Ciptakan Traveling yang Lebih Nyaman dengan Travel Insurance





Travaling sudah menjadi gaya hidup masyarakat jaman sekarang, makanya bisa dibilang hampir semua orang pasti senang untuk jalan-jalan, karena aktivitas yang satu ini memang sangat mengasyikan, kita bisa menjelajah jauh dengan melihat banyak hal baru yang akan memperkaya pengetahuan dan pengalaman kita di tempat yang akan kita temui.

Selain ini, traveling merupakan sebuah agenda wajib yang perlu ada dalam kehidupan sebagain besar orang, karena traveling merupakan salah satu cara termudah untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks, lebih tenang dan kembali fresh terlebih bagi orang-orang yang kesehariannya sering dirundung stress dengan banyak deadline kerjaan yang seolah tak henti. 

Untuk itu, sejenak mengosongkan waktu dan pergi jalan-jalan rasanya wajib dilakukan untuk memanjakan diri sesaat. Tapi saat melakukan traveling seperti ini terkadang kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi, makanya memproteksi diri dengan travel insurance merupakan salah satu cara untuk menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Jadi ketika kita melakukan perjalan bisnis singkat ataupun melakukan travaling pribadi atau pun bersama keluarga dan orang-orang terkasih, maka langkah antisipasi tentunya menjadi hal yang penting untuk dipersiapkan supaya kita terhindar dari hal-hal buruk yang tidak terduga yang dapat menggangu perjalanan kita.

Dan berbicara tentang travel insurance ini, mengingatkan saya pada acara yang diselenggarakan oleh Mobil123 yang merupakan Portal Otomotif No 1 bersama PT. Asuransi MSIG Indonesia yang dilangsukan di Aruba Café Pasaraya Grande Blok M, Jakarta Selatan, dengan mengangkat tema bagaimana Tips Pengajuan Klaim Asuransi Perjalanan yang Efektif pada Rabu 11/10/2017.
Para Narasumber (Ki-Ka): Bpk. Indra - Mr. Hendry - Mr. Bernadus
Dan inilah para pembicara yang menjadi narasumber di acara bincang-bincang MSIG dan Mobil123 ini, yaitu, terdiri dari Mr. Hendry Kurniawan selaku General Manager Claim MSIG,  Mr. Bernadus P. Wanandi selaku Vice President Director MSIG dan dipandu oleh Bapak Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123 selaku modertor di acara ini.


Sekilas tentang MSIG

Sebelum menjelaskan tips pengajuan klaim asuransi perjalanan yang efektif, sejenak kita berkenalan dulu dengan PT. Asuransi MSIG Indonesia yang menjadi sponsor hingga terselenggaranya acara ini.

PT. Asuransi MSIG Indonesia dahulu dikenal dengan nama PT. Asuransi Mitsui Sumitomo Indonesia yang merupakan bagian dari MS&AD Insurance Group yang mulai beroperrasi sejak Oktober 1975 di Indonesia. Perusahaan ini merupakan perusahaan asuransi umum patungan terbesar di Indonesia yang telah beroperasi selama 40 tahun dan terus-menerus berkembang setiap tahunnya.

Perjalanan panjang yang bisa sejauh ini membuktikan bahwa pelayanan yang dilakukan oleh PT. Asuransi MSIG Indonesia sangat baik. Karena dimana PT. Asuransi MSIG Indonesia selalu membawa nilai-nilai yang berakar jauh lebih mendalam sehingga mendapati segala sesuatu yang bisa menyentuh hati.

PT. Asuransi MSIG Indonesia merupakan sebuah perusahaan asuransi terkemuka yang didirikan dengan perspektif jangka panjang , MSIG bertujuan untuk menawarkan solusi asuransi yang efektif, efisien dan mudah dimengerti  karena disampaikan dengan layanan yang aktif dan tulus.


