Tips Berlibur Akhir Tahun yang Menyenangkan




Libur akhir tahun sebentar lagi akan tiba, tinggal menghitung hari ya, tidak terasa tahun baru 2018 akan datang dan tahun 2017 akan segera tutup buku. Teman-teman sudah punya wacana akan liburan akhir tahun kemana nggak? Ayo kita liburan yok! :)
 
Dan berbicara tentang liburan seperti ini, seketika saya jadi ingat lagunya Tasya yang berjudul “Libur Telah Tiba”. Iya, dulu waktu kecil rasanya gembira sekali jika dengar kata libur, itu artinya bisa puas bermain dan melupakan belajar sejenak. Hahaha

Tapi sekarang pun saya juga sangat bahagia jika dengar kata libur, karena itu artinya saya bisa santai sejenak dan rehat dari segala rutinitas pekerjaan yang saya geluti setiap harinya. Iya, kini liburan bagi saya adalah sebuah kebutuhan. 

Dan pada liburan kali ini saya sih pengen liburan di kampung saja, iya saya akan pulang kampung akhir tahun ini, libur bersama keluarga di kampung dan menjenguk kenangan manis masa kecil yang ada di sana. 

Pulang kampung adalah salah satu liburan yang paling membahagiakan buat saya, sebab di kampung banyak kenangan manis yang tidak bisa saya lupakan di hidup saya. Bisa berkumpul dan ngobrol banyak hal sama keluarga, menikmati masakan rumah yang selalu saya kengenin saat di rantauan, dan juga bisa melihat tempat-tempat kenangan masa saya kecil dulu. Semua itu sangat membahagiakan.

Iya, meninggalkan rutinitasa dan pergi melepaskan segala penat dengan mengunjungi tempat yang sangat ingin kita datangi biasanya akan memberikan cerita baru, pengalaman baru dan juga semangat baru untuk melanjutkan hidup ini.  

Itu hanya segelintir manfaat berlibur yang saya rasakan. Tapi tahu nggak sih bahwa berlibur itu banyak manfaat lainnya?

Menurut sebuah penelitian dalam Journal Applied Research in Quality of Life menunjukan bahwa rasa bahagia yang didapat oleh orang-orang yang berlibur akan meningkat tajam dibandingkan mereka yang tidak liburan. Tidak hanya itu, satu kali liburan juga dapat membuat seseorang merasa bahagia selama 8 bulan. Bahkan, Jeroen Nawijn sang kepala penelitian mengatakan, “Tidak ada orang yang lebih bahagia selain mereka yang menikmati liburan.

Tidak hanya itu loh, bahkan penelitian lain dari dari The Global Commission on Aging and Transamerica Center di Amerika Serikat mengatakan bahwa liburan dapat membuat kita bisa awet muda loh. Tidak hanya itu, liburan juga bisa membantu memuluskan kulit, karena dengan berlibur, rasa stress hilang, rasa senang pun meningkat. Hal ini bisa menunda lebih lama munculnya masalah kulit seperti keriput dan gejala penuaan dini.
 
Jadi gimana, sudah tahu mau berlibur kemana akhir tahun nanti? 

Jika belum ada wacana, masih ada waktu buat menentukan mau berlibur kemana untuk menyambut pergantian tahun baru nanti. 

Dan berbicara tentang tempat tujuan wisata, kebetulan kemarin tanggal 6 Desember 2017, saya menghadiri acara bertemakan “Menyambut libur akhir tahun yang meriah!” yang diadakan oleh Mobil123 sebagai Portal Otomotif No. 1 di Indonesia bersama MSGI Indonesia di The Hook Senopati yang beralamat di Jl. Cikotamas II No. 35 RT.4/4 Kabayoran Baru Jakarta Selatan.
Bapak Bernardus sedang menjelaskan tentang bagaimana menyambut tahun baru yang meriah
Tema ini sengaja diangkat dalam talkshow kali ini karena memang sebentar lagi akan ada libur panjang akhir tahun yang juga sekaligus bertepatan dengan liburan sekolah. Jadi melalui moment ini, Mobil123 dan MSIG ingin mangajak masyarakat untuk memanfaatkan libur panjang tersebut untuk berlibur dan merayakan akhir tahun dengan meriah.     

