Sun Life Edufair 2017 Ajang Edukasi Perencanaan Dana Pendidikan Untuk Anak



“Sekolah-sekolah saja tidak dapat memajukan masyarakat,
tetapi juga keluarga di rumah harus turut bekerja.
Lebih-lebih dari rumahlah kekuatan mendidik itu harus berasal.”
-Anonymous-
Pendidikan adalah hal yang sangat penting. Namun pendidikan terbaik adalah bermula dari sebuah keluarga, makanya peran orang tua begitu sangat penting dalam menghasilkan anak-anak yang pintar dan juga berakhlak.

Dan selanjutnya pemilihan sekolah yang tepat dan ruang bergaul anak adalah faktor lain yang juga menjadi pengaruh terbesar yang akan membentuk kepribadian seorang anak. Untuk itu orang tua sudah selayaknya bijak untuk membatasi lingkungan bergaul anak dan memilih sekolah yang tepat untuk anaknya.

Berbicara tentang pentingnya pemilihan sekolah yang tepat untuk anak-anak, kemarin pada hari Sabtu (20/10/2017) saya berkesempatan untuk menghadiri sebuah acara keren yang bernama Sun Life Edufair 2017, yaitu sebuah acara yang serat dengan informasi, llmu, hiburan dan pengalaman yang sangat menarik.

Sekilas tentang Sun Life Edufair 2017
PT Sun Life Financial Indonesia  atau lebih dikenal dengan Sun Life kini kembali menggelar acara Sun Life Edufair 2017, dimana acara ini merupakan pameran edukatif tahunan untuk membantu keluarga Indonesia mendapatkan informasi komprehensif seputar kebutuhan pendidikan anak-anaknya.

Acara Sun Life Edufair 2017 ini berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 20 Oktober sampai dengan tangga 22 Oktober 2017 di Mall Kota Kasablanka – Jakarta Selatan. Acara ini melibatkan tidak kurang dari 20 sekolah formal dan 5 sekolah non-formal terbaik di wilayah Jabodetabek, orang tua, serta pakar pendidikan, dan ahli perencanaan keuangan Sun Life.
Salah satu orang tua sedang mengunjungi salah satu stand sekolah untuk bertanya-tanya
Acara Sun Life Edufair 2017 ini memperlihatkan wujud nyata komitmen serta kontribusi yang diberikan Sun Life dalam mengedukasi masyarakat agar memiliki perencanaan keuangan terutama untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan yang terus meningkat setiap tahunnya.

Melalui Sun Life Edufair 2017 ini sepertinya Sun Life ingin memberikan pemahaman mengenai perkembangan dunia pendidikan yang akan terus meningkat sehingga melalui acara ini semakin banyak keluarga Indonesia yang sadar untuk mulai menyusun perencanaan keuangan yang tepat untuk pendidikan anak-anaknya.

Iya perencanaan keuangan untuk pendidikan anak itu sangat penting, karena tidak bisa kita pungkiri, bahwa kini biaya pendidikan setiap tahun sepertinya semakin meningkat, untuk itu mempersiapkan dana pendidikan sejak dini menjadi solusi terbaik agar keberlangsuangan pendidikan anak-anak tetap berjalan lancar.

Bahkan menurut data IPSOS (The Value of Education, Higher and Higher, 2017) ada 86% orang tua di Indonesia memilih mengorbankan tabungan pensiun demi memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak mereka. Hal itu didukung dengan fakta lebih dari 70% orang tua di Indonesia masih mengandalkan pendapatan bulanan untuk biaya pendidikan anak dan seperempatnya mengaku tidak memiliki referensi tentang besarnya dana pendidikan yang harus dialokasikan.

Hal tersebut menunjukan bahwa keluarga Indonesia menempatkan pendidikan sebagai prioritas utama karena mereka meyakini bahwa sekolah merupakan langkah awal dalam meraih kesuksesan untuk masa depan anak-anaknya.  

