Telkom Craft Indonesia Hadirkan Aneka Produk UKM Asli Indonesia


Telkom Craft Indonesia hadirkan produk asli Indonesia Local Heroes to Global Champions

Indonesia itu kaya, bahkan sangat kaya, ditelisik dari sudut manapun Indonesia itu sangat kaya raya, dan saya sangat bangga akan hal itu. Indonesia bukan hanya melimpah dengan potensi alamnya saja, namun budaya, adat istiadat, bahasa, kuliner dan sederet kekayaan lain yang terhampar di seantero nusantara ini begitu luar biasa dan menjadi kekayaan yang tak ternilai harganya.

Namun sayangnya, untuk menjelajah keliling nusantara supaya bisa melihat lebih dekat kekayaan yang ada di seluruh pelosok negeri ini bagi saya itu sangat mustahil, karena jujur saja, saya merasa sangat terbebani oleh keterbatasan waktu dan juga materi yang saya punya.

Namun rasa pesimis saya segera enyah, sebab ternyata untuk bisa melihat lebih dekat kekayaan yang dimiliki Indonesia khsusnya untuk kategori fashion, craft dan food yang terbentang di seluruh nusantara ternyata saya tidak perlu pergi jauh-jauh, semua itu bisa saya temukan dengan mudah di pameran Telkom Craft Indonesia.


Sekilas tentang Telkom Craft Indonesia

Telkom Craft Indonesia adalah ajang tahunan yang memaerkan produk asli Indonesia - Doc. Pribadi
Telkom Craft Indonesia ini merupakan pameran tahunan yang menghadirkan beragam produk terbaik dari seluruh nusantara. Dimana pameran ini pertama kali diselenggarakan pada 2017 silam yang merupakan offline event dari program Rumah Kreatif BUMN yang sengaja dihadirkan sebagai ajang tahunan yang bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan dan keunggulan mahakarya anak bangsa. 

Dan tahun 2018 ini, Telkom Craft Indonesia kembali digelar pada tanggal 22-25 Maret 2018 lalu dengan menempati Hall A & B Jakarta Convention Center (JCC). Dimana pada tahun kedua terselenggaranya acara ini sengaja mengangkat keunikan Tenun Nusantara yang disuguhkan bersama ragam produk khas Indonesia lainnya dalam kategori Fashion, Craft dan Food yang berkualitas dan memiliki daya saing global dengan mengusung tema Local Heroes to Global Champions.
Aneka kain tenun asli Indonesia memiliki tampilan yang indah dan unik sesuai daerah asalnya. - Doc. Pribadi
Kehadiran Telkom Craft Indonesia ini bermaksud untuk mengeksplore kemampuan para pelaku UKM yang ada di bawah naungan dan binaan BUMN di Indonesia untuk memamerkan hasil karya terbaik yang dimiliki melalui pemanfaatan teknologi digital, dan juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi kepada para pelaku UKM agar semakin kreatif dan inovatif dalam berkarya supaya mampu berdaya saing global sehingga tidak kalah dengan produk-produk dari negara-negara lain di dunia.

Tidak hanya itu, kehadiran Telkom Craft Indonesia ini sekaligus sebagai wujud dari implementasi peran Telkom dalam pembangunan masyarakat Indonesia yang melek digital sehingga bisa membawa semangat Local Heroes to Global Champions dengan pemanfaatan teknologi digital untuk mengangkat karya-karya terbaik para pelaku industri kreatif bangsa agar bisa melambung hingga ke kancah dunia. 

Selain itu, pameran ini juga dilaksanakan guna mendukung program “BUMN Hadir untuk Negeri” yang fokus dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan sehingga mampu mendorong terwujudnya harapan pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.


Telkom Craft Indonesia hadirkan karya UKM Asli Indonesia
Indonesia kaya akan keragaman kain tenun nusantaranya - Doc. Pribadi

Telkom Craft Indonesia yang dihadirkan pada tahun ini, menggelar pameran UKM digital dengan menghadirkan 400 UKM Asli Indonesia yang terdiri dari 200 UKM Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan dari Telkom, 150 UKM dari binaan perusahaan BUMN lain, dan 50 UKM sisanya berasal komunitas dan asosiasi lainnya. Sehingga jika ditotal ada 3000 produk Asli Indonesia dengan total 150 ribu unit yang ditampilkan di pameran ini.

