BBPLK Bekasi Memberikan Pelatihan Berbasis Kompetensi Gratis



Kita semua tahu, bahwa salah satu penyebab meningkatnya angka pengangguran itu karena minimnya ilmu pengetahuan dan rendahnya keterampilan. Hal ini bukan hanya akan menimbulkan masalah di sektor ekonomi saja, tetapi juga akan berdamapak pada masalah sosial dan pembangunan ekonomi nasional.

Dilihat dari sisi ekonomi, tingginya angka penggauran akan menyebabkan turunnya daya beli masyarakat, sehingga hal ini mengakibatkan para pengusaha dan investor tidak bergairah melakukan perluasan dan pendirian industri baru sehingga aktivitas perekonomian menjadi turun.

Sedangkan ditelisik dari sisi lain, pengangguran akan menyebabkan semakin turunnya penerimaan negara yang diperoleh dari pajak penghasilan sehingga PDB (Produk Domestik Bruto) yang dihasilkan pun akan menurun sehingga menyebabkan turunnya pertumbuhan ekonomi sekaligus turunnya pendapatan per kapita.

Bahkan yang lebih parah lagi, tingginya angka penganguran akan berdampak juga pada meningkatnya angka kriminalitas sehingga memicu keresahan di masyarakat. Lantas apa jadinya jika hal ini terus dibiarkan? Bukan tidak mungkin, sebuah Negara akan hancur jika angka pengangguran ini tidak ditangi dengan serius.

Lalu bagaimana dengan jumlah pengguran di Indonesia saat ini?  

Mengutip dari Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan bahwa pada tahun 2017 silam telah terjadi kenaikan jumlah pengangguran di Indonesia sebesar 10.000 orang menjadi 7,04 juta orang pada Agustus 2017 dari Agustus 2016 sebesar 7,03 juta orang. Sementara dari tingkat pendidikan, jumlah pengangguran tertinggi ada pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dibandingkan dengan tingkat pendidikan lain, yakni mencapai sebesar 11,41 persen. 

Besar juga ya angka peningkatan pengangguran dari tahun 2016 ke tahun 2017, dan ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua, terutama pemerintah agar mencari solusi tentang bagaimana menurunkan angka pengangguran ini agar semakin minim jumlahnya.

Melihat hal ini tentu saja pemerintah tidak tinggal diam, salah satu upaya yang dilakukannya adalah dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan kerja yang diadakan di Balai Latihan Ketrampilan (BLK) yang tersebar di berbagai daerah.

Dan berbicara tentang Balai Latihan Ketrampilan (BLK) ini, sejujurnya saya baru tahu dan sekaligus baru melihat langsung salah satu dari Balai Latihan Ketrampilan (BLK) yang ada di Indonesia, tepatnya beberapa hari yang lalu, saya berkunjung ke Balai Latihan Ketrampilan (BLK) yang ada di Bekasi.


Berkunjung ke BBPLK Bekasi
BLK Bekasi ini kece bangat tempatnya
Melangkah masuk ke Balai Latihan Ketrampilan (BLK) Bekasi ini membuat saya langsung takjub loh, tempatnya terlihat sangat bersih dan tertata rapi, taman-tamannya terlihat terawat, dan banyak spot kece buat foto-foto atau istilah anak “zaman now” tempatnya sangat instagramable bangat, sehingga membuat jiwa narsis saya kambuh seketika. Hahahaha

Okay, lupakan keseruan foto-foto di BBPLK Bekasi, mari kita bahas kenapa saya bisa sampai di tempat ini dan dalam rangka apa hingga saya bisa jauh-jauh sampai ke Bekasi.

Jujur, senang rasanya akhirnya saya bisa main ke Bekasi, terutama bisa menyambangi BBPLK Bekasi yang terletak di jalan Guntur Raya No. 1 Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan pada hari Senin (22/01) untuk melihat lebih dekat tentang bagaimana Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi mulai menggelar program Competency Based Training (CBT) atau Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi (PBK) tahun 2018 ini.

