Narobil Hadirkan Cara Menagih Iuran yang Praktis


cara menagih tagihan dengan Narobil ternyata mudah

Ada yang suka melakukan traveling atau jalan-jalan? Ya, jalan-jalan merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan, sebab kita bisa mengunjungi tempat baru, bertemu orang baru, mencoba kuliner baru, dan sederet pengalaman juga pembelajaran hidup yang tak kalah seru lainnya.

Dan pergi jalan-jalan ini memang paling asyik bila dilakukan rame-rame bersama teman-teman atau keluarga. Untuk itu, beberapa waktu yang saya dan beberapa teman merencanakan untuk melakukan tour wisata ke daerah Jogja dan Solo.

Semula semua rencana berjalan lancar, namun seiring waktu, berbagai masalah mulai mencuat dan semakin pelik. Salah satu masalahnya terkait dengan tagihan iuran wisata yang tersendat-sendat, bahkan berujung pada berantam satu sama lain, karena ada segelintir orang yang belakangan mulai abai akan kewajibannya untuk mengumpulkan iuran tour tersebut.

Bahkan kami sampai membuat group whatsapp khusus agar semua komunikasi dan cara menagih iuran tour antara semua anggota bisa mudah dilakukan. Di bulan pertama semua masih berjalan lancar, namun setelah itu, beberapa orang yang mulai lupa membayar cicilan iuran, dan lama kelamaan semakin banyak yang menunggak bayar padahal waktu semakin mepet untuk tanggal keberangkatan.  

Jujur saya dan beberapa orang teman yang mengkoordinir tour ini merasa capek karena harus mereminder terus menerus semua anggota yang berjumlah 30 orang itu untuk selalu membayar iuran tepat waktu. Belum lagi, kami juga capek karena harus terus menerus mengecek siapa saja yang sudah mentransfer uang atau belum.

Dan ujung-ujungnya saling baper antara kami yang menagih dan yang ditagih iuran tour wisata tersebut. Kami yang reminder juga kandang sungkan untuk menagih berkali-kali, dan yang ditagih juga kesal karena keseringan ditagih berkali-kali.

Alhasil acara tournya bubar jalan alias tidak jadi, karena situasi sudah terlanjur kacau, niat jalan-jalan untuk bersenang-senang malah berakhir saling menghakimi dan berantam karena cara menagih iuran semacam ini sepertinya tidak nyaman bagi sebagian besar orang.  

Untuk itu, kemarin saya sangat senang saat tahu kini sudah hadir sebuah platform yang memungkinkan kita semakin mudah dan nyaman untuk menagih iuran dengan menggunakan platform yang bernama Narobil.

Apa itu Narobil?

cara menagih iuran dengan Narobil ternyata praktis

Narobil merupakan sebuah platform berbasis web yang dihadirkan oleh PT Jatelindo Perkasa Abadi untuk memudahkan masyarakat dalam membuat tagihan, memonitoring penerimaan pembayaran, dan menarik tagihan, sekaligus memperluas kanal penerimaan pembayaran untuk memudahkan masyarakat dalam menagih dan dibayarnya tagihan tersebut. 

Jadi dengan adanya Narobil ini, maka kita akan sangat dipermudah untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan tagihan tanpa harus membuang banyak waktu untuk menagih, mengecek pembayaran masuk ataupun mengkonfirmasi kembali pembayaran tersebut. Jadi semua semakin praktis dan mudah karena semua sudah berbasis online.

Bahkan dalam acara peluncuran Narobil yang berlangsung di FX Mall beberapa waktu yang lalu (14 Februari 2019), Bapak Armanto Idham Hadju selaku Direktur Utama PT Jatelindo Perkasa Abadi mengungkapkan bahwa “Hadirnya Narobil, diharapkan dapat menjadi bagian dari solusi penarikan dan pembayaran tagihan yang cepat, mudah, tidak bikin repot, apalagi sampai membuat kegiatan dan hubungan komunikasi di masyarakat menjadi terhambat.”
Narobil merupakan cara mudah menagih dan bayar tagihan berbasis online
Bapak Armanto Idham menjelaskan tujuan dari hadirnya Narobil yaitu sebagai salah satu solusi cara menagih yang cepat dan praktis
Akan tetapi, mungkin bagi perusahaan besar, lembaga atau sektor formal lainnya yang kerap melakukan kegiatan bisnis dan perputaran uang, mekanisme penagihan ini tentu tidak begitu bermasalah, karena sudah diatur dalam sistem manajemen yang terkomputerisasi dengan beragam pilihan kanal pembayaran yang ada.