Mengapa perlu Travel Insurance?
Mr. Bernadus
Hidup dan mati sejatinya hanya kuasa Tuhan semata, tak ada satu orang manusia pun di muka bumi ini yang tahu pasti apa yang akan terjadi dalam kehidupan seseorang. Begitupun saat kita travaling, kita tak akan pernah bisa menerka apakah perjalan tersebut akan berjalan lancar atau akan terjadi sesuatu, meski kita telah mempersiapkan segala upaya untuk membuat traveling tersebut berjalan lancar.

Makanya menyediakan payung sebelum hujan seperti pepatah yang kerap kita dengar tentu adalah sebuah langkah bijak yang perlu kita lakukan untuk mencegah segala hal buruk terjadi ketika kita melakukan perjalan travaling.

Untuk itu mengapa kita memerlukann Traval Insurance karena untuk menghindari beberapa masalah yang kerap terjadi pada saat kita melakukan perjalanan, seperti masalah berikut ini:
  • Rencana pernebangan ditunda atau dibatalkan
  • Kehilangan begasi, dokumen perjalanan, uang maupun barang pribadi
  • Menderita sakit selama di tempat tujuan
  • Meninggal dunia / cacat tetap akibat keccelakaan
  • Perlindungan terhadap perabot rumah tangga karena kebakaran selama ditinggal ketika melakukan perjalanan
Namun dari kelima permasalahan di atas, ada tiga klaim yang sering bangat terjadi pada saat melakukan perjalan ke luar negeri, yaitu: Keterlambatan penerbangan, Biaya medis pengobatan karena sakit selama perjalanan, Kehilangan uang dan barang pribadi.

Dan kelebihan menggunakan travel insurance dari MSIG ini yaitu kita sudah bisa melakukan klaim atas keterlambatan penerbangan jika sudah tiga jam keterlambatan. Hal ini berbeda dengan traval insurance lainnya yang kebanyakan baru bisa diklaim jika keterlambatan penerbangan di atas empat jam atau lebih.

Mr. Hendry Kurniawan
Maka dengan adanya travel insurance ini, maka semua permasalahan di atas bisa diklaim, sehingga kita tidak akan terlalu merasa banyak kerugian jika mengalami hal di atas, karena asuransi sudah mengcovernya. Lantas apa sajakah syarat yang diperlukan supaya kita bisa mengklaim permasalahan tersebut di atas?

Tentu saja untuk mengklaim masalah tersebut, semuanya dilihat berdasarkan permsalahan yang terjadi, karena setiap masalah tentu saja mempunyai perlengkapan dokumen yang berbeda untuk melakukan klaimnya. Sebagai contohnya berikut ini. 

Jika kasusnya Keterlambaran penerbangan, maka kita perlu menyediakan beberapa dokumen antara lain sebagai berikut: Formulir Klaim, Polis Asuransi, Kartu Identitas, Surat keterangan dari penerbangan, Boarding pass.

Sedangkan jika kita ingin mengklaim biaya medis pengobatan karena sakit, maka dokumen yang kita perlukan di antaranya adalah: Formulir Klaim, Polis Asuransi, Kartu Identias, Diagnosa dokter yang menyatakansejauh mana gangguan fisik atau cidera yang diderita, Bukti Pembayaran, Surat kuasa apabila klaim diajukan oleh pihak lain selain pemegang polis atau tertanggung.

Tapi jika kita ingin mengklaim karena kehilangan uang atau barang pribadi, maka kita harus menyiapkan beberapa dokumen berikut ini: Formulir Klaim, Polis Asuransi, Kartu identitas, Bukti pembayaran, Laporan pihak kepolisan.

Namun apa yang harus kita lakukan jika ada kejadian Repatriasi Jenasah di luar negeri? Maka ada dua tahapan yang harus kita lakukan, yaitu:
1.       Tindakan yang harus kita lakukan di luar negeri yaitu:
  • Mulai dari mengurus surat kematian,
  • Mengurus surat otopsi,
  • Mengurus surat dari departemen kesehatan bahwa jenasah tidak menderita penyakit menular,
  • Memberikan formalin, memandikan dan mengenakan pakaian terhadap jenasah,
  • Jenasah yang sudah diberikan formalin akan dimasukan ke dalam box alumenium dan dimasukan di dalam peti,
  • Surat dokumen dibawa ke kedutaan untuk dilegalisasi
  • Secara parallel dilakukan pengurusan pemesanan kargo pesawat
  • Persiapkan ambulan untuk membawa peti jenasah ke pesawat
  • Jenasah yang sudah di dalam peti dimasukin ke dalam peswat
 2.  Tindakan yang harus kita lakukan di dalam negeri yaitu:
  • Siapakan ambulan untuk membawa jenasah dari bandara ke rumah duka
  • Serrah terima jenasah dengan pihak keluarga

