Philips LED Arena Experience System Menerangi Stadion Batakan Balikpapan


Alhamdulillah, senang bangat rasanya, akhirnya saya bisa juga menjangkau pulau Kalimantan, iya tepatnya kemarin 05 November 2017 saya berkesempatan menginjakan kaki di Balikpapan - Kalimantan Timur, dalam rangkaian sebuah acara yang sangat menyenangkan bagi saya.
Akhirnya bisa juga menginjakan kaki di Balikpapan :) - Doc. Ibu Lea
Perjalanan ini menjadi perjalanan pertama saya ke Balikpapan dan mengisahkan kesan yang begitu mendalam, terlebih saya kesana bukan dalam sebuah perjalanan biasa, tapi sebuah perjalanan seru yang sangat istimewa.

Iya saya ke Balikpapan ini berkesempatan untuk menonton secara langsung sebuah hajatan akbar pertandingan sepakbola yang bertajuk Balikpapan Masters Cup 2017 yang mempertandingkan dua club bola raksa dunia dengan club bola Indonesia. Dimana para pemain yang hadir diajang ini adalah orang-orang yang memiliki kemampuan sepakbola yang sangat luar biasa dan sudah memiliki nama besar dengan banyak fans fanatiknya. 

Dan yang istimewanya juga dalam perjalanan saya kali ini adalah karena saya bisa melihat secara langsung kemegahan stadion internasional Batakan yang tersohor itu.  


Sekilas Tentang Studion Batakan
Lihatlah betapa megahnya stadion Batakan ini - Doc. Pribadi
Warga Balikpapan menurut saya memang patut berbangga hati dengan kehadiran Stadion Internasional Batakan yang terletak di jalan Mulawarman, Manggar, Balikpapan Tim, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur ini. Stadion ini digadang-gadangkan sebagai stadion paling megah dan canggih di Indonesia karena  mengusung konsep arsitektur dan desainnya sekelas dengan stadion-stadion klub sepakbola terbaik dunia. Bahkan ada yang bilang bahwa stadion ini mirip dengan stadion Emirates Stadium milik klub sepakbola Inggris, Arsenal.

Stadion ini dibangun di atas lahan 18 hektar luasnya dan dapat menampung hingga 40.000 penonton. Dan konon untuk membangun stadion ini menelan biaya yang tidak sedikit, yaitu menelan biaya di atas satu triliun lebih, makanya tidak heran studion ini tampak lebih megah dan luas.

Stadion ini jika saya lihat memang terlihat ada nuansa Eropa yang sangat kental terasa, mulai dari bangunan yang tertutup di bagian tribun hingga tidak adanya lintasan atletik di bagian pinggir lapangan, sehingga penonton bisa menonton dengan jarak yang cukup dekat dengan lapangan.
Stadion Batakan Balikpapan telihat sangat megah dan luas - Doc. Pribadi
Stadion yang mulai dibangun pada 2010 ini sengaja tidak menghadirkan lintasan atletik di pinggir lapangan utama, karena pada dasarnya stadion ini dirancang khusus sebagai tempat berlaganya si kulit bundar saja.

Dan kini Stadion Batakan Balikpapan sudah menjadi icon kota Balikpapan, dan tentunya akan menjadi home base team Beruang Madu  alias Persiba Balikpapan kesebelasan kebanggaan warga Balikpapan.

Semoga dengan adanya stadion baru yang megah ini Persiba Balikpapan kian menjadi club bola yang semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Balikpapan pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.  


Pertandingan Bola Persahabatan
Ajang Balikpapan Masters Cup 2017 - Doc. Uni Dewi
Sungguh sangat menyenangkan bagi saya bisa melihat langsung turnamen segitiga antara para legenda sepakbola dari club bola hebat di ajang Balikpapan Masters Cup 2017 ini. Jadi di ajang ini, para maestro Timnas Indonesia akan melawan legenda dari club Arsenal dan Liverpool dalam ajang pertandingan persahabatan yang berlangsung hanya satu hari yaitu tanggal 5/11/2017 saja.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaaan kita, lagu Indonesia Raya yang dilantunkan oleh Husein Jebolan Indonesian Idol di tengah lapangan dan diikuti oleh seluruh orang yang hadir menonton pertandingan tersebut. Sungguh merinding rasanya bagi saya mendengar lagu Indonesia Raya berkumandang di stadion ini.

