Serunya Berkunjung di Pabrik Mitsubishi Cikarang



Beberapa hari yang lalu (Rabu, 07/02) saya dan Sahabat Blogger berkesempatan berkunjung ke pabrik perakitan Mitsubishi Motors di Indonesia yaitu PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Bekasi - Jawa Barat.

Senang bangat bisa berkunjung dan melihat langsung bagaimana proses pembuatan mobil di pabriknya Mitsubishi ini. Sungguh sebuah pengalaman langka yang tidak semua orang berkesempatan untuk bisa sembarangan datang ke sini. Dan saya termasuk orang yang beruntung bisa masuk dan melihat langsung pabrik Mitsubishi yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan April 2017 yang lalu. Alhamdulillah! :)

Jadi sebenarnya acara ini sendiri bertujuan mengajak para blogger, jurnalis dan komunitas untuk melihat langsung bagaimana fasilitas dan proses produksi yang dilakukan oleh Pabrik Mitsubishi untuk melihat proses produksi dari produk Mitsubishi secara lebih dekat.
Mr. Kyoya Kondo
Acara ini dibuka dengan sambutan dari Mr. Kyoya Kondo selaku Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Dalam sambutannya ini, Beliau mengungapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh konsumen yang telah percaya dan bersabar dalam menunggu kedatangan small MPV favorit yang akan mereka hadirkan. Dan melalui mement ini sekaligus meminta maaf untuk konsumen yang masih menunggu.

Namun MMKI berjanji akan terus berusaha mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk memastikan semua konsumen yang menunggu akan segera menikmati pengalaman berkendara dari kendaraan yang sudah lama ditunggu-tunggu ini.

Namun Mr. Takao Kato menegasakan bahwa “Meskipun jumlah permintaan sangat tinggi, kami berkomitmen untuk memberikan produk dengan kualitas terbaik kepada konsumen kami. Ini merupakan komitmen kuat dari Mitsubishi Motors bagi pasar strategis yang sangat penting, dengan Xpander tidak hanya menjadi produk dengan penjualan terbaik, tapi juga dipasarkan dalam waktu yang lama.”

Mr. Takao Kato
Selanjutnya ada sambutan dari Mr. Takao Kato selaku Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang mengungkapkan terima kasih kepda seluruh undangan yang hadir pada siang itu. dan selanjutnya Beliau menjelaskan tentang produk yang sudah diproduksi sejauh ini sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 25 April 2017 yang lalu.

Di pabrik yang memiliki luas sebesar 51 hektar ini ternyata MMKI memiliki kapasitas produksi sekitar 160 ribu unit pertahun. Produk yang diproduksi di pabrik ini adalah Xpander, Pajero Sport dan mulai tahun ini akan memproduksi COLT L-300. Tapi dari semua produk tersebut, 50 persennya dikhususkan untuk memproduksi Xpander.

Dan khusus Xpander, pertahunnya diproduksi 80 ribu unit di pabrik ini. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat hingga kini Xpander sudah dipesan lebih dari 50 ribu unit. Bahkan menurut Mr. Takao Kato bahwa "Produksi Xpander akan kami tingkatkan hingga 10 ribu unit perbulan."

Waah peminat dari Xpander ternyata banyak bangat ya sampai tembus 50 ribu unit untuk tiga bulan pertama. Bahkan jumlah ini diklaim melebihi target yang ditetapkan yakni 3.000-4.000 unit per bulan. Untuk itu, Mr. Takao Kato merasa pencapaian penjualan XPander benar-benar diluar ekspetasi, untuk itu kapasitas produksi secara bertahap akan terus ditingkatkan namun tetap menjaga kualitas produk.

Bahkan yang bikin salut lagi yaitu ternyata Mitsubishi Xpander ini juga akan diekspor ke Filipina, Thailand dan sejumlah negasa ASEAN lainnya. Selain itu, Mitsubishi juga ternyata berencana akan mengirimkan Xpander ke Amerika Selatan dan Afrika Utara hingga Mesir. Namun dalam waktu dekat ini, Xpander akan diekspor pertama ke Filipina terlebih dahulu pada Mei 2018 mendatang, baru kemudian akan disusul untuk negara-negara lainnya setelah musim panas atau sekitar akhir tahun 2018.

