Tips Menciptakan Rumah yang Instagramable



Memiliki hunian pribadi tentu saja menjadi impian banyak orang, termasuk saya. Sebagus apapun kos-kosan atau kontrakatan yang kita tempati saat ini tetap akan jauh lebih nyaman jika memiliki hunian sendiri sesederhana apapun itu bentuknya.

Untuk itu, sudah lama saya mengidam-idamkan bisa punya hunian sendiri, mencoba menabung sedikit demi sedikit berharap kelak bisa benar-benar memiliki rumah impian. Selain menabung, saya juga senang mengunjungi berbagai pameran properti untuk mengetahui perkembangan properti saat ini.

Makanya kemarin (03/02/19), saya pun mencoba mendatangi Indonesia Property Expo (IPEX) 2019 yang digelar di Jakarta Convention Center – Senayan untuk melihat-lihat dan juga bertanya langsung kepada berbagai produsen properti yang hadir di pameran ini untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas terkait trand hunian saat ini.

Indonesia Property Expo (IPEX) 2019

Di acara IPEX 2019 yang digelar oleh Bank BTN ini banyak sekali pengembang yang terlibat, tidak kurang dari 167 pengembang yang hadir meramaikan pameran properti ini. Dimana ada 116 pengembang KPR Non Subsidi dan 51 pengembang KPR Subsidi dengan total properti sebanyak kurang lebih ada 869 proyek yang tersebar di seluruh Indonesia.


Jadi kebayang dong, betapa kita dimanja dengan beragam pilihan properti yang ditawarkan oleh para pengembang properti yang hadir di IPEX 2019 ini. Jadi tinggal kita pilih-pilih mana yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita saja.

Dan yang menarik dari pameran IPEX 2019 yang ke 17 ini memberikan banyak penawaran istimewa yang bikin saya jadi teramat pengen cepat-cepat memiliki hunian impian, karena bayangkan saja, di IPEX 2019 ini kita bisa mendapatkan banyak penawaran istimewa sebagai berikut:
  • Terdapat suku bunga KPR yang murah yaitu 6,69% fixed rate 1 (satu) tahun bekerjasama dengan pengembang pilihan.
  • Bebas biaya provisi dan biaya administrasi
  • Bebes pengendapan dana
  • Uang muka ringan mulai dari 1%
  • Diskon asuransi jiwa sebesar 20%
  • Ada hadiah langsung tabungan batara bagi calon konsumen yang akad di tempat.
Selain itu, harga hunian yang ditawarkan sangat beragam mulai dari 100 juta-an hingga miliaran, jadi bisa kita pilih sesuai dengan kemampuan kita dengan jangka waktu kredit bisa sampai dengan 30 tahun loh. Jadi benar-benar sangat menarik  bukan?

Jadi buat teman-teman yang lagi mencari hunian maka sebaiknya bisa segera datang ke Indonesia Property Expo (IPEX) 2019 ini, karena di sini kita bisa berkesempatan luas untuk menemukan hunian pilihan dari berbagai pengembang properti terkenal.
Saya tidak heran sih begitu ramai orang yang datang ke IPEX 2019 ini karena banyak sekali penawaran istimewa yang ada di sini sehingga banyak orang yang menginginkannya
Dan catat baik-baik ya teman-teman, acara pameran ini terselenggara dari tanggal 2 Februari yang lalu dan akan berakhir pada tanggal 10 Februari 2019 mendatang. Jadi, jangan sampai nggak datang, siapa tahu sekarang bisa menemukan hunian impian dengan harga dan lokasi yang special bukan? :)

Setelah puas mengitari berbagai stand pengembang properti, saya juga senang bangat datang ke acara Indonesia Property Expo (IPEX) 2019 ini karena kebetulan bisa mendapatkan informasi menarik lain seputar Minimalist Modern Living dari acara talkshow yang ada di panggung utama acara ini.

Menciptakan Hunian yang Instagramable

Ada yang bilang, bahwa sebuah hunian yang nyaman itu bukan terletak pada ukurannya yang besar, akan tetapi hunian dengan ukuran kecil pun bisa terasa sangat nyaman mana kala kita pandai menatanya dengan konsep yang benar.