Namun ternyata, 400 UKM yang menjadi peserta Telkom Craft Indonesia 2018 ini bukan sembarang UKM, sebab UKM yang boleh hadir di pameran ini ternyata harus melalui proses dan tahapan khusus yaitu harus memenuhi tahapan pembinaan UKM di Rumah Kreatif BUMN, yaitu Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global. Setelah melalui proses seleksi kurasi yang menilai level of quality dan competitiveness dari produk, maka terpilihlah 400 UKM yang hadir memeriahkan pameran ini dengan produk-produk yang sangat berkualitas.
Telkom Craft Indonesia hadirkan 400 UKM asli Indonesia
ada 400 UKM meriahkan pameran TCI dengan produk-produk berkualitas - Doc. Pribadi
Dengan melihat begitu banyaknya UKM yang ikut serta dalam pameran ini, tentu saja saya dan para pengunjung lainnya merasa sangat dimanja, karena merasa dimudahkan dalam menemukan kekayaan ragam budaya Indonesia yang tertuang dalam bentuk fashion, craft, dan food yang mewakili ciri khas masing-masing daerah dari seluruh penjuru nusantara.

Sungguh sangat beruntung rasanya saya bisa hadir dan melihat langsung keindahan ragam karya yang sangat luar biasa yang dihadirkan di pamaran ini. Dan jujur saya tak henti berdecak kagum setiap melihat karya yang terpajang di sini, semua sangat indah, dan sangat mengagumkan.
Produk Asli Indonesia hadir di TCI
Sunguh produk-produk UKM yang ada di pameran TCI ini bagus-bagus bangat - Doc. Pribadi
Bertandang ke pameran Telkom Craft Indonesia ini kita juga bisa merasakan digital experience dan digital lifestyle melalui pemanfaatan transaksi digital mobile payment TCASH, platform e-commerce Blanja.com serta EDC Himbara dengan kartu kredit maupun kartu debit. Jadi dengan kehadiran digital experience dan digital lifestyle ini semua semakin praktis.

Dan yang juga yang menyenangkan saat berburu aneka produk di pameran Telkom Craft Indonesia ini karena kita bisa mendapatkan voucher dari BLANJA.com diskon hingga 75ribu dan diskon 20% untuk pembelian produk UKM menggunakan Tcash. Bahkan ada juga cash back hingga 100 ribu dari bank-bank partner yang support dalam pameran ini.
Pameran Telkom Craft Indonesia 2018 hadirkan produk asli Indonesia
Aneka produk fashion, craft dan food dari berbagai nusantara hadir di pameran TCI ini - Doc. Pribadi
Tidak hanya itu saja, yang semakin bikin menarik dari acara Telkom Craft Indonesia 2018 ini karena dimeriahkan juga oleh berbagai suguhan penampilan menarik yang mengedukasi dan menghibur seperti talk show, persembahan kesenian dan musik tradisonal, serta peragaan busana dengan sentuhan desain etnik ciri khas Indonesia. Sehingga bisa saya bilang, bahwa berkunjung ke Telkom Craft Indonesia ini sungguh sangat seru dan menyenangkan.


Talk Show Local Heroes to Global Champions
Datang ke Telkom Craft Indonesia 2018 ini benar-benar sangat menguntungkan menurut saya, sebab kita tidak hanya bisa berburu aneka fashion, food dan craft, tetapi kita juga bisa belajar banyak hal dari sharing pengalaman yang dilakukan oleh para pelaku usaha yang sudah berhasil menjalankan usahanya di acara talk show yang dihadirkan di acara ini.