Bertempat di sebuah ruang Garuda yang luas, semua peserta yang lolos seleksi dan terpilih untuk mengikuti pelatihan ini berkumpul, mereka tampak mengenakan seragam hitam putih dan memenuhi penjuru ruangan untuk mengikuti acara penyambutan dan peresmian secara resmi acara Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi (PBK) tahap 1 tahun 2018 ini.

Dan Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi (PBK) tahap 1 tahun 2018 ini ternyata diikuti oleh sebanyak  576 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dan kehadiran mereka berada ditempat ini tidak lain karena ingin mendapatkan ilmu dan pengalaman sebagai bekal untuk meraih pekerjaan sehingga bisa meraih masa depan yang gemilang.
Ibu Helmiaty (Kepala BBPLK Bekasi) Memberikan Sambutan
Dalam acara pembukaan Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi ini, Ibu Helmiaty Basri selaku Kepala BBPLK Bekasi mengatakan bahwa pelatihan kerja ini merupakan wujud nyata program perluasan kesempatan kerja melalui pembinaan pelatihan keterampilan kerja pada masyarakat sekaligus upaya mempercepat pengurangan pengangguran. 

“Pemerintah mempercepat pelaksanaan program pelatihan berbasis kompetensi untuk meningkatkan penguatan kualitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.” ucap Ibu  Helmiaty Basri.

Dalam sambutannya, Ibu Helmiaty pun berharap melalui program ini maka dapat dimaknai sebagai upaya pemberian kemampuan pelatihan kerja kepada warga masyarakat yang membutuhkan keterampilan  sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha.

Karena tidak bisa kita pungkiri, tuntutan zaman di era globalisasi saat ini selalu memaksa kita untuk terus meningkatkan ilmu dan keterampilan agar bisa mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat saat ini, bahkan bisa dibilang, hampir setiap saat, perubahan itu selalu terjadi pada setiap sektor kehidupan masyarakat. Untuk itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang juga mempunyai ilmu dan keterampilan yang mempuni agar bisa berpacu bersama zaman agar tak terlindas oleh teknologi.
Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK Bekasi
Dan di sisi lain, Negara kita yang sudah masuk dalam Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN, bahkan Kawasan Asia (AFTA) dan juga memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang membuat kita harus terus berupaya untuk menghasilkan SDM-SDM yang berkualitas, dan hal ini menjadi pekerjaan rumah yang sekaligus menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi kita semua secara bersama-sama.

Untuk itu, Ibu Helmiaty pun berujar "Pemerintah menyadari bahwa peningkatan SDM merupakan salah satu kunci dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan ini. Hal ini termasuk dalam upaya menghadapi Persaingan Bebas ASEAN yang kita kenal dengan istilah MEA dimana kita dituntut menyiapkan tenaga kerja yang kompeten.”

Dengan adanya pelatihan ini, Ibu Helmiaty merasa optimis bahwa para peserta  nantinya akan dapat sukses dan memiliki skill untuk menjadi calon tenaga kerja terampil dan lebih dapat diterima oleh dunia industri.

Rasa optimis dari Ibu Helmiaty ini bukan tanpa sebab, karena pihaknya sudah menerapkan pelatihan tidak hanya dari sisi Kemampuan Teknis semata (Hard Skill), tapi  juga akan dibekali dengan wawasan industri, etika dan motivasi atau yang biasa kita sebut dengan Softskill yakni kemampuan Interpersonal.

Namun sebelum menutup sambutannya, Ibu Helmiaty berpesan kepada seluruh para peserta pelatihan agar bersunguh-sungguh untuk mengikuti pelatihan dengan baik, karena ilmu dan keterampilan merupakan investasi masa depan yang tidak ternilai harganya. Maka momentum ini diharapkan kepada peserta agar manfaatkan kesempatan ini supaya bisa meraih masa depan yang lebih baik.
Penyematan tanda peserta
Dan usai memberikan sambutannya pada acara pembukaan pelatihan ini, Ibu Helmiaty pun melanjutkan dengan menyematkan tanda peserta secara simbolis kepada empat peserta PBK yang berasal dari 4 kejuruan yaitu bidang Elektronika, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Refrigeration (mesin pendingin)  dan Pariwisata.