Selain menghasilkan produk yang berkualitas, Mr. Takao Kato juga menjelaskan bahwa MMKI juga dalam memproduksi produknya sangat memperhatikan lingkungan. Jadi fasilitas tempat diproduksinya mobil Mitsubishi ini sudah ramah lingkungan karena saat melakukan produksi, pabrik mampu penghematan air tanah dengan melakukan daur ulang untuk air limbah, dan kemudian menggunakan air hujan dalam proses produksinya, dengan proporsi daur ulang hingga 70 persen.

Selain itu, perusahaan juga melakukan mereduksi emisi karbon dioksida melalui penghematan energi pada proses pengecatan, dengan mengurangi proses oven dan Innovate Heat Pump Hot Water System namun tetap tidak mengurangi kualitas produk yang dihasilkan. Bahkan pada taraf operasional dan konsep bangunan, MMKI menganut Omotenashi yaitu menggunakan ruang dengan kebijakan ramah lingkungan, serta memaksimalkan penggunaan lampu LED, dan juga cahaya matahari sehingga dengan begitu maka dapat mengurangi emisi hingga 11 persen.

Wah salut saya dengan konsep perusahaan MMKI yang begitu peduli dengan lingkungan dalam memproduksi produk-produknya. Semoga MMKI terus melakukan upaya yang baik dalam menciptakan produk-produk berkualitas tinggi namun tetap juga memperhatikan kondisi lingkungan dengan tetap menerapkan konsep produksi yang ramah lingkungan.


Sekelumit cerita saat Plan Tour

Dan berbicara tentang Plan Tour dengan melihat langsung proses pembuatan mobil di pabrik Mitsubishi ini benar-benar sangat ketat,kami tidak diperbolehkan sama sekali membawa barang apapun kecuali buku catatan dan bolpoin saja. Semua tas dititipkan, jadi maaf saja jika tidak foto-foto selama melihat-lihat proses pembuatan mobil di pabrik Mitsubishi ini.

Pertama-tama peserta dibagi per kelompok atau per mobil, dimana masing-masing mobil tersebut ada seorang guide yang memandu dan menjelaskan setiap tempat dan proses yang kami lalui selama tour tersebut.  

Pertama kami di bawa menuju sebuah gebung untuk proses stamping, di ruangan ini seluruh prosesnya menggunakan tenaga robot. Tenaga manusia dibutuhkan hanya untuk menjalankan dan mengatur kerja si robot saja.

Dan masih di gedung yang sama, tapi di sisi yang lainnya, kami diajak untuk melihat proses selanjutnya di bagian Welding, Di sini kita melihat bagaimana proses pengelasan bodi mobil sebelum dicat, dan di bagian ini satu line hanya bisa melakukan proses satu model. Tetapi kedepannya, tidak menutup kemungkinan untuk satu line bisa memproses lebih dari satu model.

Selanjutnya, kami kembali naik mobil dan menuju ke gedung berikutnya untuk melihat proses Assembling, yaitu proses pemasangan part-part di dalam sebuah mobil sehingga mobil nantinya siap melewati proses painting yang dilanjutkan dengan proses finishing. Di sini setiap tahapan prosesnya mayoritas dikerjakan oleh manusia, dan ternyata ada perempuan juga loh yang bekerja di bagian ini, jadi tidak hanya laki-laki saja yang bisa bekerja dibagian ini.

Oh iya, bagian Assembling ini pintu mobil harus dicopot (door off) untuk memudahkan memasang seluruh komponen interior mobil. Dan setelah semua proses pemasangan komponen interior, maka mobil selanjutnya dipasangkan cairan AC, Oli, Bensin, Kaca, Ban dan komponen akhir lainnya hingga mobil benar-benar sudah siap dikirimkan ke bagian final inspection.