Namun kehadiran Narobil ini ingin menyasar sektor informal lainnya yang belum memiliki sitem yang jelas terkait mekanisme penagihan. Sebab tak sedikit sektor informal yang juga memiliki begitu banyak aktivitas yang memerlukan sistem yang jelas, mudah dan cepat terkait penagihan ini.

Nah, sektor informal yang kerap bersinggungan dengan penagihan iuran ini biasa kita temui dalam keseharian kita, seperti: organisasi ke-RT-an, komunitas pengajian, arisan warga, pemilik kos-kosan/apartment, lembaga pendidikan, alumni sekolah, event organizer atau organisasi sosial/komunitas lainnya yang juga tak kalah aktif intensitasnya dalam berbagai kegiatan pengumpulan dana tetapi terkendala oleh banyak hal.

Dan biasanya untuk sektor informal seperti ini masih mengguunakan cara yang sederhana dalam menagih iuran, seperti melalui group whatsapp, SMS ataupun dengan cara menitipkan ke satu sama lain, yang mana dampaknya menjadi kurang efektif dan lebih banyak membuang waktu.

Padahal sektor informal ini memiliki aktivitas yang lumayan besar, bahkan menurut data dari BPS (Badan Pusat Statistik) dan Kemendikbud tahun 2017 ternyata jumlah sektor informal yang melakukan aktivitas penagihan ini mencapai kkurang lebih 216 juta jiwa (86%) dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 250 juta.
Narobil hadirkan cara mudah menagih dan bayar tagihan dengan praktis
Narobil hadir karena masih banyak sektor formal dan Informal yang masih membutuhkan layanan jasa pembayaran atas tagihan atau iuran
Jika diperjelas lebih dalam lagi, rupanya lingkup terbesar adalah RT/RW yang mencapai kurang lebih 160 juta di seluruh Indonesia. Kemudian disusul lingkup lembaga pendidikan SD (±25 juta), SMP (±25 juta), SMA dan perguruan tinggi rata-rata 4 juta orang. Sisanya ada sektor MLM, komunitas olahraga, hobi musik dan sebagainya.

Nah, dari 216 juta jiwa tersebut, jika diambil 10% saja berdasarkan ketagori berpenghasilan menengah, maka jumlahnya bberkisar 21,6 juta orang yang saat ini belum tersentuh dengan layanan penagihan (biller) yang paraktis.

Melihat fakta ini, maka itulah yang akhirnya melatarbelakangi Jatelindo Perkasa Abadi sebagai salah satu perusahaan biller agregator terkemuka di Indonesia untuk menghadirkan Narobil agar masyarakat khususnya sektor informal bisa dengan mudah menagih iuran.
  

Cara Menagih Iuran Semakin Mudah Menggunakan Narobil

Saat ini Narobil masih berbasis website dengan alamat www.narobil.id yang bisa kita kunjungi dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Dan yang menarik dari Narobil ini adalah tersedia dalam dua laanan yaitu ada Self Services dan Custom Service.
Cara menagih iuran semakin mudah dengan Narobil
Narobil menghadirkan dua layanan yaitu Self Service dan Cutom Service
Layanan Self Service sesuai namanya maka kita harus melakukan semuanya sendiri, namun tidak perlu khawatir karena fitur-fiturnya yang ada dalam layanan ini dirancang simple, mudah dipahami dan juga mudah diterapkan oleh masyarakat.  

Sedangkan untuk Custom Service ini akan diperlukan bila kita membutuhkan layanan penagihan yang lebih spesifik dan customized, dan nantinya akan ada tim dari Narobil yang siap sepenuhnya untuk membantu kebutuhan kita, namun untuk layanan ini akan ada biaya khusus yang akan dikenakan kepada kita.

Namun, saya pikir untuk mengurus penagihan iuran untuk perjalanan tour ke Malang dan sekitarnya pada bulan April depan, maka saya pun mencoba untuk memanfaatkan layanan Self Service untuk memudahkan bayar tagihan biaya perjalanan tour tersebut.