Makanya melalui acara ini, masyarakat diberi kesempatan untuk menggali informasi lebih dalam dari pakar pendidikan mengenai tema-tema menarik yang hadir di Sun Life Edufair 2017. Ada banyak hal menarik mengenai pendidikan yang dikupas di acara ini, di antaranya seperti bagaimana pola asuh anak di era digital, serta tren pendidikan yang mampu meningkatkan potensi dan daya saing anak.
Kemeriahan acara Sun Life Edufair 2017
Kehadiran tema-tema semacam ini Sun Life sengaja dihadirkan agara para orang tua menjadi lebih memahami bahwa era digital juga berperan penting menambah wawasan anak untuk mencoba berbagai hal baru yang sesuai dengan minat dan aspirasi anak. Untuk itu, Sun Life juga menghadirkan sekolah non-formal, seperti sekolah musik, seni, robotik, coding, fotografi, jurnalistik, bahkan sekolah boga, sebagai referensi bagi keluarga Indonesia dalam membantu mengembangkan potensi anak.

Acara Sun Life Edufair 2017 ini sekaligus momentum yang tepat untuk membangun perspektif terutama bagi generasi muda yang tumbuh di era digital. Perspektif baru ini penting karena memiliki implikasi pada perencanaan keuangan yang sesuai dengan pendidikan yang akan ditempuh. Dengan cara pandang baru yang sesuai dengan perubahan zaman, orang tua di Indonesia diharapkan mampu mempersiapkan perencanaan keuangan yang tepat untuk mendukung keberlangsungan pendidikan putra-putrinya tanpa harus mengorbankan prioritas-prioritas lain seperti yang saat ini masih terjadi.

Talk Show tentang Pola Asuh Lintas Generasi
Dari sekian banyak sesi yang hadir di pangggung Sun Life Edufair 2017, ada salah satu talk show yang menarik perhatian saya, yaitu talk show dengan tema yang membahas tentang bagaimana pola asuh lintas generasi.
Para Narasumber: Bpk Ito (Kiri) - Mba Mona - Moderator (Kanan)
Pada talk show ini tampak hadir Mba Mona Ratuliu dan Bapak Wirasto Koesdiantoro yang berbagi pengalaman dan pengetahuannya dalam mengasuh para buah hatinya. Sebab tidak bisa kita pungkiri, pola asuh anak zaman milenial sekarang dengan dulu pasti akan sangat jauh berbeda.

Perkembangan teknologi digital yang hadir saat ini tak bisa dipungkiri menjadi salah satu tantangan yang kerap dinilai menjadi momok yang menakutkan bagi para orang tua dalam menghadapi para buah hatinya saat ini. 

Kondisi ini dinilai oleh Mba Mona bahwa zaman digital ini juga membuatnya merasa khawatir, sebab keberadaan digital teknologi yang ada tidak hanya menyodorkan segala kabiakan, tapi juga bisa menjerumuskan anak-anak yang masih muda pada hal-hal yang menakutkan dan terlarang.

Meski begitu, Mba Mona mengakui bahwa beliau tidak begitu khawatir karena sudah menemukan cara tentang bagaimana meminimalisir dampak negatif dari kemajuan teknologi yang kini hadir, yaitu bagaimana memposisikan dan mengontrol anak melalui pendekatan sebagai “teman bagi anak”.

Anak zaman sekarang lebih mendengarkan perkataan temannya dari pada orang tuanya, makanya memposisikan diri sebagai sahabat bagi anak adalah penting, supaya anak-anak terbuka selayaknya pada teman sebayanya sehingga kita sebagai orang tua akan lebih mudah mengontrol anak-anak.

Orang tua mempunyai peranan penting dalam hal ini, bukan membatasi kreatifitas pada anak, namun bagaimana orang tua bisa mengontrol anak-anaknya dari hadirnya teknologi seperti lahirnya smartphone saat ini, seperti memberikan contoh dan mengingatkan sang anak untuk menggunakannya dalam hal-hal kebaikan, waktu menggunakannya dibatasi, dan selalu diawasi seperti apa penggunaan smartphonenya secara rutin jangan sampai mengabaikan pendidikannya.

Senada dengan itu, Bapak Wirasto Koesdiantoro selaku Chief Agency Officer Sun Life Indonesia mengungkapkan bawah orang tua harus memperhatikan secara serius bagaimana anaknya menggunakan teknologi yang kini ada, karena teknologi selain menawarkan dampak positif juga memberikan dampak negatif yang perlu diwaspadai oleh para orang tua.

Makanya sebagai orang tua, Pak Ito menuturkan jangan malas mengikuti dan belajar tentang perkembangan teknologi, sebab orang tua juga harus menghadapi dan menyesuaikan diri dengan kehadiran teknologi yang kini ada. 