Di bagian final inspection ini mobil akan dilakukan pengecekan rem, lampu dan lain sebagainya. Setelah itu mobil dimasukan ke ruang yang berisi mesin penyemprot air untuk menguji kebocoran pada bodi mobil. Maka setelah seluruh rangkaian proses selesai dan mobil tersebut dinyatakan lolos dari serangakaian uji coba maka selanjutnya dipindahkan ke lapangan parkir dan selanjutnya mobil siap dikirim ke dealer.

Jujur seru bangat sih melihat langsung tahapan demi tahapan proses pembuatan sebuah mobil, saya benar-benar takjub dibuatnya dan ini pengalaman petama saya melihat langsung proses pembuatan mobil. Sungguh pengalaman yang sangat berkesan. :)


Serunya mengikuti Test Drive dengan Mitsubishi Xpander

Usai mengikuti Plan Tour maka selanjutnya kami pun diberikan kesempatan untuk menikmati test drive menggunakan Mitsubishi Xpander. “Kami telah mempersiapkan sesi test drive agar anda dapat merasakan sendiri selling points dari XPANDER, karena saya yakin “Feeling is Believing,” silahkan memaksimalkan sesi ini untuk merasakan kemudahan mengemudi, kenyamanan berkendara dan kekedapan kabin, dan fitur lainnya yang disediakan oleh XPander,” Ujar Mr. Kyoya Kondo.

Maka kesemptan test drive ini tidak saya sia-siakan, saya langsung cepat antri untuk ambil bagian supaya bisa merasakan sensinya menunggangi Xpander. Dan setiap satu mobil diisi oleh empat orang, dimana satu orang menjadi drivernya dan sisanya menjadi penumpang. Dan berhubung saya belum bisa membawa mobil, maka saya pun memutuskan ikut dan menjadi penumpang, dan kebetulan yang menjadi driver kami adalah Mas Mario Nicolas yang merupakan bagian dari rdl.co.id yang diketuai oleh Mas Rifat Sungkar.

Sungguh senang rasanya mencoba menaiki Xpander walau sesaat melewati berbagai medan yang licin, jalan bergelombang, menikung dan melaju kencang melalui slalom benar-benar seru dan mengasyikan rasanya. Andai tidak banyak orang yang mengantri untuk mencoba test drive ini, maka saya pengennya berkali-kali menikmati sensasi menaiki Xpander ini.

Duuuh saya benar-benar pengen bawa pulang Xpander deh rasanya, terlebih setelah mengetahui bahwa XPander mempunyai banyak keistimewaan seperti yang diungkapkan oleh Mas Rifat Sungkar selaku Product Ambassador dari Mitsubishi.

Apa saja sih keistimewaan Mitsubishi XPander?   
Mas Rifat Sungkar - Product Ambassador
Xpander merupakan generasi terbaru MPV yang diciptakan dengan berbagai kelebihan fitur yang menarik. Dimana mobil ini memiliki konsep yang mengkombinasikan desain eksterior yang dinamis dan tangguh dengan interior yang lapang serta memiliki banyak fungsi dan kegunaan layaknya MPV masa depan dengan menawarkan keistimewaan sebagai berikut:
  • Memiliki “Dynamic Shield” yang menjadi identitas kendaraan Mitsubishi Motors 
  • Memiliki Desain yang interaktif, hal ini terlihat dari desain Led position lamp, Headlamp dan Fog Lamp.
  • Memiliki bagian atap yang mengadopsi desain “Floting Rool” sehingga menciptakan kesan kabin yang lapang hanya dengan melihatnya. 
  •  Bagian roda menggunakan velg 16 inch two-tone color terbesar dikelasnya sehingga memberi kesan tampilan yang gagah.
  • Desain lampu belakangnya mengusung LED rear combination lamp sehingga menjadi yang pertama di kelasnya.
  • Xpander merupakan mobil MPV dengan ruang kabin yang paling lapang sekaligus lega dan menawarkan 19 tempat penyimpanan barang bawaan kita supaya mobil tetap rapi. 
  •  Xpander memiliki 3 titik power outlet dan juga memiliki keunggulan Tilt & Telescopic Steering 
  •  Xpander juga memberikan handling yang nyaman dan stabil disegala kondisi jalan yang didukung oleh sistem suspensi yang mengadopsi teknologi Lancer Evo X. 
  • Selain itu, untuk keamanan Xpander juga dilengkapi dengan keamanan aktif karena didukung oleh fitur ABS & EBD, HAS (Hill Start Assist), AST + TCL (Active Stability Control) dan ESS (Emergency Stop Signal).
Masih banyak kelebihan lain dari Xpander ini, jika teman-teman ingin tahu lebih lanjut, silahkan berkunjung langsung di websitenya ya www.mitsubishi-motors.co.id untuk menemukan keistimewaan lain dari Xpander ini.

