Rabu, 21 Mei 2014

Mengoptimalkan Media Sosial untuk mendapatkan nilai lebih

Minggu 18 Mei 2014, kali ini saya menyambangi Museum Sumpah Pemuda yang ada di jalan Kramat Raya No. 106 Jakarta untuk menghadiri acara sharing plus kopdar yang dimotori oleh Oraboo.com dan gingseng coffee CNI.

Acara dibuka dengan perkenalan dari Mas Sandi sebagai perwakilan dari pihak Oraboo.com, yang mana ternyata Oraboo.com adalah sebuah forum yang bertujuan menjangkau komunitas-komunitas anak-anak muda, seperti komunitas blogger, komunitas sepeda, dan lain-lain. Dimana kelahiran kembali Oraboo.com ini menekankan pada kebersamaan yang harmonis untuk saling berbagi informasi dan event. 

Untuk itu, maka kali ini Oraboo.com mengandeng Gingseng Coffee CNI untuk mengadakan acara kopdar plus sharing ilmu seputar media sosial yang kini menjadi bagian dari gaya hidup era sekarang.


Selanjutnya Teh Ani memberikan sharing seputar Blogging and Social Media Campaign, yaitu cara mengoptimalkan penggunaan blog dan juga berbagai media sosial supaya bukan hanya sekedar sebagai tempat nyampah atau curhat yang tidak jelas semata, namun kita bisa mengolah blog dan media sosial seoptimal mungkin, sehingga bukan hal yang mustahil kita bisa mendapatkan “sesuatu” dari blog dan juga sosial media yang kita miliki.

 Misalnya untuk blog, kita bisa mengoptimalkan Blog sehingga bisa mendapatkan jobs seperti berikut ini:
  •  Review Produk & Jasa
  • Promosi Produk atau jasa yang baru diluncurkan
  • Penyelenggaraan Give Away suatu brand
  • Kampanye untuk ekstabilitas tokoh
  • Ghost Writer
  •  Banner Affiliation

Untuk sebuah blog, selayaknya mengisi konten dalam blognya dengan perbandingan 70% berisi konten pribadi dan 30% berisi produk review atau promosi produk, dan usahakan blog kita diupdate secara rutin sesuai minat atau hobi kita. misalnya jika hobinya jalan-jalan, otomotif, fiksi, bola atau apapun itu, yang ditulis degan gaya bahasa masing-masing.

Selain Blog, Twitter & Facebook pun bisa dimaksimalkan juga untuk dijadikan lahan subur untuk mendapatkan sesuatu yang bernilai lebih dari hanya sekedar menjalin pertemanan dan update status saja. Dan biasanya job untuk twitter dan facebook inipun tak jauh berbeda dengan Blog seperti yang diuraikan diatas, misalnya promo produk dan jasa, live report acara ataupun mempromosikan lewat foto.

Mungkin ada yang bertanya, bagaimana tips supaya dapat salah satu job yang diuraikan diatas? beberapa cara untuk mendapatkan job review yang di uraikan oleh Teh Ani adalah sebagai berikut:
  •  Hunting disitus-situs yang menghubungkan antara Blogger dengan Advertiser , bisa local mapun internasional, ataupun keduanya. Situs-situs tersebut antara lain: idBlognetwork.com, Bblog.web.id, SITTI.id, Freelancer.co.id dan masih banyak lagi.
  • Aktif dikomunitas-komunitas Blogger karena biasanya di komunitas sering diupdate informasi tentang event untuk mendapatkan job review
  • Update secara rutin dan kemudian di share diberbagai akun media sosial kita supaya makin banyak yang baca
  • Sempatkan untuk menghadiri kopdar ataupun launching produk, kemudian tuliskan reportasenya dan lalukan poin nomor 3.
  • Aktif di twitter dengan komunikasi dua arah dengan follower, begitu juga di facebook
  • Usahakan live tweet diacara-acara yang dihadiri, meski tidak ada lomba live tweetnya sekalipun.

Jadi mulai sekarang kita manfaatkan media sosial kita dengan bijak untuk bisa menghasilkan nilai lebih untuk kehidupan yang lebih baik J

Dan saat acara ini kami juga sempat merasakan nikmatnya gingseng coffee dari CNI. Kopi ini diracik dari perpaduan kopi Arabika dan Rebusta pilihan serta mengandung gingseng sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang menggoda, selain itu khasiat kandungan gingseng konon bisa untuk menjaga daya konsentrasi dan vitalitas untuk beraktifitas.

Foto Bersama (Doc. Oraboo.com)

Terima kasih saya ucapkan kepada Oraboo Community dan CNI Ginseng Coffee yang sudah mensponsori kegiatan ini. dan Terima Kasih juga kepada Teh Ani Berta atas sharing ilmu dan pengalamannya yang sangat luarbiasa ini. semoga acara seperti ini akan ada terus selain untuk memupuk silaturahmi, tentu ilmunyapun sangat berguna untuk diterapkan dalam kehidupan ini.   


0 komentar:

Poskan Komentar