Friday, October 27, 2017

Philips Lighting Perkenalkan Kampanye 'Eye Comfort'



Mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital bagi kita. Darinya kita bisa melihat betapa indahnya dunia ini. Namun ternyata tidak banyak dari kita yang menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan mata ini. 

Seperti yang diungkap dalam sebuah menelitian yang melibatkan sampel sebanyak 8000 orang dewasa di sebelas Negara yang meliputi Tiongkok, Republik Ceko, Perancis, Jerman, Indonesia, Polandia, Spanyol, Swedia, Thailand, Turki dan Amerika Serikat melakukan survey untuk mengetahui bagaimana pencahayaan LED berkualitas dapat membantu mata menjadi lebih nyaman.

Dan ternyata hasil survey menunjukan bahwa meskipun rata-rata orang menghabiskan waktu lebihd ari enam jam sehari di depan layr, hanya 42% dari mereka yang menggunakan pencahayaan yang lebih lembut bagi mata. Dan 32% dari respondent yang menyatakan mereka mempertimbangkan dampak kenyamanan bagi penglihatan.
Pentingnya kenyamanan mata
Selain itu, penelitian ini juga menunjukan lebih dari dua per tiga responden menganggap berat badan dan tingat kebugaran sebagai indikator kesehatan dan kesejahteraan secara umum, dan hanya sepertiga dari respondent yang menganggap penglihatan sebagai penanda kesehatan secara menyeluruh. Dan separuh dari respondent menyatakan bahwa penglihatan merupakan satu dari tiga prioritas kesejahteraan diri dan 43% respondent yang melakukan kunjungan rutin ke dokter mata.

Sedangkan menurut survey global di Indonesia sendiri, ternyata masyakat Indonesia menilai bahwa kesejahteraan diri itu penting, namun hanya 46 respondent yang memprioritaskan perawatan untuk penglihatan mereka sebagai bagian dari kesejahteraan diri. Dan tiga prioritas utama berfokus pada: Tingkat kebugaran (80%), Stress (77%), dan Berat badan (66%). Dan dari survey ini juga terungkap, bahwa masyarakat Indonesia termasuk yang paling jarang melakukan kunjungan rutin ke dokter mata.


Talk show kampanye ‘Eye Comfort’
Tampak jelas dari data-data survey di atas bahwa kesadaran kita terhadap kesehatan mata itu masih kurang, padahal kesehatan mata itu sangat penting juga. Untuk itu, kemarin 26 Oktober 2017, Philips Lighting menggelar acara talk show dalam rangka memperkenalkan kampanye baru ‘eye comfort’ yang bertempat di Rumah Raroko, Menteng - Jakarta pusat.

Tampak hadir dalam acara talk show ini, Ibu Rowena Lee selaku Senior Vice President, Business Grouup LED di Philips Lighting,  Ibu Dr. Gitalisa Andayani, Sp.M(K), dan Mas Teuku Rinaldi selaku Lighting designer & consultant yang akan membahas tentang “Dampak LED Berkualitas ‘Eye Comfort’ Bagi Kesehatan Dan Kenyaman Mata”.

Para Narasumber (Kiri-Kanan): MC - Ibu Rowena - Ibu Dr. Gita - Mas Aldi
Acara ini dihadirkan Philips Lighting yang merupakan pemimpinn dunia dalam pencahayaan sebagai upaya menyadarkan masyarakat tenting pentingnya memperhatikan kesehatan mata, bahkan prediksi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan pada tahun 2050 kelak, satu dari dua orang akan menderita rabun jauh dan beban mata semakin meningkat karena kita menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan sambil melihat layar komputer dan gawai lainnya.

Untuk itu, Dr. Gitalisa Andayani , Sp.M(K) yang mewakili Persatuan Dokter Mata Indonesia mengungkapkan bahwa “Kita perlu terus meningkatkan kepedulian masyarakat Inonesia akan pentingnya melakukan pemeriksaan mata secara berkala untuk mencegah gangguan mata. Pemeriksaan mata menjadi semakin penting bila kita memiliki faktor usia, diabetes, dan riwayat penyakit mata dalam keluarga seperti glukoma.”

Dan Dokter Gitalisa juga menuturkan bahwa pencahayaan yang berkualitas sangat vital bagi kita, terlebih bagi anak-anak saat mereka membaca atau belajar, begitu juga orang dewasa saat melakukan berbagai pekerjaan yang membutuhkan penglihatan yang baik, maka pencahayaan yang berkualitas penting untuk diperhatikan. Bahkan semain tua, orang biasanya daya penglihatannya semakin menurun makanya memerlukan pencahayaan yang terang.

Terkait pencahayaan ini, Ibu Rowena Lee selaku Senior Vice President, Business Grouup LED di Philips Lighting menurutkan bahwa “Kualitas pencahayaan tidak hanya terkait dengan masa pakai yang lama, tapi juga sangat penting untuk memastikan mata kita tidak lelah dan terasa nyaman.”

Untuk itu, Ibu Rowena menambahkan bahwa sangat penting untuk memilih LED yang berkualitas tinggi, yaitu tidak berkedip, tidak silau dan cahayanya merata. Philips Lighting pun telah mengembangkan pengujian yang mendetail untuk mengevaluasi kedipan cahaya yang memenuhi kriteria nyaman. Dalam kriteria ini, Philips LED diperiksauntuk memastikan produk yang berstandar tinggi juga sekaligus hemat energy serta memiliki masa pakai rata-rata lebih dari sepuluh tahun. 

