Mengapai Hidup Sehat Dengan Rajin Berolahraga





"Mereka yang merasa tidak punya waktu untuk berolahraga, cepat atau lambat harus meluangkan waktu untuk merawat penyakitnya."
~ Edward Stanley ~

Sehat adalah anugerah terindah yang Tuhan berikan. Makanya selain menjaga pola makan kita juga harus rutin berolahraga. Sebab jika bukan kita sendiri yang peduli pada diri sendiri, lantas siapa lagi yang kita harapkan? Berharap orang lain? Orang lain mungkin bisa mensupport kita, tapi tetap harus ada kemauan dalam diri kita sendiri, sebab sehat itu bukan untuk siapa-siapa tapi untuk kita sendiri.

Dan sering saya dengar dalam talkshow kesehatan, bahwa salah satu penyebab yang membuat orang gampang terserang penyakit seperti obesitas, kelestrol, dan lain sebagainya adalah karena malas bergerak atau malas berolahraga. 

Manfaat kita berolahraga itu banyak sekali, diantaranya: meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi stres, meningkatkan fungsi otak, membuat tidur lebih nyenyak, menekan risiko osteoporosis, menurunkan tekanan darah tinggi, mengendalikan diabetes, mencegah penyakit jantung dan stroke serta penyakit lainnya.

Tuh kan teman-teman, tidak ada salahnya loh berolahraga, asalkan memang tidak berlebihan, dilakukan secara rutin dengan porsi yang benar maka hasilnya pun akan terlihat, tubuh kita segar, jiwa kita pun akan sehat.

“Mens sana in corpore sano”
“Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat”

Kita sadar bahwa berolahraga itu sangat penting bagi kesehatan kita. Tapi kerap kita menjadikan sibuk, dan tidak ada waktu, sebagai alasan untuk membenarkan untuk kita malas berolahraga. Ya, saya juga termasuk yang begitu, selalu mencari alasan untuk malas berolahraga.

Tapi hal ini tidak bisa terus dibenarkan, karena ini bisa mengancam kesehatan kita bila kita terus turuti rasa malas yang ada, kita tidak bisa membiarkan rasa malas terus menguasai kita, toh berolahraga itu tidak harus mahal loh, bisa kita mulai dari yang sangat mudah dilakukan seperti jogging atau jalan cepat, dimana olahraga ini bisa kita lakukan dimana saja dan kapan saja tanpa harus bayar.

Dan berbicara olahraga yang gratisan lainnya, saya jadi ingat acara #AllianzSweatChallenge yang diadakan oleh Allianz Indonesia yang menghadirkan berbagai macam olahraga untuk diikuti oleh siapa saja yang diadakan di  Allianz Ecopark Ancol.
Serunya berolahraga di Allianz Ecopark
Jadi kemarin hari Sabtu (27/01) saya melihat masyarakat begitu antusias untuk berolahraga di Allianz Ecopark Ancol ini, banyak yang datang bersama teman-teman dan anggota keluarganya, dan kebetulan pada hari itu jenis olehraga yang dilakukan adalah Cardio Dance.

Cardio dance berarti tarian yang dimodifikasi untuk kesehatan jantung. Jika kita mengenal latihan kardio seperti jalan, joging, renang, bersepeda, senam aerobik, zumba atau olahraga lainnya. Maka kali ini yang membedakan cardio dance dengan latihan kardio yang lainnya adalah terletak pada jenis gerakan yang lebih menyerupai tarian atau dance. 

Apakah ini sama dengan Zumba? Cardio dance agak berbeda dengan zumba, karena gerakan di zumba lebih menyerupai dengan aerobik, sedangkan di cardio dance ini benar-benar seperti tarian dari berbagai genre yang membuat tubuh asyik mengikuti irama lagunya. 

Irama yang sering digunakan dalam cardio dance antara lain bergenre hip hop, latin, broadway, dan dangdut. Dan saking serunya maka orang-orang yang mengikuti cardio dance ini menjadi tidak terasa seperti berolahraga, tapi tahu-tahu sudah berkeringat dan membakar banyak kalori.

Sekali sesi latihan cardio dance rata-rata membutuhkan waktu sekitar satu jam tetapi ini tergantung kebuthan juga sih, bahkan bisa lebih dari itu. Dimana pada lima menit pertama biasnaya dihabiskan untuk stretching atau peregangan otot, lalu setelah itu, musik dengan tempo lambat dimainkan selama 5 hingga 10 menit, kemudian tempo gerakan dinaikkan seiring waktu dan mencapai puncaknya di menit ke-30 hingga 40. Lalu lima menit terakhir digunakan untuk pendinginan.

Ibu Karin (Baju Biru)

Dan seusai semua peserta bercardio dance, saya pun sempat ngobrol santai dengan Ibu Karin Zulkarnaen selaku Head of Market Management Allianz Life Indonesia yang juga ikut bercadio dance hari itu. Menurut Beliau acara olahraga yang diadakan oleh Allianz ini bertujuan untuk mengajak masyarakat supaya hidup sehat dengan berolahraga. Dengan harapan mereka yang belum bisa berolahraga secara rutin bisa mengubah gaya hidupnya untuk selalu mau berolahraga karena olahraga itu mudah dan fun.