Pokoknya menurut saya Xpander memiliki desain eksterior dan interior yang sangat modern dan mewah terlebih didukung oleh banyak fitur yang memang bisa memberikan kenyamanan berkendara sebagai mobil keluarga, yang memberi kesan “Tangguh layaknya SUV dengan kenyamanan MPV.”


Terima kasih Komunitas ISB, Mobil123 sebagai Portal Otomotif No. 1 di Indonesia dan Pastinya Mitsubishi atas kesempatannya mengajak saya dan teman-teman Blogger lain untuk melihat proses produksi mobil bahkan mersakan langsung bagaimana serunya test drive bersama Xpander. Sungguh pengalaman yang luar biasa dan sangat berkesan buat saya. Semoga dilain waktu kita bisa berjumpa lagi dalam acara yang seru lainnya. :)


24 comments:

  1. Itu indent nya sudah 50ribu aja? Mantap jiwa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, itu katanya sampai diluar ekspetasi mereka, mantap ya :)

      Delete
  2. Seru banget ya oom. Apalagi pas sesi test drive nya.ajiib

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, seru bangat dan bikin ketagihan hahaha

      Delete
  3. Sesi tes drive emg paling memorable ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, pengen diulang lagi keseruannya *benar-benar bikin nagih hahahaha

      Delete
  4. Replies
    1. Iya Mas, makanya tidak heran banyak yang pesan karena memang banyak keistimewaannya :)

      Delete
  5. Replies
    1. Hahaha Aseeeek *nomor sepatu berapa Kakakaak? Hahaha

      Delete
  6. Pas test drive seru banget tuh. Ngerem mendadak, trus manuver zig zag dengan keadaan XPandernya melaju kencang XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Uno, test drive benar-benar berkesan ya hehehe

      Delete
  7. Replies
    1. Iya Teh, seruuu bangat ya, pengen ngulang lagi terutama test drivenya hehehe

      Delete
  8. Desain nya emang kece Wan, apalagi suspensinya nyaman banget, pas banget buat mobil keluarga....pesen satu ah hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Teddy hayooo dibeli, nanti saya numpang hehehe

      Delete
  9. Ngarep² bisa kebeli expander nanti, hehe... Keren bisa dapet kesempatan untuk berkunjung ke pabriknya langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga cepat kebeli ya Mba Icha. Aamiin...

      Iya Alhamdulillah Mba, senang bangat bisa berkesempatan main ke pabriknya Mitsubishi :)

      Delete
  10. Iya bener, ke pabrik mobil nggak afdol kalo nggak ikutan test drive atau minimal ikut merasakan walau jadi penumpangnya hehe. Dan rasanya itu nyaman banget yah Wan. 😎

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Dede, ikut test drive itu seru dan bikin nagih hahaha

      Delete
  11. kalo perusahaan jepang tuh emang disiplin banget ya... liat kondisi pabriknya benar-benar ditaati itu semua peraturannya.. xpander juga top banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mba Yayat, benar-benar disiplin bangat, dan kita jadi lebih fokus lihat seti as p prosesnya.

      Delete
  12. Perusahaan Jepang udah jaminan mutu ya, Dek. Aku salut Xpander dapat penghargaan untuk sistem keamanannya. Insyaallah tak perlu khawatir kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mba Haya, mantaps bangat ya Xpander ini, saat coba test drive saja bikin ketagihan hehehe

      Delete