Ciptakan SDM Berkualitas dengan  Program 3R
Usai mengikuti prosesi acara pembukaan latihan kerja ini, saya dan sahabat blogger yang lain berkesempatan untuk mengobrol lebih dekat dengan Ibu Helmiaty Basri (Ketua BBPLK Bekasi), Bapak Yudi Hermawan (Kepala Bidang Program dan Evaluasi), Bapak Syafruddin (Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Pemberdayaan) serta Ibu Memey Meirita Handayani (Kepala Bagian Tata Usaha) terkait bagaimana kiat mereka dalam menyiapkan SDM yang berkualitas dan siap bekerja.

Dalam mewujudkan SDM yang berkualitas, ada Program 3R yaitu Re-Orientasi, Re-Vitalisasi, Re-Branding yang diterapkan agar nantinya bisa mewujudkan SDM-SDM andalan yang siap bersaing di dunia kerja.

Re-Orientasi merupakan upaya untuk melakukan pembinaan kejuruan yang lebih mudah dan terarah dengan fokus pada 10 program unggulan sehingga sesuai dengan permintaan perusahaan saat ini, dan SDM yang dihasilkan nantinya mampu berdaya saing dan siap bekerja di perusahaan atau industri yang ada.

Maka dengan memfokuskan kejuruan seperti ini maka peserta bisa lebih mendalami dan menguasai pelatihan sesuai minat mereka namun tetap dengan keterampilan yang bisa digunakan saat nanti mereka bekerja.  Dan kini dengan Re-Orientasi ini sudah menghasilkan 10 sistem kejuruan unggulan di setiap BLK provinsi yang mana program pelatihan unggulan ini disesuaikan dengan potensi daerah masing-masing dan peminatnya pun diarahkan ke kejuruan yang tepat guna sesuai permintaan perusahaan saat ini.

Hal ini terlihat seperti yang ada di beberapa BBPLK yang ada di Indonesia, di antaranya di BBPLK Bekasi ini memiliki program latihan unggulan yaitu adalah Teknologi dan Informasi dan Elektro, sedangkan di BBPLK Serang memiliki lebih fokus pada pelatihan Las dan Listrik, sedangkan di BBPLK Bandung fokus pada Manufaktur dan Otomotif. Lain lagi di BBPLK Semarang yang  fokus pada Fashion Technology dan Administrasi Bisnis & Manajemen. Sedangkan di Medan pelatihannya lebih diutamakan pada Bangunan dan Pariwisata.

Re-Vitalisasi merupakan upaya untuk menghadirkan kembali tempat belajar yang indah, bersih dan terawat yang jauh dari kesan kotor, seram, kumuh, yang selama ini dipikirkan banyak orang. Iya, tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi tempat belajar juga sangat menentukan kenyamanan saat belajar, dan rasa nyaman inilah salah satu faktor yang akan membuat orang akan semangat belajarnya.
BBPLK Bekasi ini memiliki bangunan yang bagus dengan segala fasilitas yang modern
Hal ini bisa dilihat sendiri di BBPLK Bekasi, di sini tempat pelatihan benar-benar sangat bagus, bersih dan luas yang juga didukung dengan ruang-ruang kelas yang sudah dilengkapi dengan segala fasilitas terkini, sehingga membuat kita merasa nyaman saat berada di sini.  

Dan segala sarana yang ada di sini memang sudah disesuaikan dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi yang ada saat ini, sehingga peserta pelatihan yang dihasilkan nantinya pun benar-benar langsung terpakai dan siap bersaing di dunia kerja.  

