Serunya Wisata Tour di Pabrik AQUA Cianjur


Hallo teman-teman, ini masih lanjutan cerita sebelumnya ya, Serunya jalan-jalan ke Cianjur (Bagian 1). Jika di hari pertama kami puas ke green house dan memetik Paprika di kampung Tabrik, menanam pohon dan main di Curug Goong, maka di hari kedua ini kami akan menikmati serunya berwisata tour di Pabrik AQUA Cianjur. 

Iya pada kesempatan ini, kami akan diajak keliling melihat-lihat bagaimana proses lahirnya minuman kemasan AQUA dari awal hingga akhir dan siap dipasarkan di masyarakat. Sungguh pengalaman yang sangat menyenangkan dan patut saya syukuri karena saya yakin tidak semua orang berkesempatan untuk mengelilingi Pabrik AQUA seperti saya saat ini.

Sekelumit cerita tentang  AQUA CIANJUR
Sebelum memulai tour di Pabrik AQUA Cianjur ini, kami pun mendapatkan banyak informasi menarik seputar perjalanan atau sejarah singkat perjalanan AQUA dari awal beridirinya hingga saat ini yang dijelaskan oleh Bapak Warsono selaku Manager CSR AQUA Cianjur.  
Bapak Warsono menceritakan tentang AQUA Cianjur
Dari Beliau saya mendapatkan penjelasan singkat tentang Pabrik AQUA Cianjur. Dimana ternyata AQUA Cianjur ini memiliki luas area sekitar 12,5 hektar secara total. Tetapi dari luas lahan sebanyak itu, hanya digunakan 4,5 hektar untuk bangunan berupa gedung pabrik, sedangkan sisanya merupakan area terbuka hijau yang dijadikan sebagai area taman keanekaragaman hayati. 

Pabrik AQUA Cianjur yang dipimpin oleh Bapak Novan Yulianto ini memiliki visi yang sangat bagus yang disebut TEAM, yaitu:
  • To the best safety, quality & performance yaitu menjadikan pabrik AQUA Cianjur sebagai pabrik terbaik dalam safety, quality dan performance. 
  • Environment sustainability diharapkan secara berkelelanjutan Pabrik Cianjur menjadi tempat yang aman, nyaman, ramah lingkungan, dan taat peraturan. 
  • Agile People yaitu menjadikan karyawan pabrik Cianjur memiliki kinerja yang berkualitas dan produktif untuk mencapai tujuan bisnis. 
  • Maintenance Excellent yaitu menjadikan maintenance di pabrik Cianjur sebagai cara untuk meningkatkan performance dan profit bisnis.
Proses produksi AQUA di Pabrik ini berlangsung selama 24 jam dengan tiga kali shift, jadi satu shift bekerja selama 8 jam. Dan karyawan yang bekerja di sini berjumlah 376 orang yang merupakan karyawan tetap, dan sebanyak 124 yang bukan karyawan tetap alias outsourcing.  

Dan area produksi Pabrik AQUA Cianjur ternyata terdiri dari 5 line atau 5 area produksi, yakni Line 1.600 ml, Line 2 330 ml, Line 3 600 ml, Line 4 1.500 ml, dan Line 5600 ml yang baru berusia setahun. Dimana jumlah produk setiap line berbeda-beda, misalnya untuk yang 1500 ml ternyata bisa diproduksi sebanyak 32.000 botol per jam, dan untuk ukuran 600 ml bisa diproduksi sebanyak 54.000 botol per jam.

Oh iya, ada info menarik buat para perempuan yang bekerja di Pabrik AQUA Cianjur ini, ternyata mereka mendapatkan cuti melahirkan selama 6 bulan loh. Makanya dengan waktu cuti selama ini diharapkan para Ibu yang habis melahirkan bisa benar-benar pulih dan kuat untuk kembali bekerja lagi. dan saya baru dengar ada cuti sepanjang ini untuk para Ibu yang melahirkan. Salut!
  

Penjelasan Singkat tentang sejarah AQUA Secara Umum
Setelah mengetahui sedikit tentang AQUA Cianjur, maka selanjutnya ada Bapak Michael yang menjelaskan tentang AQUA Secara umum, sejak berdirinya hingga sepak terjangnya saat ini.
Bapak Michael menjelaskan tentang perjalanan AQUA - Doc. Mas Gayuhedi
Ternyata perusahaan AQUA hadir pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo dengan nama PT Golden Mississippi yang didirikan sebagai pelopor perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) pertama di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi. Lalu pada tahun 1984 Pabrik AQUA kedua didirikan di Pandaan di Jawa Timur, sebagai upaya agar lebih mendekatkan diri pada konsumen yang berada di wilayah tersebut.  