Maka ada beberapa langkah yang harus saya lakukan untuk membuat tagihan dengan layanan Narobil Self Service ini, yaitu sebagai berikut:
1.       Buka website Narobil:  www.narobil.id
2.       Pilih layanan Self Service dan kemudian pilih Daftar
Kini sudah hadir cara menagih iuran berbasis online bernama narobil
 
3.       Lalu kita melakukan registrasi dengan mengisi nama, email dan nomor telephone dan tidak lupa untuk mencentang tanda setuju akan segala syarat dan ketentuan yang ada.
cara menagih iuran berbasis online sangat memudahkan
4.    Setelah itu kita akan menerima notivikasi melalui email yang kita daftarkan tadi, lalu klik link verifikasi yang dikirimkan via email tersebut untuk mengkonfirmasi bahwa kita benar mendatar untuk menikmati layanan Narobil Self Service.

5.   Setelah itu kita harus memberikan dokumen kelengkapan berdasarkan kategori bisnis yang dipilih apakah Individu atau sebagai Corporate). Dimana dokumen kelengkapan yang harus dilengkapi jika kita memilih Individu antara lain seperti: KTP, NPWP, dan cover depan buku rekening giro/tabungan sesuai dengan account Bank Settlement yang akan didaftarkan. Sedangkan jika memilih Corporate ada permintaan tambahan untuk mengupload dokumen SIUP.
 cara menagih iuran dengan Narobil berbasis online
6.   Kemudian kita bisa mulai untuk membuat tagihan sesuai kebutuhan dengan pilihan nominal jumlah tagihan, menentukan term waktu, merinci daftar penerima tagihan (list name), media pengingat tagihan (reminder), dan memilih berbagai kanal pembayaran.  

cara menagih iuran atau tagihan dengan Narobil ternyata mudah
Isi semua kolom dengan detail terkait payment collection ini

Nah, nanti para penerima tagihan ini akan menerima nomor bayar melalui pesan singkat. Di sini kita juga bebas menentukan media pengiriman tagihan sesuai dengan kebiasaan penerima tagihan, yaitu bisa lewat SMS, Whatsapp, atau email untuk masing-masing pelanggan/anggota yang kita kirimkan tagihan nantinya akan mendapatkan Nomor Bayar untuk melakukan pembayaran.

Dan nanti sistem akan otomatis mengingatkan penerima tagihan secara berkala jika belum melunasi tagihan atau membayar tagihan tersebut. Jadi kita tidak perlu pusing dan sungkan lagi untuk menagih-nagih karena akan ada sistem yang akan melakukannya. Asyik bangat bukan? :)

Keunggulan Menggunakan Narobil Sebagai Tagihan Online

Jika kita telisik pemanfaatan layanan Narobil ini, maka kita akan menemukan banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan, terlebih layanan ini menyuguhkan cara mudah menagih secara online yang membuat kita tidak perlu banyak membuang waktu untuk menagih secara manual lagi.

Dan menggunakan Narobil selain sangat mudah dan efisien, namun juga menawarkan beberapa keunggulan yang menarik, yaitu sebagai berikut:
  • Penagihan sudah berbasis online, jadi kita bisa memanfaatkan Narobil ini dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas jarak dan waktu selama terkoneksi dengan internet.
  • Cara pengoperasiannya mudah dilakukan, sehingga setiap tahapan proses yang ada bisa diikuti dan dijalani dengan mudah.
  • Penagihan akan dilakukan oleh sistem, sehingga kita tidak perlu lagi perlu capek-capek menagih secara manual berkali-kali reminder kepada pelanggan atau anggota untuk membayar tagihannya.
  • Setiap pembayaran tercatat dengan baik, sehingga kita tidak lagi perlu pusing untuk mengecek ulang setiap pembayaran yang masuk, karena semua sudah tercatat lengkap terkait laporan pelanggan atau anggota yang sudah membayar dan belum membayar kewajibannya.
  • Tersedia banyak layanan pembayaran, sehingga kita bisa memilih layanan pembayaran sesuai dengan yang kita mau.
Makanya bagi orang-orang yang sering melakukan penagihan dan tagihannya banyak, sebaiknya segera memanfaatkan layanan Narobil ini karena semuanya menjadi mudah dan cepat serta bisa meminimalisir berbagai kesalahpahaman yang berujung perasaan tidak enak antara kita dengan yang ditagih. 

 

Dan manfaat Narobil ini pun sudah langsung bisa rasakan oleh masyarkat. Salah satunya dirasakan oleh Bapak Dimas Andoko selaku Business Director Agen (Komunitas Loper Koran) dalam menagih dan pembayarans setoran dari para agen dan lopernya.
Narobil berikan solusi cara menagih yang sangat praktis
Bapak Dimas sudah menggunakan Narobil untuk mempermudah penagihan dan pembayaran setoran dari Agen dan Loper Koran yang dibawahinya
Dimana saat ini Bapak Dimas sedangn membawahi 300 anggota yang terdiri dari 80 agen dan 230 loper koran yang tersebar di beberapa wilayah seperti Banten, Indramayu, Majalengka, Kuningan dan Cirebon. Dan membawahi sebegitu banyak orang tentu bukan pekerjaan mudah ya.

