Website Tokoh Inspiratif Sudah Resmi Diluncurkan



Inspirasi itu penting bagi saya, meski mungkin bagi sebagian orang tidak penting, namun saya pribadi menilai bahwa inspirasi merupakan sebuah gerbang yang dapat membuka banyak pengalaman dan wawasan baru kedalam hidup kita. Bahkan inspirasi menghadirkan kerangka berpikir baru yang terkadang bisa  mengubah cara saya memandang diri kita sendiri dan juga orang lain.

Namun ada yang bilang, bahwa inspirasi tidaklah sama dengan motivasi. Dimana inspirasi akan membawa sesuatu “semangat” yang lebih besar daripada motivasi. Inspirasi akan membangkitkan passion dan semangat yang lebih membara sehingga akan membawa langkah kita pada tahap yang lebih baik, lebih sukses ataupun lebih bahagia.
  
Dan tak jarang ada yang bilang bahwa untuk mendapatkan inspirasi itu sulit. Namun pada kenyataannya inspirasi bisa kita dapatkan kapan saja, dimana saja dan dari siapa saja. Untuk itu, kita harus peka melihat segala sesuatu dan siap menerimanya dengan memiliki sifat open minded terhadap sesuatu tersebut.

Nah, berbiara tentang inspirasi ini, maka kemarin saya sempat bertemu dengan orang-orang yang menurut saya bisa menjadi sumber inspirasi. Iya kemarin saya menghadiri acara launcing website tokohinspiratif.id yang berlangsung di Ocha & Bella Resto, Hotel Morrisey, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Apa itu website tokohinspiratis.id?


Website tokohinspiratif.id merupakan sebuah wadah yang didirikan oleh kumpulan individu dan organisasi yang memiliki kepedulian terhadap masa depan bangsa. Diharapkan dengan hadirnya tokohinspiratif.id ini bisa menjadi wadah yang akan menghubungkan orang-orang yang telah memberi inspirasi untuk bangsa dan kemanusiaan.


Selain itu, dengan kehadiran website ini, maka tokohinspiratif.id diharapkan bisa menjadi wadah yang tepat bagi banyak orang untuk turut mengambil peran menjadi inspirator untuk Indonesia, karena tidak bisa kita pungkiri, inspirator diperlukan untuk menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang.

Hal ini pun diungkapkan oleh Bapak Chalid Muhammad selaku Penggagas Website tokohinspiratif.id yang menuturkan bahwa kehadiran portal digital ini diharapkan dapat menularkan aksi positif dari tokoh-tokoh inspirasi Indonesia ke masyarakat lebih luas.

Selain itu, kehadiran website ini merupakan salah satu cara untuk mendedikasikan segala peran para tokoh inspiratif yang sudah fokus pada gerakan kemanusiaan tanpa pamrih, sehingga diharapkan juga bisa menginspirasi masyarakat luas untuk turut beraksi positif untuk bangsa ini, dan syukur-syukur bisa terlahir banyak insan-insan inspiratif lain nantinya.

Selain itu, hadir juga Bapak Helmi Basalamah selaku Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM) Kementerian LHK yang ditugaskan untuk mewakili Menteri LHK mengatakan bahwa portal ini sangat menginspiratif bagi masyarakat luas. 

Dimana menurut Beliau, bahwa kehadiran website ini tentu saja akan menjadi wadah sekaligus media yang menginspirasi banyak orang dari sosok-sosok para tokoh yang ada, sehingga diharapkan nantinya akan menjadi panutan dan inspiratif serta bernilai edukasi bagi masyarakat luas.

Siapa saja sosok inspiratif itu?

Dan di website sosokinspiratif.id, saat ini baru ada sebelas kategori tipe inspirasi yang bisa kita temukan, yaitu kategori komunitas, kategori akademisi, kategori organisasi non pemerintah, kategori masyarakat adat, kategori penyelenggara negara, kategori kesehatan, kategori difabel, kategori demokrasi, kategori seniman, kategori nelayan, dan kategori aktivis organisasi non politik.