Lalu pada tahun 1998 tepatnya pada tanggal 4 September 1998, AQUA dan grup Danone sepakat untuk bergabung. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk dan menempatkan Aqua sebagai produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) yang terbesar di Indonesia. Dan pada tahun 2000 AQUA meluncurkan produk berlabel Danone-AQUA seperti yang ada pada kemasan AQUA saat ini.

Hingga saat ini AQUA sudah memiliki 19 pabrik di seluruh Indonesia yang terletak di berbagai daerah, yaitu 4 perusahaan Aqua di Sumatera, 7 di Jawab Barat, 2 di Jawa Tengah, 2 lagi di Jawa Timur, dan sisanya tersebar di Bali, Manado dan hingga Brunei Darussalam.

Dan sejauh ini AQUA mengemas air minum dari sumber mata air terpilih dengan segala kemurnian dan kandungan mineral alami yang terpelihara. AQUA dikemas dengan proses higienis dalam beberapa ukuran kemasan botol plastik yaitu seperti kemasan 330 ml, 600 ml, 750 ml dan 1500 ml serta kemasan gelas plastik ukuran 240 ml dan kemasan galon 19 liter. Jadi kemasannya sangat komlit bangat ya, tinggal kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita.

Dan perlu diketahui, bahwa AQUA tidak hanya terus membangun perusahaannya, tapi juga memikirkan bagaimana mendaur ulang botol plastiknya, maka pada tahun 1993 AQUA sudah menyelenggarakan program AQUA Peduli (AQUA Cares) dengan melakukan daur ulang botol plastik AQUA menjadi materi plastik yang dapat digunakan kembali, yaitu memberdayakan pemulung dan bekerjasama dengan LSM yang mengelola plastik. Dan program ini masih berlanjut hingga saat ini.


Prinsip dasar AQUA Lestari
Sebuah perusahaan sebesar AQUA ini sudah pasti selalu menerapkan pendekatan berbasis masyarakat dalam menjalankan program-program sosialnya. Namun untuk mewujudkan program tersebut, AQUA akan melakukan kemitraan dengan masyarakat, pemerintah daerah atau para pemangku kepentingan yang lain untuk mewujudkan hal tersebut.

Pelaksanaan program sosial ini merupakan tanggung jawab sosial perusahaan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah menjadi bagian dari kebijakan strategis AQUA diwujudkan di bawah payung AQUA Lestari yaitu perkembangan berkelanjutan berbasis masyarakat.