Namun sejak menggunakan Narobil, Beliau merasakan banyak sekali manfaat yang sudah dirasakannya. Dimana agen jadi lebih mudah menagih dan lebih cepat memantau riwayat transaksi yang masuk. Dan di sisi loper koran, yang semulanya biasanya nitip transfer di bank ke orang yang punya rekening, atau setor tunai ke bank atau ATM, maka dengan hadirnya Narobil ini bisa lebih mudah setor melalui kanal pembayaran lainnya yang mudah ditemukan di masyarakat.

Jadi rata-rata anggota Komunitas Agen yang berusia sekitar 35 hingga 60 tahun ini sudah bekerja sama lebih kurang lebih dari 15 tahun. Sehari-hari mereka melakukan transaksi penyetoran pembelian koran berkisar Rp. 50.000 sampai Rp. 150.000.

Maka dengan kehadiran Narobil ini maka Bapak Dimas berharap anggotanya bisa lebih produktif dalam mengembangkan bisnis agen menjadi lebih maju lagi. Dan era digital ini bisa mendorong sektor ekonomi ritel bergerak cepat dan dinamis beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Semoga semakin banyak pihak lain yang memiliki usaha seperti Pak Dimas ini yang juga bisa memanaatkan peluang menarik dari Narobil ini agar masalah penagihan iuran terhadap pelanggan ataupun anggota bisa berjalan lancar ke depannya.


Narobil Memberikan Gratis Biaya Transaksi Untuk 3 Bulan

Dan bagi teman-teman yang ingin menggunakan layanan Self Service dari Narobil ini maka bisa memanaatkan masa promosi ini loh. Jadi sejak dilaunching pada 14 Februari 2019 yang lalu maka Narobil membebaskan biaya apapun selama kurang lebih 3 bulan jika transaksi dilakukan melalui Bank Mandiri, dan biaya adminitrasi antar bank yang berbeda akan mengikuti ketentuan yang berlaku seperti pada umumnya.

Untuk itu, ayo teman-teman yang mempunyai perkumpulan, komunitas atau apapun bentuknya yang selalu melakukan pemungutan iuran rutin, maka bisa memanfaatkan Narobil ini untuk menagih iuran sehingga membayar tagihan bisa dilakukan dengan semakin mudah dan praktis.
cara menagih tagihan atau iuran paling mudah dengan Narobil
Narobil hadir dengan beragam kanal pembayaran untuk mempermudah melunasi tagihan
Namun jika masa promo ini sudah berakhir, nanti transaksi lewat Bank Mandiri hanya dikenakan biaya Rp. 3500 (tiga ribu lima ratus rupiah) saja, dimana biaya administrasi tersebut bisa kita bebankan pada anggota atau pelanggan. Namun jika transaksinya antar bank (berbeda bank) maka aka nada tambahan biaya transfer sesuai kebijakan masing-masing bank yaitu berkisar Rp. 4.000 – 65.000 per transaksi.

 

Dan saat ini, Narobil sudah terhubung dengan jaringan kanal pembayaran bank secara nasional dan kedepannya akan bertambah lebih luas lagi karena Narobil akan terhubung ke modern channel, e-commerce, dan payment point yang tersebar secara nasional sehingga memudahkan kita sebagai masyarakat dalam melakukan pembayaran tagihan.

Seiring dengan itu, secara bertahap Narobil ini pun akan disempurnakan layanannya sehingga nantinya bisa diakses melalui aplikasi mobile dengan pilihan kanal pembayaran yang lebih luas lagi, tidak hanya via bank saja tetapi juga ranah kanal yang paling mudah dijangkau masyarakat.
cara menagih tagihan online yang praktis bersama Narobil
Mudah nagihnya, Mudah Dibayarnya
Untuk itu, tak ada ruginya memulai dari sekarang untuk menggunakan Narobil dalam keseharian kita, karena Narobil bisa memberikan solusi praktis yang menarik sehingga urusan tagihan tidak lagi terasa ribet, karena Narobil, Mudah Nagihnya, Mudah Dibayarnya!


No comments:

Post a Comment