Dan pada talkshow ini hadir para pembicara hebat yaitu Mba Adelya Vivin Kumidaninggar (Instagram: @adelyavk) dan Mba Irma Alaydrus (instagram: @irmaalaydrus) yang memang sangat mengerti tentang bagaimana membuat hunian yang nyaman, menarik dan juga instagramable yang dipandu oleh Teh Ani Berta sebagai Moderator
Serunya membahas tentang cara membuat hunian yang instagramable (Kiri ke Kanan): Teh Ani - Mba Adelya - Mba Irma
Menurut saya, topik yang dibahas ini sungguh sangat menarik, membuat saya langsung mencari posisi duduk yang nyaman untuk menyimak lebih mendalam materi talkshow yang dibawakan oleh dua narasumber ini, berharap nantinya ilmunya bisa sasya terapkan jika saya memiliki hunian sendiri.

Nah, dalam kesempatan ini Mba Adelya membahas tentang bagaimana memilih tema atau konsep rumah, dimana di dunia ini ada banyak konsep, namun kali ini Mba Adelya hanya membahas  4 konsep rumah yang paling banyak disukai oleh orang-orang, yaitu:

1.       Minimalis
Rumah bertema minimalis merupakan salah satu tipe rumah yang didesain dengan konsep rumah yang sederhana, sehingga tidak telalu banyak barang yang ada di sini, dan barang yang ada pun merupakan barang yang memang bisa dipajang sekaligus bisa digunakan juga.
Desain iterior rumah minimalis - Doc. wisatasia.id
Dalam tipe rumah minimalis ini biasanya cenderung menggunakan tome warna kayu, putih dan juga abu-abu. Dan untuk pencahayaan lebih memanfaatkan cahaya alami.

Jadi pada intinya, konsep rumah ini  memiliki struktur yang logis sesuai fungsional yang paling mendasar dan esensial tanpa harus meninggalkan nilai estetika di dalamnya.

2.       Japanese
Rumah dengan tema japenese merupakan rumah yang didesain dengan konsep bergaya Jepang. Dimana rumah ini merupakan salah satu perwujudan minimalis terbesar di dunia saat ini. Terlepas dari keindahan yang sempurna, desain interior dari rumah ini memiliki kombinasi kesederhanaan, ketelitian dan kecanggihan.
Rumah dengan desain ala Jepang - Doc. blog.rumahdewi.com
Rumah gaya Jepang ini didominasi dengan warna putih dan warna kayu, yang bisa memberikan sentuhan kesederhanaan, clean, simple namun tetap mengedepankan kenyamanan bagi penghuninya.  

3.       Bohemian
Tema bohemian ini cocok bagi rumah yang memiliki banyak barang.. Semua dibuat dengan memanfaatkan benda apa saja yang ada. Dan gaya boho ini biasanya penuh warna dan bercampur antara gaya etnik, hippies dan juga vintage.
Rumah dengan konsep Bohemian - Doc. Grid.id
Konsep bohemian ini terlihat tidak beratur, kaya motif dan juga warna, namun justru di situlah letak keunikannya. Makanya tipe rumah ini sangat cocok bagi orang yang berjiwa bebas, senang yang unik-unik dan tidak kaku.

4.       Industrial
Konsep industrial ini memberi kesan rumah yang maskulin karena menggunakan materil-material seperti kayu, besi dan tembok tanpa finishing cat. Namun konsep ini mampu memberikan kesan hangat secara alami lewat material-material tersebut.

Konsep ruangan dengan desain industrial - Doc. fabelio.com

Ciri khas rumah industrial adalah dindingnya yang tak difinisihing, dominan menggunakan material kayu pada lantai dan furniturnya. Selain itu, untuk semakin memberi kesan industrial kita bisa memberikan sentuhan interior yang terkesan maskulin, misalnya menggunakan lampu dari metal, atau pun menggunakan rantai sebagai alat untuk menggantung lampunya. 

Namun rumah industrial tak melulu harus menggunakan material khas industri, kita pun bisa sandingkan konsep rumah industrial ini dengan gaya lainnya, misal gaya tradisional, semua kembali ke selera kita masing-masing.

Maka dengan memahami tipe dekokarasi rumah di atas, diharapkan kita akan semakin mudah dalam menentukan tipe dekorasi apa yang mau kita gunakan pada hunian kita, karena dengan memilih dekorasi hunian yang tepat maka akan memberikan rasa nyaman ketika di dalam rumah tersebut.

Selain itu, memberikan berbagai ornamen sebagai sentuhan untuk mempercantik interior ruangan pun merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan agar ruangan di dalam rumah kita akan semakin terlihat cantik dan menarik.

Maka dengan memahami tipe dekokarasi rumah di atas, diharapkan kita akan semakin mudah dalam menentukan tipe dekorasi apa yang mau kita gunakan pada hunian kita, karena dengan memilih dekorasi hunian yang tepat maka akan memberikan rasa nyaman ketika di dalam rumah tersebut.

Selain itu, memberikan berbagai ornamen sebagai sentuhan untuk mempercantik interior ruangan pun merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan agar ruangan di dalam rumah kita akan semakin terlihat cantik dan menarik. 

Misalnya, kita bisa menempatkan bunga hidup pada beberapa lokasi pada ruangan, dimana jenis bunga yang biasa di tempatkan di ruangan antara lain: Rubber Tree, Fiddle Leaf, Palm Trees, Monstera. Dan tentu saja pemilihan pot bunga ini perlu juga kita perhatikan dengan memilih pot yang memang sesuai dengan konsep ruangan atau rumah yang kita usung. Dimana kehadiran bunga dalam ruangan ini untuk memberi suasan segar dan bikin suasana lebih hidup.
Percantik ruangan dengan sentuhan tanaman sehingga ruangan tampak lebih hidup - Doc. shutterstock.com
Selain menempatkan bunga, kita pun bisa memberi sentuhan lain untuk semakin mempercantik ruangan rumah kita, misalnya dengan menambahkan beberapa frame yang disusun-susun pada dinding ruangan,  ataupun bisa juga dengan konsep shelf sehingga frame tidak terlalu menumpuk banyak namun tetap memperlihatkan ruangan yang artistik.

Namun yang perlu juga kita pahami, bahwa salah satu faktor yang juga punya peranan penting dalam mempercantik ruangan adalah lighting, maka penting bagi kita untuk memilih pencahayaan yang tepat agar suasana ruangan terlihat lebih hidup.

Oh iya, cara lain memberikan sentuhan ruangan yang cantik bisa juga kita tambahkan bunga-bunga palsu dan tanaman hijau yang diletakan dibeberapa sudut ruangan, atau bahkan menempatkan tangga kayu di area dapur, bisa membuat tampilan unik namun sekaligus berfungsi untuk mengantung lap kain, celemek, dan benda lainnya sesuai keinginan kita.

Selain itu, Mba Irma Alaydrus pun menambahkan bahwa untuk membuat tampilan rumah semakin cantik dan instagramable itu kita pun bisa memilih rumah dengan desan bergaya Scandinavian, yang berasal dari beberapa negara di Eropa Timur, seperti Norwegia, Swedia, Denmark, Islandia, dan Finlandia.
Salah satu contoh dekorasi rung tamu bertema scandinavian - Doc. dirumahku.com
Desain bergaya Scandinavian ini memberi kesan indah sederhana, bersih, mudah diakses dan juga minimalis. Dimana konsep ini lebih mengedepankan desain produk yang fungsional, tahan lama, dengan harga yang efisien. Dimana pada intinya, gaya Scandinavian ini sangat memprioritaskan fungsionalitas tanpa menghilangkan keindahan dan keanggunan hunian tersebut.

Nah, untuk mendapatkan ide-ide dalam menciptakan hunian yang cantik dan instragamable ini, kita bisa mendapatkan inspirasi dari banyak cara, misalnya dari acara televisi, media sosial, majalah, youtube, atau pun media lainnya.

Namun, ketika akan mendesain ruangan, kita pun harus memikirkan budgetnya, jangan sampai menjadi boros bangat. Kita harus fokus memilih dan membeli barang yang kita butuhkan sesuai dengan budget yang kita miliki.