Kesebelas kategori ini masih bisa akan bertambah jika memang ada sosok inspiratif yang datang dari berbagai latar belakang lainnya lagi nantinya. Dan siapapun boleh mengajukan diri atau orang lain yang dinilai memiliki sesuatu yang memang layak memberi inspirasi bagi banyak orang.
Ini beberapa para Tokoh Inspiratif, Penalis dan Pendiri website tokohinspiratif.id
Di acara launcing website ini kemarin tampak hadir beberapa tokoh inspiratif yang dimuat di website tokohinspiratif.id di antaranya:
  • Tokoh inspiratif kategori Aktivis Organisasi Nonpolitik, Nur Hidayati, Direktur Eksekutif Nasional Walhi : "Suara Lantang Pejuang Lingkungan" 
  •  Tokoh inspiratif kategori Akademisi, Prof. Dr. Sulistyowati Irianto, Guru Besar Antropologi Universitas Indonesia: "Tak Gentar Melawan Korupsi"
  • Tokoh inspiratif kategori Demokrasi, Titi Anggraini, Direktur Eksekutif Perludem: "Srikandi Pemilu dan Demokrasi" 
  • Tokoh inspiratif kategori Aparatur Pemerintah: Dr. Ratna Dewi Petalolo, SH, MH (Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan) "Bergerak Membangun Peradaban Demokrasi" 
  • Tokoh inspiratif kategori aktifis Organisasi Nonpolitik, Merah Johansyah Ismail, Koordinatir Nasional Jaringan Advokasi Tambang: "Gelora Perjuangan Aktivis Jatam"
Jika dilihat dari profilenya, mereka-mereka ini hadir dari berbagai latar belakang yang berbeda dan berani bertindak dan menyuarakan sesuatu yang memang untuk kebaikan banyak orang. Seperti  yang dilakukan Ibu Nur Hidayati yang sudah menyuarakan tentang lingkungan hidup dan pembangunan bahkan sudah lebih dari 20 tahun lamanya. 

Namun lain lagi dengan Prof. Dr. Sulistyowati Irianto yang selalu aktif dalam gerakan Guru Besar Anti Korupsi , karena baginya korupsi bukan hanya sekadar pelanggaran hukum, namun lebih dari itu, korupsi juga merupakan pelanggaran terhadap hak asasi orang lain.

Sedangkan Ibu Titi Anggraini yang dijuluki “Srikandi Pemilu dan Demokrasi" ini merupakan sosok ulet dan pekerja keras yang selalu memberikan pemikiran-pemikiran jernihnya tentang bagaimana seharusnya demokrasi di negeri ini dijalankan telah mengisi ruang-ruang kosong yang selama ini tidak tergali dan luput dari amatan public.

Dan sejalan dengan itu, Ibu Ratna Dewi Petalolo juga merupakan sosok yang sangat semangat mengawasi pemilu. Baginya, peran Bawaslu sangat penting dalam menentukan kualitas pemulu dan demokrasi di Indonesia, karena pemilu bukan sekadar datang ke tempat pemungutan suara dan menggunakan hak pilih saja, tetapi pemilu adalah proses membangun peradaban.

Namun lain lagi dengan Bapak Merah Johansyah Ismail yang selalu lantang bersuara saat berbicara soal karut marut pembangunan. Beliau sangat tegas menyatakan bahwa generasi milenial harus menjadi bagian dari solusi atas ketidakadilan di sektor pembangunan dan lingkungan yang terus terjadi saat ini, karena kaum muda adalah yang paling bisa mengurus nagera.

Ini hanya sebagain dari sosok inspiratif yang ada, untuk lebih jelasnya teman-teman bisa langsung meluncur ke websitenya tokohinspiratif.id ya. 

Apakah masih bisa menambah sosok inspiratif?

Jawabannya bisa, hal ini pun diungkapkan oleh Bapak Halim bahwa "Kami juga memberikan ruang bagi nitizen untuk ikut aktif dengan menyarankan nama tokoh inspirasi yang nantinya akan dinilai oleh tim editor kami." 

Untuk itu, jika teman-teman ingin merekomendasikan siapapun yang memang mampu memberikan inspiratif bagi banyak orang, maka pihak tokohinspiratif.id sudah membolehkannya, jadi sila bagi teman-teman yang ingin mengajukan sosok inspiratifnya, tinggal langsung masuk di websitenya saja ya, di sana ada menu untuk mengusulkan nama tokoh inspiratif yang kita inginkan.
Para Blogger yang hadir di acara peluncuran website tokohinspiratif.id
Jadi nantinya ada kemungkinan bahwa website ini akan semakin berkembang dengan munculnya sosok-sosok inspiratif baru yang akan terus bertambah, dan diharapkan semoga wadah ini bisa memberi inspirasi positif sehingga masyarakat bisa terus berpikir maju dan berwawasan luas.