Bahkan Beliau mengontrol penggunaan teknologi yaitu dengan selalu rutin melakukan pengecekan, karena dengan hal itu diharapkan kemajuan teknologi tidak berdampak negatif terhadap anak-anaknya. Jadi anak-anaknya Pak Ito ttidak boleh menggunakan password atau PIN pada smartphone mereka, sehingga bisa dilakukan pengecekan segala aktivitas anak di handphonenya. Jadi dengan begitu bisa meminimalisir segala hal buruk dari kehadiran teknologi digital yang kini ada.

Peluncuran Bright Education
Pada kesempatan ini, ternyata Sun Life juga meluncurkan Bright Education yang bisa diakses di https://www.brightadvisor.co.id/ yang merupakan portal informasi yang menampilkan profil 25 sekolah di wilayah Jabodetabek yang dapat dijadikan referensi orang tua dalam memilih sekolah yang sesuai dengan minat dan aspirasi anaknya.
Bright Education
Jadi dengan kehadiran portal ini, diharapkan orang tua bisa mendapatkan inspirasi dalam menentukan sekolah terbaik yang sesuai dengan bakat dan minat anaknya. Maka dengan begitu anak-anak akan semakin terlihat mau diarahkan kemana ke depannya, karena menyekolahkan anak pada sekolah yang tepat sesuai hobi, minat dan bakatnya akan membuat anak menjadi semakin gemilang.

Jadi silahkan buat orang tua untuk mengakses Portal Bright Education karena di sini banyak fitur-fitur menarik yang sangat bermanfaat bagi kita sebagai orang tua, diantaranya:
  • Fitur Sekolah merupakan fitur yang akan memberikan informasi lengkap tentang sekolah-sekolah yang berpartisipasi dalam Sun Life Edufair 2017. Informasi tersebut meliputi lokasi, kurikulum, fasilitas di lingkungan sekolah, kegiatan ekstra-kurikuler yang dapat diikuti oleh siswa-siswi, penghargaan yang berhasil diraih oleh sekolah, administrasi, hingga testimoni tentang sekolah dari siswa-siswi dan orang tua. Jadi dengan melihat fitur ini, kita akan mendapatkan gambaran ke sekolah mana kira-kira kelak anak kita mau disekolahkan. 
  • Fitur Perbandingan/Komparasi adalah fitur yang akan memberikan kemudahan kepada kita sebagai orang tua dalam membandingkan sekolah yang diminati dengan cara mudah, dengan memilih tingkat pendidikan, lokasi, nama sekolah, dan mengisi data pribadi. Selanjutnya akan keluar hasil perbandingan secara lengkap yang membantu orang tua menentukan pilihan sekolah yang sesuai dengan keinginan kita, sehingga fitur ini mempermudah kita menentukan sekolah terrbaik untuk buah hati kita.
  • Fitur Kalkulator yaitu fitur yang akan membantu orang tua memproyeksikan dana pendidikan yang dibutuhkan serta menyusun perencanaan keuangan sejak dini. Jadi dengan fitur ini kita akan mendapatkan gambaran tentang seperti apa biaya pendidikan yang harus kita sediakan untuk memberikan pendidikan terbaik pada anak kita.
  • Fitur Artikel ini merupakan fitur yang akan menyajikan berbagai informasi dan tips menarik seputar dunia pendidikan, anak, dan perencanaan keuangan. Jadi dengan berbagai artikel yang ada di fitur ini, kita akan mendapatkan banyak ilmu yang akan meberikan tambahan wawasan kepada kita.
Sungguh bagi saya pribadi, acara Sun Life Edufair 2017 ini benar-benar luar biasa keren, semoga acara ini terus diadakan setiap tahunnya sehingga menjadi sarana yang tepat  untuk mendukung orang tua dalam menemukan pendidikan terbaik untuk anak-anak Indonesia sebagai generasi muda yang lebih baik melalui prestasi yang gemilang.

3 comments:

  1. ini menarik, ada banyak orang tua Indonesia memilih mengorbankan tabungan pensiun demi pendidikan anak-anaknya

    ReplyDelete
  2. acaranya rameee banget ya mas. Aku datang pas hari Minggu dan itu padat. Para orang tua antusias menyiapkan dana pendidikan untuk anak.

    ReplyDelete
  3. betul tuh teknologi bisa jd hal yg positif jika digunakan utk positif :)

    ReplyDelete