beneeer. Manfaat pisang itu banyaaaakkk banget. Kalo lagi ngerasa enek gitu pagi2, coba makan pisang langsung adem deh perut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Widya, makanya mengkonsumsi pisang secara rutin setiap hari itu sangat bagus :)

      Delete
  5. Pisang jadi buah wajib di keluarga Emak. Dede sebelum sekolah,selalu nyomot pisang dan dimkn sambil berangkat ke sekolah. Setiap hari harus ada yg namanya pisang. Suka dengan rasanya yg manis,sedikit masam tp cukup mengenyangkan. Ternyata khasiat pisang cukup banyak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah bagus tu Maak stok yang banyak ya pisangnya, nanti aku mampir hahaha

      Iya Maak, pisang banyak manfaatnya bagi tubuh kita :)

      Delete
  6. pisang itu buah yang harganya terjangkau tapi rasanya super enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mba, pisang itu harga terjangkau, rasanya enak dan banyak manfaat bagi tubuh.

      Delete
  7. jadi laper pengen ikutan makan pisang juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoo Mas beli pisang Sunpride dan dimakan pisangnya hehehe

      Delete
  8. salam kenal kak. Baru tahu kalo buah pisang bisa mengusir stres

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mba Siti, iyaa kandungan pisang bisa mengusir stres juga Mba :)

      Delete