Dan semua bohlam Philips LED yang dilengkapi dengan logo Eye Comfort pada kemasannya memberikan pencahayaan yang nyaman bagi mata. Ini berarti kita akan bohlam tersebut memiliki kualitas tinggi yang sudah memenuhi 3 standar sebagai LED yang berkualitas, yaitu tidak berkedip, tidak silau dan memiliki distribusi cahaya yang merata sehingga mata menjadi lebih nyaman dan rileks.
Philips LED memberikan cahaya yang nyaman bagi mata
“Kriteria Eye Comfort membuat bohlam LED lebih menonjol. Kenyamanan mata harus dijadikan prioritas dalam mewujudkan kesejahteraan diri, dan kami menyyediakan cara termudah untuk mencapainya yaitu dengan menyediakan bohlam LED berkualitas tinggi bagi masyarakat Indonesia.” Ungkap Bapak Rami Hajjar selaku Country Leader Philips Lighting Indonesia.

Dalam sebuah rumah, pencahayaan begitu sangat penting, untuk siang hari sebaiknya kita menggunakan cahaya alami dari matahari, makanya desain rumah supaya bisa diterangi oleh matahari harus diperhatikan. Sedangkan untuk pencahayaan pada malam hari kita memerlukan lampu.
Namun perlu dingat, saat memilih lampu bukan hanya asal terang saja, menurut Mas Teuku Rinaldi bahwa lampu yang baik adalah lampu:
  • Membuat ruangan tampak semakin indah sehingga bisa memperlihatkan desain interior dan aspektural semakin jelas.
  • Memberikan rasa nyaman dan memperbaiki mood sehingga lebih rileks. 
  •  Membuat persepsi yaitu efek cahaya bisa membuat persepsi yang berbeda, misalnya ruangan yang sempit menjadi luas, ruangan yang rendah menjadi lebih tinggi.
  • Sebagai pemisah ruang, dalam satu ruang kita bisa memisahkan fungsi ruangan dengan pemilihan lampu yang sesuai.

Dan lebih lanjut Mas Aldi menjelaskan tentang pentingnya cahaya yang kita butuhkan untuk sebuah rumah. Ternyata cahaya yang cukup terang untuk masuk ke dalam rumah sangat di perlukan terutama di malam hari, sehingga saat kita masuk rumah kita sudah bisa melihat ada kehidupan di dalamnya. Kita bisa pisahkan fungsi ruangan dengan lampu-lampu yang terpasang, seperti ruang kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, dll, semua bisa kita atur pencahayaan yang sesuai dengan fungsi ruangan tersebut.

Karena penerapan tingkat cahaya setiap ruangan itu berbeda-beda sesuai dengan fungsinya,misalnya di ruang belajar atau kerja itu sebaiknya menggunakan lampu dengan pencahayaan yang terang, sedangkan di ruang tidur bisa menggunakan lampu dengan pencahayaan yang sedikit remang atau temaram.

Tips untuk mata nyaman
Banyak aktifitas yang kerap kita lakukan dalam sehari-hari yang tanpa kita sadari gampang menyebabkan mata lelah, di antaranya:
  • Membaca atau menggunakan komputer atau video dalam waktu yang lama
  • Memaksa untuk melihat dalam penglihatan redup
  • Paparan sinar yang sangat terang atau glare 
  •  Refleks kedip yang berkurang
  • Gangguan refleksi (perlu kacamata)

Jika kita sudah melakukan hal di atas, maka  sangat penting untuk mengistirahatkan mata sejena supaya mata kita tetap nyaman dan tidak bermasalah. Bagaimana sih mengistirahatkan mata sejenak? Ternyata ada tipsnya loh supaya mata kita tetap nyaman yaitu:
  • Kurangi waktu di depan layar (komputer, smartphone, televisi) karena menjebabkan mata menjadi lelah dan melemahkan penglihatan. Jika kita tidak bisa mengurangi waktu yang dihabiskan di depan layar, maka sebaiknya gunakan tetes pelumas mata dan tutup mata kta selama 20 detik agar mata beristirahat sejenak. 
  •  Saat berada di bawah sinar matahari dan cuuaca cerah, kenakan kacamata hitam dengan perlindungan UV 100% dan sebaiknya selalu bawa kacamata tersebut kemanapun kita pergi.
  • Hindari merokok karena itu sifatnya beracun bagi mata
  • Jaga pola makan dan terapkan pola diet seimbang, sehat dengan banyak sayuran dan buah segar, semak ‘baik’ serta biji-bijian utuh.
  • Berolahraga teratur untuk membantu mempertahankan IMT (BMI) sehat yang menolong melawan penyakit kardiovaskular dan diabetes.
  • Jadwalkan pemeriksaan rutin dengan spesialis mata yang dapat mendeteksi gejala awal dari setiap kondisi atau penyakit mata.
  • Tidur selama 7-9 jam setiap malam
  • Jagalah kebersihan dan cuci tangan jika ingin menggosok atau menyetuh mata untuk mengindahri risiko infeksi.
  • Gunakan lampu berkualitas baik seperti Philips LED yang menyerupai cahaya alami sehingga mata kita tetap nyaman.
  • Berlatihlah yoga mata (focus switching atau beralih fokus, Palming atau telapak tangan menutup mata, Stretching atau peregangan mata, Flexing atau pelenturan mata) yang sederhana namun efektif selama beberapa menit setiap hari.

Jadi dengan melihat betapa pentingnya menjaga kesehatan mata seperti yang diuaraikan di atas, maka sudah selayaknya kita mulai sekarang harus peduli untuk memperhatikan kesehatan mata kita. Dimana salah satu langkah mudah yang bisa kita mulai yaitu memilih lampu yang nyaman bagi mata, bukan lampu yang asal terang saja.  

Makanya sebelum terlambat, kita sayangi mata, berikan penyacahaan yang nyaman bagi mata, supaya mata bisa terus melihat dengan baik sepanjang masa.  

No comments:

Post a Comment