WOW! Akan Hadir Pameran E-Commerce Terakbar Agustus 2018 Mendatang


pameran e-commerce hadir di ICE BSD

Kini kegiatan belanja online sangat digemari oleh banyak orang, termasuk saya. Selain praktis, belanja online menawarkan ragam barang yang kita cari dengan sangat mudah, bahkan dalam sekejap kita bisa dengan begitu cepat mendapatkan barang yang kita inginkan.

Dan sekarang ini kegiatan belanja online semakin menyenangkan karena semakin banyak e-commerce yang hadir mewarnai jagad perbelanjaan secara online. Jadi semakin banyak pilihan tempat kita untuk mencari barang yang kita inginkan, dan asyiknya lagi kita jadi bisa membandingkan kualitas dan harga barang antar e-commerce sebelum membeli barang yang kita mau.

Berbicara tentang e-commerce ini, saya jadi ingat dengan sebuah acara yang saya hadiri beberapa hari yang lalu (29/03/2018) yaitu ShOP! (Showcase of Online People) yang menghadirkan berbagai narasumber yang terlibat di acara tersebut nantinya, diantaranya ada Bapak Bambang Setiaatmojo (GM Divisi Usaha Kecil BNI), Bapak M. Feriadi (Ketua Umum Asperindo), Ibu Gati Wibawaningsih (Direktur General IKM, Kementerian Perindustrian), Bapak Iksan Baidirus (Direktur Pos, Kementerian Komunikasi dan Informatika), Moderator. 
Para narasumber yang hadir dalam acara press conference ini - Doc. pribadi
Acara ShOP ini merupakan acara yang pertama kali digelar oleh ASPERINDO bersama PT. Mediatama Binakreasi, dimana acara ini bertujuan untuk mendukung industri e-commerce Indonesia agar semakin maju lagi, karena tidak bisa dipungkiri industri e-commerce di dunia pun semakin berkembang saat ini, dan Indonesia pun saat ini menjadi sebagai salah satu Negara yang memiliki pertumbuhan e-commerce yang sangat pesat dan dinilai memiliki potensi yang sangat pesat pula untuk didukung.

Dimana industri e-commerce di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir mengalami pertumbuhan sekitar tujuh belas persen dengan total jumlah usaha e-commerce mencapai 26,2 juta unit. Namun hanya 6 – 7% kontribusi produk lokal dari UKM yang masuk di online marketplace Indonesia.

Digelarnya acara press conference ini bertujuan untuk memberitahukan bahwa nanti akan digelar sebuah ShOP! (Showcase of Online People) pada tanggal 23 – 25 Agustus 2018 mendatang di Hall 3A – ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD, yang mengangkat tema “Off to Global Online Market” ShOP! Dengan menghadirkan 200 booth pameran yang akan diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh representasi stakeholder e-commerce di Indonesia.

Selain itu, keberadaan e-commerce ini merupakan bagian dari e-business yang tidak hanya sekadar perniagaan tetapi juga mencakup kolaborasi dari mitra Usaha Kecil Menengah (UKM), Online Store, Marketplace, Pembayaran Non Tunai (e-payment) dan perusahaan perposan (jasa penngirman).

Untuk itu, ASPERINDO (Asosiasi Perusahaan Jasa Penngiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia), selaku wadah dari perusahaan-perusahaan Nasional yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang maupun dokumen, baik yang bergerak di sektor kurir maupun kargo, memiliki peran penting dalam Industri ini.

Bahkan Bapak M. Feriadi selaku Ketua Umum Aspperindo mengatakan, “Berbagai lembaga riset dan media telah menjelaskan tentang potensi e-commerce di Indonesia yang sangat besar. Lebih dari 500 penyelenggara pos dan logistic, baik anggota maupun non anggota ASPERINDO yang memiliki lebih dari 40.000 cabang, gerai dan agen layanan yang tersebar di seluruh nusantara hingga ke pelosok, berperan penting dan telah siap mendukung e-commerce di tanah air.”

Sehubungan dengan itu, makanya penyelenggaraan ShOP ini diharapkan mampu mempertemukan seluruh skoteholder e-commerce. Hal ini sebagai implemtasi peran ASPERINDO dalam mengupayyakan perkembangan kontribusi produk lokal UKM Indonesia di online marketplace, menyajikan pengalaman pameran kolaborasi dari seluruh skateholder industri e-commerce, serta mengedukasi manfaat teknologi digital guna mengangkat karya dan budaya terbaik UKM kreatif bangsa ke kancah global.

Jadi bisa disimpulkan bahwa maksud dan tujuan dari adanya ajang ShOP ini adalah untuk:
  • Menghadirkan seluruh stakeholder industri e-commerce 
  • Menampilkan dan mempromosikan produk – produk unggulan UKM,
  • Mengedukasi UKM agar “mendominasi” e-commerce baik nasional dan menuju Global.
  • Bekerja sama dengan badan / asosiasi pendukung usaha pengembangan UKM.
Selain itu, adanya pameran ShOP ini juga menjadi kesempatan yang istimewa untuk membahas kiat menjadi eksportir sukses serta berbagai kisah sukses usaha ekspor. Oleh karena itu, dalam event ini juga diselenggarakan Indonesia SME’s Global Course dengan tema “Peran Platform E-commerce Internasional dalam mendukung produk Lokal Go Global” yang menghadirkan lebbih dari 300 peserta UKM untuk bergabung dalam course. 

Selain itu akan ada juga acara menarik lainnya yang akan digelar dalam pameran ShOP ini nantinya seperti talk show, coaching clinic, dan berbagai kegiatan seru lainnya yang akan dihadirkan untuk memeriahkan acara ini.  

Makanya saya pribadi juga semakin tidak sabar menunggu digelarnya acara pameran ShOP ini, karena saya sudah membayangkan pasti acara ini nantinya seru bangat, bisa melihat langsung seperti apa keseruan acara akbar ini.

Dan saya doakan semoga acara ini berjalan lancar dan sukses serta membawa manfaat bagi banyak pihak sehingga acara ShOP ini bisa menjadi agenda tahunan yang digelar untuk menyemangati UKM dan e-commerce untuk terus berkerja memberikan karya-karya terbaiknya. So, sampai jumpa di acara  ShOP! (Showcase of Online People) pada Agustus mendatang. :)



Informasi lebih lanjut:

2 comments:

  1. Wah, seru ya mas.. Agustus ya perhelatan akbar ini.. Smoga bisa hadir di acara yang keren ini

    ReplyDelete
  2. Kayaknya bakalan seru nih event yang cocok buat para pelaku bisnis online. Semoga ukm di indonesia bisa terus berkembang seperti halnya di cina yang diangkat oleh e commerce

    ReplyDelete