Untuk itu, kita juga harus kreatif dan bisa memaksimalkan barang yang sudah ada, misalnya barang-barang lama bisa dicat ulang sehingga memberi kesan yang berbeda dan baru dengan tone warna yang senada dengan konsep yang kita inginkan sehingga ruangan tampak lebih hidup.

Jika pun harus membeli barang-barang baru, sebaiknya barang-barang lama yang masih bagus dijual saja, sehingga barang di rumah kita tidak menumpuk dan kita bisa gunakan uang hasil penjualan barang-barang lama untuk membeli barang-barang baru, sehingga kita bisa lebih hemat jadinya.
Mengubah posisi dan peletakan perabot dalam ruangan bisa memberikan susasna baru juga loh - Doc. Keresi72 (Pixabay)
Selain itu, kita pun bisa mengubah posisi peletakan berbagai barang yang ada untuk memberi kesan beda dan baru pada ruangan tersebut. Misalnya, memindahan posisi sofa, posisi meja, rak buku, dan lain sebagainya. Sentuhan-sentuhan kecil ini bisa mengubah suasana ruangan akan terlihat beda dan tidak tampak monoton sehingga bisa memberikan suasana baru di rumah kita.

Setelah memiliki hunian yang cantik dan tampak instragramable, supaya semakin terlihat menarik saat dipajang di sosial media maka kita pun harus pandai dalam mengambil foto ruangan tersebut, misalnya harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:
  • Saat memotret maka kita harus menerapkan straight lines (garis lurus) agar gambar objek yang kita ambil tetap lurus, tidak miring-miring.
  • Kemudian ambil objek gambar tersebut jangan hanya satu kali, ambil yang banyak dengan berbagai sudut angle agar banyak pilihan gambar yang bisa kita upload nantinya.
  • Kita bisa memberikan soft texture atau sentuhan yang bisa mempermanis objek yang ingin difoto, misalnya meletakan bantal cantik pada sofa, meletakan pot bunga pada meja, agar tidak terlihat kosong, dan objek lain sebagainya. Dimana pada intinya penempatan soft texture  ini untuk mempercantik tampilan foto sehingga membuat yang melihatnya nyaman.
  • Untuk memotret sebuah objek meja, maka kita harus memperhatikan table decoration (dekorasi meja), yaitu kita harus mengusahakan agar objek yang ada di meja tersebut terlihat tinggi rendah posisinya, misalnya meletakan lampu yang tinggi, lalu meletakan susunan buku yang lebih pendek di sampingnya, sehingga terlihat tampilannya variatif dan menarik.
  • Supaya mendapatkan foto yang bagus, sebaiknya kita menggunakan pencahayaan alami dari matahari. lampu apapun tidak ada yang bisa menyaingi pencahayaan alami.
  • Jika ingin menonjolkan image tertentu yang ingin kita foto, maka sebaiknya objek lain yang tidak penting sebaiknya disingkirkan sehingga tidak menggangu keindahan objek utama yang ingin kita foto.
Cahaya alami jauh lebih bagus untuk memotret apapun dibandingkan cahaya lampu apapun - Doc. Qimono (Piabay)

Nah, jika kita punya passion dalam interior desain seperti ini sebaiknya harus terus dipupuk, karena ini merupakan salah satu peluang yang bagus untuk menjadi ladang pekerjaan. Bahkan diakui oleh Mba Irma bahwa banyak dari blogger yang menulis dan membahas tentang desain interior ini di pinterest yang bisa mendulang sukses juga loh.

***

Saya merasa sungguh senang bisa hadir di Indonesia Property Expo (IPEX) 2019 karena bisa mendapatkan banyak informasi menarik, mulai dari rumah dengan berbagai penawaran istimewa yang dihadirkan selama pameran ini berlangsung hingga mendapatkan ilmu tentang bagaimana membuat rumah yang menarik dan instagramable.

Jadi, buat teman-teman yang belum datang Indonesia Property Expo (IPEX) 2019 ayo buruan datang mumpung masih ada waktu sampai 10 februari 2019 mendatang, siapa tahu di sini teman-teman bisa menemukan hunian impian yang kalian cari selama ini. Saatnya, #2019PunyaProperti!
 

No comments:

Post a Comment