Dan kebetulan hari itu, saya berkesempatan mengikuti talk show yang menghadirkan tiga narasumber, Yaitu: Mas Yukka Harlanda yang merupakan Chief Executive Officer (CEO) dari Brodo, Bapak Mamo yang merupakan Owner dari Tas Batik Salawase, dan Bapak Aulia Ersyah Marinto selaku CEO BLANJA.com.  
Talk show dengan narasumber (Kiri - Kenan): Bpk. Aulia - Bpk. Mamo - Mas Yukka - Moderator) - Doc. Tuty Queen
Dari cerita Mas Yukka, saya jadi bisa belajar tentang bagaimana dia merintis usaha sepatunya hingga bisa berada di titik ini. Perjalanan Brodo yang hadir pada tahun 2010 silam, ternyata kehadirannya lantaran Mas Yukka merasa kesulitan dalam menemukan sepatu dengan ukuran yang pas bagi kakinya yang tergolong besar, sehingga untuk mendapatkan sepatu untuk ukuran kakinya 46 maka harus membeli sepatu dari luar negeri. 

Berawal dari kesulitan itu, maka timbulah keinginan untuk membuat sepatu sendiri. Dari sanalah tercetus ide awal untuk melahirkan Brodo, apalagi Mas Yukka melihat bahwa disekelilingnya banyak sekali produsen handal dan bahan baku yang berlimpah untuk membuat brand sepatu berkelas dunia ini.

Jadi dari kisah ini, ada pelajaran berharga yang bisa saya dapatkan dari cerita Mas Yukka ini, bahwa tidak selamanya “kesulitan” itu menjadi petaka, namun jika kita bisa jeli melihat hal ini sebagai peluang dan didukung kreatifitas yang memadai maka siapapun bisa menciptakan sebuah karya atau usaha yang keren seperti Brodo ini.

Meski Brodo memulai debutnya dari dunia online dengan respon yang sangat bagus, namun tidak dipungkirinya bahwa dunia offline dengan kehadiran toko secara fisik juga masih perlu dilakukan saat ini, bahkan penjualan online dan offline untuk saat ini merupakan sebuah langkah yang memang harus dkombinasikan supaya usaha bisa semakin maju.
Bangga menggunakan Brodo sepatu buatan asli Indonesia
Saya bangga menggunakan Brodo sepatu buatan asli Indonesia
Dan saya pribadi pun sudah mengunakan sepatu Brodo sekitar 3 tahun belakangan ini, dan saya akui kualitasnya memang bagus, modelnya juga sangat kekinian dan bisa saya gunakan diberbagai kesempatan. Jujur saya bangga menggunakan produk Asli Indonesia, buatan anak Bangsa ini.

Selain itu, saya juga mendapatkan ilmu dan pengalaman yang menarik dari cerita perjalanan Pak Mamo dengan usaha tas batiknya yang diberi nama Salawase (selamanya). Dan ternyata Beliau juga untuk bisa sampai di titik ini ternyata tidak mudah, butuh perjuangan yang sangat panjang, mulai dari mencari ide bisnis, mendesain ide bahkan harus mencari kesana kemari penjahit lantaran Beliau sendiri tidak bisa menjahit.

Perjalanan usaha Pak Mamo ini juga mengajarkan saya, bahwa jika punya sebuah ide maka jangan pernah takut untuk belajar mewujudkannya, awalnya memang semua terlihat sulit, namun jika ada kemauan untuk terus belajar maka semua menjadi mudah.

Dan kini usaha Pak Mamo semakin berjalan maju, hal ini karena ketekunannya yang terus menjaga kualitas produk dan pelayanan dengan baik sehingga  kepercayaan konsumen pun terbangun dengan sendirinya, dan hal ini sangat penting terutama dalam berjualan online seperti sekarang ini, kepercayaan konsumen adalah segalanya. 

Selain itu, Pak Mamo juga menilai, bahwa kehadiran pameran seperti ini bukan hanya untuk meningkatkan omset saja, namun bisa menjadi sebuah wadah bagi para pelaku UKM untuk belajar dan memperluas networking dengan berbagai pihak sehingga bisa membangun usahanya semakin maju dengan terus mengedepankan nilai kearifan lokal untuk global.
Talk show ini memotivasi para UKM dan juga pengunjung untuk jeli melihat pelauang usaha - Doc. Pribadi
Dan Bapak Aulia Ersyah Marinto selaku CEO BLANJA.com menjelaskan bahwa kehadiran 400 UKM Asli Indonesia yang ada di pameran ini sudah Go Online di BLANJA.com dengan lebih dari 3000 jenis produk lokal dari 3 kategori yaitu fashion, craft dan food