“Latar belakang kita mengadakan acara ini adalah ingin mengubah gaya hidup masyarakat supaya mau hidup sehat. Seperti mereka yang di kantor selalu duduk saja, mager (malas gerak), sehingga dengan acara ini mereka tidak mager lagi, tapi mau berolahraga, karena olahraga itu seru dan gratis.” Ujar Ibu Karin.

Jadi Allianz ingin menawarkan Allianz Ecopark sebagai tujuan bagi setiap orang yang ingin memulai gaya hidup sehat dan juga ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga mereka melalui Kegiatan Reguler (minggu kedua dan keempat setiap bulan) dan Program Tematik (setiap 2 bulan) yang berhubungan dengan olahraga, kesehatan, budaya, konser atau pertunjukkan. Jadi bermain ke sini, masyarakat selain bisa menikmati tempat yang indah, tapi masyarakat juga berkesempatan untuk bisa menikmati berbagai kegiatan menarik yang diadakan Allianz setiap saatnya.

Bagaimana sih supaya bisa ikut berolahraga di Allianz Ecopark ini?

Supaya bisa ikut bergabung berolahraga di sini ternyata gampanng bangat loh, kita bisa terlebih dahulu mendaftarkan diri di www.allianz.co.id atau bisa datang langsung saja ke Allianz Ecopark ini, karena acara olahraga bersama ini terbuka untuk umum dan gratis.    
  
Acara olahraga bersama Allianz ini sudah berlangsung dari bulan November 2017 dan akan berlangsung sampai Desember 2018 mendatang. Jadi jika teman-teman mau ikutan berolahraga di sini, boleh bangat loh, GRATIS untuk umum, siapapun boleh ikutan, dan acaranya berlangsung 1 kali per 2 minggu dengan instruktur-instruktur yang berkompeten. Dan berikut ini jadwal olahraganya ya.
Jadwal Allianz Sweat Challenge
Jadi tiap pertemuan jenis olahraganya beda-beda loh, hal ini dilakukan supaya masyarakat yang mau ikut tidak bosan dengan jenis olahraga yang sama setiap pertemuan, dan untuk acara olahraga #AllianzSweatChallenge yang akan datang akan diadakan lagi pada tanggal 10 Februari mendatang yaitu diisi dengan HIPHOP Cardio. Waah seru nih, yoook teman-teman jangan lupa datang ya. pasti seru nih membakar lemak sambil berhiphop cardio.

Untuk itu, jika teman-teman mau ikut berolahraga di sini, perlu dingat ya, acara olahraga ini mulainya pagi-pagi bangat yaitu pukul 06:30 WIB sampai selesai sekitar jam 9 pagi. Jadi jangan datang kesiangan karena bisa terlambat nantinya.

Dan asyiknya habis berolahraga, semua peserta diberikan minuman gratis berupa Gambino Coffee (kopi energy) dan Sosro Teh Botol Tawar. Dan sejauh ini kedua brand ini menjadi sponsor di acara ini, tapi tidak menutup kemungkinan nanti akan ada brand lain yang akan turut menjadi sponsor di acara ini.
Peserta olahraga bisa mendapatkan minuman ini gratis jika mau
Oh iya, Allianz Ecopark ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum, seperti Toilet, Musholla, tempat makan dan lain sebagainya. Dan yang asyik di Allianz Ecopark ini tempatnya sangat instagramable bangat loh, jadi saat teman-teman ke sini jangan buru-buru pulang habis berolahraga, sempatkan untuk foto-foto, jalan-jalan keliling dulu saja, akan ada banyak bangat spot yang keren-keren buat mengekspresikan diri *cocok buat yang senang foto-foto seperti saya *Upsss hahaha

Jadi, yoook teman-teman kita manfaatkan moment #AllianzSweatChallenge ini untuk memacu diri supaya rajin berolahraga, terutama untuk kita yang malas memulai berolahrga semoga ini bisa menjadi awal yang bagus untuk memulainya, sebab dengan berolahraga maka kita akan mendapatkan banyak manfaat yang melimpah untuk kebaikan tubuh kita sendiri.

 
"Kita tidak berhenti berolahraga karena menjadi renta. Kita menjadi renta karena berhenti berolahraga."
~ Kenneth Cooper ~



4 comments:

  1. Wihhh aku ingin ke sanaaaa banyak spot buat foto plus bisa olah raga dengan fun pastinya ya :)

    ReplyDelete
  2. Olahraga sebenarnya bisa dengan cara menyenangkan tapi yang sulit itu kadang menghalau rasa malasnya haha.

    ReplyDelete
  3. ayoo rajin olahragaa *ngomong ama cermin, hahaha

    ReplyDelete
  4. Aku rajin olahraganya minggu doang, itu juga naik sepeda, tapi itu masuk olahraga kan ya

    ReplyDelete