AQUA adalah perusahaan yang selalu menjaga keseimbangan antara keberlanjutan bisnis dengan kelestarian alam untuk Indonesia yang lebih sehat. Makanya AQUA memiliki empat pilar utama yang menjadi prinsip dasar AQUA Lestari yang selalu diterapkan untuk mewujudkan hal tersebut, yaitu:
  •  Perlindungan Sumber Daya Air yaitu  AQUA berkontribusi dalam melindungi sumber daya air tanah secara menyeluruh dengan mengembalikan air ke dalam ekosistem, menggunakan air secara bertanggung jawab dan meningkatkan akses air bersih untuk masyarakat. Dimana hal ini diwujdukan melalui upaya seperti:
    • Menjaga sumber daya air untuk keberlanjutan lingkungan dan bisnis bersama masyarakat serta pemangku kepentingan. Kami menjaga kuantitas dan kualitas air di Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan menginisiasi penelitian hidrogeologi, program konservasi, dan pembentukan forum pengguna air untuk memastikan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dalam mengelola DAS.
    • Pemanfaatan air secara efisien dan perlindungan kualitas air dari cemaran bahan kimia melalui program pertanian yang ramah lingkungan seperti program ecofarming.
    • AQUA menjamin penggunaan air untuk produksi dapat dilakukan sehemat mungkin dengan mendaur ulang air sisa produksi untuk keperluan domestik, sehingga tidak ada air yang terbuang dalam proses produksi, serta memastikan efisiensi pemanfaatan air untuk proses produksi.
    • AQUA juga memastikan bahwa setiap tetes air yang menjadi limbah produksi aman bagi lingkungan melalui penggunaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Industri yang sesuai dengan standardisasi Badan Lingkungan Hidup (BLH) di setiap wilayah operasional AQUA.
    • AQUA terus mengembangkan program untuk meningkatkan akses air bersih, sanitasi, dan penyehatan lingkungan bagi masyarakat di sekitar pabrik dan wilayah operasional AQUA di Indonesia yang masih kekurangan akses air bersih.
  • Pengurangan CO2 yaitu AQUA memerangi perubahan iklim dengan mengurangi jejak karbon serta meminimalisir pelepasan karbon ke udara. Hal ini dilakukan dengan cara:
    • Melakukan pengurangan pemakaian energi, misalnya dengan menghemat pemakaian listrik per 1.000 liter produk, merancang ulang proses, mengganti peralatan, serta mendorong perubahan perilaku individu untuk dapat menahan emisi gas rumah kaca.
    • Selain itu, dilakukan juga pengembangan energi alternatif yang ramah lingkungan, seperti Used Cooking Oil (UCO), biogas dan panel tenaga surya.
  • Optimalisasi Kemasan dan Pengumpulan Sampah yaitu Kemasan AQUA menciptakan siklus hidup baru untuk seluruh kemasan plastik yang ada di pasaran, mengoptimalkan pengumpulan sampah secara bertanggungjawab, serta menuju kemasan yang 100% dapat didaur ulang. Hal ini dilakukan dengan cara:
    • AQUA selalu berupaya bertanggung jawab terhadap sampah kemasan yaitu dengan selalu memonitor berat kemasan melalui desain yang efisien, konsep desain kemasan yang seluruhnya dapat didaur ulang, serta menggunakan Eco Design Tool Danone untuk menghadirkan inovasi kemasan.
    • AQUA juga berkomitmen untuk meniadakan sampah plastik yang terbawa dari proses produksi di dalam pabrik hingga Tempat Pembuangan Akhir (TPA) melalui kerjasama dengan komunitas dan mitra di sekitar pabrik untuk memastikan pemanfaatan kembali dan daur ulang sampah plastik.
    • AQUA pun mengembangkan Recycling Business Unit (RBU), model sosial-bisnis daur ulang sampah untuk menciptakan siklus baru bagi sampah kemasan plastik. RBU mengumpulkan dan mengolah sampah secara terpadu bekerja sama dengan pemerintah, komunitas, dan Lembaga Swadaya Masyarakat terkait untuk menciptakan nilai ekonomis bagi sampah serta siklus hidup sampah kemasan plastik setelah menjadi kemasan produk air minum.
    • AQUA pun terus aktif dalam mengedukasi masyarakat tentang pemilahan dan pembuangan sampah agar tidak menimbulkan masalah bagi lingkungan dan selalu menyuarakan Reduce, Reuse, Recycle (3R) dalam pengelolaan sampah yang dapat dimulai oleh konsumen dari rumah masing-masing.
  • Distribusi Produk secara Berkelanjutan yaitu AQUA selalu berusaha untuk berinovasi dalam mengatasi tantangan transportasi secara berkelanjutan. Dimana hal ini dilakukan dengan cara:
    • Mengedepankan nilai-nilai keselamatan melalui program pendidikan keselamatan berkendara (safety driving) bagi supir pengantar (transporter) dan karyawan serta berkontribusi dalam pemeliharaan jalan.
    • Selain itu juga mengembangkan dan mengimplementasikan model transportasi alternatif ramah lingkungan seperti kereta api, truk empat sumbu, dan regenerasi armada truk dengan usia operasional lebih dari 12 tahun.
    • Dan juga mengurangi jarak tempuh pengantaran bahan baku dari pemasok ke pabrik untuk memastikan bahan bakar digunakan secara efisien sekaligus mengurangi jejak karbon.
Untuk mensukseskan keempat pilar di atas tentu saja sangat diperlukan pelibatan komunitas dan masyarakat, karena Danone-AQUA menyadari bahwa seluruh inisiatif di bawah AQUA Lestari perlu mendapatkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk di dalamnya adalah karyawan, masyarakat, pemerinrah dan juga media. Dimana hal ini untuk memastikan hasilnya tepat sasaran dan terjamin keberlanjutannya.

