Miss Grand Indonesia Turut Promosikan Pariwisata Indonesia



Masih terbayang di ingatan saya, wanita-wanita cantik berlenggak-lenggok dengan sangat anggun di atas panggung megah malam itu. Mereka datang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, hadir di ajang kontes kecantikan ini untuk menunjukan pada Indonesia dan juga dunia, bahwa wanita-wanita Indonesia memiliki kecantikan yang begitu istimewa.

Malam itu mereka memancarkan keindahan nusantara dengan pesonanya yang berbeda-beda, sesuai dengan daerah yang mereka wakili, dan penampilan mereka mampu mencuri perhatian saya dan juga mungkin ribuan mata penonton yang hadir di Jakarta Convention Center bahkan para penonton yang menyaksikan langsung acara ini melalui televisi di rumah.

Tak sedikitpun saya menyesal ketika saya memutuskan untuk menghabiskan malam minggu saya di sini, ternyata menghadiri acara Miss Grand Indonesia 2018 ini sungguh keputusan yang tepat buat saya, bisa melihat dari dekat kecantikan wanita-wanita Indonesia yang begitu luar biasa.

Wanita-wanita terpilih yang datang mewakili daerahnya masing-masing ini bukan hanya memiliki paras dan fisik yang cantik saja, namun mereka juga merupakan wanita-wanita yang memiki kepintaran, punya talenta dan juga memiliki attitude yang bagus, sebab itulah syarat yang harus dimiliki oleh Miss Grand Indonesia. 

Sosok Miss Grand Indonesia adalah sosok yang diharapkan bisa menjadi contoh yang baik dan menginspirasi bagi banyak orang, terutama bagi anak muda lainnya di seluruh Indonesia, sehingga nantinya bisa mendorong anak-anak muda untuk berani mengasah bakat yang dimilikinya demi memajukan bangsa Indonesia menjadi negara yang jauh lebih baik dalam segala sisi ke depannya.

Sekilas tentang Miss Grand Indonesia

Miss Grand Indonesia merupakan sebuah kontes kecantikan yang mengajak para wanita muda Indonesia untuk menujukkan kualitas dirinya melalui ajang bergengsi yang baru pertama kali diselenggarakan pada tahun 2018 oleh Yayasan Dharma Gantari. Dimana awalnya, Miss Grand Indonesia dipilih dari ajang Puteri Indonesia (YPI).

Kehadiraan ajang kecantikan yang dibawahi oleh Ibu Dikna Faradiba sebagai Direktur Nasional Miss Grand Indonesia ini mengemban misi untuk membawa nama bangsa Indonesia ke jenjang internasional melalui kontes kecantikan, dan sekaligus mempromosikan kebudayaan, serta keindahan pariwisata Indonesia.
Miss Grand Indonesia tidak hanya cantik, namun juga pintar, bertealenta dan punya attitude yang bagus
Melalui kegiatan ini, Miss Grand Indonesia ingin mencari bakat-bakat terpendam dari wanita-wanita Indonesia sekaligus mencetak para wanita muda tersebut untuk siap dalam menghadapi tantangan di abad 21 ini dengan membekali wanita-wanita muda tersebut dengan pribadi yang mandiri, modern, memiliki jiwa sosial serta dapat berkontribusi di berbagai bidang, baik itu bidang sosial, pemberdayaan, pariwisata dan ekonomi. Dan tentunya, sosok Miss Grand Indonesia ini sekaligus diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi para generasi muda di Indonesia hingga manca negara.

Selain itu, nantinya pemenang Miss Grand Indonesia akan kembali berlaga dengan membawa nama bangsa Indonesia di ajang Miss Grand Internasional sehingga bisa memberikan kesempatan bagi wanita Indonesia agar mendapat pengalaman untuk mengeksplorasi diri dan berkontribusi untuk negara, melalui salah satu kontes kecantikan terbesar di dunia ini.

Miss Grand International sendiri merupakan sebuah kontes kecantikan baru yang diadakan pada tahun 2013 silam dengan berbasis di Bangkok - Thailand yang didirikan oleh seorang pebisnis dari Thailand yang bernama Nawat Itsaragrisil.
5 besar Miss Grand Indonesia 2018
Pemenang Miss Grand Indonesia nantinya akan bersaing di Miss Grand International
Meski terbilang masih memiliki usia yang cukup muda, namun ajang kontes kecantikan Miss Grand International ini ternyata cukup dikagumi dunia lantaran acaranya yang terlihat begitu modern dan menarik dengan mengusung moto dan visi yaitu Stop War And Violence yang bertujuan mengajak seluruh masyarakat dunia untuk menciptakan perdamaian dan mengajak untuk mengatakan tidak untuk perang dunia.

Dan nama Miss Grand International sendiri menggambarkan kekuatan, kebesaran dan kemegahan dalam diri seseorang. Dan diharapkan nantinya wanita yang menyandandang gelar Miss Grand International akan jadi pembawa pesan perdamaian bagi seluruh dunia.

Pemenang Miss Grand Indonesia 2018

Terselenggarannya perhelatan perdana Miss Grand Indonesia ini lantaran Miss Grand Internasional sudah memberikan kepercayaan kepada Yayasan Dharma Ganitra Indonesia untuk menggelar kontes kecantikan secara nasional yang berjudul “Miss Grand Indonesia” dengan mengangkat tema Beauty in Diversity atau Kecantikan dalam Keragaman, yang mempresentasikan kecantikan wanita Indonesia dari keragaman suku bangsa dan budaya yang dimiliki setiap daerah.

Dan setelah melalui masa karantina di Sari Pan Pacific pada 10-20 Juli 2018, kemudian pada tanggal 21 Juli 2018 yang lalu digelar malam final Miss Grand Indonesia pada pukul 18.00 sampai 20.00 WIB secara live di SCTV dari Plenary Hall JCC Jakarta.

Dan pada malam tersebut, maka keluarlah Nadia Purwoko wakil dari Bengkulu yang berhasil menjadi juara dalam ajang Miss Grand Indonesia 2018 setelah berhasil menyisihkan 29 finalis lainnya. Sementara wakil dari Sumatera Utara, Vivi Wijaya menjadi Runner-up 1 dan wakil DKI Jakarta yaitu Stepahine Cecilia menjadi Runner-up II.
Pemenang Miss Grand Indonesia 2018 Nadia Purwoko wakil dari Bengkulu
Nadia Purwoko wakil dari Bengkulu Pemenang Miss Grand Indonesia 2018
Menurut saya pribadi, Nadia memang sangat layak untuk menjadi pemenang Miss Grand Indonesia 2018 ini, selain memang cantik, jawabannya saat babak 3 besar benar-benar bagus, dia sangat tenang dalam menyampaikan jawabannya meskipun dalam bahasa inggris, dan jawabannya memang sangat tepat menurut saya dibandingkan dua temannya yang lain.

Dan selamat saya ucapakan kepada Nadia Purwoko yang telah berhasil meraih juara dan mengenakan mahkota termahal di dunia senilai 3 miliar yang dihiasi 7.640 berlian, 148 permata rubi dan emas putih seberat 780 gram karya desainer aksesori ternama Rinaldy Yunardi. Sungguh mahkota yang sangat indah. Salut!
Pemenang Miss Grand Indonesia 2018 Nadia Purwoko wakil dari Propinsi Bengkulu
Saat Nadia merayakan kemenangannya dengan mahkota senilai 3 miliar sebagai Miss Grand Indonesia 2018
Selaku pemanang Miss Grand Indonesia 2018 maka Nadia nantinya akan berlaga di ajang Miss Grand International yang juga diselenggarakan pada tahun 2018 ini di Myanmar pada tanggal 25 Oktober 2018 mendatang. Maka mari kita semua mendoakan semoga Indonesia bisa memberikan penampilan terbaiknya di ajang internasional tersebut dan bisa membawa pulang kemenangan ya, mudah-mudahan. Aamiin…

Oh iya, selain memperebutkan mahkota Miss Grand Indonesia 2018, para finalis juga bersaing memperebutkan beberapa gelar lainnya sebagai berikut:
  • Miss Grand Indonesia Best Traditional Costume berhasil diraih oleh Miss Grand Bali Putu Ayu S. D. P 
  • Miss Grand Indonesia Congeniality berhasil diraih oleh Miss Grand NTB Ni Komang Sri Maya Dian 
  • Miss Grand Indonesia Best Evening Gown berhasil diraih oleh Miss Grand Sumatera Utara Vivi Wijaya 
  •  Miss Grand Indonesia Favorite berhasil diraih oleh Miss Grand Sumatera Selatan Puteri Azizah 
  •  Miss Grand Indonesia Perbankan berhasil diraih oleh Miss Grand Lampung Sevin Dwi
 

Miss Grand Indonesia Turut Promosikan Pariwisata Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa salah satu misi dari Miss Grand Indonesia adalah untuk mempromosikan keindahan pariwisata di Indonesia. Dan hal ini pun sejalan dengan latar belakang Ibu Dikna Faradiba yang memang mantan Putri Pariwisata tahun 2015 silam.

Berbekal pengalaman tersebut, maka Beliau memiliki pengetahuan dan pengalaman yang banyak seputar pariwisata Indonesia. Untuk itu, melalui ajang Miss Grand Indonesia, Ibu Dikna mengajak para finalis Miss Grand Indonesia pun untuk turut mempelajari dan menyebarkan keindahan pariwisata yang ada di tanah air kita kepada siapa saja.

Untuk itu, maka pada masa karantina kemarin, seluruh para finalis Miss Grand Indonesia diajak ke salah satu tempat pariwisata Indonesia yang sudah tersohor, yaitu Danau Toba yang terletak di wilayah Balige, Sumatera Utara.
Miss Grand Indonesia 2018 punya peran untuk promosikan pariwisata indonesia
Miss Grand Indonesia 2018 mempunya peranan untuk bantu mempromosikan pariwisata indonesia
Para finalis Miss Grand Indonesia 2018 melakukan kunjungan selama 3 hari 2 malam terkait pengembangan potensi pariwisata di Sumatera Utara khususnya di kawasan Danau Toba. Dimana kunjungan para finalis Miss Grand Indonesia ini difasilitasi langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Badan Otoritas Danau Toba yang sekaligus untuk memperkenalkan lebih jauh tentang potensi wisata di Sumatera Utara terlebih khusus di Danau Toba. 

Apalagi saat ini, Danau Toba termasuk dalam salah satu destinasi yang sudah dilaunching sebagai 10 Bali Baru, bersama Sembilan tempat wisata lainnya yaitu Tanjung Lesung di Banten, Bromo, Tengger dan Semeru di Jawa Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Kepulauan Seribu di Jakarta, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Morotai di Maluku Utara, Tanjung Kelayang di Belitung, Candi Borobudur di Jawa Tengah serta Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur karena memiliki pesona alam, budaya dan sejarah yang sangat berkesan.
Keindahan Danau Toba
Keindahan Danau Toba - Doc.120119 (pixabay.com)
Danau Toba ini memang layak dijadikan sebagai salah satu tempat pariwisata favorite di Indonesia karena konon katanya Danau Toba ini disebut-sebut sebagai danau terbesar di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika. 

Dan menurut beberapa artikel yang saya baca, bahwa ternyata Danau Toba ini terbentuk setelah terjadinya letusan gunung api yang begitu dahsyat sekira 73.000-75.000 tahun lalu, dan akhirnya Danau Toba memiliki kawah seluas 1.145 kilometer persegi, dan melihat ukurannya yang luas, maka Danau Toba lebih menyerupai lautan dari pada danau pada umumnya. Danau Toba juga termasuk danau terdalam di dunia yaitu sekira 450 meter.

Selain sisi luas dan dalamnya yang menakjubkan, Danau Toba ini juga memiliki panorama alam yang sangat indah, karena memiliki hutan-hutan pinus yang tertata asri, selain itu di pinggiran Danau Toba terdapat air terjun yang sangat mempesona bahkan juga terdapat tempat pemandian air belarang.
Danau Toba memang sangat indah, layak untuk dikunjungi sebagai tempat berwisata bersama teman dan keluarga - Doc. Thiadon (pixabay.com)
Namun dalam kunjungan kali ini, Para finalis Miss Grand Indonesia 2018 diberi kesempatan untuk menikmati santapan lezat Pizza Andaliman, kemudian berkunjung ke Toba Art dan Museum T. B. Silalahi, berfoto selfie di Bukit Tara Bunga serta mengunjungi IT DEL guna bertemu langsung dengan Menteri Koordinasi Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan.

Jadi pada kunjungan tersebut, para finalis Miss Grand Indonesia harus melakukan promosi pariwisata Danau Toba, dimana salah satu tugas mereka adalah membuat content untuk mempromosikan keindahan Danau Toba melalui Vlog ataupun Instagram dan sosial media lainnya yang mereka miliki.

Sungguh saya pribadi sangat salut dengan langkah promosi pariwisata yang melibatkan para finalis Miss Grand Indonesia 2018 ini, karena tidak bisa dipungkiri, mereka adalah wanita-wanita perwakilan daerahnya yang sekaligus bisa menjadi sosok penggerak untuk membantu menyebarkan informasi positif terkait pariwisata sehingga orang-orang semakin tahu bahwa kini Danau Toba dan sekitarnya sudah mengalami banyak perubahan yang semakin baik, sehingga layak untuk dikunjungi oleh siapa saja dan dari mana saja.

Semoga melalui ajang Miss Grand Indonesia 2018 ini, diharapkan pariwisata Indonesia bisa semakin diangkat popularitasnya untuk semakin dikenal baik oleh banyak wisatawan dalam negeri hingga manca negara sehingga potensi pariwisata di negeri ini semakin berkambang dan sukses. Aamiin...


2 comments:

  1. Semoga ajang pemilihan putri-putrian seperti ini benar-benar mencetak seseorang ikut terus berperan aktif mempromosikan wisata Indonesia ...
    Bukan hanya pada saat masa menjabat sebagai gelar putri saja, setelah itu tak aktif lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia malah kemaren sempet rame nih sama YPI :)

      Delete