Tips Nyaman Agar Mudik Lebaran dengan Bus Aman Sampai Tujuan


Tips Nyaman Agar Mudik Lebaran dengan Bus Aman Sampai Tujuan
Susana mudik lebaran - Doc. pojokpitu.com
Tak terasa sebentar lagi bulan puasa akan datang, iya bulan suci itu hanya tinggal dalam hitungan hari lagi akan menyapa kita, dan selain itu gempita mudik alias pulang kampung menjadi momen yang paling ditunggu oleh banyak orang, termasuk saya.

Dan kali ini saya ingin bahas tentang alat transportasi buat mudik, iya sih untuk mudik itu banyak bangat pilihan yang bisa kita gunakan, seperti pesawat, kapal laut, kereta api, hingga bus. Dan banyak yang berpendapat bahwa saat ini bus antar kota itu adalah salah satu moda transportasi yang keamananan kurang terjamin. Di dunia maya, nggak terhitung jumlah video yang mengunggah bagaimana aksi sopir bus kebut-kebutan di jalan, tanpa memedulikan keselamatan dirinya, penumpang, dan pengguna jalan lain. 

Tentu hal ini bikin kita makin was-was dan ragu untuk beli tiket bus di saat mudik Lebaran nanti. Lalu bagaimana kalau nantinya kita nggak dapat kursi pesawat, kereta api, atau bahkan kapal laut? Apakah harus mudik dengan motor kesayangan saja? Untuk saya sih tidak memungkinkan untuk mudik dengan motor, kampung halaman saya jaraknya sangat jauh.

Iya sih, bagi yang jarak tidak terlalu jauh, mudik dengan kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor sih sah-sah saja ya. Selain alasan penghematan, setiap pemudik pasti punya gaya yang berbeda-beda dalam merasakan suasana mudik supaya punya sensasi tersendiri. Tapi ada baiknya ikut saran pemerintah untuk menggunakan alat transportasi umum saja sata mudik. Selain bisa mengurangi kemacetan di jalur-jalur mudik, tentunya keselamatan kita menjadi prioritas. 

Nah untuk teman-teman yang punya rencana untuk mudik lebaran nanti dengan naik bus, berikut tips buat teman-teman yang ingin membeli tiket bus untuk mudik di tahun ini.
  • Dapatkan Bus dengan Rute Langsung Ke Kota Asalmu

Tips mudik aman dengan Bus
Pilih bus yang langsung ke kota tujuan kita - Doc.pomurniputih92.blogspot.com
Sebelum membeli tiket bus, sebaiknya kita pertimbangkan untuk memilih PO dengan trayek yang mendekati kota asal kita. Syukur-syukur bisa sampai ke terminal terdekat. Hal ini diperlukan dengan mempertimbangkan faktor kenyamanan, karena berpindah-pindah bus bakal bikin kita kelelahan. Belum lagi kalau bawa barang  seabreg, wah, bakal kerepotan nantinya. Makanya sebisa mungkin, kita harus dapatkan bus dengan rute yang langsung menuju kota asal kita supaya nyaman.


  • Lihat Reputasi Perusahaan Otobusnya

Ini juga penting loh, sebab kita butuh sampai ke tujuan dengan selamat, untuk itu kita harus mengutamakan membeli tiket bus dari perusahaan yang reputasinya terpercaya dalam mendahulukan keselamatan penumpang. Dan untuk mengetahui daftar perusahaan otobus yang bisa yang bisa kita andalkan gampang kok, sebab pada tahun 2016 lalu, Kemenhub memberikan penghargaan pada perusahaan-perusahaan otobus yang memiliki layanan berkualitas. Nah, coba saja teman-teman cek di internet untuk mendapatkan daftar referensi sebelum beli tiket busnya.

  • Pilih Tempat Duduk yang Menunjang Keselamatan
tips memilih bus untuk mudik yang aman dan nyaman
Pilih tempat duduk yang nyaman dan aman - Doc. indoinspector.blogspot.com
Saat mudik dengan bus sangat penting loh memilih tempat duduk yang nyaman supaya perjalanan mudik kita tetap menyenangkan. Dan berdasarkan penelitian, dua atau tiga baris kursi paling depan atau belakang bukanlah pilihan terbaik untuk sebuah perjalanan yang aman dan nyaman. Pilihan terbaik adalah kursi tengah, di bagian lorong. Pertimbangannya, karena tempat duduk ini cukup terlindung saat terjadi benturan.
  • Beli Tiket Bus Secara Online
Untuk mengantisipasi kehabisan tiket saat mudik nanti, sebaiknya kita harus membeli tiket lebih awal, apalagi sekarang beli tiket itu tidak perlu susah-susah, sekarang beli tiket bus itu bisa dilakukan secara online lewat internet di Traveloka, lho. Cara memilih tiket busnya gampang, perusahaannya juga tercatat dengan jelas. Jadi kita juga bisa memilih tiket bus sekalian lihat penampakan busnya melalui foto yang ada, serta ada fasilitas tambahan yang disediakan layaknya memesan hotel maupun tiket pesawat di Traveloka. 

Nah itulah empat tips nyaman naik bus agar aman sampai tujuan. Namun jangan lupa untuk meminta sopir agar lebih berhati-hati saat mengemudi, apalagi bila gaya mengemudinya ugal-ugalan. Ingatkan kepada supirnya bahwa keselamatan penumpang itu adalah prioritas utama.

Selamat berburu tiket bus buat mudik ya teman-teman, ingat loh, beli lebih cepat lebih baik jangan sampai gagal mudik karena kehabisan tiket. Dan tak lupa saya doakan semoga nanti kita semua yang mudik bisa menikmati perjalanan dengan aman, nyaman dan menyenangkan supaya bisa berkumpul dengan keluarga tercinta di kampung halaman dengan suka cita. Aamiin…


No comments:

Post a Comment