Solusi Sakit Maag yang Praktis dan Ampuh


Solusi Sakit Maag yang cepat dan sangat ampuh

Sakit maag itu sungguh menyiksa, makanya kita harus tahu solusi sakit maag yang cepat dan ampuh agar rasa sakit ini tidak mengganggu aktivitas kita lagi. Saya jadi teringat bagaimana awal saya terkena sakit maag, dulu saking sibuknya mengerjakan skripsi, saya kerap lalai dan suka menunda makan, sehingga akhirnya penyakit maag datang tanpa mampu dicegah lagi.

Dan saya baru tahu, ternyata banyak juga orang yang diserang penyakit maag ini. Bahkan mengutip data dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO pada tahun 2012 yang lalu, mengungkapkan bahwa persentase angka sakit maag di Indonesia berada di angka 40,85% dan itu angka yang lumayan tinggi menurut saya.

Untuk itu, melihat fakta ini kita tak boleh acuh dengan sakit maag, dan sebaiknya kita menanganinya secara serius untuk mencari solusi sakit maag yang ampuh, apa lagi sakit maag ini ternyata banyak menyerang kalangan usia produktif yang ada direntang usia 20-30 tahun. Apa jadinya negeri ini bila anak-anak mudanya banyak yang mengalami sakit maag?

Apa Itu Sakit Maag?

Konon katanya, sebenarnya tak ada istilah penyakit maag dalam dunia medis, dan maag ini hanyalah istilah yang digunakan masyarakat awam untuk menggambarkan keluhan-keluhan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan (indigestion).
Apa itu sakit maag, kenali penyebab sakit maag dan temukan solusi sakit maag
Sakit maag bisa datang pada siapa saja dan kapan saja, maka jagalah kesehatan sebaik mungkin - Doc. Derneuemann (pixabay)
Bagi kebanyakan orang, sakit maag lebih banyak dikenal sebagai penyakit akibat sering terlambat makan atau pola makan yang tidak teratur sehingga menggangu pencernaan dan mengakibatkan sakit perut, kembung, begah, mulut terasa asam, mual, muntah, dan dada terasa nyeri seperti terbakar.

Selain itu, pada kondisi tertentu, gangguan pencernaan ini akan menyebabkan tukak lambung yaitu dimana terjadi peradangan lambung, usus, atau kerongkongan, infeksi perut, dan penyakit irritable bowel syndrome pada bagian dalam tubuh kita. Bahkan pada beberapa kasus langka, ternyata maag bisa menandakan kanker perut juga loh.

Makanya sangat penting bagi kita untuk mencari solusi sakit maag ini, karena jika dibiarkan terus menerus maka akan membahayakan kesehatan kita. Namun sangat penting juga kita pahami untuk mengenali apa saja yang menjadi gejala dari sakit maag ini.

Kenali Gejala dan Penyebab Sakit Maag

Sakit maag tidak pandang bulu, siapa saja bisa mengalaminya, dan seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari luka terbuka di lapisan dalam lambung (tukak lambung), atau bisa juga karena infeksi bakteri Helicobacter pylori, hingga efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Untuk itu, seseorang yang menderita penyakit maag biasanya akan mengalami gejala atau ciri-ciri sakit maag seperti berikut ini:
  • Perut kembung dan terasa penuh
  • Mudah kenyang
  • Mual saat makan
  • Sering sendawa
  • Tidak bisa menikmati makanan berlemak
  • Nafsu makan menurun karena perut terasa sakit
  • Naiknya asam lambung
  • Penurunan berat badan
  • Nyeri ulu hati disertai sensasi terbakar di bagian dada
Gejala sakit maag ini mungkin bagi sebagian dari kita ada yang menganggapnya biasa saja, namun jika dibiarkan terus menerus ternyata bisa memicu sakit maag yang sangat berbahaya loh. Seperti bisa mengalami nyeri perut yang tiba-tiba dan terasa begitu menyakitkan, mual dan muntah secara terus menerus, bahkan lebih parahnya bisa mengakibatkan muntah darah, atau tinja berwarna gelap atau mengandung darah, bahkan bisa menyebabkan sulit bernafas atau bisa juga menyebabkan anemia.

Melihat ciri-ciri sakit maag dan dampaknya yang begitu besar mengancam kesehatan kita, tentu saja hal ini tidak bisa kita abaikan, makanya mengenali apa yang menjadi penyebab sakit maag ini juga sangat penting untuk kita pahami.
Penyebab dan solusi sakit maag
Ini dia yang menjadi penyebab sakit maag, yaitu Pola makan, stress dan gaya hiduo
Dimana secara garis besar, ada tiga faktor yang menjadi penyebab dari hadirnya sakit maag ini, dimana pemicunya yang pertama adalah terkait dengan pola dan jenis makanan yang kita konsumsi, karena tidak bisa kita pungkiri, penyebab dari asam lambung atau peradangan pada dinding lambung itu seringkali terjadi karena pola makan yang tidak teratur. Misalnya sering telat makan, atau juga sering mengonsumsi makanan pedas, asam dan bersantan juga goreng-gorengan.

Selain itu, ternyata penyebab sakit maag juga bisa diakibatkan oleh stress dan kurang istirahat yang cukup sehingga hal ini bisa memicu terjadinya peningkatan asam lambung, apalagi jika ada luka pada bagaian dalam lambung, tentunya hal ini akan memperhebat rasa sakitnya. Makanya mengelola stress yang diimbangi dengan istirahat yang cukup sangat penting juga kita lakukan supaya bisa menetralkan asam lambung itu tadi.

Dan tidak bisa kita pungkiri, salah satu lagi faktor yang juga memicu meningkatkan resiko penyakit maag adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda, merokok, mengkonsumsi minuman keras, bahkan kebiasaan minum teh dan kopi secara berlebihan ternyata bisa memberi kontribusi pada masalah lambung juga.


Dilema antara Manfaat Kopi dan Takut Maag

Sejak divonis sakit maag beberapa tahun yang lalu, saya akhirnya memilih menjauh dari kopi, bukan meninggalkannya sama sekali, namun frekuensi dan jumlah kopi yang saya minum mulai dikurangi.

Jujur, meskipun saya sangat mencintai si hitam ini, namun sejak merasakan terkapar beberapa hari karena sakit maag waktu itu, maka membuat saya seperti “kapok” untuk bersentuhan dengan segala sesuatu yang bikin maag saya kambuh lagi, termasuk kopi ini.
Penyebab dan Solusi sakit maag yang cepat dan ampuh
Kopi bisa mendukung fungsi kognitif otak sehingga ingatan menjadi lebih kuat makanya dan meningkatkan konsentrasi - Doc.Pixel2013 (Pixabay)
Padahal bagi saya kopi merupakan “air surga” yang bisa menghadirkan berbagai sumber inspirasi, setiap tegukan kopi bukan hanya mampu memberikan kenikmatan, tetapi kopi juga bisa memberikan sensasi rasa segar pada tubuh dan mata menjadi lebih kuat untuk terjaga.

Ya, makanya dulu kopi kerap menjadi teman andalan yang menemani saya menyelesaikan berbagai tugas yang harus saya kerjakan di malam hari, karena kopi mampu mengusir rasa ngantuk dan membuat mata saya tetap fokus mengerjakan tugas.

Solusi sakit maag yang ampuh
Kopi memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita
Dan tak jarang, saya pun kerap meminum kopi sebagai penyemangat di pagi hari, karena saya percaya, kopi juga bisa mengusir rasa malas dan rasa ngantuk di pagi hari, maka setelah meneguk secangkir kopi biasanya saya lebih siap untuk kembali beraktivitas lagi.

Kopi punya peranan yang sangat penting, hal ini pun senada dengan beberapa sumber penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan kafein dalam kopi sanggup mengusir rasa lelah dan meningkatkan konsentrasi.

Selain itu, kopi juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, karena pada dasarnya kopi memiliki antioksidan yang baik bagi tubuh manusia. Bahkan dikatakan kandungan senyawa dalam kopi juga mampu mengusir sakit kepala, meredamkan depresi atau stress, menjegah diabetes, menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan stamina, membuat otak bekerja maksimal dalam membantu mengingat informasi.

Sungguh besar sebenarnya manfaat dari kopi ini, namun keraguan dan dilema masih membayangi saya, karena saya takut nanti maag saya kambuh lagi. Dan sebuah pertanyaan pun mencuat dalam benak saya, bolehkah penderita sakit maag minum kopi?

#NikmatiHarimu ala Barista Muhammad Aga

Bermodalkan rasa penasaran dan ingin mendapatkan jawaban dari pertanyaan di ataslah yang akhirnya membuat saya memutuskan ikut dalam acara #NikmatiHarimu bersama Promag yang berlangsung di Liberica Café di kawasan Blok M - Jakarta Selatan pada beberapa hari yang lalu (27/09/2018).

Tampak hadir dalam acara ini, Mas Aga (sapaan akrab dari Muhammad Aga) yang merupakan seorang barista ternama yang akan bercerita tentang bagaimana pengalamannya di dunia kopi, dan seperti apa kiat yang ia lakukan bila sakit maag datang mengganggunya sebagi seorang barista.
Penyebab dan Solusi sakit maag yang cepat dan ampuh
Mas Aga bercerita tentang pengalamannya menjadi Barista dan keseruannya menyelami dunia kopi
Ya, tidak bisa kita pungkiri, saat ini kopi menjadi bagian dari gaya hidup, makanya saat ini banyak kita jumpai kedai kopi yang menjamur dimana-mana. Dan dari situ jugalah, profesi sebagai barista pun turut mengalami kenaikan 'derajat' karena adanya peningkatan tren kopi saat ini. 

Dan tidak sedikit anak muda yang memilih menyeburkan dirinya ke ranah profesi sebagai barista, termasuk Mas Aga ini. Namun untuk menjadi seorang barista profesional tidaklah semudah membalikan telapak tangan, tetapi perlu ketekunan, kerja keras dan keuletan dalam belajar agar bisa mahir dalam bidang ini. Selain itu, harus memiliki keinginan dan kamauan belajar yang keras agar cepat mengetahui dan dapat membedakan berbagai jenis kopi serta bisa menguasai seni menghias kopi.

Ya, perjalanan Mas Aga dalam menggeluti dunia kopi membutuhkan proses yang tidak sebentar, namun berbagai tahapan dan proses panjang telah menempanya sehingga menjadi barista keren seperti saat ini. Kini Mas Aga begitu mahir meracik biji kopi menjadi secangkir kopi yang nikmat, dan saking jagonya, doi sudah berhasil meraih berbagai penghargaan dalam berbagai kompetisi barista, termasuk baru-baru ini Mas Aga berhasil menjadi jawara dalam kompetesi Indonesia Barista Championship (IBC) 2018, dan tak tanggung-tanggung, dalam lomba tersebut Mas Aga berhasil menjadi juara 1 loh, keren bukan? :)

Lelaki yang kini mempunyai usaha kopi sendiri yang diberi nama Coffee Smith Jakarta Coffeeshop & Roastery ini mengatakan bahwa untuk menghasilkan citarasa kopi yang nikmat itu butuh proses pengolahan yang tepat dan cara meraciknya pun harus benar. Untuk itu, Mas Aga harus mencoba bergelas-gelas racikan kopi setiap harinya untuk memastikan bahwa kopi yang akan disajikan untuk pelanggannya adalah kopi yang terbaik. 

“Untuk membuat secangkir kopi itu memang mesti melewati perjuangan panjang. Kalau gue pagi-pagi waktu kalibrasi rasa kopi bisa kadang sampai belasan gelas nyobainnya, biar rasa kopinya pas.” Ujar Mas Aga.

Semua ini dilakukannya oleh Mas Aga karena baginya mempersembahkan segelas kopi nikmat buat pelanggannya sama dengan mempersembahkan kebahagiaan bagi orang lain, maka setiap kopi yang diraciknya ada kesungguhan dan cinta di dalamnya.
Ini dia solusi sakit maag yang ampuh
Ini Mas Aga lagi coba membuat secangkir kopi hitam dan menjelaskan tahapan-tahapan membuatnya 
Makanya setiap seduhan kopi yang ia buat, diharapkan bisa mengubah dan membawa pengaruh baik bagi orang lain. Misalnya yang awalnya ngantuk baru bangun tidur menjadi siap tempur lagi, orang yang awalnya buntu bisa ketemu ide baru lagi, orang yang bad mood bisa feel so good lagi, dari yang awalnya off menjadi on lagi. Ya, ia berharap orang lain bisa menikmati hari yang indah bersama kopi yang dibuat olehnya.

Dan tidak bisa dipungkirinya, bahwa kebahagiaan yang terpancar dari wajah penikmat kopi buatannya adalah kepuasaan tersendiri di hati Mas Aga. “Gue bisa nikmati hari itu, saat melihat orang yang minum kopi buatan gue bisa kembali nikmati harinya lagi,” Ucap Mas Aga.



Tips Menikmati Kopi Bagi Penderita Sakit Maag



Diakui oleh Mas Aga, bahwa saat ini tak sedikit orang yang takut meminum kopi karena merasa khawatir dengan kandungan asam pada kopi yang bisa memicu masalah pada lambung dan berujung pada kambuhnya sakit maag.

Akan tetapi menikmati kopi tetap bisa dilakukan oleh kita yang punya masalah dengan sakit maag, selama kita memang mengkonsumsinya dalam porsi yang wajar dan melakukan beberapa hal berikut ini:
  1. Jangan biarkan perut dalam keadaan kosong saat menikmati kopi, sebaiknya sebelumnya menikmati kopi kita makan terlebih dahulu (entah nasi, roti, kue, dll), karena bila perut kosong bertemu dengan kandungan kafein maka bisa memicu asam pada lambung naik dan membuat maag menjadi kumat. 
  2. Pilihlah kopi arabica, karena kopi arabica memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan kopi robusta. Dimana kadar acidity (keasaman) pada varietas kopi arabika juga umumnya berada setengah di bawah robusta. Oleh karena itu, kandungan kafein dan kadar keasaman yang lebih rendah ini membuat kopi arabica masih aman dikonsumsi oleh para penderita maag, tentu saja selama masih kadar yang aman dan tidak berlebihan. 
  3. Sebaiknya pilih kopi yang disangrai dengan tingkat medium to dark saja, karena semakin dark kopi saat disangrai maka akan semakin tinggi pula kandungan karbon dioksida yang bisa memicu maag menjadi kambuh. 
  4. Seduhlah kopi secara manual, karena biji kopi yang diseduh manual biasanya memakai filter untuk ‘menyaring’ kopi untuk penyeleksi karakter-karakter baik dari kopi dan juga menjadikannya lebih ringan dibandingkan dengan metode tubruk yang biasanya melibatkan proses perendaman cukup lama sehingga membuat karakter kopi keluar secara berlebihan dan itu tidak baik, terlebih bagi penderita maag. 
  5. Nikmatilah kopi dalam kondisi dingin, sebab asam yang terdapat dalam kopi dingin lebih rendah diperbandingkan pada kopi panas, sehingga bisa mengurangi tingginya kadar asam yang bisa membuat lambung bermasalah. 
  6. Selalu sediakan Promag, sebab memiliki kandungan yang bisa bekerja maksimal dan efektif untuk mengatasi masalah lambung dan sakit maag.
Bahkan diakui oleh Mas Aga, sejak terjun dalam dunia barista, dirinya tak jarang merasa perutnya menjadi perih dan mual karena harus mencoba begitu banyak gelas kopi tiap harinya. Namun lelaki yang pernah tampil di film Filosofi Kopi ini tidak pernah khawatir, karena ia sudah menemukan solusi sakit maag yang sangat praktis dan ampuh yaitu Promag ahlinya lambung. 
Promag, solusinya sakit maag yang ampuh karena Promag ahlinya lambung.
Sakit maag tapi pengen minum kopi? Serahkan saja pada Promag sebagai solusi sakit maag yang ampuh karena Promag ahlinya lambung.
Maka dari itu, bila kita saat ini masih bermasalah dengan sakit maag, maka sebaiknya kita pun selalu sedia promag di manapun dan kapanpun, agar masalah maag tidak menggangu aktivitas kita lagi, dan kita tetap bisa nikmati hari tanpa worry lagi.

Promag Solusi Sakit Maag Yang Praktis dan Ampuh

Hari yang indah bisa menjadi cerita suram kala kita tiba-tiba mengalami gangguan lambung atau sakit maag yang mendadak kambuh lagi. Nah, agar kita bisa selalu menikmati hari yang indah, maka Promag hadir sebagai solusi untuk menikmati hari tanpa khawatir sakit maag lagi.

Bagi saya pribadi, mengenal promag sudah sangat lama, sejak bertahun-tahun silam, produk ini saya pilih kerena mamang sudah menjadi brand yang sangat terpercaya di masyarakat. Selain itu, tentu saja karena khasiatnya yang benar-benar bisa kerja cepat mengatasi masalah lambung dan sakit maag.
Promag hadir dengan 4 macam pilihan sebagai solusi sakit maag bagi masyarakat
Bapak Indra menjelaskan bahwa Promag hadir sebagai solusi sakit maag bagi masyarakat dengan 4 macam pilihan
Dan dalam acara Blogger Gathering #NikmatiHarimu tersebut, Bapak Indra Sugiharto selaku Brand Manager Promag mengungkapkan bahwa saat ini, Promag memiliki beberapa jenis, yaitu: ada yang Promag Tablet, Promag Cair, Promag Fruity (rasa buah stroberi dan anggur) hingga ada juga Promag Double Action (untuk sakit maag akut). 

Pada dasarnya fungsi dari keempat jenis promag ini sama-sama untuk membantu mengurangi gejala-gejala yang berhubungan dengan masalah kelebihan asam lambung, tukak lambung, gastritis, mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung dan perasaan penuh pada lambung. Namun dari empat jenis Promag ini, saya pribadi saat ini selalu menyetok promag cair.

Bagi saya Promag Cair ini memiliki takaran yang sangat pas dan langsung bisa diminum kapan saja dan dimana saja yang kita inginkan, dan kerjanya untuk membantu meredakan masalah lambung dan sakit maag sangat cepat dan efektif bangat.
 
Promag Cair Solusi sakit maag yang cepat dan ampuh
Promag Cair ini memiliki kandungan formula yang diracik dengan sangat tepat sebagai solusi sakit maag yang praktis dan ampuh

Promag Cair bisa bekerja maksimal dan efektif untuk mengtasi sakit maag karena Promag cair memiliki komposisi terbaik di dalamnya yang terdiri dari komponen berikut ini:
  • Hydrotalcite merupakan formula muktahir yang aman dan tepat untuk redakan sakit maag dan kembung, bisa mencegah efek samping diare atau sembelit, mampu menetralisasi asam lambung lebih panjang dan melindungi lambung lebih lama (melapisi dinding / mukosa lambung).
  • Magnesium Hydroxide merupakan kandungan yang mampu bekerja secara efektif dan kuat untuk menetralisir asam lambung di lambung karena bekerja secara lokal pada lambung.
  • Simethicone adalah kandungan yang berguna untuk menghilangkan rasa kembung dan rasa tidak enak di perut.
Selain itu, alasan lain saya memilih Promag Cair ini karena sangat praktis untuk dibawa kemanapun dengan bentuk kemasan sachet dalam dosis yang tepat. Jadi saya tidak perlu repot mencari sendok ketika ingin mengonsumsi obat ini atau takut kelebihan dosis. Apalagi untuk menikmati Promag Cair ini sangat mudah, yaitu tinggal KOCOK, SOBEK, LANGSUNG MINUM. Praktis bangat!
Promag Solusi Sakit Maag Yang Cepat dan Ampuh
Ternyata cara minum Promag Cair sangat praktis bangat

Dan Promag Cair ini memiliki bentuk berupa cairan berwarna putih dengan rasa yang tidak pahit sama sekali, jadi serasa kaya bukan minum obat, dan justru itu saya menyukainya, terlebih ada rasa mint dalam Promag Cair ini sehingga memberikan sensasi aroma mint yang segar di mulut.

Selain itu, saya juga suka dengan kemasan Promag Cair ini karena berbentuk sachet sehingga saya bisa selalu menyiapkannya di dalam tas tanpa takut akan tumpah dan mengotori tas saya. Jadi apabila sewaktu-waktu saya merasakan perut saya tidak nyaman akibat sakit maag yang kambuh, maka solusinya adalah Promag Cair ini karena bisa langsung saya mengonsumsinya dengan mudah. Praktis! dan langsung minum.
Promag adalah Solusi sakit maag yang cepat dan ampuh
Dalam satu box Promag Cair ini berisi 6 sachet dengan harga yang sangat terjangkau
Kemudian keunggulan Promag Cair ini yang juga saya suka adalah produk ini sangat mudah dijumpai dimana-mana karena banyak yang menjualnya, selain itu harganya juga cukup terjangkau bagi saya, hanya Rp. 10.950 untuk satu box dengan isi 6 sachet. 

Jadi kini saya tak pernah khawatir lagi untuk nikmati hari saya, karena solusi sakit maag kini sudah saya serahkan pada Promag, Ahlinya Sakit Maag! 


Referensi
  • http://www.ahlinyalambung.com
  • http://www.ahlinyalambung.com/id-id/Detail-Artikel/sakit-maag-dan-kopi
  • https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/maag-asam-lambung/apa-itu-penyakit-maag
  • https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3414790/jangan-khawatir-penderita-maag-juga-bisa-minum-kopi
  • https://www.brilio.net/sosok/10-aksi-muhammad-aga-wakil-indonesia-di-kejuaraan-barista-dunia-2018-1806070.html


24 comments:

  1. Aku kagum sama mas Aga nya...msh muda tp.sdh punya prestasi internasional..keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ida, dia mengajarkan anak muda, bahwa ketika kita fokus dan konsisten dengan apa yang kita kerjakan maka sukses akan mengikutinya. Sangat inspiratif ya :)

      Delete
  2. Promag Solusi Sakit maag agar kita dapat menikmati hari dengan kopi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar bangat Mba Gita, Promag ini solusi sakit maag yang praktis bangat, cara minumnya gampang bangat terutama yang promag cair, praktis juga dibawa kemana-mana.

      Delete
  3. Terima kasih utk infonya. Maag ini gak Boleh disepelekan. Kini yg sensitif lambung karena kopi sdh Ada solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Bunda Icha, benar bangat maag jangan pernah disepelekan, ntar urusannya bisa berabe hehehe

      Taoi ini untung sudah ada Promag sebagai solusi sakit maag :)

      Delete
  4. Aku nih punya sakit maag. Walopun gak parah, tapi annoying. Dan beneran, minum kopi bisa merangsang sakit maag. Kebetulan juga, aku cocok sama Promag. Promag yang biasa aja karena maag ringan. Enak jadinya. nyaman di perut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Teh Nia minum Promag juga ya sebagai solusi untuk sakit maag, semoga selalu sehat ya Teh :)

      Delete
  5. Dulu iya mas waktu gk teratur makn sering sakit maag.. walaupun jarang minum kopi.. tapi promaag dah obat idola dari dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Utie, harus jaga pola makan supaya ga sakit maag dan sediakan selalu Promag sebagai solusi sakit maag ya Mba :)

      Delete
  6. Saat masih kuliah saya pernah mengalami maag akut, gara-garanya telat makan dan kurang terkontrol makanannya, maklumlah anak kost, makan senemunya aja, tapi setelha itu jadi lebih aware dengan maag dna selalusedia promag

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Reni zaman kuliah dan ngekos gitu saya juga ga teratur makannya, dan pernah kena maag pas sibuk skripsi hiks. Dan Promag memang dari dulu cocok sebagai solusi untuk sakit maag ya Mba.

      Delete
  7. aku bangey nih, suka minum kopi tapi ada riwayat maag.. agar tetap nikmatin kopi harus sedia promaag ya ka, dan ada promaag cair yang simpel dan praktis mudah dibawa kemana-mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosh kita Mba Elly, suka ngopi tapi punya riwayat maag itu bikin dilema ya, dan saya juga selaku sedia Promag cair karena mudah dibawa kemana-mana dan praktis bangat tinggal diminum.

      Delete
  8. Solusi yg cocok buat mas suami nih kak.. Kebetulan dia coffee addict banget. Kalo aku sih emang gak terlalu suka kopi hehe. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Shinta, jangan lupa selalu sediain Promag ya buat suami tercinta, jadi ngopi tetap asyik tanpa takut terkena sakit maag.

      Delete
  9. Tos dong mas, akupun sama nih solusi sakit maag nya pakai promag hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toosh Mba Yesi, kita sama ya ternyata, memilih Promag sebagai solusi sakit maag. :)

      Delete
  10. Seperti biasa, tulisannya selalu detail dan jelas nih Bang, enak jadi bacanya. ntaps!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih :)

      Yang penting semoga tulisan ini bermanfaat. Aamiin...

      Delete
  11. Menarik juga tips minum kopi bagi yang punya masalah maag ya Bang. Jadi ngopi tetap jalan tanpa bikin lambung bermasalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga tips ini bermanfaat sehingga yang mau ngopi tetap merasa nyaman lambungnya tanpa takut maag lagi.

      Delete
  12. Sakit maag itu emang menggangu ya, mau ngopi aja jadi susah, untung ada promag yang menjadi solusinya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lidya, makanya sekarang untung ada Promag sebagai solusi sakit maag ya, jadi mau ngopi juga tetap aman :)

      Delete