Dan sebagai salah satu implementasi yang melibatkan komunitas dan masyarakat AQUA Lestari dapat kita temui di kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur yang sudah merasakan langsung berbagai macam program yang diadakan oleh Danone AQUA Cianjur seperti program peningkatan akses air bersih, sanitasi, Higienitas dan program pengembangan pertanian terintegrasi.  


Wisata Tour di Pabrik AQUA Cianjur

Setelah mendengarkan seputar sejarah dan kegiatan CSR yang dilakukan oleh AQUA Cinajur selama ini, maka selanjutnya kami di ajak untuk wisata tour di area Pabrik AQUA Cianjur. Namun sebelum memulai tour mengelilingi Pabrik AQUA, kami diminta untuk mengisi semacam surat pernyataan yang berisi pernyataan bahwa kita dalam kondisi sehat dan sedang tidak sakit apapun. Bahkan kebersihan kuku pun sangat diperhatikan untuk bisa masuk area Pabrik AQUA ini.
Foto dulu sebelum mulai tour di Pabrik AQUA Cianjur - Doc. Mas Gayuhedi
Selain itu, untuk memasuki area pabrik kita pun harus menggunakan alas kaki tertutup rapat alias harus menggunakan sepatu tertutup, dan kami juga harus mengenakan semacam jaket tanpa lengan khusus sebagai visitor yang sudah disediakan dan kami pun diminta untuk tidak boleh melakukan pengambilan foto ataupun video selama mengikuti tour ini. 

Sangat ketat bangat ya prosedur untuk ikut tour di pabrik Aqua Cianjur ini, tapi sangat wajar sih hal ini dilakukan dan karena hal itu memang demi keamanan dan kenyamanan proses produksi tetap terjaga baik tanpa terkontaminasi oleh faktor luar yang dibawa oleh para pengunjung.
melihat lebih dekat Pabrik AQUA Cianjur - Doc. Mas Gayuhedi
Pertama-tama, kami diajak melihat salah satu sumur dari empat rumah sumur air yang ada. Dimana sumur-sumur inilah yang menjadi sumber air yang digunakan untuk menghasilkan produk AQUA. Tapi jangan bayangkan model sumur di sini kaya sumur pada umumnya ya, modelnya beda bangat, sumur di sini kayanya dibor sangat dalam, karena memang air untuk Aqua ini diambil dari air yang ada di lapisan air tanah dalam yang memiliki kedalaman sekitar 80 – 100 meter lalu dialirkan melalui pipa-pipa khusus untuk diproses lebih lanjut.

Setiap bulan semua sumur dan saluran pipanya dilakukan sanitasi, sterilisasi dan maintenance untuk mengecek serbagai komponen yang ada supaya tetap terjaga baik sehingga kualitas air AQUA tetap terjaga kualitasnya. Jika ditemui ada masalah saat proses sanitasi, maka proses produksi akan distop semua sampai kondisi kembali normal dan siap produksi lagi.

Dan untuk memasuki area sumur ini benar-benar ketat loh, tidak sembarangan orang yang boleh masuk, hanya petugas khusus yang bisa punya akses ke sini, dan ada alarm akan berbunyi kencang jika ada orang selain petugas khusus tersebut yang masuk ke area ini. 