Re-Branding merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu dari berbagai segi, seperti menciptkan sistem pengajaran yang lebih intensif, menghadirkan instruktur berkualitas dan kompeten dan memperluas kemitraan dengan perusahaan-perusaahan yang ada.
Namun dari segi peserta sendiri pun dipacu untuk terus belajar dengan giat agar mereka mempunyai keterampilan yang mempuni supaya saat lulus mereka langsung bisa bekerja di perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan keahliannya.


Program Pelatihan di BBPLK Bekasi
Pada Pelatihan Kerja ini, BBPLK Bekasi tahap 1 Tahun 2018 ini membuka empat Program Pelatihan Utama, yaitu: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Elektronik, Refrigenerator, dan Pariwisata. Dimana yang menjadi unggulan dari BBPLK Bekasi adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Elektronika.
Peserta dari semua jurusan berkumpul dalam acara pembukaan PBK Tahap 1
Berikut ini adalah jumlah jurusan di masing-masing empat jurusan utama di atas dengan pembagian sebagai berikut:
Kejuruan Elektronika terdiri dari 4 Program, yaitu:            

  • Instrumen & Kontrol, terdapat 4 kelas dengan total peserta 64 orang  
  • Otomasi Elektronika Industri, terdapat 5 kelas dengan total peserta 80 orang
  • Teknisis Fiber Optik, terdapat 1 kelas dengan total peserta 16 orang
  • Teknisi Setelit V-Sat, terdapat 2 kelas dengan total peserta 32 orang                                           

Kejuruan TIK dengan 8 Program, yaitu:     
  • Movie Animator, terdapat 1 kelas dengan total peserta 16 orang                 
  • Digital Animator, terdapat 1 kelas dengan total peserta 16 orang
  • Desain Grafis, terdapat 3 kelas dengan total peserta 48 orang
  • IT For Solution Business, terdapat 2 kelas dengan total peserta 32 orang 
  •  Pemasangan Jaringan Komputer, terdapat 4 kelas dengan total peserta 64 orang
  • Perakitan Komputer, terdapat 3 kelas dengan total peserta 48 orang 
  •  Pemograman Web, terdapat 2 kelas dengan total peserta 32 orang
  • Pemograman Client Server, terdapat 2 kelas dengan total peserta 32 orang                            

Kejuruan Pariwisata ada 2 Program, yaitu:.              

  • Food Beverage, terdapat 1 kelas dengan total peserta 16 orang
  • House Keeping, terdapat 1 kelas dengan total peserta 16 orang

Kejuruan Refrigeration hanya 1 Proggram, yaitu:

  • Teknisi Pendingin dan AC Split dengan jumlah 4 kelas dengan total peserta sebanyak 64 orang

Untuk masa pelatihannya berbeda-beda setiap program, jadi ada yang hanya di tempuh dengan 1 bulan setengah hingga 6 bulan lamanya. Namun jika nanti masih ada teman-teman yang belum juga bisa lulus, maka peserta tersebut akan diberi kesempatan untuk dibina kembali sampai bisa, yang penting kita masih semangat untuk terus belajar. Percayalah, semuanya akan berakhir manis asalkan kita bersungguh-sungguh!

Kabar baiknya, siapapun bisa ikut pelatihan ini tanpa terkecuali, tidak ada batasan umur, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, suku, agama, atau apapun itu, semua boleh ikut pelatihan ini, asalkan segala persyaratan administrasinya lengkap.                                                                                                                                                                                                                          
Dan untuk mendaftarkan diri di BBPLK Bekasi maka bisa mengunjungi website www.kios3in1.net atau bisa menghubungi hotline 08159171717 dan 085711070057 atau bisa datang langsung ke BBPLK Bekasi Jl.Guntur Raya No.1 Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi Jawa Barat. Telp: (021) 8841147.
Adapun persyaratan yang perlu dipersiapkan sangat standar, yaitu:
  • Fotocopy ijazah pendidikan terakhir, 
  •  Fotocopy KTP, 
  • Pas photo 3X4 sebanyak 1 lembar, 
  •  Sehat jasmani & rohani, serta tidak buta warna, 
  •  Lulus tes seleksi (Seleksi Administatif, Tes Tertulis dan Wawancara)

Dan fasilitas yang akan diterima oleh peserta pelatihan nantinya berupa:
  • Transportasi PP, 
  •  Asrama bagi peserta boarding (peserta dari laur kota), 
  •  Makan,
  • Pakaian kerja,
  • Asuransi, 
  •  Sertifikat pelatihan
  • Sertifikat BNSP.

