Lurik Coffee & Kitchen Tempat Nongkrong Asyik di Kemang



Hampir setiap keluarga pasti mempunyai masakan yang begitu khas, makanya untuk merawat resep tersebut supaya tetap bisa dinikmati dari generasi ke generasi tentu saja kita harus menjaga keaslian resep tersebut dengan menerapkannya dalam kehidupan kita.

Seseorang pernah bilang kepada saya, bahwa salah satu cara merawat tradisi keluarga adalah dengan tetap mempertahankan resep masakannya, yaitu dengan cara terus menularkan resep tersebut kepada generasi ke generasi untuk mempelarinya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga resep masakan keluarga tersebut tetap abadi sepanjang masa.

Bahkan tak sedikit pengusaha kuliner yang berhasil mendulang kesuksesan lantaran bisa mengolah resep masakan keluarganya menjadi bisnis. Hal ini pun yang tengah digeluti oleh sweet couple Mba Ussy Sulistiawaty dan Mas Andika Pratama.
Mas Andhika dan Mba Ussy saat ketemu di Grand Opening Lurik Coffee & Kitchen
Meskipun mereka artis dan sangat sibuk dengan pekerjaan mereka, namun tenyata Mba Ussy Sulistiawaty masih menyisihkan waktunya untuk berkutat di dapur sehingga bisa mencoba memasak berbagai resep masakan keluarganya yang sudah turun temurun. Bukan hanya belajar dari resep-resep Ibunya sendiri, ternyata Mba Ussy juga belajar resep masakan dari Ibu mertuanya juga.

Dan cara Mba Ussy ini adalah bentuk nyata bagaimana melestarikan resep keluarganya, agar tidak mudah hilang dan tergilas oleh berbagai jenis makanan modern atau makanan negara lain yang kini mulai marak hadir di negara kita. 

Maka agar resep keluarganya itu terus ada dan menjadi “trade mark” untuk anak cucunya kelak, maka Mba Ussy dan suaminya Mas Andhika membuka restoran dengan menyajikan berbagai pilihan menu khas Indonesia yang disebut nama Lurik Coffee & Kitchen

Meskipun dulu pernah memiliki restoran Jepang namun kemudian tutup, maka hal itu tidak membuat Mba Ussy kapok untuk membuka restoran baru lagi. Hal ini dibuktikannya dengan menghadirkan sebuah restoran baru bernama Lurik Coffee & Kitchen yang baru saja melakukan grand opening pada tanggal 23 Juli 2018 yang lalu bertempat di Lippo Mall Kemang UG floor unit D-08.

Kesan Pertama terhadap Interior Lurik Coffee & Kitchen

Saat melangkahkan kaki masuk ke restoran ini saya langsung suka, nuansa yang dihadirkan dalam mendesain tempat ini memberikan rasa nyaman, kehadiran warna biru berpadu putih yang mendominasi ruangan ini memberi kesan hangat.

Dan restoran ini dikemas dalam balutan tradisional namun tetap modern, tampak ornamen kayu yang menyerupai jendela di di sepanjang sisi salah satu dindingnya, lalu kursi-kursi kayu, meja kayu dan sofa yang menghiasi tempat ini memberi kesan homi, serasa kita sedang menikmati makanan di rumah sendiri.
Tampilan interior Lurik Coffee & Kitchen dihiasi nuansa putih dan biru
Selain itu, di sisi yang lain tampak ornamen piring-piring yang tersusun rapi dan juga benda-benda tua lain menghiasi dinding yang lainnya. Bahkan ada sepeda ontel juga yang turut dihadirkan di tempat ini sehingga kesan tradisionalnya tampak terasa.

Dan pencahayaan di tempat ini sangat bagus, selain berasal dari lampu-lampu yang tergantung di langit-langit, pencahayaan juga datang dari pantulan matahari yang menembus dinding kaya besar yang menjadi pembatas ruang indoor dan outdoor (balkon) restoran ini.

Bisa dibilang tempat ini sangat nyaman untuk kumpul bersama keluarga dan teman-teman, karena tepatnya luas, banyak tempat duduk yang tersedia, ruangannya bersih sehingga memberikan kita rasa yang nyaman.

Aneka Menu Lurik Coffee & Kitchen

Usai melihat dan menikmati suasan ruangan resto yang begitu nyaman, saya pun langsung memesan makanan, lumayan banyak juga menu yang ada. Mba Ussy dan Mas Andhika menghadirkan aneka masakan tradisonal Indonesia yang diracik dengan berbagai bumbu rempah khas Indonesia serta daun-daunan beraroma yang bisa menambah citarasa masakan sehingga bisa membuat yang menikmatinya bisa semakin lahap.
Beberapa potret menu yang ada di Lurik Coffee & Kitchen
Untuk menunya sendiri sangat beragam, terlihat menu-menunya didominasi oleh masakan tradisonal Indonesia, seperti Lidah Sapi Mercon Oma, Lidah Sapi Balado Umi, Lidah Saus Tiram, Nasi Rames Lidah Mercon, Cumi Saus Hitam, Buntut Balado, Ikan asin jamba roti balado, sate marangi, kangkung balacan, dori sambal matah, sop buntut bakar, sop iga dan masih banyak lagi menu-menu lainnya yang tak kalah uniknya.