Setelah puas melihat sumur, maka kami pun diajak melihat proses produksi AQUA. Hampir semua tahapan prosesnya ternyata dilakukan oleh mesin dan manusia hanya mengontrol jalannya semua mesin tersebut sesuai dengan prosedur yang ada.
Lagi pada serius mendengarkan penjelasan seputar Pabrik AQUA Cianjur - Doc. Mas Gayuhedi
Saya benar-benar takjub loh melihat proses produksi AQUA di pabrik ini, sumpah deh, semuanya benar-benar menakjubkan menurut saya saat melihat bagaimana setiap mesin melakukan tugasnya dengan begitu cekatan dan rapi, benar-benar keren.
  • Dimana di sini ada mesin khusus untuk mengolah biji botol melalui tahap blowing atau peniupan botol dengan tekanan 40 bar sehingga menjadi botol AQUA yang siap digunakan.
  • Selanjutnya ada juga pengolahan air di dalam water treatment yaitu air akan melalui tahap filterisasi dan Ultra Violet (UV) untuk menyaring material yang ikut terbawa oleh air dengan ukuran penyaringan 5 mikron dan 1 mikron. 
  •  Lalu selanjutnya air yang telah terfilterisasi akan dimasukkan ke dalam botol.
  • Setelah itu lanjut ke tahap penutupan botol agar mutu atau kualitas air tetap terjaga baik. 
  • Kemudian dilanjutkan ke tahap pemasangan label AQUA. 
  •  Selanjutnya kemasan AQUA akan diberi kode untuk mengetahui tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa.
  • Setelah itu, air kemasan AQUA akan masuk ke tahap akhir yakni, tahap packing ke dalam kardus.
Begitulah kira-kira proses produksi air Aqua hingga packing dalam kardus. Oh iya, jika kita berpikir bahwa ada isi AQUA itu berbeda-beda setiap botolnya itu salah loh, karena semua AQUA yang diproduksi itu jumlah berat isinya harus sama, karena selisih sedikit saja akan langsung direject otomatis oleh mesin. Begitu juga jika lebelnya miring, label kendor, tutup botol kurang kencang, dan semua hal lain yang tidak sesuai dengan prosedur dan standar produk pasti akan langsung direject otomatis oleh mesin.   

Kenapa sekarang di tutup botol AQUA tidak ada segel plastiknya?

Mungkin pertanyaan itu pernah menjadi pertanyaan banyak orang. Namun tentu saja ada faktor penting yang menjadi pertimbangan penting kenapa segel platis itu ditiadakan. Dan kemarin saya mendapat jawabanya dari Ibu Meti selaku Quality Assurance kenapa sekarang Aqua menghilangkan segel plastik pada botolnya ada beberapa alasan di antaranya:
Ibu Meti menjelaskankenapa AQUA tidak lagi menggunakan segel plastik pada tutup botolnya
  • Mencegah Pemalsuan, meskipun di tutup kemasan Aqua yang baru tidak dilapisi plastik segel  namun produknya tetap aman, karena Aqua sudah melakukan inovasi dengan memberi kode produksi pada tubuh botol dan tutup botol. Jadi, jangan dibeli kalo kode produksi di tutup botol dan tubuh botol berbeda, selain itu ada semacam gerigi bridge atau jembatan yang menghubungkan antar botol dan tutup botolnya. 
  •  Mengurangi Sampah, tentu saja dengan menghilangkan plastik segel pada tutup botol itu akan mengurangi sampah, maka dengan mempertimbangkan lingkungan, Aqua berpandangan lebih baik merubah desain tutup botol agar tak banyak merusak lingkungan. 
  • Hemat biaya produksi, jadi dengan menghilangkan segel plastik, itu juga berarti mengurangi biaya produksi sehingga bisa lebih hemat.
Makanya dengan pertimbangan hal itu, kini kemasan Aqua yang baru tidak lagi ada plastik segel pada tutup botolnya. Tapi semua keputusan ini juga pastinya sudah sesuai dengan standar dan telah melewati penelitian uji laboratorium dan sudah memenuhi syarat ketentuan Standard Nasional Indonesia (SNI).


***
Keseruan kami saat berada di Pabrik AQUA Cianjur - Doc. Mas Gayuhedi
Sungguh pengalaman yang sangat yang luar biasa bisa melihat langsung proses produksi AQUA. Dan tentunya jadi semakin paham bahwa produksi AQUA itu benar-benar melalui proses dan tahapan yang yang sangat ketat sesuai prosedur demi menjamin produk yang berkualitas hingga sampai di tangan konsumennya.

Terima kasih banyak saya ucapakan kepada AQUA dan seluruh pihak yang sudah membuat acara ke Cianjur ini berjalan lancar dan sukses sehingga kami bisa mendapatkan banyak pengalaman seru yang begitu menyenangkan. Semoga tidak kapok untuk ajak kami lagi di lain waktu ya. Hehehe

Sampai jumpa lagi di lain waktu teman-teman semua :)


3 comments:

  1. Oh begitu toh Bang alasan nggak ada lagi segel plastik pada tutup botol Aqua, tapi saya setuju juga dengan alasan tersebut. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa keputusannya memang masuk akal ya Dek, aku juga setuju sih, lebih ramah lingkungan.

      Delete
  2. aku baru ke pabrik AQUA yang Klaten aja wan, tapi pasti visi misi dan program AQUA Lestarinya sama

    ReplyDelete