So, siapakah sosok inspiratifmu teman? Temukan selengkapnya di websitenya tokohinspitatif.id saja! :)

 

22 comments:

  1. Wah keren ini.. Bisa menginspirasi banyak orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Enny, salut ya sama tokoh-tokoh ini :)

      Delete
  2. Terharu banget sama semua perjuangan tanpa pamrih mereka ya Wan?

    ReplyDelete
  3. Kedepannya jadi kaya wikipedia gitu, ya? Bisa diakses untuk edit dan diperbaharui?

    Kalau tokoh aktivis buruh migran bisa masuk inspiratif gak ya? kalau bisa di bagian mana nih masuknya? Hehehe

    ReplyDelete
  4. sudah liat wan, sebagian besar belum saya kenal tapi bersyukur ada web ini jadi tau siapa saja

    ReplyDelete
  5. Saya langsung nanya pada diri sendiri, apa saya punya tokoh inspiratif hehe, keren sekarang ada websitenya , berselancar kesana ah siapa tau menemukan tokoh inspiratif.

    ReplyDelete
  6. JAdi kepengen nyobain daftarin sesorang yang sangat concern masalah lingkungan Mudah mudahin bisa lolos. Sudah lama, 10 tahun bekerja tanpa pamrih

    ReplyDelete
  7. Saya suka baca kisah inspiratif dari orang-orang yang mulai dari 0 sepertinya bakal sering main ke website tokohispirstif.id nih!

    ReplyDelete
  8. sosok inspiratif ada di sekitar kita.. jujur para tokoh ini baru ku dengar namanya.. kecuali Glenn Fredly yaaaa... tapi kagum sama sepak terjang mereka

    ReplyDelete
  9. Kalau lagi down dan malas buat maju, saya suka baca kisah2 tokoh inspiratif buat jadi moodboster lebih semangat lagi.

    ReplyDelete
  10. Semoga kita bisa menjadi orang yang bisa selalu terinspirasi terhadap perbuatan baik orang orang tersebut. Aaaaminn...

    ReplyDelete
  11. Bener memang, sosok inspiratif bisa membawa dampak besar bagi yang ada didekatnya ketimbang motivator. Karena dia memberikan "virus" positif yang bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Asli ini sih keren banget ka Imawan, dibanding orang-orang yang gak ada prestasinya cuman alay terus kemudian viral. Moga website ini bisa memberi inspirasi positif ya

    ReplyDelete
  13. Dengan adanya situs bisa buat tmbh semangat y mas dn bisa ambil pengalaman dr mreka

    ReplyDelete
  14. Menarik ya..ada portal seperti ini kita jadi bisa mengenal banyak sosok sosok yang memberi kita inspirasi..bacaan bermanfaat untuk anak2 juga nih

    ReplyDelete
  15. Keren nih ada wadah buat kehadiran tokoh inspiratif yang jauh dr media. Boleh nih saya coba daftarkan tokoh2 inspiratif yg saya kenal.

    ReplyDelete
  16. Ohh.. jadi kamu mau ajak aku ke peluncuran web ini toh. Inspiratif sekali acaranya kak. Semoga web tokoh inspiratif juga semakin berkembang ke depan yaa*

    ReplyDelete
  17. Semoga akan semakin banyak tokoh tokoh yang lahir, yang bisa menginspirasi untuk memajukan Indonesia dan terus membawa pada kebaikan orang banyak.

    ReplyDelete
  18. Bener banget semakin banyak menginspirasi untuk kebaikan dan kemajuan bangsa ya.

    ReplyDelete
  19. Mantap.. langsung meluncur ke Tkp...

    ReplyDelete
  20. Tokoh inspiratif juga ada websitenya ya, langsung deh lihat websitenya. Semoga makin banyak tokoh inspiratif yg bisa menginspirasi yg lain

    ReplyDelete
  21. Wahhh ada sumber referensi yang pas :)

    ReplyDelete