Dimana melalui momentum ini, Pak Aulia menegaskan bahwa sebagai bagian dari Telkom Group, BLANJA.com  mempunyai tugas dan komitmen untuk terus mendukung keberadaan produk lokal UKM asli Indonesia untuk menembus pasar nasional dan internasional. Di sini produk lokal ingin dikenal bukan pedagang lokalnya, untuk itu BLANJA.com hadir untuk membawa produk asli Indonesia supaya semakin dikenal luas.

Dan salah satu dukungan supaya produk asli Indonesia semakin terkenal yaitu dengan mengajarkan para pelaku UKM mengenal dunia digital agar bisa berjualan online. Sebab tidak bisa dipungkiri, saat ini penjualan online merupakan salah satu cara untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan cepat, bahkan promosi melalui dunia online pun dinilai jauh lebih praktis dan efektif.

Namun Pak Aulia mengakui bahwa untuk mengajak para UKM ini masuk ke ranah digital bukan perkara mudah, sebab para pelaku UKM tidak semua melek teknologi. Untuk itu, mereka harus mau belajar dan bisa mandiri dalam menjalankan bisnis berbasis digital ini, dimana mereka harus bisa membuat foto yang bagus, membuat deskripsi produk yang menarik, dan memantau toko onlinenya secara rutin. Bahkan mereka juga harus terus melakukan inovasi-inovasi yang menarik supaya produk mereka terus dilirik banyak orang.

Diamana dengan mengajak para UKM untuk melek teknologi digital ini bertujuan agar produk-produk UKM asli Indonesia bisa semakin dikenal oleh banyak orang, baik dalam negeri hingga luar negeri agar slogan "Local Heroes to Global Champions" bisa terwujud dengan baik. 

Sungguh, mengikuti talk show dengan sharing pengalaman sukses seperti ini sangat memotivasi menurut saya, sebab kita yang mendengarkannya jadi bisa belajar dan terinspirasi dengan kisah sukses para narasumber ini, dan siapa tahu ada yang bisa mengikuti jejaknya membuka usaha dan sukses seperti ini juga. Sebab kata orang bijak, bahwa jika ingin sukses maka harus belajar juga dari orang yang sukses.


Saya Jatuh Cinta dengan Produk UKM Asli Indonesia
Saat menelusuri satu per satu stand UKM yang ada di Telkom Craft Indonesia 2018, saya dibuat terpukau dengan aneka kreasi yang disajikan oleh masing-masing stand yang ada, baik itu di deretan stand yang menjajalkan food, Craft dan fashion.

Sumpah ini produk-produk yang ada di pameran ini benar-benar sangat keren-keren, semua memiliki keistimewaan yang berbeda satu sama lainnya. Namun tidak mungkin saya ceritakan semua, nanti akan butuh waktu yang begitu panjang jika dibahas semua. Untuk itu, saya akan menceritakan beberapa saja ya, di antaranya:

UKM Mandiri Artshop
UKM Asli Indonesia - UKM Mandiri Artshop
Mandiri Artshop hadirkan aneka produk bernuansa etnik - Doc. Pribadi
Saya senang bangat saat melihat-lihat produk di stand Mandiri Artshop milik Bapak Triyono ini, tampak di sini saya melihat aneka produk yang sangat beragam. Dan mata saya langsung tergoda oleh furniture kayu dan patung wayang yang bisa dijadikan sebagai home accessories yang cantik.

Selain itu, UKM Mandiri Artshop ini juga memiliki aneka produk lain seperti, congklak ukiran kayu jati, kaleng kerupuk tembaga, gelas tembaga, gong kuningan, gamerlan dan aneka souvenir dari tembaga yang memiliki motif yang unik dengan karakter lokal dan tradisional yang kental. Produk Bapak Triyono ini didominasi motif dengan konsep tradisional seperti ukiran batik dan motif wayang sehingga memiliki nuansa etnik dan terkesan antik.

Untuk produk-produknya, Bapak Triyono lebih banyak menggunakan warna coklat, silver, dan emas sehingga membuat produknya tampak elegan. Dan proses finishing juga menggunakan chrome nikel sehingga menjadikan warna produk tembaga milik Bapak Triyono ini menjadi tahan lama dan tidak mudah luntur.

Dan aneka produk kerajinan ini diproduksi di kota Yogyakarta yang dibuat langsung oleh para pengrajin tembaga secara manual dengan dipahat menggunakan alat pahat dan palu sehingga membuat guratan ukiran pada produknya tampak halus.

Jadi aneka produk yang ada di Mandiri Artshop ini menurut saya sangat layak untuk dimiliki bagi orang-orang yang suka dengan barang bernuansa etnik, dan aneka home accessories yang ada di UKM ini sangat cocok untuk mempercantik tampilan sebuah ruangan, entah di rumah, café, kantor, restaurant, hotel dan tempat lainnya.

 
UKM Lombokku Songketku
UKM Lombokku Songketku - UKM Asli Indonesia
Kain Songket lombok ini cantik-cantik bangat  - Doc. Pribadi

Selain itu, saya juga jatuh cinta saat melihat kain-kain cantik di stand Lombokku Songketku, kain-kain songketnya benar-benar sangat menarik dengan aneka warna dan motif yang begitu indah. Jejeran kain songket yang ada di stand ini dibuat dengan cara ditenun secara tradisional tapi hasilnya tetap rapi dan indah. 

Namun sebenarnya selain kain songket, di stand yang digawangi oleh Bapak Nizom ini juga menjajalkan berbagai produk kain tradisional lainnya, seperti: kain tenun, songket yang berbahan katun hingga sutera dengan berbagai ukuran, selendang, tas, dompet dan berbagai produk lain yang sangat menarik.

Melihat corak kain songket yang begitu indah ini, sangat cocok untuk dikreasikan menjadi aneka karya busana yang sangat indah sesuai dengan keinginan kita, seperti baju, jas, rok dan aneka kreasi lainnya yang bisa digunakan dalam berbagai momen sehingga membuat tampilan kita tampak semakin menarik. 

Untuk harga kainnya beragam, tergantung dari jenis kain dan juga ukurannya, harga dimulai dari 35ribu untuk jenis selendang biasa, sedangkan untuk harga kain songketnya mulai dari harga ratusan hingga jutaan rupiah. 

Dimana rentang harga tersebut menurut saya masih tergolong wajar mengingat cara membuat kain tenun ini tidaklah mudah, sebab membuat kain yang dihasilkan dengan cara menenun tradisional ini memerlukan waktu dan juga tenaga yang lama untuk bisa menghasilkan satu lembar kainnya.

 
UKM Tenun Ikat Dayak Lusia
UKM Tenun Ikat Dayak Asli Indonesia
Cantiknya kain-kain ikat Dayak ini membuat saya jatuh cinta - Doc. Pribadi
Selanjutnya, kaki saya sampai juga di stand Tenun Ikat Dayak milik Bapak Lusia Petrus Baruna, hati saya benar-benar jatuh cinta saat melihat kain tenun ikat Dayak yang ditampilkan di stand ini. Kain tenun Ikat Dayak ini memiliki berbagai motif dan warna serta ukuran yang beragam membuat saya begitu takjub dan langsung merasa jatuh cinta pada kain-kain tersebut.

Apalagi konon katanya, motif pada kain-kain tenun Dayak ini memiliki cerita tertentu, misalnya cerita soal manusia, alam, seperti tanaman dan hewan. Dan kain tenun ini disebut tenun ikat karena pola kain dibuat dengan cara mengikat benang sehingga menghasilkan keindahan motif dan warna yang menarik.

Untuk warna yang digunakan pada kain ikat Dayak ini, menggunakan warna alami juga pewarna kimia. Untuk pewarna alami biasanya diambil dari pewarna alam seperti dedaunan, buah, akar kayu, umbi-umbian sehingga menghasilkan kain dengan warna tidak begitu mencolok dan lebih lembut terlihat di mata, sedangkan warna sintesis atau kimia sebaliknya memiliki warna yang mencolok atau tampak cerah.

Iya kain tenun ikat Dayak ini dibuat oleh para pengerajin dari Dusun Ensaid, Kelurahan Ensaid Panjang, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang – Kalimantan Barat. Dan biasanya kain-kain tenun cantik ini rata-rata dibuat oleh kaum perempuan dengan cara ditenun secara tradisonal. Dimana proses awalnya dimulai dari merapikan benang, nyusunnya, dan kemudian menenunnya, dan semua itu butuh waktu, tenaga dan kesabaran.
Mempermanis penampilan dengan sentuhan kain ikat Dayak yang indah
Dan untuk ukuran lama waktu pembuatannya masing-masing kain tentu saja tidak sama, tergantung dengan ukuran dari kain yang ingin dibuat, semakin besar ukuran kain yang ingin dibuat maka waktu yang diperlukan juga semakin lama. Dan saya semakin merasa kagum melihat perjuangan para penenun ini yang sungguh sangat luar biasa.

Dalam setiap helaian kain tenun ikat Dayak ini saya bisa merasakan betapa istimewa dan mengagumkannya kain ini, makanya sangat layak untuk dimilki. Untuk itu, saya tak berpikir panjang lagi, dan saya pun langsung memutuskan untuk membeli tenun ikat Dayak yang berwarna dasar biru tua ini, apalagi harganya cuma 50 ribu rupiah saja. Dimana kain tenun ini, bisa saya pakai sebagai ikat kepala, ataupun bisa saya kenakan sebagai selendang untuk memberikan sentuhan yang bisa mempermanis penampilan saya. 

Dan biasanya kain tenun ikat Dayak ini kerap dikenakan dalam acara-acara adat bagi warga Dayak, namun kini siapapun bisa milikinya dan juga mengenakan kain tenun ikat Dayak yang istimewa ini. Saya bangga menggunakan kain ikat Dayak ini. :)
Rangkaian cerita produk di atas hanyalah segelintir dari ratusan aneka produk UKM asli Indonesia yang hadir  di Telkom Craft Indonesia, dan semakin saya mengenal produk asli Indonesia membuat saya semakin kagum dan jatuh cinta padanya.



Semua Produk yang hadir di Telkom Craft Indonesia ada di BLANJA.com

Buat teman-teman yang kemarin belum sempat belanja produk fashion, craft dan food saat pameran Telkom Craft Indonesia atau malah tidak sempat datang ke pameran kemarin tidak usah sedih ya, sebab semua produk UKM Asli Indonesia yang hadir di pameran kemarin dijual juga di www.BLANJA.com.

BLANJA.com ini merupakan anak perusahaan dari Telkom yang juga turut hadir di Telkom Craft Indonesia 2018 dalam rangka meningkatkan kesempatan bagi produk lokal Indonesia untuk menembus pasar nasional dan internasional. 
Blanja.com juga menjual produk UKM asli indonesia
Blanja.com juga menjual produk UKM asli indonesia yang hadir di pameran TCI - Doc. Pribadi
Makanya BLANJA.com pada pameran kemarin sengaja mengusung taglineMasa iya gak BLANJA?” yang bertujuan ingin mengajak masyarakat untuk lebih mengenal serta mencintai produk Asli Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing global, sehingga kini masyarakat tidak lagi perlu pusing untuk mencari dimana tempat yang menjual aneka produk asli Indonesia yang berkualitas.

Maka dengan begitu, kita semakin mudah untuk mencari aneka produk dari para UKM ini, sehingga kita tidak perlu lagi menunggu tahun depan jika ingin memiliki barang-barang istimewa dari pelaku UKM, sebab sekarang kita semua bisa membelinya secara online dengan mudah melalui BLANJA.com.

BLANJA.com memiliki konsep sebagai Online-Marketplace yang memiliki lebih dari ribuan merchant yang menawarkan jutaan produk dari berbagai kategori yang terjamin orisinalitas dan kualitasnya, sehingga BLANJA.com bisa mempertemukan kita dengan banyak seller dengan produknya yang beragam didukung proses transaksi yang sangat mudah, aman dan menguntungkan karena BLANJA.COM memiliki hubungan kerja sama dengan sejumlah bank ternama di tanah air seperti Mandiri, BNI, BCA, BRI, BTN, Mega, Niaga, ANZ, BII, dan lain sebagainya.
Blanja.com hadirkan beragam produk Asli Indonesia

Mengapa harus belanja online di BLANJA.com?

