6 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas



Mencari pekerjaan impian sekarang ini bukanlah perkara mudah, karena persaiangan semakin ketat dengan banyaknya orang yang juga berburu pekerjaan, sedangkan lowongan pekerjaan yang ada begitu terbatas, dan begitu jugalah yang dirasakan oleh abang sepupu saya.

Sebelumnya dia bekerja, namun tempatnya bekerja tutup karena bangkrut, alhasil setelah itu dia belum mendapat pekerjaan lagi, makanya beberapa waktu yang lalu dia memutuskan ingin menjadi sopir mobil online saja dari pada kelamaan menganggur, kebetulan juga dia memang mempunyai kemampuan menyetir.

Namun masalahnya dia tidak punya mobil sendiri, makanya dia sempat bingung juga, bagaimana caranya supaya dia bisa bekerja menjadi supir mobil online sedangkan dia tak punya mobil, jujur saya menjadi ikutan bingung juga.

Dan awalnya dia mau pinjam mobil di rumah mertuanya, tetapi setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya dia tidak jadi meminjam mobil mertuanya, dia ingin membeli mobil sendiri saja, namun bukan mobil baru sih, karena uangnya terbatas, maka dia ingin membeli mobil bekas saja.

Dan menurut saya juga, membeli mobil bekas bukan berarti mobil yang penuh dengan “kekurangan”, sebab tak jarang kita bisa juga untuk mendapatkan mobil bekas namun masih memiliki kondisi dan kualitas yang bagus, asalkan kita pandai memilihnya.

Makanya ketika ingin membeli mobil bekas maka kita harus benar-benar teliti sebelum membelinya, terlebih saat ini sangat banyak tempat jual beli mobil bekas yang bertebaran di mana saja. Untuk itu, jangan sampai kita salah pilih tempat membeli mobil bekas agar tidak menyesal di kemudian hari.

Untuk itu, berikut ini tips membeli mobil bekas, agar bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dan sesuai impian, yaitu:
1.       Membeli di Tempat yang Terpercaya dan Resmi
Ini adalah poin utama menurut saya, kita jangan membeli bekas di sembarang tempat, apalagi di tempat-tempat penjualan yang ilegal dan tidak resmi, meskipun di sana diiming-imingi dengan berbagai tawaran yang menggiurkan.

Kita harus tetap membeli mobil bekas di tempat yang memang sudah memiliki nama dan memang sudah bisa dipercaya, karena tempat yang sudah memiliki nama biasanya akan berusaha menjaga nama baiknya sehingga mereka tidak akan menjual mobil yang bermasalah atau cacat.

2.       Cek Kondisi Bodi Mobil
Poin ini wajib, jangan membeli mobil seperti memilih kucing dalam karung, kita harus benar-benar jeli saat memilih mobil, kita harus perhatikan secara detail kondisi bodi mobil yang kita beli, misalnya kita harus memperhatikan apakah ada goresan atau rusak pada bodi mobil, bagaimana kondisi catnya, apakah masih mulus atau sudah kasar.

Selain itu, perhatikan juga bagian kaca, apakah ada bagian yang retak atau pecah. Begitu juga dengan bagian lampu, apakah ada yang pecah, apakah bisa menyala dengan baik atau tidak. Selanjutnya perhatikan keempat bannya, apakah masih oke atau sudah aus. Dan bila perlu, cobalah masuk ke kolong mobil untuk melihat apakah ada yang karatan dan keropos.

3.       Cek Kondisi Aksesoris dan Interior Mobil
Mengamati bagian aksesoris dan interior mobil ini juga harus teliti. Ada beberapa komponen aksesoris dan interior mobil yang perlu kita cermati dengan seksama, antara lain bagian dashboard, AC, karpet, serta perhatikan kualitas jok dan langit-langit mobilnya.

Selain itu, pastikan untuk coba menduduki joknya, cek joknya bisa ditarik ke belakang atau tidak, dan cek juga kualitas pelapisnya masih bagus atau tidak. Kemudian, cek juga bagian kaca dengan mencoba menaik-turunkan kaca mobil. Lalu cek kondisi buka-tutup pintu mobil. Jangan lupa untuk mengecek tombol wiper, lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem, radio atau fasilitas audio lainnya dengan cara menyalakan atau memutarnya untuk memastikan semuanya masih berfungsi baik.

4.       Cek Kondisi Mesin Mobil
Ini juga adalah bagian yang sangat penting dan wajib bangat dicek. Pastikan bahwa mesin mobil dalam kondisi yang bagus. Untuk itu, kita harus mencoba menghidupkan mesin mobil dan perhatikan bunyi mesin yang menyala, biasanya mesin yang baik adalah mesin yang terdengar halus dan tidak kasar serta mudah distarter.

5.       Lakukan Test Drive
Melakukan test drive juga merupakan hal yang wajib dilakukan. Namun ketika kita hendak melakukan proses tes drive, sebaiknya kita melakukannya bersama sang penjual agar dia juga mengetahui kondisi mobilnya.

Maka saat test drive, pastikan bahwa pada saat oper giginya bisa berjalan dengan lancar. Sitem pengeremannya berjalan dengan baik. Selain itu, kita juga harus merasakan benar kondisi mobil saat berjalan, bila tarikannya terasa berat, atau cenderung berbelok ke arah kiri atau kanan, atau kita merasa ada sesuatu yang “aneh” saat mengendarainya maka sebaiknya kita berpikir dua kali untuk membelinya.

6.       Cek Dokumen Kendaraan
Ini juga bagian yang tak boleh dilewatkan, kita harus melakukan pengecekan surat-surat kendaraan dengan sangat teliti. Kita harus bisa memastikan bahwa kita mendapatkan BPKB dan STNK yang asli, untuk itu kita harus memastikan bahwa nomor mesin dan nomor rangka mobil harus sama dengan yang tertera di BPKB dan STNK.

Selain itu, kita juga wajib memastikan bahwa mobil yang akan kita beli ini memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Sebab dengan adanya BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka nanti kita bisa dengan mudah untuk mengurus balik nama dan administrasi lainnya.

Oh iya, jangan lupa untuk perhatikan juga, apakah tempat jual beli mobil bekas tersebut memberikan layanan after-sales yang menguntungkan atau tidak. Misalnya kita bisa merasakan berbagai layanan after-sales seperti free service 1 tahun, free insurance, dan free car detailing dan layanan lainnya. 

Nah, itu dia menurut saya tips membeli mobil bekas yang bisa dijadikan pedoman ya teman-teman, siapa tahu bisa mendapatkan mobil impian dengan kualitas yang bagus. Dan tips ini jugalah yang kemarin diterapkan oleh abang sepupu saya untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dan juga sesuai dengan impiannya.

Jadi, buat teman-teman yang ingin membeli mobil bekas tidak perlu takut lagi ya, karena banyak juga kok mobil bekas yang berkualitas, asal kita jeli saja dalam memilih mobilnya. Selamat berburu mobil bekas berkualitas ya teman-teman. Good Luck! :)

No comments:

Post a Comment