Bagaimana Cara mengajukan Klaim?
Cara mengajukan Klaim Travel Insurance di MSIG bisa dilakukan melalui dua cara yaitu bisa menghubungi call center 24 jam melalui 021-29279631 dan bisa juga melalui whatsapp di nomor 081294644004 dan bisa melakukan melalui websitenya www.msig.co.id

Dan kedepan MSIG ada rencana untuk melahirkan aplikasi bebasis online untuk semakin mempermudah segala proses terkait klaim travel insurance ini ke depannya, namun saat ini masih dilakukan perbagai penelitian. Untuk itu, mari kita doakan saja semoga aplikasinya segera tercipta ya. Aamiin…

Dari penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan, ada 3 Tips cara utama untuk pengajuan Klaim yang efektif adalah sebagai berikut, yaitu:
  1. Pahami dan pelajari seluruh manfaat asuransi yang telah kita beli
  2. Catat dan segera laporkan melalui layanan call center apalagi terjadi klaim
  3. Lengkapi seluruh dokumen sesuai dengan jenis klaim yang diajukan seperti yang sudah dibahas di atas.
Jadi, dengan melihat manfaat traval insurance yang dijabarkan oleh MSIG ini, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak menggunakannya, terlebih keuntungannya yang ditawarkannya akan membuat perjalanan kita akan semakin nyaman dan menyenangkan. 

Jujur jika saya ditanya, saya pastinya sangat tertarik, terlebih pembelian travel insurance di MSIG ini bisa dibeli per perjalanan dengan waktu pemesanan yang fleksibel yaitu bisa kita pesan maksimal beberapa jam sebelum perjalanan, namun disarankan pembelian traval insurance ini jauh-jauh hari dan jangan mepet waktu perjalanan akan jauh lebih baik.

Dan untuk yang sering melakukan perjalanan traveling dalam setahun ternyata bisa memilih membeli traval insurance tahunan juga loh, hal ini bisa mungkin sangat menyenangkan bagi mereka yang sangat sering melakukan travaling jadi tidak repot untuk mengurus traval insurance setiap kali perjalanan.

Traveling? Yuk cek semua barang-barang yang mau dibawa jangan sampai ketinggalan dan yook, kita ciptakan liburan yang lebih nyaman dengan traval insurance :)

Informasi lebih lanjut:
Website: www.msig.co.id
Facebook: MSIG Indonesia
Twitter: @msig_id
Instagram: @msig_id

7 comments:

  1. banyaaak ya dokumen dan keperluan lain saat mengurus kepulangan jenazah dari luar negeri. Untungnya pakai asuransi perjalanan jadi bisa dibantu mengurusnya.

    ReplyDelete
  2. Dokumen asuransi gak boleh dilupakan dalam perjalanan ke negeri jauh. Noted

    ReplyDelete
  3. Jangan lupa mawas diri, ada asuransi tapi kalau kita nya teledor ya sama saja.
    MSIG Online bikin perjalananmu oke punya

    ReplyDelete
  4. Setuju banget. Traveling memang bikin kita jadi rileks, santai, dan gak gampang stres. Makanya, dalam satu minggu ada satu hari kerja libur. Harus dimanfaatkan dengan baik. 😀

    ReplyDelete
  5. Senang ikutan acara ini jadi tau travel insurance yang recommended buat keluarga negeri

    ReplyDelete
  6. Plg ga enak emang kl sakit pas lagi liburan ya, makanya penting nih travel insurance kek gini :)

    ReplyDelete