Sebab BLANJA.com menyediakan produk-produk original dan berkualitas secara lengkap yang akan mudah kita temui di sini, bahkan bagi kita yang ingin mencari produk asli Indonesia ada kategori khususnya sehingga memberi kita kemudahan saat mencari barang yang kita mau.

Selain itu, proses transaksinya juga mudah serta aman sehingga menjadikan situs jual beli BLANJA.com menjadi pilihan tepat untuk belanja online. Dan kita juga dapat dengan mudah memilih berbagai metode pembayaran yang kita mau seperti pembayaran melalui ATM, Internet Banking, VISA, MasterCard dan T-Cash. 

Selain itu yang bikin asyik belanja di BLANJA.com ini juga karena selalu memberikan penawaran promo diskon yang menarik, seperti promo harbolnas, promo Blanja anniversary dan juga promo mingguan yang selalu memberikan kejutan dengan harga yang super murah. Jadi, masa iya gak BLANJA?

***

Sungguh saya merasa sangat salut atas terselenggaranya pameran Telkom Craft Indonesia yang diprakarsai oleh Rumah Kreatif BUMN ini, sebab saya akhirnya bisa melihat kekayaan bangsa ini dari dekat dengan mudah melalui aneka produk fashion, craft, dan food yang dihadirkan di pameran ini.  

Semoga acara pameran Telkom Craft Indonesia di tahun mendatang bisa hadir lagi dengan susana yang lebih semarak dan meriah sehingga semakin banyak produk UKM asli Indonesia yang bisa dikenal oleh masyakat luas, dan diharapkan akan memacu para pelaku UKM agar semakin kreatif, inovatif untuk bersaing di kancah global dalam menggerakkan perekonomian digital Indonesia. 

Maju Terus UKM Asli Indonesia!

11 comments:

  1. lengkap banget... itu syal dayak pengen beli tadinya gara-gara Once jadi lupa deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha Once melupakan segala hal ya Mba Ina, tapi beli online aja di Blanja.com Mba Ina syal Dayak itu. :)

      Delete
  2. Lengkap bangat ulasannya Bang, dan baca tulisan ini serasa ikut datang ke acaranya. Keren!

    Itu kain tenun ikat Dayak keren bangat Bang, terlihat cocok bangat dipake Abang. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah klo tulisan ini bisa mewakili kamu yang tidak bisa datang Dek hehehe

      Iya bagus loh kain ikan Dayak ini, kalo mau punya juga gampang bangat Dek, tinggal beli online di Blanja.com saja :)

      Delete
  3. Hasil karya UMKM Indonesia makin banyak aja yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar bangat Mba Myra, hasil karya UKM Asli Indonesia keren-keren bangat ternyata, layak kita bangga!

      Delete
  4. Sukak bgt Mak sama sepatunya Brodo. Mak sudah browsing loh ngepoin Brodo. Ukurannya lengkap dan modelnya laki bgt wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Maak Dewi, sepatu Brodo itu asli Indonesia juga loh, dulu banyak yang kira buatan luar hehehe

      Yoi Mak, laki bangat emang modelnya, dan sepatunya juga awet, saya masih pake sampai sekarang.

      Delete
  5. Kegiatan UKM mengangkat kebudayaan Indonesia seperti ini menyenangkan diikuti.
    Dan wajib rutin dilaksanakan di berbagai kota agar pamor produk etnik makin dicintai khalayak.

    Keren-keren produk dan kualitasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju bangat Mas Himawan, kegiatan pameran UKM Asli Indonesia seperti ini wajib dibuat juga di berbagai kota supaya makin banyak orang Indonesia juga yang sadar bahwa produk UKM asli Indonesia itu bagus-bagus bangat. :)

      Delete
  6. ketemu alumni telkomcraft Indonesia 2018

    ReplyDelete