Sejenak Berlibur ke Pulau Seribu Mesjid



Entah kenapa, belakangan ini saya merasa tidak begitu semangat dengan hari-hari saya, tak ada lagi gairah untuk menekuni rutinitas pekerjaan yang menggebu-gebu seperti biasanya, bahkan saya begitu membenci datangnya pagi, karena itu artinya harus kembali bergulat dengan pekerjaan lagi.

Jujur, sungguh tidak enak berada dalam situasi ini, mungkin saat ini saya lagi berada di titik paling jenuh dengan hari-hari saya, makanya sebelum perasaan ini semakin menjadi-jadi dan berujung pada stress, maka saya ingin mengikuti saran seorang teman untuk sejenak pergi berlibur agar suasana hati dan pikiran saya bisa kembali fresh lagi.

Yups, bagi saya liburan adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, makanya saya pun percaya, tak sedikit orang yang juga menginginkannya, sebab liburan identik dengan memberikan waktu pada diri sendiri untuk sejenak rehat dari sederet aktivitas rutin pekerjaan yang kerap kita tekuni setiap harinya.

Bahkan seseorang pernah bilang kepada saya, bahwa “berlibur itu ibarat vitamin dalam hidup,” makanya liburan itu perlu dilakukan agar hidup ini lebih bergairah. Sebab pada sejatinya hidup ini bukan hanya diisi dengan bekerja saja, namun kita juga perlu memanjakan diri dengan menikmati liburan yang menyenangkan.

BERLIBUR MEMBERIKAN BANYAK MANFAAT

Dan berlibur pada sejatinya memiliki makna yang sangat luas. Berlibur adalah menyelami makna bersyukur, tentang bagaimana kita belajar lebih mendalam  untuk mengenal Tuhan, alam sekitar, orang lain, dan diri kita sendiri. Makanya, berlibur bukan hanya bermanfaat untuk menenangkan pikiran, namun juga sangat baik untuk kesehatan fisik secara keseluruhan.

Bahkan seorang peneliti bernama Prof. Fulvio D’Acquisto berpendapat bahwa suatu lingkungan yang baru dan menyenangkan dapat menstimulasi sistim imun untuk bekerja lebih baik. Lingkungan yang menyenangkan akan meningkatkan kadar sel darah putih yang berguna untuk melindungi tubuh dari paparan agen infeksi tanpa pemberian obat. Ia, juga berpendapat, bahwa di samping mengkonsumsi obat, ternyata mengganti suasana lingkungan saat sedang sakit dapat meningkatkan kesehatan pasien secara keseluruhan.
Berlibur memberikan banyak manfaat bagi lahir dan batin - Doc. Pribadi
Selain bagus untuk imunitas, ternyata berlibur juga baik untuk kesehatan jantung karena mengurangi risiko tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh stress. Hal ini juga diungkapkan oleh berbagai penelitian, salah satunya yang dilansir oleh The Chopra Center terkait penelitian dari Frammingham Heart Study yang mengatakan bahwa seseorang yang rutin berlibur memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami penyakit jantung koroner dan mengalami kematian akibat penyakit yang berkaitan dengan kondisi kardiovaskuler.

Liburan dapat menurunkan sebanyak 32% angka kematian yang diakibatkan penyakit kardiovaskular pada pria. Dan wanita yang liburan setiap enam tahun atau lebih jarang memiliki risiko penyakit kardiovaskulat delapan kali lebih tinggi.

Bukan hanya itu saja loh, ternyata manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berlibur begitu banyak bagi tubuh kita, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Mencegah depresi. Sudah pasti, saat melakukan liburan tentu saja kita akan meninggalkan segala situasi dan rutinitas harian kita, makanya saat berlibur kita akan merasa lebih bahagia, lebih tenang, dan terhindar dari depresi.
  • Membangkitkan semangat. Dengan mendapatkan suasana baru saat berlibur tentu saja dapat mengembalikan gairah dan mood kita menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, maka setelah itu akan memberikan semangat baru untuk kembali bekerja.
  • Menjaga kebugaran. Saat liburan biasanya kita akan banyak melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan, berlari, berenang, mendayung, dan lain sebagainya yang akan sekaligus membuat kita melakukan olahraga yang bisa membuat tubuh kita makin bugar.
  • Meningkatkan kemampuan kognitif. Jadi dengan berlibur mendatangi tempat baru dan menikmati pengalaman baru, maka hal ini akan merangsang otak untuk membangun ketahanan sel yang dapat menunda kemunculan penyakit degeneratif, juga meningkatkan memori dan konsentrasi, serta membuat kita menjadi lebih kreatif.
Sungguh banyak rasanya manfaat dari berlibur yang bisa kita rasakan. Makanya saya pun semakin tidak sabar untuk segera berkemas supaya bisa segera menikmati suasana baru yang menyenangkan walaupun sejenak.

