Mengenang Sejarah, Inilah 5 Tempat Wisata di Bekasi yang Tak Boleh Dilewatkan!


Bagi saya, berwisata bukan sekadar hiburan di kala senggang, melainkan juga terkandung banyak pelajaran berharga bagi kita saat menjalaninya. Salah satu perjalanan yang memberi paling banyak pengetahuan adalah wisata sejarah. 
(Sumber: id.wikipedia.org)

Iya, dengan berkunjung ke tempat-tempat dengan sejarah panjang, kita akan mengenal peristiwa penting yang pernah terjadi di tempat tersebut sekaligus jadi lebih menghargai sejarah bangsa sendiri.

Dan berbicara tentang tempat-tempat bersejarah ini, ternyata hampir semua daerah mempunyai tempat bersejarah, termasuk di Bekasi. Apalagi Bekasi tidak terlalu jauh kan dari Jakarta, jadi kita yang ada di Jakarta bisa dengan mudah untuk menyambanginya ke sana.

Nah, untuk kita yang ingin bertualang di Bekasi, berikut adalah lima tempat wisata sejarah yang tak boleh dilewatkan.
·         Saung Ranggon
Saung Ranggon merupakan bangunan dari kayu yang dibangun oleh Pangeran Rangga, putra Pangeran Jayakarta, pada abad ke-16. Pangeran Rangga membangun saung ini di wilayah persembunyiannya dari pasukan Belanda. Baru pada tahun 1821, saung ini ditemukan oleh Raden Abbas.

Saung Ranggon memiliki ukuran 7,6 x 7,2 m dengan tinggi 2,5 m dari atas permukaan tanah. Terdapat tangga kayu dengan tujuh buah anak tangga untuk mencapai lantai saung. Saat ini, bangunan bersejarah ini telah mengalami beberapa kali renovasi, tetapi ornamen bangunan ini masih terjaga keasliannya. Maka mari kita berkunjung ke Desa Cikedokan, Cikarang Barat supaya kita bisa melihat bangunan bersejarah ini dari dekat.

·         Gedung Juang Tambun
Gedung Juang Tambun atau dikenal juga dengan nama Gedung Tinggi merupakan gedung lawas peninggalan masa penjajahan Belanda. Gedung berdesain Art Deco berwarna putih ini dibangun pada tahun 1902. Sejak pertama kali berdiri, tempat ini dimanfaatkan sebagai pusat komando RI melawan tentara Sekutu. Gedung yang terletak di Kecamatan Tambun Selatan ini juga pernah dipakai sebagai perpustakaan sampai pada tahun 2007. 

·         Rumah Tuan Tanah Pebayuran
Mulanya, bangunan ini merupakan tempat tinggal Tuan Tanah Pebayuran. Bangunan yang berada di Kecamatan Pebayuran ini kini dipakai sebagai ruang pertemuan kantor polisi sektor. Rumahnya berdesain Eropa (art deco) dengan tembok berwarna putih. Terdapat tempat parkir yang cukup luas di hadapannya. Diperkirakan dibangun pada tahun 1930, rumah ini dahulu dipakai sebagai basis perlawanan rakyat Bekasi dan Karawang terhadap penjajah.

·         Gedung Papak
Gedung tua lain yang pernah dipakai sebagai markas perlawanan rakyat, kali ini pada masa penjajahan Jepang, adalah Gedung Papak di Kecamatan Bekasi Timur. Nama gedung ini berasal dari kata “pak-pak” yang berarti rata, merujuk pada atap gedung yang memang dibuat rata.


Sejak tahun 1982, gedung yang dibangun pada awal abad ke-20 ini dipakai sebagai rumah dinas wali kota. Kemudian pada tahun 2004, pemerintah setempat membuka tempat ini untuk umum.

·         Monumen Perjuangan
Bekasi memiliki enam monumen atau tugu perjuangan untuk menandai tempat terjadinya pertempuran antara rakyat dengan pasukan penjajah. Tugu-tugu tersebut adalah Monumen Perjuangan Rakyat, Monumen Kali Bekasi, Monumen Perjuangan, Monumen Resolusi Rakyat Bekasi, Monumen Taman Makam Pahlawan Bulak Kapal, dan Tugu Bambu Runcing.

Nah, bagaimana teman-teman? Tertarik untuk berwisata sejarah ke Bekasi? Tak harus mahal, berlibur di kota ini bisa lebih murah apalagi kalau kita memilih penginapan terjangkau seperti Airy Rooms.

Airy Rooms merupakan hotel murah di Bekasi yang akan jadi pilihan terbaik buat kita menginap. Selain jaringannya luas di seluruh Indonesia dan sangat mudah ditemukan di mana saja, hotel ini menjamin kenyamanan tamu-tamunya. Bagaimana tidak, setiap kamar memiliki tempat tidur bersih dan nyaman. Fasilitas pun lengkap dengan adanya AC, kamar mandi modern dengan air hangat, dan perlengkapan mandi. WiFi, TV layar datar, dan air minum juga telah tersedia di masing-masing kamar Airy Rooms.


Hotel murah di Bekasi satu ini bisa dipesan dengan mudah dan cepat melalui situs Airy Rooms atau aplikasinya di gadget Android atau iOS. Jadi kita bisa memilih metode pembayaran yang paling sesuai—mau kartu kredit, transfer bank, atau bahkan melalui kasir Indomaret. Mudah, bukan?

Yoook jangan lupa jalan-jalan supaya hidup ini terasa lebih fresh dan menyenangkan kawan!, Weekend sebentar lagi akan datang :)


Travel Is Only Thing You But He Makes You Richer
-Anonymous-

1 comment:

  1. Waah asyik juga tu Bang kapan-kapan wisata sejarah ke Bekasi yook

    ReplyDelete