Jujur saya sempat bingung melihat menunya yang sangat beragaman dan juga sangat menggoda itu, rasanya semuanya pengen dipesan saja, namun akhirnya pilihan saya jatuh pada Nasi Rames Lidah Mercon.
ini dia si Nasi Rames Lida Mercon yang nikmat itu :)
Nasi Rames Lidah Mercon ini ternyata porsinya besar juga. Dimana dalam satu porsinya ini terdapat potongan lidah sapi mercon yang pedasnya nendang bangat, rasa lidah sapinya juga empuk, dan bumbunya meresap bangat yang dipadukan dengan sayur lodeh dengan kuah santannya yang juara bangat menurut saya.
Sayur lodeh kuah santan
Lidah sapi mercon
Selain itu ada juga dua potong tempe kemul, irisan acar wortel dan timun yang dipadukan dengan sambal serta kerupuk sehingga bikin makan menjadi terasa sangat nikmat. Yummy bangat pokoknya menu ini menurut saya, dan saya sarankan teman-teman mencobanya jika datang ke Lurik ya.

Tempe kemul
Acar wortel dan timun, beserta sambel dan kerupuk yang bikin masakan ini makin nikmat

Dan karena porsinya banyak, saya pribadi tidak kuat menghabiskannya, namun jika memang lagi lapar bangat mungkin baru bisa memilih porsi ini dan dijamin kenyang deh, atau buat yang mau romantisan makan sepiring berdua bisa juga sih pilih menu ini *entah mau romantis atau mau ngirit itu beda tipis hehehe

Oh iya, selain makanan khas Indonesia, di sini juga ada menu dari luar loh tapi diolah dengan bumbu khas Indonesia, seperti ada Sapo tahu, Mie Champong, dan beberapa menu lainnya.

Tidak hanya makanan berat yang ada di restoran ini, ada banyak cemilan juga yang bisa kita nikmatin, seperti Sandwich Neng Ussy, Roti Bakar Lurik, Sandwich kornet, dan masih banyak cemilan lain serta aneka minuman termasuk kopi juga tersedia di sini.
Ayo ngopi dan ngemil dulu
Jadi buat teman-teman yang lagi cari tempat buat kumpul untuk makan bersama keluarga, teman atau seseorang yang kalian cintai, Lurik Coffee & Kitchen ini bisa menjadi pilihan karena selain tempatnya yang nyaman, aneka makan dan minuman yang dihadirkannya diolah dari racikan special.

Alasan saya suka dengan Lurik Coffee & Kitchen

Selain menunya yang sangat beragam, ada beberapa hal yang menurut saya kenapa  Lurik Coffee & Kitchen ini bisa menjadi tempat makan dan nongkrong yang asyik, antara lain karena:
  • Lurik Coffee & Kitchen ini tempatnya bersih. Kebersihan ini menjadi sangat penting menurut saya, selain bisa bikin kita merasa nyaman, tempat yang bersih juga biasanya mencerminkan juga makanan dan minuman yang disajikannya akan bersih pula.
  • Coffee & Kitchen menyediakan free wifi karena sangat menyadari tuntutan zaman now bahwa setiap orang tidak bisa jauh dari internet. Untuk itu, keberadaan wifi gratis pun tersedia di sini sehingga bisa membantu memperlancar kita berselancar di dunia maya ataupun bisa membantu memperlancar kerjaan kita (kantor / kuliah / sekolah) yang mengharuskan terkoneksi internet.  Jadi momen nongkrongnya dapat, kerjaan pun bisa kelar.
  • Lurik Coffee & Kitchen menyedikan colokan sehingga kita tidak perlu khawatir jika handphone atau laptop kita kehabisan baterai saat nongkrong.
  • Lurik Coffee & Kitchen menyedikan ruang makan ber-AC sehingga membuat kita sangat nyaman dan tetap adem. Dan juga tersedia ruang makan balkon sehingga mungkin bisa digunakan bagi yang merokok.
  • Lurik Coffee & Kitchen menyediakan banyak tempat duduk sehingga bisa memuat banyak pengunjung sehingga cocok untuk nongrong rame-rame.
  • Lurik Coffee & Kitchen peduli sama anak-anak, hal ini terlihat dengan disediakannya kursi makan khusus untuk anak-anak supaya bisa duduk dengan nyaman sembari menikmati makanannya.
Selain hal-hal tersebut, Lurik Coffee & Kitchen juga menawarkan posisi yang startegis buat kita nongkrong, terutama pada bagian balkonnya, karena selain bisa nongkrong dengan asyik kita juga bisa menikmati pemandangan lainnya hingga ke lantai bawah, bahkan pada malam minggu kita tetap bisa  menikmati live music yang dipentaskan di lantai bawah.
Sungguh pengalaman yang asyik nongkrong di Lurik Coffee & Kitchen
Sungguh pengalaman yang menyenangkan bagi saya bisa menikmati makanan yang disajikan oleh Lurik Coffee & Kitchen ini, tempat yang nyaman dan menyenangkan dengan makanan-makanan yang bukan hanya bikin kenyang tapi juga memang rasanya enak. :)
 
Tak lupa saya ucapkan congratulations buat Mas Andhika dan Mba Ussy atas hadirnya restoran barunya ini, semoga Lurik Coffee & Kitchen ini menjadi restoran yang sukses dan banyak peminatnya. Aamiin…

2 comments: