Gorila Sport Hadirkan Konten Olahraga Dengan Sentuhan Ilustrasi Pertama di Indonesia


Gorila Sport

Olahraga merupakan salah satu topik yang menyenangkan untuk selalu dibahas, terlebih saat kumpul bersama teman-teman.  Meskipun ruang lingkupnya luas karena ada beragam jenis olahraga yang ada, namun justru itulah yang membuatnya menarik untuk diulas.

Berbicara tentang olahraga maka akan membuat suasana menjadi riuh dan rame dengan segala komentar yang terlontar dari beberapa orang yang berlomba memberikan opini atau pendapatnya, karena topik olahraga memang selalu punya tempat di hati banyak orang.

Dan supaya tidak terlalu kudet akan segala berita tentang olahraga, saya biasanya suka membaca beberapa kanal berita online atau pun berita dari media cetak terkait perkembangan olahraga di Indonesia. 

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, maka saya lebih senang membaca berita olahraga secara online belakangan ini, karena bisa saya akses dari handphone saya kapan pun dan dimana pun saya inginkan.  

Dan kemarin saya pun baru tahu jika belakangan ini ada sebuah situs olaharaga kekinian berbasis online yang sangat asyik membahas berbagai hal menarik tentang olahraga yang diberi nama Gorila Sport. Ada yang sudah tahu tentang Gorila Sport? Belum? Oke akan saya ceritakan sekilas ya.

Sekilas tentang Gorila Sport


Gorila Sport merupakan sebuah portal berita yang fokus mengulas tentang olahraga yang didirikan oleh 3 orang pendiri yaitu Leo Tigor Pasaoran, Johari Zein, dan Sheila Rooswitha yang berdiri sejak bulan April 2016 silam.

Oh iya, teman-teman juga perlu tahu, bahwa nama Gorila ini merupakan nama yang diambil dari singkatan nama ketiga orang para pendirinya di atas. Dan portal ini pun akhirnya mengusung gambar hewan gorila sebagai icon dalam membangun portal ini hingga sekarang. 

Dalam kesempatan acara Focus Discussion Group (FGD) Kumpul Gorila yang berlangsung di Hotel Fairmont – Jakarta Pusat ini, salah satu pendiri dari Gorila yaitu Bapak Johari Zein menceritakan tentang latar belakang mendirikan Gorila Sport ini.
Pendiri Gorila Sport
ini adalah salah satu pendiri Gorila Sport yaitu Bapak Johari Zein
Jadi, Gorila Sport ini dihadirkan oleh para pendirinya karena dilatarbelakangi oleh kesamaan hobi mereka yang sama-sama menyukai dunia olahraga dan ilustrasi, sehingga lahirlah portal berita yang berbeda dari yang lainnya ini.

Namun yang melandasi ini semua, karena ada niatan untuk terus membantu sama dengan melakukan perbuatan baik, karena Pak Johari Zein sangat percaya bahwa berbuat baik dengan sesama itu akan membawa banyak keberkahan.

Hal ini seperti yang dimuat dalam Al-Qur’an Surat Huud ayat 11:117 yang berbunyi “Dan Tuhanmu tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, selama penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan.”

Untuk itu, melaui Gorila Sport ini pun, para pendirinya sangat welcome kepada siapapun yang punya karya yang ingin dibangun dan dikembangkan, Gorila Sport sangat membuka kesempatan dan memberikan peluang kepada siapa saja untuk berkarya.

Gorila Sport hadirkan website olahraga dengan ilustrasi
Contoh gambar atau ilustrasis terkait dunia olahraga

Gorila Sport memang sebuah portal berita yang unik dan berbeda dengan yang lain, karena mampu menghadirkan konten olahraga dengan konsep yang memadukan antara berita dan ilustrasi yang keren, sehingga memberi kesan bagi siapapun yang membaca berita tersebut.

Dan jujur secara pribadi, saya sangat suka dengan konsep berita yang dihadirkan oleh www.gorilasport.com ini karena selain kita bisa mendapatkan update-an berita seputar olahraga, namun kita juga dimanja oleh karya-karya ilustrasi yang bagus dari karya para ilustrator hebat.

Bukan saya saja sih sepertinya yang berkesan dengan kehadiran Gorila Sport ini, karena ternyata sejak dihadirkan, rupanya Gorila Sport telah mendapatkan respon yang baik dari kalangan komikus / illustrator, karene produk yang disajikan oleh Gorila Sport mampu menghadirkan inspirasi kabaikan bagi komunitas mereka.

Dan kini Gorila Sport telah menjangkau secara organik lebih dari 100.000 pengunjung setiap harinya. Hal ini menunjukan bahwa konten olahraga yang dikemas dengan sentuhan seni dan ilustrasi mampu menarik perhatian masyarakat, khususnya para komunitas pecinta olahraga dan ilustrasi nusantara.

Selain mengembangkan websitenya sendiri, Gorila Sport pun terus mengembangkan kanal sosial media mereka dan belakangan ini meningkat cukup signifikan, dari rentang usia 18-35 tahun atau usia millennial yang dibidik secara organik dan mampu menjangkau lebih dari 500.000 pengguna media sosial lintas platform.

Gorila Sport Hadir Dengan 10 Rubrik


Saat ini, ternyata Gorila Sport siap meluncurkan konten baru yang diulas dalam 10 rubrik yang bervariatif dan secara berkala akan hadir menyapa para pembacanya. Dimana rubrik-rubrik baru ini bukan hanya membahas berita tentang olahraga saja, namun juga membahas keseruan lainnya yang yang ada di sekitaran olahraga, seperti: gaya hidup, fashion, para pelakunya dan trend yang sedang berkembang.
10 rubrik di Gorila Sport
Ini dia 10 rubrik baru yang ada di Gorila Sport
Dan kehadiran rubrik baru ini merupakan langkah cerdas yang dilakukan Gorila Sport, karena mereka percaya bahwa untuk maju itu bukan hanya membutuhkan kecerdasan dan kehebatan saja tatapi juga diperlukan sebuah langkah nyata dalam melakukan inovasi dan perubahan untuk mengikuti perkembangan zaman. Nah, berikut ini adalah 10 rubrik yang ada di Gorila Sport:
  1. Desa Gelong merupakan rubrik andalan yang selalu memunculkan tokoh yang akan menjadi ikon Gorila Sport, yaitu kisah si Gori Gorila yang menceritakan story atau perjalanan dari Gorila Sport ini sendiri dan juga dari beberapa tokoh dengan karakter yang diadaptasi dari kehidupan yang ada di dunia olahraga.
  2. Suara Gorila merupakan rubrik yang akan membahas berita-berita nyata di dunia olahraga yang sedang hangat dengan gaya yang menarik dan menghibur.
  3. Tokoh adalah rubrik yang membahas tentang berita tentang fakta figur-figur penting di dunia olahraga, misalnya membahas tentang figure yang sedang tranding atau viral, maka figure tersebut akan dibahas di rubrik ini.
  4. Tahu kan kamu? merupakan rubrik yang membahas tentang fakta-fakta yang terjadi di dunia olahraga.
  5. Komik Strip adalah rubrik yang akan bercerita tentang hal-hal seru di sekitaran olahraga dikemas secara ringan dan menghibur dengan gambar yang sedikit namun mampu bercerita banyak.
  6. Nyinyir merupakan rubrik untuk mengkritisi atau menyentil berbagai macam hal yang terjadi di olahraga Indonesia dan juga di dunia.
  7. Cerkomber yaitu rubrik tentang cerita komik bersambung yang akan tayang seminggu dua kali dan tentu saja membahas tentang dunia olahraga juga.
  8. Jebol!! merupakan rubrik yang bahas tentang proses gol-gol yang bagus pada saat pertandingan bola yang terjadi di Indonesia dan juga di luar negeri.
  9. Stater Pack adalah rubrik yang membahas tentang fenomena yang menarik di dunia olahraga, jadi tidak hanya membahas tentang atletnya, tetapi juga membahas gaya hidup atau trend yang terjadi saat ini yang sedang happening, misalnya gaya fashion anak basket, dll.
  10. Gambar Kuuy! merupakan rubrik yang mengajak para pembaca dan penggemar gambar untuk ikut serta membuat karya gambar yang bertemakan olahraga.

Nah, kehadiran Gorila Sport yang dikemas dalam bentuk gambar ini sekaligus bisa mengeksport lebih banyak hal jika dibandingkan dengan cara editing pada foto. Dan karya ilustrasi dengan konsep gambar dan komik ini merupakan sesuatu yang beda, yaitu tetap mampu memberikan informasi yang jelas namun tetap menarik.

Dan kehadiran konsep ilustrasi ini diharapkan akan mempengaruhi minat pembaca khususnya anak-anak milenial saat ini. Sebab hal ini juga didukung oleh hasil sebuah survey pada kaum milenial menunjukan bahwa salah satu kegiatan yang menarik perhatian kaum milenial adalah olahraga lalu disusul oleh musik.

Selain menumbuhkan minat baca dan edukasi melalui informasi yang menarik dan update seputar dunia olahraga, tetapi kehadiran Gorila Sport juga memberikan kita peluang untuk berkarya terutama bagi teman-teman yang pandai menggambar untuk menyalurkan hobinya di media ini.
Gorila Sport
Semua peserta GD foto bersama dengan para pembicara dan pendiri Gorila Sport
Bahkan, Bapak Matthius Chalim  selaku CEO Gorila Sport berujar, bahwa kehadiran Gorila Sport dengan segala trobosan dan inovasinya yang dihasilkan melalui konten kreatif berbasis ilustrasi juga menarik perhatian dari industri olahraga di Indonesia.

Hal ini terlihat dari hadirnya beberapa project yang telah dijalankan oleh Gorila Sport yang ditunjuk untuk menjadi partner untuk membuatkan konten media sosial bagi managemen Liga Sepakbola teratas di Indonesia dan Klub sepakbola profesional Bhayakara FC. Selain itu, di luar dunia olahraga pun, Gorila Sport juga mendapatkan kepercayaan dari Bank Mandiri untuk projek pembuatan SOP untuk salah satu divisinya.

Makanya Bapak Matthius menjelaskan bahwa Gorila Sport bukan hanya saja menjadi pelopor media olahraga berbasis ilustrasi di Indonesia saja, namun lebih dari itu, Gorila Sport adalah ruang berkreasi bagi para pekerja seni atau illustrator dan para pecinta olahraga di Indonesia.
Gorila Sport media olaraga dan ilustrasi pertama di Indonesia
Semoga semakin sukses Gorila Sport. Aamiin...

Dan memasuki usianya yang ke-tiga tahun ini, Gorila Sport akan menjalin banyak sinergi dan kolaborasi dengan para illustrator, komikus, dan para seniman di Indonesia. Jadi ini artinya, membuka peluang yang bagus bagi teman-teman untuk terus berkarya dan juga mencari rezeki karena kini sudah ada wadah yang dihadirkan oleh Gorila Sport ini.

Sungguh sangat menarik ya Gorila Sport ini, bukan hanya memberikan informasi yang unik namun juga memberikan kesempatan berkarya bagi para illustrator. Untuk itu, mari kita doakan, semoga ke depan, Gorila Sport bisa terus melahirkan inovasi-inovasi menarik sehingga semakin maju dan membawa banyak kemakmuran dan kebahagian bagi banyak orang. Aamiin…


Informasi lebih lanjut Gorila Sport:
Instagram:@gorilasport


No comments:

Post a Comment