Pada perhelatan ini, pertandingan berjalan dengan tiga babak dari tiga tim yang akan bertanding, dan nantinya pertandingan akan berjalan dengan sistem trofeo 3x45 menit. Dimana pertandingan babak pertama tim Indonesia Masters melawan Liverpool Masters, di babak kedua Indonesia Masters berhadapan dengan Arsenal Masters dan dibabak ketiga Liverpool Masters beradu dengan Arsenal Masters.
Para pemain di Balikpapan Masters Cup 2017 - Doc. Uni Dewi
Adapun para pemain dari Tim dari Indonesia Masters yang berlaga di ajang ini di antaranya ada Rocky Pituray, Bima Sakti, Gendut Doni, Maman Abdurahman, Firman Utina, Charis Yulianto, Elly Eboy, Budi Sudarsono, dan Ponaryo Astaman. Sementara untuk Liverpool masters pemainnya di antaranya David James, John Arne, Luis Garcia, Steve McManaman, Emile Heskey, dan Robbie Fowler dan masih ada peain lainnya. Sedangkan tim Arsenal Masters pemainnya terdiri dari Mikael Silvestre, Gilberto Silva, Lauren, Robert Pires dan lain sebagainya.

Sesi pertama tim Indonesia Masters berhadapan dengan Liverpool Masters dimenangkan oleh tim dari Liverpool Masters dengan keunggulan 2:0 atas Indonesia. Dan pada babak kedua pun Indonesia harus mengaku kalah dari tim Arsenal Masters dengan skor terakhir dua gol yang diciptakan oleh Arsenal dan Indonesia hanya mampu membalas satu gol saja. dan Babak ketiga para pemain Liverpool Masters pun mampu menaklukan tim Arsenal Masters dengan skor terakhir 3:1 dan yang akhirnya membuktikan tim Liverpool mampu menjuarai turnamen segitiga bertajuk Balikpapan Masters Cup 2017 ini.
Selamat Liverpool Masters kalian hebat - Doc. Philips Lighting Indonesia
Selamat untuk tim Liverpool Masters yang akhirnya keluar sebagai sang juara di ajang Balikpapan Masters Cup 2017 ini. semoga terus bisa menginspirasi para pesepakbola muda untuk berani bermimpi menjadi pemain bola yang hebat.

Dan saya berharap, ajang semacam Balikpapan Masters Cup 2017 ini terus diadakan, selain untuk membina persahabatan antar negara, pertandingan persahabatan seperti ini juga bisa menjadi wadah belajar untuk memberikan gairah dan semangat baru bagi para generasi muda Indonesia, khususnya anak-anak muda Balikpapan untuk berani mengasah bakat bermain bolanya supaya bisa menjadi pemain hebat seperti para pemain dunia tersebut.


Pertunjukan lampu Stadion yang Memukau
Permainan pencahayaannya sangat indah di Stadion Batakan - Doc. Pribadi
Kemegahan stadiun Batakan milik Balikpapan ini memang layak dibanggakan, selain ukurannya yang besar dan luas, ternyata stadion ini juga merupakan stadion pertama di Indonesia yang sudah mengguakan konsol pencahayaan eksternal sehingga stadion ini bisa menawarkan ruang serbaguna untuk kegiatan berolahraga dan juga sekaligus untuk ajang hiburan berkualitas tinggi.

Penerapan pencahayaan di stadion ini menggunakan lampu dari Philips Lighting, yang mana kita semua tahu bahwa Philips Lighting merupakan pemimpin dunia dalam pencahayaan makanya stadion Batakan ini semakin terlihat menawan di malam hari karena sudah menggunakan Philips LED Arena Experience System untuk menerangi arena stadion Batakan Kalimantan ini.

Makanya meskipun pertandingan sepakbola berlangsung pada malam hari, namun pencahayaan di stadion ini semakin terasa berbeda, suasana di lapangan bola tetap terlihat terang benderang seperti suasana siang hari. 

Jadi pencahyaan di stadion ini terlihat indah karena Philips Lighting sudah memasang sekitar 272 lampu sorot Philips LED Arena Vision dengan luminer yang dapat menjembatani kesenjangan antara pencahayaan untuk keperluan hiburan dan pencahayaan untuk mendukung jalannya pertandingan olahraga yang digunakan di arena stadion Batakan ini.
Permainan pencahayaan di Stadion Batakan sangat indah - Doc. Pribadi
Penggunaan Philips LED Arena Vision dirancang khusus untuk aplikasi pencahayaan lapangan olahraga dan stadion multifungsi yang canggih, dimana pencahayaan yang dihasilkan akan menawarkan kualitas pencahayaan yang luar bisa keren, bahkan manajemen termal yang efektif dengan masa pakai yang panjang.

Bahkan sistem pencahayaan ini ternyata sudah memanfaatkan kemajuan teknologi LED terbaru yang bisa memberikan solusi untuk pencahyaan arena olahraga yang mendukung standar penyiaran televisi sehingga kualitas tayangan di televisi tetap bagus dan tidak berkedip untuk HDTV.