Dan yang sangat penting menyenangkan, ternyata untuk mengikuti pelatihan ini, semua peserta tidak dikenakan biaya sedikit pun alias GRATIS!

Kurang baik apa coba BBPLK Bekasi, sudah diberikan tempat belajar yang bagus, biaya transport, makan dan segala fasilitas lainnya denngan GRATIS, maka seharusnya peluang ini bisa dimanfaatkan oleh kita semua untuk mengembangkan diri kita.

Jadi, bagi teman-teman yang ingin memiliki ilmu dan keterampilan lebih mendalam supaya bisa cepat mendapatkan pekerja impian maka jangan abaikan kesempatan yang sangat berharga ini untuk mengikuti pelatihannya, barangkali kesuksesan kita berawal dari menimba ilmu di sini.

Dan semoga semakin banyak masyarakat yang akhirnya tahu tentang program pelatihan ini dan tertarik untuk mengikutinya, sehingga harapan pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran bisa cepat teratasi.


Informasi lebih lanjut:
Website: www.blkbekasi.kemnaker.go.id
Twitter: @BBPKL_Bekasi
Instagram: @bklbekasi_kemnaker
Facebook: BBPLK Bekasi Kemnaker RI


9 comments:

  1. Lengkap banget mas penjelasannya.
    Program 3R BLK ini semoga mengena ke semua BLK ya, jadi semua BLK sama bagusnya dengan yg di Bekasi :D
    Semoga informasi ini sampai kepada mereka yang membutuhkan pelatihan kerja yaaa :D

    ReplyDelete
  2. Yuhuuu...cakep nih memang programnya. Dan sedang berlangsung lagi. Keren. Ayoo kita sampaikan ke sodara2 kita, siapa tahu berguna.

    ReplyDelete
  3. enaknya ga mengenal usia dan jenjang pendidikan, liat -liat progamnya jadi mau ikutan yang pattisarie he he

    ReplyDelete
  4. Penting banget ini kita share ke banyak orang ya, biar pada tau kalau ikutan uji kompetensi disini GRATIS. Sayang kalau peluang ini nggak dimanfaatkan.

    ReplyDelete
  5. Semoga bisa mengatasi angka pengangguran ya, baik bekerja di industri atau wirausaha.

    ReplyDelete
  6. Tempat cozy, fasilitas lengkap, instruktur kompeten, kurang apa coba? Tinggal menyemangati yang punya kemauan belajar aja.

    ReplyDelete
  7. BBPLK Bekasi ini keren, membantu masyarakat tanpa memandang siapapun. Ini patut dicontoh oleh lembaga lain nya. Sinergitas perlu digalakkan agar masyarakat tak lagi gamang dan bingung menghadapi masa depan di era digital. Kemenaker melalui BBPLK Bekasi ini sebagai jawaban untuk itu. Selain Gratis, bagus juga untuk memperdalam keilmuan di BBPLK Bekasi.

    ReplyDelete
  8. Demen ya foto-foto di sini. Spotnya instagrammable! Makasih loh Mas udah fotoin emak-emak, hehe.

    ReplyDelete
  9. Hadirnya BBPLK Bekasi menjadi salah satu solusi untuk mengurangi pengangguran ya, udah tempatnya asri, bersih, fasilitasnya lengkap GRATIS lagi. Semoga makin banyak menyerap peserta lebih bnyak lagi dan mampu menghasilkan lulusan yang berkompetensi dan bersaing sampai negara lain!

    ReplyDelete