Namun untuk menikmati liburan yang menyenangkan itu menurut saya tak perlu harus melalang buana jauh melewati negara dan benua, tetapi berkunjung ke tempat yang ada di Indonesia saja sudah cukup, apalagi kita semua tahu, bahwa negeri kita tercinta ini memiliki begitu banyak tempat indah yang tidak kalah dengan negara lainnya. Maka untuk liburan kali ini, saya ingin menikmati keindahan Pulau Lombok – Nusa Tenggara Barat.


BERLIBUR KE PULAU SERIBU MESJID

Pada kesempatan ini saya memilih kembali menghabiskan liburan di Pulau Lombok, lantaran sebelumnya saya belum puas mengitari pulau yang terkenal dengan banyak mesjid itu pada kunjungan saya beberapa tahun yang silam. 

Sebab pada saat itu sebenarnya saya bukan dalam perjalanan liburan, akan tetapi saya menginjakan kaki di Pulau Lombok saat itu karena ada urusan pekerjaan yang harus diselesaikan, dan disela urusan pekerjaan itulah saya sempat jalan-jalan sejenak melihat sekelumit keindahan pulau yang tersehor itu.

Nanti rencananya saya tak lama-lama di Pulau Lombok, cuma sekitar 2 hari saja saya di sana. Maka dari itu, karena liburan saya yang terbilang singkat, maka semua hal harus dipersiapkan dengan sangat rinci supaya perjalanan liburan kali ini benar-benar bikin saya happy selama di sana.

Pertama-tama saya tentu saja harus menentukan lokasi tempat wisata mana saja yang ingin saya kunjungi selama di Lombok nantinya, dan jujur banyak sekali lokasi wisata yang begitu menarik hati saya setelah saya mencoba mengsearchingnya lewat internet.

Asli saya bingung dibuatnya, mana mungkin waktu cuma 2 hari bisa mengilingi banyak tempat yang indah di Lombok, maka dari itu, mau tidak mau saya harus bikin list tempat prioritas yang ingin saya kunjungi saat nanti di Lombok, di antaranya:

1.       Pantai Kuta Lombok

Pantai yang berlokasi di Desa Kuta di Lombok Tengah ini dulu pernah saya singgahi, namun hanya mampir sebentar waktu itu, makanya kali ini saya ingin kembali menjenguk kenangan di sana. Saya rindu susana pantainya yang sepi dan bersih, saya ingin menikmati semilir angin laut yang berhembus dari bukit-bukit kecil yang ada di sekitarnya sambil melihat ombak-ombak yang berkejaran menuju pantai.
Saya kengen ingin ke Pantai Kuta ini lagi - Doc. Pribadi
Selain menawarkan keindahan pemandangan dengan view yang cantik, Pantai Kuta Lombok ini juga menawarkan ombak yang bagus untuk kita yang ingin belajar berselancar loh, dan yang tak kalah menariknya, di sini pun menawarkan pemandangan bawah laut yang indah bagi teman-teman yang senang menyelam.

2.       Dusun Sade
Dusun Sade yang berlokasi di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah ini pun menjadi tujuan yang tidak bisa saya lewatkan. Sebab saya ingin melihat langsung seperti apa hunian Suku Sasak dan kehidupan warga di sana yang konon katanya masih mempertahankan berbagai aspek budaya tradisional dari para nenek moyang mereka. 
Dusun Sade menyimpan banyak cerita tentang suku Sasak - Doc. wisatabagus.net
Bahkan para penduduk di dusun ini katanya masih tinggal di rumah-rumah tradisional beratap alang-alang, lengkap dengan dinding anyaman dan bambu serta kayu sebagai penunjangnya. Jadi, bisa dibayangkan betapa serunya menyelami suasana kehidupan tradisonal yang mungkin tidak banyak lagi bisa kita temui dengan mudah di dunia yang semakin modern ini.

3.       Pantai Tangsi
Saya pernah melihat liputan tentang pantai ini di salah satu televisi. Maka saya langsung jatuh cinta pada waktu itu. Pantai yang berada di Lombok Timur ini memiliki keunikan yang membuat saya terkagum-kagum, karena pantai ini memiliki pasir berwarna merah muda, sehingga sering juga disebut Pantai Pink.
Indahnya pantai pink di Lombok ini - Doc. margatour.com
Selain keunikan tersebut, tentu saja pantai ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah, dan begitu juga pemandangan bawah laut yang cantik bagi mereka yang senang menyelam. Namun bagi saya pribadi, bertandang di pantai ini tujuan utama saya adalah berjalan di atas pasir pinknya yang cantik itu, saya ingin merasakan sensasinya seperti apa. 

4.      Bukit Pergasingan
Untuk tempat yang satu ini, saya pernah diceritain oleh seorang teman bahwa Bukit Pergasingan ini menawarkan pemandangan yang ssangat indah. Untuk itu, saya ingin menyambangi Bukit Pergasingan yang berlokasi di area Sembalun, Lombok Timur ini untuk menikmati pemandangan dari ketinggian yang menawarkan panorama hutan, persawahan, pedesaan, serta Gunung Rinjani di kejauhan. 
Bukit Pergasingan ini menawarkan pemandangan indah dari ketinggian - Doc. travelingyuk.com
Dan konon katanya, Bukit Pergasingan ini mampu menawarkan titik sempurna untuk menikmati keindahan kala matahari terbit atau pun terbenam loh, sangat cocok bagi saya yang sangat kagum dengan sunrise dan sunset ini. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai fasilitas untuk petualangan, seperti paralayang dan sepeda gunung juga. Bahkan, di tempat ini kita pun bisa menikmati serunya menginap sambil berkemah loh.

5.      Air Terjun Tiu Kelep & Sendang Gile
Selain menikmati keindahan pantai di Lombok, saya juga ingin menikmati suasana air terjunnya, makanya saya ingin sekali berkunjung ke air terjun Tiu Kelep & Sendang Gile yang berlokasi di Desa Senaru, kaki Gunung Rinjani, Lombok Utara ini.
Cantiknya air terjun Tiu Kelep - Doc. wisatania.com
Kedua air terjun ini menawarkan pemandangan air terjun yang indah dengan udara yang segar disertai suasana hutan yang asri. Dimana Air Terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian sekitar 45 meter, sedangkan Air terjun Sendang Gile memiliki tinggi sekitar 30 meter dan bentuknya bertingkat-tingkat. Dan asyiknya lagi, di sini terdapat kolam dengan air dingin yang jernih sehingga cocok untuk mandi dan berenang.

6.       Trio Gili (Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno)

Nama ke tiga Gili ini tak asing lagi di kuping saya, makanya saya ingin sekali menjejakan kaki di ketiga gili ini, karena memang lokasi mereka berdekatan, sehingga nanti saya bisa tour dari satu gili ke gili yang lainnya, sepertinya seru nih.
Ini tampilan Gili Meno yang asri - Doc. dilombok.com
Nah, dari ketiga gili ini, ternyata Gili Trawangan merupakan gili terbesar, sedangkan Gili Air dan Gili Meno ukurannya lebih kecil. Dan katanya, Gili Trawangan memiliki banyak pilihan resort, baik yang sederhana maupun mahal, bahkan kita  bisa menyewa sepeda, atau jalan-jalan naik delman di sini. Dan sangat asyik lagi, di sini kita bisa santai menikmati pemandangan pantai sambil menikmati kopi ataupun es kepala muda.

Sedangkan Gili Meno dan Gili Air lebih sepi bila dibandingkan dengan Gili Trawangan, tetapi Gili Air sudah ada masyarakat lokal yang menghuninya. Sedangkan Gili Meno masih sepi sekaligus asri sehingga cocok untuk snorkeling atau menyelam menikmati keindahan bawah lautnya.

Itu dia beberapa lokasi yang ingin saya kunjungi nantinya. Jujur saya benar-benar tidak sabar untuk segera sampai Lombok dan merasakan langsung keseruan berada di tempat-tempat wisata yang begitu indah nan cantik itu, dan saya pun sangat kangen dengan plecing kangkung dan juga ayam taliwangnya yang menjadi makanan khas dari Pulau Lombok ini.

Dan saya makin bahagia berlibur ke Lombok, karena untuk urusan tempat menginap alhamdulillah saya tidak perlu pusing lagi memikirkannya karena teman saya yang tinggal di Lombok menawarkan saya untuk menginap saja di rumahnya selama saya berlibur nanti di Lombok. Lumayanlah ya untuk menghemat biaya berlibur. hehehe
Liburan makin bahagia dengan promo tiket pesawat murah - Doc. Pribadi
Begitu pun untuk urusan tiket pesat ke Lombok, saya juga merasa tambah bahagia lagi karena kebetulan kemarin saya bisa mendapatkan tiket pesawat murah dari Pegipegi karena pas bangat lagi ada promo tiket pesawat tujuan Lombok.

Selain sering ada tiket promo, yang saya juga suka dari Pegipegi ini karena cara pemesanan tiket pesawatnya sangat mudah dan praktis bangat, karena sudah berbasis online sehingga bisa kita akses dimana saja dan kapan saja dengan sangat gampang, bahkan dari smartphone pun kita langsung bisa memesan tiket pesawat kemanapun yang kita mau.

Jadi sekarang, saya lagi menghitung hari lagi untuk berlibur ke Lombok, semoga semaunya benar-benar berjalan lancar, karena semua persiapan sepertinya sudah rampung, tinggal menunggu tanggal keberangkatan saja.  

Nah, buat teman-teman yang juga lagi merasa jenuh atau suntuk bangat dengan segala urusan hati ataupun pekerjaan, maka sebaiknya segera sisihkan waktu untuk berlibur juga guys, sebab berlibur adalah sesuatu yang memang juga diperlukan oleh tubuh kita supaya bisa mendapatkan efek relaksasi dan ketenangan sejenak dari runitas yang ada sehingga bisa terus menikmati manisnya hidup ini.

Hakikat dari berlibur yang menyenangkan itu bukan hanya soal mengunjungi tempat yang baru, tetapi bagaimana kita menemukan cara baru dalam memandang hidup ini. So, Enjoy Your Life!

1 comment:

  1. Berlibur, mengumpulkan kembali semngat yang sempat tercecer :D

    ReplyDelete