Dan canggihnya lagi, pencahayaan di stadion ini juga sudah dilengkapi dengan platform control yang menciptakan pengalaman pencahayaan yang benar-benar luar biasa keren yang dapat diakses dari jarak jauh menggunakan tablet. Dan di stadion ini sudah dipasang Philips Arena Experience menggunakan DMX Control System yang memungkinkan antarmuka luminer pencahayaan pertandingan olahraga dengan konsol pencahayaan ekternal untuk menciptakan perpaduan pencahayaan acara hiburan yang istimewa, yaitu menawarkan variasi konfigurasi lampu sorot yang luas untuk menciptakan efek yang lebih dramatis yang akan memberikan pengalaman luar biasa bagi para penontonnya.

Penggunaan pencahayaan dari Philips Lighting ini membuat stadion bertaraf internasional ini terlihat semakin mewah, karenanya pencahyaannya memiliki kualitas yang tinggi sehingga membuat pemain dan penonton tetap aman, nyaman dan fokus pada pertandingan bola. Selain itu, penerapan pencahayaan LED dari Philips ini juga lebih hemat energi dengan perawatan yang efisien sehingga akan sangat membantu mengurangi biaya operasional.
Mr. Vikas Rana - Doc. Pribadi

Dan pada kesempatan ini, saya pun berkesempatan bertemu dengan Mr. Vikas Rana yang merupakan Team Leader Lighting Application & Specifier Philips Lighting Indonesia. Beliau merupakan salah satu orang yang terlibat dalam desain pencahayaan stadion Batakan Kalimantan ini. 

Dalam kesempatan tersebut, Beliau sempat menjelaskan tentang bagiamana cara kerja dari desain cahaya yang ada di stadion Batakan ini. Beliau menuturkan bahwa “Kami menanamkan kecerdasan pada sistem pencahayaan kelas dunia kami dan menghubungkannya melalui perangkat lunak untuk dapat mengelola, memantau dan mengendalikan aset-aset pencahayaan.”
Permainan pencahayaannya sangat indah bangat ya - Doc. Pribadi
Saya benar-benar menikmati permainan cahaya lampu yang begitu indah di stadion Batakan ini, Philips Lighting menurut saya sudah berhasil mendukung bagaimana menciptakan arena olahraga dengan pencahayaan terbaik dan juga sebagai ruang untuk ajang pertunjukan dengan permainan lampu yang spektakuler.

Saya berharap akan banyak lagi stadion bola di Indonesia yang memiliki desain yang bagus dan juga tata cahaya yang menawan seperti di Batakan ini, karena tidak bisa kita pungkiri keindahan dan kenyamanan di sebuah studion akan membuat penonton menjadi lebih nyaman.

Oh iya, jika kita menelisik lebih seksama stadion Batakan ini, terlihat bahwa dalam perancangan untuk tata pencahayaan sengaja diciptakan dan diinstall sebuah sistem yang mensuport tidak hanya untuk kegiatan olahraga, tetapi juga bisa digunakan untuk kegiatan lain seperti hiburan, konser dan kegiatan lainnya.

Bapak Rafiq - Doc. Pribadi

Seperti yang dituturkan oleh Bapak Muhammad Rafiq selaku Business to Business and User Marketing Manager Philips Lighting, mengatakan bahwa kini dalam merancang sebuah bangunan atau stadion banyak hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan supaya bisa berdaya guna dan harus dipikirkan untuk jangka panjang, sepertinya hal ini pun sudah dilakukan di Stadion Batakan ini.