Di acara ini, Bapak Bernardus P Wanandi selaku Vice President Director dari MSGI menyinggun tentang kebiasaan orang-orang menghabiskan waktunya saat berlibur dengan mengunjungi berbagai tempat pariwisata yang sangat indah yang ada di seluruh penjuru dunia.

Dan Beliau pun memberikan contoh beberapa referensi tempat-tempat wisata yang menjadi tujuan berlibur yang menjadi destinasi impian favorit banyak orang untuk menghabiskan libur akhir tahunnya, seperti yang ada pada gambar di bawah ini.
Destinasi Liburan Favorit di dalam dan Luar Negeri
Semoga saja daftar tempat wisata yang ada di dalam dan luar negeri tersebut bisa menjadi pilihan alternatif berlibur yang mungkin bisa teman-teman jadikan rujukan. Jadi dari sekarang sudah bisa siapkan segala sesuatunya, supaya nanti liburan akhir tahunnya bisa benar-benar meriah dan menyenangkan.

Dan berikut ini adalah tips berlibur menyambut tahun baru yang meriah dan menyenangkan selama meninggalkan rumah:
1.  Kita harus rencanakan kemana tujuan kita akan berlibur. Hal ini penting supaya nanti kita bisa menghitung biaya perjalanan dan segala akomodasinya, termasuk di sana nanti akan mengunjungi tempat wisata apa saja. semua sebaiknya dibuat perencanaan yang detail supaya liburannya nanti tetap asyik.

2. Pastikan, mau liburan dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi jelas kita harus cek segala sesuatunya, surat-surat kendaraan termasuk kondisi kendaraan tersebut memungkinkan untuk perjalanan jauh atau tidak. Tetapi jika kita berlibur dengan kendaraan umum, maka ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, diantaranya:
      • Pesan tiket lebih awal. Iya ini penting loh, karena libur akhir tahun itu banyak bangat oranng yang juga berburu tiket. Jadi untuk menghindari tiket mahal atau habis, lebih baik pesan tiket jauh-jauh hari, dan untuk mendapatkan harga yang kompetitif bisa dicek dulu dibeberapa situs online sebelum membeli tiket.
      • Kita harus menghitung berapa banyak biaya yang akan kita kita keluarkan selama perjalanan tersebut, dan jangan lupa untuk membawa uang tunai secukupnya untuk menghindari sulitnya menemukan ATM.
      • Bawa barang seperlunya saja, dan pastikan identitas diri tidak ketinggalan, untuk itu siapkan satu tas kecil yang khusus untuk menyimpan dompet, handphone, dan tiket.
      • Selama berlibur sebaiknya jangan menggunakan perhiasan yang mencolok karena itu bisa memicu terjadinya tindak kriminalitas.  
3.  Jangan lupa pesan hotel. Ini penting supaya kita tidak tidur di sembarag tempat. Kecuali di tempat kita berwisata kita punya kerabat atau sahabat yang bisa memberikan kita penginapan tidak masalh. Terkait pemilihan hotel ini, ada beberapa hal yang haus diperhatikan:
      • Lokasinya harus yang mudah dijangkau oleh kendaraan terutama kendaraan umum, tidak jauh dari tempat wisata, dan harus berada di lokasi yang aman.
      • Cari hotel dengan harga yang sesuai budget, jika memesan hotel secara online, coba bandingkan dengan platform lain sebelum pesan hotel.
      • Sesuaikan fasilitas hotel dengan kebutuhan, jangan sampai kita membayar mahal untuk fasilitas yang tidak sebetulnya tidak kita butuhkan.
      • Jangan lupa cari tahu juga bagaimana kesan orang-orang yang pernah menggunakan hotel terebut melalui traval e-commerce atau coba digoogling
4.  Jangan lupa siapkan alat komunikasi yang memadai, ini penting loh supaya kita tetap bisa berkomunikasi dengan orang dari mana saja. Makanya kita harus siapkan kartu dan kuota internet yang memiliki jaringan yang baik, untuk itu kita bisa cari infromasi dulu, di daerah yang kita tuju tersebut provider apa yang bagus di sana, jadi kita tetap bisa sharing foto dan video selama kita berlibur di sosial media, ya hitung-hitung membantu mempromosikan pariwisata iya nggak? Hehehe

5. Jangan lupa bawa kamera. Jadi selain mengandalkan handphone, jika memiliki kamera sebaiknya dibawa saja, takutnya batrai handphone kamera kita juga cepat lowbat. Sebab sangat sayang jika pemandangan indah dan pengalaman seru yang kita temuai selama liburan tidak diabadikan.

6.   Lebih suka liburan solo traveling atau group traveling? Dua-duanya ada kelebihan dan kekurangannya ya. Jika pergi rame-rame kita bisa menghemat dari segi perbekalan dan persiapan. Tapi bagi yang malas ribet dengan jalan bergerombol dengan orang lain tentu lebih cocok untuk melakukan solo traveling supaya lebih bebas mau ngapain saja. Dan untuk yang senang untuk solo traveling ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini:
      • Jangan lupa buat itinerary dan menginformasikan kepada orang terdekat kita agar mereka bisa melacak keberadaan kita jika terjadi sesuatu.
      • Jangan memberitaukan orang asing bahwa kita sedang solo traveling, bilang saja bahwa kita lagi menunggu teman atau keluarga yang jemput.
      • Hindari berpenampilan yang membuat kita menjadi pusat perhatian seperti memakai pakaian yang mencolok atau menggunakan gadget mahal di tempat umum.
      • Dan pastinya kita harus melindungi diri kita dengan Asuransi Perjalanan yang bisa memberikan jaminan komprehensif.
7.  Pastikan rumah aman saat liburan. Ini sangat penting bangat nih, jangan sampai saat kita liburan ada terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi di rumah kita. Untuk itu sebelum bepergian liburan sebaiknya kita melakukan hal-hal berikut ini:
      • Kita harus cabut semua kabel alat-alat elektronik dan cabut aliran tabung gas dari kompor. Dan kita sebaiknya menutup rapat wadah berisi minyak atau pemicu api lainnya, serta simpan pematik api dan rokok dilokasi yang sulit dijangkau.
      • Kunci seluruh akses masuk rumah, seperti pintu dan jendela, termasuk pagar dengan baik dan benar.
      • Simpan barang-barang berharga di lemari yang terkunci dan tersembunyi.
      • Matikan seluruh keran air dan meletakan ember di titik-titik kebocoran untuk menampung air hujan bila diperlukan.
      • Dan ada baiknya kita memberitahukan ketua RT atau tetangga seberapa lama kita pergi berlibur dan meminta bantuan satpam untuk mengecek rumah kita secara berkala.
      • Jangan menyebarkan informasi di sosial media jika kita sedang berlibur dan rumah dalam kondisi kosong, takutnya ada pihak yang memanfaatkan kondisi ini untuk berbuat jahat.
      • Dan ada baiknya kita melindungi rumah kita dengan asuransi yang memberikan perlindungan komprehensif.
Mungkin ada yang menanyakan kenapa kita harus melindungi diri dan rumah kita selama berlibur dengan asuransi? Itu pilihan sih, tapi sangat baik dilakukan saja, karena kita tak akan pernah bisa menerka apa saja yang akan terjadi selama kita pergi berlibur tersebut.

Sebab dengan melindungi diri dengan asuransi maka kita bisa mencegah hal-hal yang tidak inginkan seperti: Rencana Penerbangan ditunda atau bahkan dibatalkan, Kehilangan bagasi, dokumen perjalanan, uang maupun barang pribadi, Menderita sakit selama ditempat tujuan, Meninggal Dunia / Cacat Tetap Akibat Kecelakaan, atau Perlindungan terhadap perabot rumah tangga karena kebakaran selama dalam perjalanan.

Jadi jika kita mengalami semua hal di atas maka kita bisa klaim dan mendapatkan ganti ruginya. Makanya tidak ada ruginya melindungi diri dengan asuransi selama berlibur, apalagi menggunakan asuransi berlibur dari MSIG Travel Insurance.

Emang apa sih kelebihan dari MSIG Travel Insurance? Kelebihan MSIG Travel Insurance ini dibandingkan dengan asuransi yang lain yaitu:
  •  Memberikan santunan untuk keterlambatan penerbangan diberikan per 3 jam  
  • Menanggung paket asuransi keluarga besar manfaat berlaku untuk masing-masing tertanggung sebesar 100% 
  • Preminya juga sangat murah, mulai dari Rp. 23.000
  • Bisa memberikan perlindungan atas isi rumah yang ditinggalkan akibat kebakaran 
  •  Juga bisa untuk melindungi hobi kita yang senang berolahraga ekstrim seperti panjat tebing, hiking/tracking, dll                
Jujur saya baru dengar ada asuransi perlindungan dengan premi semurah ini apalagi untuk membeli asuransi dari MSGI ini benar-benar mudah yaitu kita bisa langsung mengakses websitenya www.msigonline.co.id. Jadi tidak ada ruginya melindungi diri dan juga rumah dengan asuransi selama liburan supaya kita bisa menikmati liburan dengan aman dan tenang selama meninggalkan rumah. 

Apalagi pembelian asuransi dari MSIG ini menurut saya sudah memberikan rasa aman karena MSIG sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), selain itu sangat mempermudah kita juga untuk melakukan pembayaran dengan hadirnya metode pembayaran yang beragam. Selain itu, ePolicy juga langsung dikirimkan melalui email setelah pembayaran diterima, dan jika ada hal yang ingin ditanyakan kita bisa melakukan kontak melalui Live Chat dengan admin yang siap melayani kita selama hari dan jam kerja.

***
Jadi menurut saya sangat penting sih mempersiapkan segala sesuatu seperti yang sudah diuraikan di atas, supaya liburan bisa berjalan lancar. Jadi gimana teman-teman sudah siap pergi berlibur?

Semoga tips di atas bermanfaat ya, dan tidak lupa saya ucapkan selamat menyambut libur panjang akhir tahun semoga liburannya lancar, aman dan menyenangkan ya teman-teman. Aamiin…

8 comments:

  1. Wah, pas banget nih... Musim liburan banyak penawaran menarik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ris, penawaran ini akan berlaku kapanpun karena liburan sudah menjadi kebutuhan :)

      Delete
  2. ayo liburaaaan, tapi liburan dalam kota aja deh, kebayang pasti bakalan rame kalo keluar daerah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liburan di dalam atau di luar kota sama-sama serunya kalo bersama orang-orang tercinta ya Mba Evrina :)

      Delete
  3. Nyok ah liburan bareng lagi. Akhir akhir ini Mak br kpikiran loh untuk mempersiapkan liburan dan ternyata ada juga ya asuransi utk penikmat travelling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Maaak, liburan ke negeri tetangga boleh juga tuh maak, iyaa pake asuransi supaya liburannya tenang dan Manaak :)

      Delete
  4. MSIG proses klaim dan kasih benefitnya gila2an ya? Terutama buat asuransi perjalanan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh, makanya cocok bangat pake MSIG untuk melindungi hobi kita traveling :)

      Delete