Dimana kehadiran sebuah stadion sekarang diusahakan bukan hanya sebagai temat untuk berolahraga saja, tapi bisa memberikan manfaat lebih dari sekadar itu. Untuk itu, Philips Sport Lighting akan membuat tampilan sebuah stadion menjadi sangat berbeda dari segi pencahayaannya sehingga akan menciptakan sesuatu pengalaman yang berbeda dari beberapa hal berikut ini:
  • Gets people excited, yaitu bagaimana membuat orang-orang merasa excited dengan melihat sebuah keindahan pencahyaan yang ada disebuah stadion secara langsung ataupun bagi orang-orang yang hanya melihatnya dari layar kaca saja di rumah. Jadi memberikan kenyamanan melalui pencahyaan itu tidak hanya penting bagi para pemain bola tetapi juga sangat penting untuk memanjakan fansnya. Karena tidak bisa kita pungkiri, keberhasilan sebuah club bola adalah terletak dari banyaknya jumlah fansnya. 
  • Creates Flexibility yaitu bagaimana sebuah stadion atau gedung dirancang untuk beragam kegiatan. Jadi sebuah stadion dibuat sangat fleksibel untuk kegiatan yang serba guna, jadi selain untuk berolahraga, tapi bisa juga untuk kegiatan lainnya seperti konser, tabliq akbar, kampanye dan lain sebagainya. Make money from the building, hal ini perlu dilakukan agar stadion tersebut tetap terlihat hidup dan berpenghasilan. Karena tidak bisa dipungkiri biaya perawatan sebuah stadion tentu saja sangat besar, jadi jika hanya mengandalkan turnamen olahraga mungkin biaya operasional tidak bisa tertutupi. Jadi dengan stadion yang bersifat fleksibel ini diharapkan bisa mendatangkan penghasilan tambahan bagi stadion itu sendiri. 
  • Gives you peace of mind, yaitu bagaimana Philips Lighting hadir untuk memberikan semua sistem, layanan dan produk dalam satu solusi terpadu sehingga pemilik stadion tidak perlu pusing mikirin semua itu karena semua sudah tersedia. Semua ini dilakukan oleh Philips Lighting untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan kepada penggunanya tanpa perlu pusing memikirin semua itu. 
  • Achieves Maximum Efficiency yaitu ketika mendesain sebuah stadion, misalnya dalam hal ini tentang memilih lampu untuk terang, maka kita harus bisa memperhatikan bagaimana manfaat tertinggi dari lampu tersebut, yaitu tidak hanya memberikan terangnya saja, tetapi juga harus memberikan kenyamanan bagi mata. Philips memiliki care ability untuk lighting sehingga dengan investasi yang optimal maka kita bisa mendapatkan terang dan kenyamanan yang maksimal.
Selain itu, perlu juga kita pahami, bahwa hal yang terpenting juga harus diperhatikan adalah Human Centric Lighting, yaitu bagaimana penerapan pencayaan itu harus memberikan kenyamanan bagi manusia atau orang yang menggunakannya. Sehingga jika di stadion tersebut tidak ada orang maka lampunya tidak perlu dinyalakan, karena pada prinsipnya, keberadaan pencahayaan itu diperuntukan bagi orang-orang yang menggunakan stadion tersebut. 
Beginilah kinerja lighting untuk Stadion Batakan dari Ruang Kontrolnya - Doc. Pribadi
Bahkan yang tak kalah penting juga adalah bagaimana penerapan pencahayaan tersebut harus memperhatikan berbagai aspek, seperti kebutuhan sponsor, audience, siaran langsung televisi, semua diperhatikan agar jangan sampai pencahayaan yang dihasilkan merugikan para sponsor dan kurang nyaman orang yang menonton secara langsung ataupun melalui televisi di rumah.

Untuk keperluan broadcasting ini, sangat penting memperhatikan kualitas pencahayaan, karena jangan sampai ada flicker karena itu akan menggagu hasil tayangan sebuah televisi, dan untuk itu penggunaan lighting dari Philips sangat memperhatikan hal tersebut supaya gambar yang dihasilkan tetap bagus.

Philips Lighting selalu ingin memberikan experience design terbaik sebagai jawaban atas kebutuhan audiens untuk masa yang panjang dan sekaligus membuka arus pendapatan baru untuk gedung yang dibuatnya. Dan tak bisa dipungkiri, terintegrasinya teknologi yang menghubungkannya dengan sistem pencahayaan terbaik akan menghasilkan sebuah pertunjukan yang memukau, namun dengan biaya yang efisien dan tetap memaksimalkan potensi dari bangunan tersebut.

Maka dengan begitu, semoga ke depan semakin banyak gedung-gedung yang memiliki konsep yang mengedepankan experience design sehingga memberikan manfaat kepada pengguna dengan merasakan kenyamanan dan begitu juga bagi pemilik gedungnya merasakan keuntungan yang maksimal.
Permainan lampu bisa dikontrol dari jauh loh - Doc. Pribadi
Dan perlu diketahui, kinerja dari Philips Lighting ini dalam membuat konsep pencahayaan terbaik sudah banyak digunakan diberbagai stadion bola dunia loh, diantaranya Amsterdam arena, Philips stadium SPV, Stamford Bridge Chelsea – London UK, Cairo Stadium Indoor Hall - Cairo Egypt, dan lainnya. Namun ternyata Philips Lighting ini bukan hanya untuk stadion bola saja loh, tapi juga sudah diterapkan untuk pencahyaan taman, aquatics centers, athlete village bahkan selalu hadir juga di acara international summer and winter games di berbagai Negara tiap tahunnya, juga hadir di soccer tournament di berbagai Negara, F1 GP race track di Singapore, dan DNB arena Stavanger Norway pada tahun 2012 untuk ice Hockey Club Stavanger Oilers dan lain sebagainya.

Untu itu, saya berharap di Indonesia akan hadir lebih banyak lagi stadion bola yang mempunyai bangunan yang megah dan sistem pencahayaan dari Philips Lighting yang memukau seperti stadion Batakan milik Balikpapan ini, sehingga akan memberikan tempat bermain dan menonton bola yang layak dan nyaman bagi para pecinta bola.  

No comments:

Post a Comment